10.30.2012

KISAH ERWIN - BAGIAN 4

Posting-an kali ini mau update tentang Erwin. Erwin sahabat SMP saya yang terkena gangguan mata (kalo bahasa kedokterannya ablasio). Udah lama nih, nggak update tentang Erwin...

Buat yang ngikutin cerita saya di blog ini, pasti udah nggak heran lagi siapa Erwin itu. Buat yang baru tune-in, monggo mampir dulu (atau nanti juga boleh) di cerita episode awalepisode satuepisode dua dan episode tiga yang udah saya post.

Tanggal 13 Oktober kemaren, saya menyempatkan ke rumah Erwin. Sebenernya sih mau ngedrop uang untuk berobat Erwin - karena besokannya mau operasi katarak, tapi kan ya sembari nengokin, main, dan ngobrol ya nggak ada salahnya toh? Lagian juga waktu itu pas saya ada acara di kampus, yang kebetulan kampus saya deket banget sama rumahnya Erwin. Bungkuslah, maen ke rumah Erwin di bilangan Meruya itu. 

Sabtu sore itu, ketika saya tiba di rumah Erwin, cuaca cukup cerah. Secerah hati ini *plaaak*. Saya tiba ketika Erwin melayani customer counter pulsa-nya. Iya, untuk nyambung hidup Erwin sekeluarga, Erwin emang ngebuka counter pulsa dan dagang es mambo (es mambonya juga titipan orang loh, soalnya Erwin nggak punya kulkas). Kecil banget etalasenya, kira-kira ukuran kotaknya itu lebar 40cm dan panjang 60cm, tinggi kurang lebih 60cm. Etalasenya ditaroh pas depan jendela rumah Erwin yang tidak berpagar itu (secara emang rumah Erwin juga kecil).


Erwin mempersilahkan saya masuk.

Ternyata Santo, putra semata wayang Erwin dan Rani sedang belajar membaca dan menulis. Maklum, Santo baru kelas 1 SD, pasti lagi hot-hotnya belajar membaca, menulis dan berhitung. Rajin juga Rani ngajarin Santo. Tapi ternyata, Rani cerita loh, kalo di SD sekarang itu, anak kelas 1 nggak diajarin sama gurunya untuk baca tulis, anak kelas 1 SD udah dianggap bisa baca dan nulis. Nah lho, beda banget ya, sama jaman saya dulu. Masuk SD itu ya belajar baca, nulis, hitung. Bukan dari TK belajarnya...

Okey, lanjut ke topik awal : Erwin.

Jadi, ceritanya tanggal 14 Oktober itu Erwin akan operasi katarak, sebagai lanjutan tahapan pengobatan matanya yang terkena ablasio itu. Ternyata yah, perjalanan pengobatan Erwin itu cukup panjang. Operasinya tidak bisa sekali langsung jadi. Harus bertahap dan bertahap. Kemaren aja, pasca operasi besar pertama, setelah itu ada laser-laser kecil lagi yang dilakukan dr. Isfahani, SpM untuk menyempurnakan hasilnya. Nggak beda jauh lah, kalo tambal gigi aja, bolak baliknya sampe 3 kali. Apalagi ini buat mata yang lebih complicated.

Nah, sebagai informasi yang bisa saya share disini, biaya operasi katarak Erwin itu dibantu sepenuhnya loh, sama dr. Isfahani melalui RS Ibnu Sina itu. Jujur banget saya harus ceritakan, kumpulan donasi untuk pengobatan Erwin, kurang kalau harus bayar biaya operasi kataraknya Erwin. Saat Erwin inform ke saya kalau operasi katarak butuh biaya Rp 7,000,000, kita di kas cuma punya Rp 2,000,000. Yang kurang Rp 5,000,000 mau nombok dari mana? Padahal galang dana juga udah kuat. *hiks hiks hiks...*

Tapi emang kalo rejeki nggak akan kemana, kalo jodoh ya pasti ketemu. Aprina, sahabat kita juga, menginformasikan waktu itu lagi ada program operasi katarak gratis yang diadakan oleh RSCM. Niat kita, Erwin ikut operasi katarak massal aja. Pastinya bebas biaya kan? Palingan tinggal nambah ongkos transportasi. Tapi ternyata setelah konsultasi sama dr. Isfahani, SpM, untuk kasus Erwin yang punya riwayat ablasio ini, tidak diperkenankan untuk ikut operasi katarak massal itu. Alasannya ya memang karena medical history-nya itu loh. Huhuuu, nggak jadi rejekinya Erwin deh, ikutan yang gratis.

Eh tapi ya, emang kalau orang baik (seperti Erwin), pasti jalannya ada aja degh. Setelah disampaikan ke dr. Isfahani, SpM kalau dana galangan dari temen-temen nggak cukup buat operasi katarak, pak dokter tetap nyuruh Erwin operasi loh. Lah dok, biayanya gimana? Alhamdulillah, dr. Isfahani, SpM memberikan keringanan biaya untuk Erwin operasi katarak. Lebih tepatnya sih membebaskan biaya. Subhanallah banget ya Allah... Rejeki Erwin banget. Tapi sih di balik itu, sebenernya saya termasuk yang merasa bersalah. Kok  nggak berhasil galang dana buat pengobatan Erwin sih? Hiks hiks hiks...

Terima kasih ya Allah, terima kasih dokter... Saya cuma bisa bilang terima kasih. Maaf ya Win, temanmu ini belum berhasil galang dana buat operasi katarak kemarin. Tapi insyaaAllah, untuk pengobatan lanjutannya diusahakan (termasuk via blog ini lho, Win...).

Nah, buat para readers, bersama ini saya persilahkan lho, kalo mau ikut menyisihkan rejekinya untuk pengobatan Erwin, saya sangat berterima kasih. Soalnya nih ya, setelah ini, tindakan yang harus dilakukan lagi adalah pengangkatan silikon di matanya Erwin, terus ada juga pemasangan lensa di mata Erwin. Masih diperlukan biaya yang tidak sedikit nih. Sementara waktu pun, pasti untuk control rutin juga perlu biaya kan? Yuk, kita bantu Erwin seberapapun itu yang kita bisa.

Untuk yang mau berbagi, silahkan dapat mengirimkan ke rekening Mona ya... soalnya Erwin sendiri tidak punya rekening di bank.

Bank Mandiri
Acc. No. 102 000 429 0703 - Cabang Pos Pengumben
a.n. Mona Anggiani
(mohon setelahnya bisa dikonfirmasi ke no. telp +62 8151606909)

Terima kasih sebelumnya ya, atas bantuannya. Hanya Allah yang bisa balas, mengembalikan dan melipatgandakan rejeki kita kembali. Aamiin...

Untuk saat ini, menurut Erwin, penglihatannya emang semakin membaik dan membaik. Dulu, waktu pertama kali belum operasi, Erwin nggak bisa melihat bentuk bulat. Bentuk yang bulat, Erwin lihatnya adalah lonjong. Setelah operasi perdana, bentuk bulat sudah bisa dilihat, tapi masih dalam kondisi rabun berat (secara emang juga Erwin kan minus 13). Nah, setelah operasi katarak kemaren, Erwin bilang, penglihatannya lebih terang dibanding sebelum operasi katarak. Ya Allah, alhamdulillah banget ya Allah... Ada kemajuan. Semoga setiap hari kondisi Erwin semakin membaik dan membaik.

Sekali lagi, untuk yang bersedia mendonasikan sedikit rejekinya, saya ucapkan banyak terima kasih. Tidak lupa, saya pun memohon bantu doa untuk kesembuhan mata Erwin. Nggak berasa, ini pengobatan sudah berjalan sekitar 10 bulan. Setidaknya Erwin juga sudah cukup lama survive akan kondisi matanya itu.

Yuk akh, mari lanjut usaha buat pengobatan mata Erwin. Masih panjang nih, perjalanan pengobatannya.

Semangaaats...

2 comments:

  1. Subhanallah banget aku baca tulisan kamu yang Kisah Erwin ini.. Aku juga punya ayah yang kondisi matanya sama seperti Kak Erwin, dan konsultasi dengan dr. Isfahani SpM di Klinik Mata Mayestik.. Awalnya karena mata ayahku katarak, trus 3 tahun setelahnya harus operasi mata lagi karena syaraf matanya putus dan retinanya robek. Dalam proses sebelum dan sesudah operasi itu, harus di laser juga. Dan Alhamdulillah, dr. Isfahani selalu memberikan kemudahan dalam biaya operasinya. Baik banget dokternya, ibadahnya beliau juga rajin banget. Allah memang Maha Segala Maha, menciptakan manusia seperti beliau yang bermanfaat untuk banyak orang. Semoga Ayahku dan Kak Erwin diberikan kesembuhan pada matanya agar bisa melihat dengan baik lagi.. Aamiin ya Allah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Maria Ulfah,

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Iya banget, emang deh, dr. Isfahani, SpM itu luar biasa kebaikannya. Saya sendiri hanya bisa membalas dengan mendoakan beliau. Beliau orang yang dermawan, pasti rejekinya akan dilipatgandakan oleh Allah, SWT.

      Semoga ayahmu cepet sembuh ya mba.. Salam hormat untuk ayahnya mba... :)

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post