10.03.2012

NARES TOILET TRAINING

Pengen cerita banget tentang toilet trainingnya Nares. Intinya ini cerita saya bagi-bagi karena saya cukup ketakutan (diawal proses) walaupun jadi cukup senang (diakhirnya) sama yang namanya toilet training. Hmmm, kalo bahasa Indonesia-nya toilet training apa? Yah, intinya ngajarin anak kecil (bukan bayi) untuk nggak pipis dan pupup sembarangan lagi. Sembarangan itu maksudnya ya, bukan di toilet. Secara kan ya, harusnya itu memang pup dan pipis harus di toilet, kan? 

Pada awalnya, saya bener-bener sempet ketakutan, gimana untuk urusan yang satu itu. Ketakutan kalo Nares sampe di umur yang sudah seharusnya bisa pipis dan pup di toilet, malah belum bisa. Malu kan ya, masa’ udah besar masih pis dan pup di celana? Atau diapers pun sekalian. Nope. Saya sendiri pengen Nares bisa pis dan pup di toilet sebagaimana nantinya dia harus begitu. Ehm ketakutan saya itu sempat saya sharing juga lho di FB saya. Ada beberapa temen yang sharing untungnya. Sayang banget, saya cari history-nya malah nggak ada. Yah pada intinya sih mereka kasih advice gimana cara ngelatih bocah biar nggak pipis di celana lagi.

Lagi pengen ngilmu, akhirnya saya baca deh tuh, artikel yang dikirimin sama si babycenter.com tentang toilet training si bocah. Monggo dilanjut di link-nya punya babycenter.com

Selain ngilmu dari babycenter, saya ngilmu juga sama nekwannya Nares (ibu saya). Ilmu si ibu mengenai toilet training ini adalah:
1-      Mulai umur 1 tahun coba mulai diomongin, kalo pipis dan pupup itu tempatnya di toilet. “Bisa dibaca kok, dari raut mukanya. Pasti beda”, gitu katanya.
2-      Setiap 1 jam harus dibawa ke toilet, biarkan dia pipis di toilet.
3-      Sebelum bobok, bawa ke toilet, pipis sebelum bobok.
4-      Nggak usah pake diapers kalo nggak pergi.
5-      Rajin-rajin degh liatin si anak. Kalo dia aneh-aneh yang diem gitu, biasanya pupup tuh. Kalo udah ada tanda itu, cepet bawa anak ke toilet.

Kira-kira begitu ilmu dari si ibu yang pastinya sudah berpengalaman nanganin toilet training kepada 3 orang anaknya.

Mulailah saya mempraktekkan ilmu-ilmu yang diwariskan kepada saya. Kalo untuk lepas diapers sih, emang udah biasa. Nares kan emang pake diapers kalo malem aja. Jadi, seharian siang itu ya pake celana biasa. Nah, untungnya emang kalo pake celana gitu, jadi kita harus rajin merhatiin si anak. Secara nyuci celana itu juga males, makanya saya pikir pasti lebih baik si bocah jangan pipis di celana. Jadinya kan celana bisa dipake lagi. Ahahay, dasar mamak malas.

Mimik muka Nares lagi e'ek
Karena keseharian saya bekerja di luar rumah, jadilah saya menginstruksikan kepada si mbak pengasuh, untuk ngajak Nares tiap 1 jam ke toilet untuk pipis. Kalau tanda-tanda mau pup, harus cepat bawa ke toilet. Toh juga kalo Nares pup di celana, kan yang repot kita. Harus mbersihin, harus beres-beres. Mendingan pup di toilet, plung plung plung, cebok, cuci sabun, kelar deh pake celana lagi. Untung banget, si mba’ yang di rumah mentaati perintah yang saya berikan. Haiyalah, secara saya boss mereka gitu lho.

Well now, Nares sudah 19 bulan (10 hari lagi malah 20bulan) sudah bisa pipis dan pupup di toilet. Alhamdulillah, di usia Nares 18 bulan itu, dia udah lancar pup di toilet. Kalo pipis, kadang masih suka kecolongan sih. Tapi ya jarang banget. Belum tentu sehari sekali juga. Cukup lah, untuk anak umur segitu. Tapi kalo pup, Alhamdulillah udah nggak pernah kecolongan.

Pernah lho, suatu saat kita lagi makan di luar, trus Nares bilang, “e’ek… e’ek…”. Saya bilang, “yaudah degh, e’ek di diapers aja dulu ya… Kita kan lagi makan…” Tapi ya bukannya Nares e’ek, yang ada Nares malah ribet, rempong bin gelisah. Ngamuk gitu dia. Akhirnya saya angkat dia ke toilet (untung toiletnya bersih banget), dan disitu dia bisa pupup dengan lancarnya. Langsung gelisahnya hilang lho. Makannya pun bisa dilanjut lagi.

Eh iya, sempet juga sih, baca artikel di kompas.com kalo toilet training terlalu dini itu ada resikonya. Katanya sih bisa melukai kantung kemihnya si bocah. Coba degh baca artikelnya di sini.

Untuk saya sendiri sih nggak maksain kalo Nares di umurnya berapa harus sudah bisa minta pis atau pup di toilet. Tapi kan, yang namanya usaha untuk belajar harus tetap ada kan ya? Urusan berhasilnya kapan ya urusan nanti dooonk. Bukan gitu bukaaaaan…? Buat readers yang lagi cari-cari info tentang toilet training buat si toddler, semoga sharing cuat cuit saya ini berguna ya. Nama pun sharing, jadi ya seadanya aja yang saya lakukan… 

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post