4.05.2015

REVIEW KANTONG PLASTIK ASI

Postingan emak-emak banget! Kali ini mau share tentang wadah menyimpan ASI perah. Udah pada tau kan,kalo ASI itu yang paling baik buat anak? Udah nggak ada yang bisa tandingi kehebatannya. Susu formula mau sebaik apapun, semahal apapun, ASI paling baik dan bagus. Udah gitu, jelas paling murah. Udah terbukti deh, hitung-hitungan secara matematis, ASI udah paling murah. Nah kalo macam saya yang kudu pumping ASI gini, kudu modal buat pompa, kantong ASI, freezer, apakah masih lebih murah dibanding pakai susu formula? Jawabannya iya, masih lebih murah minum ASI perah. Hitungannya sederhana aja. Susu formula, anak temen saya bisa habis Rp 1.500,000 per bulannya. Setidaknya untuk 6 bulan pertama, temen saya harus habis Rp 9,000,000. Kalo pompa ASI, segitu udah bisa sama jalan-jalan ke Bali kali ye...? Secara pompa beli seharga Rp 2.000.000 (ini pun sebenernya ada yang harga RP 1.000.000), freezer Rp 2.200.000, perintilan ASI sekitar Rp 500,000, kantong ASI per 30 kantong sekitar Rp 35.000. Nah... irit bingit ya?

So, pilih wadah buat nyimpen ASI perah apaan sih yang paling bagus? Saya kalo disuruh pilih, paling seneng pakai botol kaca. Kenapa? Soalnya paling murah secara bisa dipakai ulang. Harga 1 botol kaca tutup karet itu juga cuma Rp 2.500 kok. Kalo kata temen saya, beli di Pasar Pramuka, 100 bijinya Rp 210.000. Nyahahahahaaa, lebih murah bingit! Beli 200 botol udah hemat Rp 80.000. Tapi, sayangnya, botol kaca tutup karet ini makan tempat di kulkas. Kemarin aja, kulkas 2 pintu itu freezer cuma muat sekitar 50 botol kaca. Padahal kebutuhan harus banyak banget. Pastinya kalo pake botol kaca tutup karet emang muatnya cuma dikit. Tapi kalo dipakein kantong plastik ASI, lumayan bisa nampung lebih banyak lagi. Kenapa? Soalnya kalau kantong plastik ASI, bisa dibentuk gepeng-gepeng gitu, jadi nggak banyak makan tempat.

Kantong plastik ASI juga ternyata ada beberapa macam model berdasarkan merk. Beda merk, biasanya beda merk. Beda juga kualitas plastiknya. Beda juga bahannya. Satu lagi yang pasti, adalah beda harganya! Hahahahaaa, aseli ya, buat saya pribadi, keuangan setengah-setengah gini, harga merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Maunya udah harga yang paling murah, tapi kualitas tetap numero uno, nomor wahid. Belum lagi pakai plastiknya banyak banget. Iya, sehari saya bisa menggunakan 5-6 kantong plastik ASI. Kalo botol kaca, mah nggak mikir deh, soalnya kan tinggal cuci dan kemudian bisa dipakai lagi. Lha kalo kantong plastik ASI? Pastinya abis nyairkan ASI, udah kena buang tuh kantong. Maka dari itu, saya pilih kantong plastik ASI yang paling murah. Pelit? Terserah dah mau dibilang pelit, yang penting minumnya ASI.

Varian Kantong Plastik ASI

Baca sana sini sono, ada beberapa merk kantong plastik ASI. Mothercare, Natur, Medela, Little Giant, Pigeon, Baby Grow, Crown, Dr. Browns, dan belakangan keluar lagi merk Cleeos, Gabag dan Momo. Tapi yang harganya masuk di akal saya di awal adalah Natur.

Pertama kali beli kantong ASI, merk Natur. Awal-awal seneng banget pake Natur, karena harga murah. Sekarang udah males pake Natur, soalnya harga per box-nya sekarang jadi Rp 38.000. Ya, mungkin karena Rupiah melemah, sehingga harga barang di Indonesia jadi naik. Ini review saya mengenai kantong plastik ASI Natur.
> Harga paling murah seantero kantong ASI (tapi ini dulu).
> Isi kantongnya 30 plastik.
> Cukup bagus dari segi design-nya yang sederhana
> Kadang suka bocor (pas keadaan beku, kepentok benda agak tajam dan dia akan suka robek).
> Natur ini buatan negera Thailand.
> Bisa didirikan kalau kantong plastik sudah diisi ASI perah.
> Kapasitas per plastik bisa muat sampai 180cc (tapi saya paling isi 150cc aja)
> Single zip.
> Nggak perlu steril lagi, langsung pake.

Nyobain kantong plastik ASI Gabag, karena baca beberapa busui yang pumping dan pengguna kantong ASI, katanya Gabag lebih bagus. Oke, beli deh ya Gabag. Biar dapet murah, beli aja 5 box sekalian. Hemat ongkir pastinya (harga per box jadinya lebih murah). Begitu dateng, langsung dipake tapi ternyata saya kurang sreg sama model plastiknya. Ini review saya tentang kantong ASI Gabag.
> Harga kantong Rp 37.000 (ini karena beli 5 box sekaligus).
> Isi kantongnya 30 plastik.
> Design cukup bagus, sederhana. Tapi sayangnya nggak bisa digepengin, jadi agak makan tempat.
> Tebel, kecil kemungkinannya untuk bocor.
> Setau saya ini buatan Indonesia (sama produksinya kayak Tas Gabag)
> Bisa didirikan kalau kantong plastik sudah diisi ASI perah.
> Kapasitas per plastik bisa muat sampai  120cc aja. Mau lebih bisa, tapi jadi gendut.
> Double zip.
> Nggak perlu steril lagi, langsung pake.

Kesimpulannya, saya nggak cocok pake kantong ASI Gabag, Kualitas emang bagus, tapi makan tempat di freezer, karena jadi nggak bisa digepenging. Makanya, trus saya baca-baca lagi, mau cari kantong plasti ASI yang model Natur, tapi lebih murah dari Natur yang sekarang (awal 2015). Ketemu lah namanya Momo. Beli deh, nyobain 1 dulu aja, takut gak cocok macam Gabag. Momo, ini dia yang bisa saya informasikan:
> Harga kantong Rp 35.000 (murah kan?).
> Isi kantongnya 30 plastik.
> Design cukup bagus, sederhana. Bisa digepengin, jadi nggak makan tempat.
> Ketebelannya dibanding Natur, lebih tebal Momo, tapi lebih tipis dari Gabag.
> Buatan Thailand
> Bisa didirikan kalau kantong plastik sudah diisi ASI perah.
> Kapasitas per plastik bisa muat sampai  180cc.
> Single zip.
> Nggak perlu steril lagi, langsung pake.

Selamat ngASI

Jadi..., akhirnya saya memutuskan untuk paka kantong ASI Momo sekarang. Harga udah paling murah seantero perkantong ASI-an dan model juga bagus karena bisa digepengin, jadi nggak makan tempat. Oh iya, selain Momo, ada juga merk Cleeos yang mirip-mirip sama Natur, dan Momo. Saya belum sempet coba. Kenapa? Belum aja. Hihihihi... Baiklah, selamat ngASI ya... 

49 comments:

  1. Sis thank u buat reviewnya. Sy memang penasaran dg merek momo dan gabag. Karena biasanya pake natur. Beli natur kantong asi di instagram chubby_babyshop sis. Murahh.. Waktu bulan mei, @35rb.kalo beli 3 jadi 100rb.tp gatau skrg masig ga. Yg pasti dia replynya lamaaa.. Bisa hampir sehari baru dibales. Karena rame bgt, followernya bnyk. Belinya harus lewat line or bb. Just share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak mba Irene buat sharing-nya... selamat menyusi lah yah pokoknya... :)

      Delete
    2. Sekarang udah 55ribu say, barusan tadi beli

      Delete
    3. Bisa di cuci kn?to d rendem air panas?

      Delete
  2. Bermanfaat bgttt sis sharingannya
    Mksh yah,Saya Busui jg klo abiz pomping asinya masukin ke dlm botol asi yg kaca
    Ternyata ngabisin tempat jg ya boo (Frezerku penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Haney, iya, botol kaca emang tempat yang sangat memakan space. Tapi untuk penyajian entah mengapa saya paling suka pakai botol kaca... uhuuuy...

      Makasih mba, udah mampir... :)
      Salam kenal

      Delete
  3. Bermanfaat bgttt sis sharingannya
    Mksh yah,Saya Busui jg klo abiz pomping asinya masukin ke dlm botol asi yg kaca
    Ternyata ngabisin tempat jg ya boo (Frezerku penuh botol asi )
    Mau Tanya sis,,aku pernah baca artikel sharingan busui jg Katanya gpp simpen asip pake plastik gula,,bener gt ??mksh yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mba... boleh-boleh aja kayaknya. Cuma saya sendiri belom berani karena kan bahannya plasti yang bagaimana belum tau. Lebih lagi nanti ngiket-nya gimana? Kalau pakai plastik ASIP kan tinggal di zip aja ya mba...

      Delete
  4. Nice review. Aku juga awalnya pengguna Natur trus coba Gabag. Pendapatku sama persis untuk Gabag. Udah terlanjur beli 2pack. Next mau cobain Momo deh.. Klo Cleos harganya diatas Natur, Gabag, & Momo..jadi malas coba. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidup emak iriters... Hahahaha... Emang semuanya cocok-cocokan ya mba... ada plus minus-nya...

      Terima kasih sudah mampir, mba... :)

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. beli dimana ya ibu2... yg dekat ragunan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending beli online aja pak... banyak kok. Saya kurang tau kalo beli di toko... apalagi daerah Ragunan dsk.

      Delete
  7. Coba di warunghani mba,,lumayan murah plastik asinya hihi

    ReplyDelete
  8. Kalau aku rekomendasi kantong asi dari sunmom.. waktu aku beli Freemie Pump Deluxe Set dapet gratisan kantong asi tersebut 5 lembar. Plastik cukup tebal dan zip-nya ada 3 jadi bener2 terlindungi gak akan rembes. Bisa digepengin, bisa dipakai maks 270ml. Harganya 33.333 untuk 20pcs. Dibandingkan yang lain memang paling mahal ya sepertinya.
    kalau mau beli sepertinya hanya dijual oleh Freemie Indonesia. :)

    ReplyDelete
  9. Aku setuju deh, kalo GABAG tuh... ngerobek plastiknya juga ga bisa pas gitu. Kalo pake tangan ga bisa lurus bekas sobekannya. Bikin annoying. Haha. Nice info mom.

    ReplyDelete
  10. Mba.. tanya ya. Momo itu pinggiran bagian atasnya robek gak. Kalau natur kan robek tu ya bagian atas pinggirnya, jd agak susah kalau pumping manual langsung ke plastik.
    IG: dewiekawulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momo mirip sama Natur, mam... persis secara model, beda material aja. Agak susah emang kalau buat pumping manual...

      :)

      Delete
  11. Moms mau ty kalo asip simpan di kantong asi bisa tahan berapa lama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis kulkas/freezernya, bund...
      Freezer kulkas 1 pintu... sebulan...
      Freezer kulkas 2 pintu... 3 bulan...
      Freezer khusus... 6 bulan

      Delete
  12. wah, kemarin aku coba Momo tapi ko pada bocor yaa..hiks.. jadi pas digepengin mo masuk freezer hampir semuanya bocor di bagian zip-nya, akhirnya beralih ke Natur lagi.. jadi pengen coba Cleos mudah2an ga bocor..thanks for reviewnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaaah... kurang beruntung berarti, bunda... Saya aman terkendali pakai Momo... Heheheh...

      Delete
  13. Makasih kak sharingnya,, aku juga pake #natur sm botol krn di toko biasa beli cuma ada merk itu.Tapi pengen coba momo. Oh iya kak, klo asi sebelum ke freezer berap jam sih kak standardnya di Ademin dulu. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2... :) saya biasa masukin ASIP ke kulkas 30 menit setelah diperah... soalnya kan masih panas tuh ya... ngeri kalo langsung masuk kulkas.... masuk chiller dulu, baru masuk freezer.... :)

      Delete
    2. Ohhh gituu,, tp klo lupa gitu jd sampe ber jam2 di chiller dulu ga masalah kan kak. Kemaren baca artikel gitu ada yg sampe stengah hari. Tks kak

      Delete
  14. thanks sharing nya .. saya mau tanya nh karena saya baru pake natur .. tanggal kadaluarsa untuk plastik natur kapan iya ??
    jadi parno nh soalnya di kardus tertulis 20 01 16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, bund.... hihihi... kalo plastik mah cuek aja kali ya bund... in shaa Allah aman, asal nggak bocor....

      Delete
  15. Tq banget sharingnya mba, kebetulan udh mau mpasi dn mau nyimpen stok asip utk mpasi. Utk menghangatkan asip dr kanton plastik asip gmn caranya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ASIP dr freezer mau dipakai... turun kan ke chiller dulu bund... udah mencair, baru di thawing...

      Delete
    2. Aduh ga ngerti hehehe.. baru banget soalnya.. ak nyimpen paling di kulkas mba, ga di freezer.. dithawing itu d apa yah.. sama ga kaya botol di taruh d atas air anget gitu?

      Delete
    3. Konsepnya... dari beku... cairkan dulu dengan taruh di kulkas bagian bawah... ketika sudah mencair... baru hangatkan dengan merendam di air anget, mba... jangan di panaskan di atas api langsung yaaa....

      Delete
    4. Ooh oke deh..makasih banyak ya mba..

      Delete
  16. Thanks sharingny y bun,aqu jdi pham mana yang bgus,tpi aqu ga berpaling deh dri natur,krna udh cocok bgt..

    ReplyDelete
  17. Terimakasih sharing nya mba.. jd tau tentang kantong asip hehehe
    Dulu anak pertama pake botol tp bener jg ngehabisin tempat, mau tanya mba, klo pake kantong plastik bisa langsung direndam dg air hangat gak? Kantong plastiknya aman kan ya kena air hangat?
    Belum pernah pake kantong plastik jd belum kebayang..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Fitri,

      Hahaha... enaknya pakai botol itu emang re-use mba. Nggak njadiin sampah. Tapi mau gimana lagi, tempatnya sangat terbatas. Kalau mau, nambah freezer, tapi ya nggak mungkin untuk saya. Daya listrik dan space ruang terbatas.

      Kalau pake kantong, boleh kok rendam air hangat... aman banget plastiknya... tapi tetap harus dicairkan dulu ya mba... ASIP beku dari freezer turunin ke chiller dulu, kalau udah cair baru rendam air hangat...

      Delete
  18. selamat siang mbak, terima kasih infonya... informatif sekali.. 😁.. klo plastik asinya sudah turunkan ke chiller dari freezer dan sudah cair tetapi tidak jadi diminum, apa boleh dibekukan lagi ke freezer? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Ananta... terima kasih, mba... Kalau sudah cair, nggak boleh dibekukan lagi, mba... Kalau sudah cair, harus diminumkan ke bocahnya... hhehehee... Begitu juga kalau udah cair, udah dihangatkan, nggak boleh masuk kulkas lagi...

      Rusak deh tuh vitamin... beku-cair-anget-dingin-anget.... :(

      Delete
  19. selamat siang mbak, terima kasih infonya... informatif sekali.. 😁.. klo plastik asinya sudah turunkan ke chiller dari freezer dan sudah cair tetapi tidak jadi diminum, apa boleh dibekukan lagi ke freezer? terima kasih

    ReplyDelete
  20. Siang mbak, mau tanya.. kira2 ada perbedaan ketahanan (lama pakai) antara asip yg dibekukan di kantong asi atau botol kaca gak ya? Lebih tahan lama mana? Atau sama saja. Thanks

    ReplyDelete
  21. Siang mbak, mau tanya.. kira2 ada perbedaan ketahanan (lama pakai) antara asip yg dibekukan di kantong asi atau botol kaca gak ya? Lebih tahan lama mana? Atau sama saja. Thanks

    ReplyDelete
  22. Siang mbak, mau tanya.. kira2 ada perbedaan ketahanan (lama pakai) antara asip yg dibekukan di kantong asi atau botol kaca gak ya? Lebih tahan lama mana? Atau sama saja. Thanks

    ReplyDelete
  23. Bun,sorry mau share aja,aq pake kantong plastik momo juga,kebetulan mlm ini aq cek d freezer kok ad yg bocor yaa,mungkin waktu q taro kena pinggiran plastik yg beku,yg q mau tanyain klo ketawan bocor gitu masih aman d freezer gak sih?atau aq turunin lgsg k kulkas bwh n dmnumin lgsg k dedenya? Thanks before bun :)

    ReplyDelete
  24. Bun,sorry mau share aja,aq pake kantong plastik momo juga,kebetulan mlm ini aq cek d freezer kok ad yg bocor yaa,mungkin waktu q taro kena pinggiran plastik yg beku,yg q mau tanyain klo ketawan bocor gitu masih aman d freezer gak sih?atau aq turunin lgsg k kulkas bwh n dmnumin lgsg k dedenya? Thanks before bun :)

    ReplyDelete
  25. sy pk natur selalu ada kejadian bocor :( gabag aman tp gendut.. kmrn sempet beli merk iq baby dan little baby. asal beli aja sbnrny krn emergency kehabisan kantong dan di toko adanya itu. ternyata baguusss. material dan model mirip natur, tp seal pinggirnya lbh tebel jd so far no bocor. skrg lg coba momo. momo skrng modelnya kyk gabag dan zipnya cuma satu. takut bocor juga sih walaupun so far so good

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. Aq biasa pake natur, semoga ga bocor ya

    ReplyDelete
  28. mau tanya dunk siapa tau ada yg bisa bantu....hari ini saya lupa bawa plastik asi padahal pumping dah beres jadinya kaget dan bingung, nah kebetulan ada temen yang punya plastik asi sisa2 dya pumping kmrn buat anaknya cm masalahnya plastik asi itu lumayan lama nganggurnya 2-3 tahunan. yang saya mau tanya, plastik asinya masih layak dan aman digunakan g y???

    ReplyDelete

LAMPUNG TRIP (dua)

Perjalanan ke Lampung di hari pertama, coba intip di  sini  ya.... Hari kedua di Lampung, kita main ke pinggir pantai sajaaah... Nggak n...

Popular Post