11.01.2011

PASANGANMU... RACUNMU...


Sedih! Abis denger cerita dari salah seorang teman saya yang menceritakan kelakuan kakaknya terhadap orang tuanya. Maaf, saya nggak tahan untuk nggak nulis cerita ini di blog saya. Tulisan ini dibuat bukan untuk membuka aib atau keburukan seseorang. Bukan sama sekali. Saya hanya sedih dan ingin mengungkapkannya disini dan berharap untuk yang membaca agar dapat merasakan apa yang saya rasakan.

Let’s start...

 “Mona, gw bingung degh sama kakak gw! Nggak ngerti maunya apa, tiba-tiba dia mau jual rumah bokap nyokap! Itu bokap masih ada, nyokap masih ada, tapi rumah mau dijual. Sinting!”
Begitu lah awalnya cerita di BBM dengan salah seorang temanku...

Entah kenapa, belakangan hari ini sering banget denger cerita sumbang tentang keluarga yang anaknya memperlakukan orang tua dengan tidak layak. Hmmm, gimana ya antara senang jadi tempat curhatan dan sedih karena denger cerita yang miris itu. Nggak sampe hati sebenernya, denger cerita anak yang memperlakukan bapak ibunya kaya gitu. Udah dilahirin, dididik, disekolahin, dikasih kerjaan, dibayarin kawinan (heheee, ini mah gw banget nih), mungkin ada yang dikasih rumah, mobil atau apa aja supaya si anak nggak kesusahan hidupnya.  But see how’s kids treat their parent?

Trust me, nggak ada orang tua yang nggak sayang sama anak. Nggak ada orang tua yang mau anaknya hidup susah. Semua orang tua pasti menginginkan anaknya untuk mendapatkan yang terbaik. Makanya, orang tua pasti memberikan anaknya sebisa mungkin yang paling bagus. Kebutuhan orang tua rela dikorbanin demi kebutuhan anak. Pernah denger kan, bapak ibu jual mobil untuk biaya kuliah? Bapak Ibu jual rumah untuk ngebiayain kawinan anaknya? Itu semua ya sooob, karena orang tua sayang sama anak! Makanya, ada yang bilang kalo kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah (bukan udang galah ya boook!)

Lanjut dan kembali ke pembahasan...

Jadi ceritanya... si kakak (udah nikah) temen saya ini mau beli rumah, tapi (mungkin) dia nggak punya duit untuk beli rumah. Jadilah makanya rumah bapak ibunya disuruh jual, trus uangnya diambil buat dia Down Payment itu bakal calon rumahnya. Tapi menurut saya, ngga gitu juga kali caranya? Walaupun nyak babe punya rumah lain, mbok ya jangan utak utik itu rumah nyak babe gitu! Emang siapa yang cari duit, cobaaaa...?!?!?! Huh banget yah tuh orang. Boro-boro mau bantuin orang tuanya. Ini malah ngerongrong! Come on man... begitu kalo kata si Kimonk, sahabat suami saya (hahaha....).

Usut punya selidik, itu katanya sih yang ngedorong untuk jual rumah adalah pasangan si kakaknya temen saya itu. Hayaaah, udah menantu, masih mau ngerongrong pulak? Ckckck... tak habis pikir sayah! Kok bisa ya, justru yang ngotot itu si pasangannya? Apa maksudnya nih? Ampuuun degh! Ya tapi emang nggak heran kok, emang banyak kejadian yang begini. Maaf kata yah nih, kadang emang kalo niat nikah nggak baek (karena harta, karena jabatan dan sebangsanya), biasanya siyh emang suka nggak baek juga jalannya *ketok meja 3x sambil ngucap amit-amit.

Well bro and sis, nih ya... nggak baru kali ini saya denger cerita kalo menantu itu suka bikin rusuh keluarga. Menantu suka usil, pengen ini itu, jadinya malah bikin ribet keluarga. Yang tadinya adem ayem, malah jadi perang. Yang tadinya tentram makmur, malah jadi kisuuut! Makanya, kalo mau kawin (eh... nikah), pilih dan seleksi seketat mungkin dan seselektif mungkin. Bukan apa-apa ya booo, kadang emang kalo salah pilih, suami atai istri malah suka jadi racun di keluarga! Bukan cuma racun, tapi benalu! Nah, ada juga yang jadi musuh dalam selimut. Nah, buat yang lagi cari-cari calon istri dan calon suami, pastikan yang anda pilih itu adalah orang yang tidak akan merongrong keluarga anda yaaa....

Saya sih juga bukan manusia yang sempurna dan menantu yang superb! Aseli, saya sih manusia biasa yang masih punya banyak kekurangan dan bukan menantu yang sangat baik sempurna. Tapi setidaknya saya nggak mau menuntut apa-apa dari orang tua saya dan mertua saya. Sudah bagus mereka mau melahirkan saya dan suami saya, menyekolahkan kami, mendidik kami, dan sayang sama kami #terharu. 


Keluarga Bahagia bersama Orang tua tercinta

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post