11.03.2011

NARES' MOM IS ON DA KITCHEN...

Yuhuuu... yu’ lah mari berbagi cerita bagaimana saya bertunggang langgang menyiapkan makanan Nares di setiap harinya. It’s a bit of horror for some mommy, but it’s fun for me... Witiwiwww, kenapa fun? Soalnya saya sendiri jarang masak untuk makanan orang dewasa. Untuk makan orang dewasa saya pilih catering-an sajah.

Yak, saya emang milih catering-an daripada masak sendiri. Alesannya adalah sebagai berikut : (1) Nggak repot dan pusing mau masak apa hari ini. (2) Nggak perlu belanja tiap hari ke tukang sayur, which is kadang suka belanja lebih yang ada malah kebuang-buang itu bahan mentah. (3) Siapa yang mau masak? Saya sendiri nggak bisa masak. Mau ngandelin mba’nya, nggak degh. Kan tugas dia yang utama itu menjaga Nares. Kalo udah masak, takutnya Nares malah nggak kepegang. So that’s why saya pilih catering sajah untuk makan orang dewasa.

Untuk Nares, saya bersedia masak! Why? Karenaaa : (1) Saya memutuskan untuk Nares makanan yang non-instant, walaupun DSA mungkin bilang boleh kasih makanan instant. (2) Siapa yang mau masak makanan Nares kalo bukan saya? Sementara yang tau ilmu makanan bayi itu kan ibunya sendiri, bukan orang lain. (3) Kalo pake catering bayi, mahal ya ciyn... Catering bayi nggak semurah catering orang dewasa lho! Okey, dengan pertimbangan alasan di atas, jadilah saya harus masak buat Nares. Repot? Ya... mungkin diawalnya iya. Tapi daripada kena makanan instant? No lah ya. Biar kata nggak pake pengawet, atau pengawet makanan, tetep aja ada pengawetnya. Nehi yawh...

Dulu waktu awal Nares MPASI, saya pernah nyobain bikin makanan Nares untuk 3 hari sekaligus. Jadi saya punya waktu 2 hari kosong untuk leyeh-leyeh dan ongkang-ongkang kaki. Tapi itu dulu, waktu Nares makan 1kali sehari. Sekarang, Nares udah makan 3kali karbo dan 1kali buah. Kalo mau bikin per 3 hari sekali, kaya’nya kok nggak fresh ya? Secara yang dimakan Nares itu udah bubur nasi, lauk sayur dan kaldu-kaldu ikan/daging/ayam. Nah, kalo disimpen kelamaan, kok takut berasa aneh nantinya. Jadinyaaah, saya memilih untuk memasak setiap hari untuk makanan Nares.

Repot? Hahahaaa, ternyata enggak sama sekali! Cuma memang butuh strategi biar bisa masak tiap hari dan nggak repot.


So... Begini ceritanya kalo berhubungan sama masak makanannya Nares!

1.     Versi Belanja
Belanja bahan makanan Nares sih dari berbagai sumber. Kadang di pasar tradisional, kadang pasar modern (supermarket dan toko buah), kadang juga di tukang sayur. Mau tau kelebihan dan kekurangannya?

Positive-nya : 
Pasar Tradisional : lengkap, murah, jenisnya banyak, masih seger
Pasar Modern : pasarnya bersih, bisa tau harganya dulu (kalo mahal ga jadi beli #emak hemat).
Tukang Sayur : enak buat emak yang males pergi-pergi (hahaaa, ini (+) apa (-) yak?)

Negative:
Pasar Tradisional : belanjanya nggak bisa tiap hari karena jauh dari rumah, becek, nggak tau harga
Pasar Modern : belinya harus banyak (kadang soalnya udah di pak-pak gitu), ga bisa milih-milih kalo udah di pak-pak-in, harganya agak mahal, barangnya kadang udah nggak segar
Tukang sayur : suka kelewatan kalo di rumah, kadang bawaannya juga nggak lengkap (jadi nggak bisa match sama jadwal yang mau dibikin).

Nah, makanya kalo saya itu belanjanya kadang di pasar tradisional, kadang di supermarket, kadang juga di tukang sayur.  Eh, tapi kalo kaya ikan tuna, salmond gitu, saya belanja di supermarket. Soalnya di pasar tradisional suka nggak ada. Kalo buah-buahan, lebih sering beli di supermarket dan toko buah. Soalnya di pasar tradisional, buahnya nggak kece! Alias suka berkeriput alias nggak tau harganya. Udah gitu, standard buah pasar adalah pepaya, pisang, jeruk, anggur, mangga. 

Oia, saya lebih seneng belanja dalam jumlah barang yang sedikit-sedikit tapi macam sayuran dan buahnya banyak. Jadi bisa lebih variasi untuk menu-nya. Makanya itu, kalo sayuran, saya suka belanja di pasar tradisional. Karena bisa beli sesuka hati. Ini contohnya, Sabtu kemarin saya belanja: 2 buah wortel, 6 tangkai buncis, 4 buah labu siam, 1 ikat sawi, 2 buah tomat, daun bawang selederi seikat kecil, 1 buah tahu, 1 bonggol daun salada air. Nah, susah kan kalo belanja di supermarket? Tapi kadang ada juga sih yang bisa beli dikit-dikit gitu.

penampakan jualan sayur di pasar tradisional, gemeeessshhh

2.     Versi perlengkapan
Pernah dibahas sih, di sini tentang peralatan MPASI. Cuma mungkin karena Nares udah 8 bulan, makannya udah 3kali berat dan 1kali buah, jadinya udah nambah blender. Kemaren kan lebih sering saringan. Oia, nambah lagi alatnya. Itu si grinder merk Munchkin udah dipake. Buat giling-giling makanan sebelum diblender. Soalnya kalo langsung blender, kadang suka nggak ancur. Makanya digiling dulu, baru blender. Peralatan lain yang nggak kalah pentingnya itu ya food container yang ukuran kecil-kecil, buat nempatin makanan setengah jadinya.

ini sebagian peralatan masak-masakan dek Nares




ini gambar meja makan kalo lagi bikin makanannya Nares. #berantakan 

3.    Versi persiapan bahan makanan
Naaah, ini dia yang seru, waktu nyiap-nyiapin bahan makanan Nares. Saat ngebersihin makanan Nares, biasanya saya lakukan di malam hari, setelah saya pulang kerja. Sekitar pukul 19.30-an saya mulai buka lemari es, cari-cari apa yang bisa dimasak buat Nares untuk besok. Yang pasti yang disimpen di kulkas bagian bawah itu yang jenisnya sayur dan tahu/tempe. Untuk kulkas bagian atas alias freezer, buat nyimpen kaldu dan daging-dagingan. Eh, tapi itu freezernya beda sama freezer buat tempat nyimpen ASIP yah. Freezer ASIP khusus buat nyimpen ASIP.

So, pilah pilih degh, sayur yang mau dimasak besok. Kalo saya sendiri, prinsipnya gini kalo nyusun menu makanan Nares dalam sehari, harus ada karbohidrat-nya, ada sayur, ada protein nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe). Daaan, saya itu selalu nyusun menu makanan Nares untuk pagi, siang dan sore itu berbeda. Secara Nares suka susah makan, makanya aku rela bikin menu yang beda. Eh, tapi yang sama hanya bubur nasi dan kaldunya yang sama. Untuk sayurnya, saya bedain. Jadi, pilih 6 macam sayur yang ada kulkas untuk disiangin (dibersihin). 2 macam sayur untuk pagi, 2 macam sayur untuk siang, dan 2 macam sayur untuk sore. Banyak yah? Kalo dari jenis emang banyak, tapi kalo dari kuantitas, jadinya ya dikit degh. Seimprit-imprit gitu yang diambil. Tapi kalo 1 menu 1 sayur juga ga apa-apa sih, sah aja kok. 

·       Next step, setelah pilih 6 macam sayuran, ambil degh sesuai dengan kebutuhan buat makan Nares. Biasanya sih ya dikit-dikit juga kok. Kan masih campur bubur nasi dan kaldu juga gitu lho.
·       Udah diambil, dicuci degh itu bahan-bahan. Udah dicuci, trus dibersihin yah. Kalo kentang dikupas, labu siam dikupas kulitnya, brokoli, dipotongin dan buang batang (bayem dan kangkung juga neh), kalo buncis dan kapri dipotong ujung-ujungnya.
·       Lanjut, potong kecil-kecil itu sayur mayur biar masuk ke grinder, bisa digiling. Saya nggak berani masukin ke blender dalam potongan besar, karena pernah nyobain motong besar-besar, tapi nggak ancur itu sayuran potongnya. Oia, kalo nggak di potong kecil bisa juga diparut pake parutan keju.
·       Sayuran yang udah dipotong gitu, trus masukin ke food container kecil-kecil ya. Jadi, 1 food container kecil itu untuk 1 kali makan. Disitu udah ada 2 jenis sayuran untuk 1 kali makan.


siap sebelum di blender...  Cantik ya warnanya?


4.     Versi Masak Memasak
Udah beres sama bagi-bagi porsi makanan? Lanjut lagi ke versi pengukusannya, begini yang saya lakukan...

Shift 1 (malam ini) 
·       Siapkan pengukusan alias dandang, didihkan air dengan api sedang
·       Kalo airnya sudah mendidih, baru masukin deh tuh yang udah dipotong-potong tadi di food container tadi. Oia, usahakan kalo mengukus atau merebus bahan makanan, didihkan dulu airnya. Kata ibu saya, biar nggak lama-lama ngerebusnya atau ngukusnya. Nah, kalo mau rebus yang daging-dagingan juga gitu, didihkan dulu airnya. Jadi kalo ada darah-darah gitu, dia langsung beku, nggak ngotorin airnya.
·       Kukus selama 20menit. Kenapa 20 menit. Ini siyh berdasarkan pengalaman saya ya, kalo 15 menit itu masih kurang empuk itu sayurannya. Lah kalo 30 menit suka benyek jadinya. Makanya saya ngukusnya 20 menit. Saya biasanya pasang timer di hape saya, jadi biar nggak kelupaan.
·       Kalo udah timer bunyi di menit ke 20, silahkan matikan kompor dan tunggu sampai dia dingin.
·       Beress degh! Kalo udah dingin, boleh masukin lemari es yah. Jangan lupa, tutup itu food containernya.

Udah disimpen di lemari, kita tinggal tidur deeh... hehehe, besok pagi shift 2 masak dilanjut lagi ya bu...


Shift 2 (besok paginya)
Bangun tidur, ku terus mompaaa... hahaha... iya donk, tetep mompa sayah, karena Nares masih ASI di usianya yang 8 bulan 3 minggu ini. Nah, bangun tidur subuh, sebelum mompa, saya langsung masak buburnya Nares. Manual nih masaknya.

·       Cuci beras, sekali aja (katanya kalo kebanyakan, takut vitaminya ilang)
·       Abis dicuci, baru dimasak deh...
·       Kira-kira udah setengah mateng, cemplungin daun bawang seledri dan daun salam. Duuh, wangi dan gurih! Nah, selagi dimaska ini, jangan lupa aduk-aduk itu si bubur ya, biar nggak lengket di panci (walaupun teplon punya)
·       Tunggu kira-kira 1 jam, baru degh, tanak dan matikan kompornya.

Masak kaldunya gimana? Ini nih...
·       Daging yang udah dipotong kecil-kecil, masukin ke air yang udah mendidih
·       Tunggu 5 menit, masukin deh potongan bawang bombay atau bawang merah putih.
·       Udah tinggal separo airnya, matiin deh kompornya.


Nah, udah rapihkan semuanya? Bubur udah, kaldu udah, sayuran potong udah? Sooo, tinggal masukin degh tuh, si bubur, si kaldu, dan si sayuran potong ke dalam blender. Blender kira-kira 1 menit. Daaan, selesailah sudah bubur makanannya Nares. Kalo mau disaring, ya tinggal saring deh. Nggak juga nggak apa-apa. Untuk menu yang pagi, saya tambahin extra virgin olive oil, yang katanya bisa b uat nambahin berat badannya anak. Hehehe... ya, Nares sih emang nggak gendut-gendut banget, makanya pengen nge-boost berat badannya. Semoga berhasil (namanya juga usaha, yak!)
ini makanan Nares waktu masih 2 kali makan #lupa menunya

(Ki): bubur daging pokcay kacang merah, (Te): bubur daging wortel timun, (Ka): Kentang Tomat Pepino + keju

Gampang kan, masaknya? Nggak repot? Cuma buat waktu 30menit di malam hari dan 1jam di pagi hari. Biasanya sih saya suka ajak Nares duduk di high chairnya waktu saya bersih-bersihin makanannya yang malem. Jadi Nares tetap main sama saya, sambil saya ngerjain tugas saya. Tapi kalo pas mau ke deket api, ya jangan dibawa deket-deket ya. Kalo pagi-paginya, kadang Nares udah bangun kadang juga belom. Kalo belum siyh ya aman, kalo udah bangun ya palingan dibawa ke dapur juga. Huhuuu, untung dapur dan ruang makan nyambung jadi satu, makanya lega. 

MPASI rumahan dan no-instant, kenapa nggak?

Referensi yang biasa saya contek tuh dari : http://mamakukokihandal.com/, kadang juga dari group Homemade Healthy Baby Food, dan dari mana-mana lainnya...

2 comments:

  1. top markotop mom....kumplit... plit...plit...plit... siapa bilang bikin makanan rumahan ribet?... untuk anak pasti kita akan berikan yg terbaik..

    salam kenal yaa

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga, mba... Iya nih. Seru emang masak makanan si kecil. Kaya' main masak2an jadinya. Hehehe...

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post