11.30.2011

AKHIRNYA, TANPA BREASTPUMP!

Akhirnya saya merasakan juga, seret pumping! Rasanya mau nangis degh, tapi kalo kata suami saya, nangis juga nggak berarti ASInya akan keluar. Marah juga ASInya nggak akan deres. Hufth, bingung jadinya harus gimana lagi. Akhirnya saya merasakan gimana rasanya sedih ASI susah keluar. Soalnya ada beberapa kerabat dekat yang bercerita kalo mereka susah pumping. Tapi kalo anaknya mimik langsung, lancar jaya. Wuzz wuzz...  Duh Gusti, mohon ampun kalo saya ada salah! Ini ASInya jangan dikurangin donk...

Hari ini rasanya sudah hopeless banget saya. Pumping pagi bangun tidur dapetnya 50ml dari biasanya yang sekitar 80ml. Terus saya pumping lagi sebelum berangkat kantor, dapetnya 20ml dari yang biasanya sekita 50ml. Ya Allah, saya nurunin 400ml buat Nares. Tapi ini baru dapet 70ml. Masih ngutang 330ml. Huaaa, banyak banget! Perjalanan masih panjang. Kalo tiap kali pumping dapetnya segitu, gimana bisa balance? Pasti bandar nombok neh? Kemaren aja udah nombok 1 botol.

(Walaupun di freezer masih penuh sama ASIP, tapi saya kan nggak mau lengah. Nggak boleh terlena dengan freezer yang penuh ASIP. Balance tiap hari itu target saya. Mungkin terlalu perfeksionis, tapi saya maunya gitu. Kalo tiap hari lengah, terlena, bisa-bisa dek Nares nggak kebagian ASI sampe 2 tahun. Saya kan maunya Nares bisa mimik ASI sampe 2 tahun)

Sessi pertama perah di kantor jam 11:30. Siap-siap cuci tangan, pasang breastpump dan perintilannya. Bismillah, semoga ASInya yang keluar banyak. Tapiii... ini horror banget neh! Udah 5 menit mesin breastpump nyala, tapi nggak setetes ASI yang turun di botol. Pasang breastpump udah bener, sama seperti biasa. Adoooh, ini kenapa segh? Okey, coba benerin perlekatannya. Tapi kok nggak mau juga ya? Putus asa degh rasanya *bersandar ke tembok ruang mompa. Yang ada di pikiran saya, “masa iya sih, saya pulang nggak bawa ASIP? Nares gimana? Ya Allah, jangan diambil ASInya dooonk. Nares masih butuh. Saya pun butuh, buat Nares.

Setelah dicoba lagi tapi tak berhasil, dengan tekad kuat sekuat baja komposit K-225, saya coba perah pake tangan. Bismillah aja. Pasti emang belepetan. Secara saya nggak jago marmet (teknik perah ASI pake tangan), tapi semangat membara buat dapetin ASIP. Semangkaaaaa....

Pelan pelan dan pelan. Setetes setetes dan setetes. Pegel pegel dan pegel. Hahaha! Tapi beneran pegel lho. Mungkin karena nggak biasa perah tangan selama ini kali ya, jadinya pegel. Kalo udah biasa sih, mungkin nggak. Mungkin lho, ya? Kan saya sendiri juga belum pernah coba lama-lama.

Nah, setelah 10 menit perah pake tangan, ini lah pendapatannya! Yahelaaah, kok pendapatan sih? Emang uang?

nyaris 50ml yah?

 Dan setelah 30 menit perah, ini lah yang saya dapatkan, sodara sodara!!!

This is it! 70ml

Taraaaa... hihihi 70ml lho booo! Ini sesuatu banget lho! Nggak nyangka saya. Bisa juga perah pake tangan. Walaupun tangan pegel-pegel, tapi rasanya terbayar degh dengan ASI yang banyak itu.

Tau nggak sih, apa yang ada di benak saya, selama saya perah pake tangan? Ini yang ada di benak saya:
  1. Jadi ibu itu susah juga ya? Ini buktinya, harus rela-rela pegel untuk ngeluarin ASI
  2. Jadi ibu itu penuh perjuangan ya? Ini buktinya, harus rela puter otak gimana caranya biar anaknya dapet ASI.
  3. Bener banget ya, setetes ASI itu mahal banget. Ya itu coba caranya diperjuangkan segimana mungkin supaya ASInya keluar.
  4. Pantesan aja ya, ibu ASI itu hebat. Perjuangan perah ASI itu ternyata nggak mudah, ada aja cobaannya.
  5. Ya Allah, masih bersyukur saya, masih bisa dikeluarin ASInya.

Hah, 30menit sudah perah pake tangan ini dan hasilnya juga cukup memuaskan saya. Saatnya kembali kerja di meja dan senyum sumringah karena dapet 70ml di sesi pertama ini. Perjalanan masih panjang. Tapi setidaknya saya tetap harus menyimpan semangat itu. Sewaktu-waktu saya butuh, bisa saya pergunakan lagi. Heheee...

Oia, ini ada link yang bisa dijadikan acuan untuk perah ASI pake tangan alias marmet. Mudah-mudahan berguna buat yang membaca. Kali aja suatu waktu membutuhkannya:

Semangat ASI!

Terima kasih ya Allah, hari ini ASInya bisa keluar. Besok jangan dikredit lagi ya, ASInya...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post