11.08.2011

IDUL ADHA dan VIRUS ROSEOLA

Rabu, 2 November kemaren Nares sakit panas. Nggak tanggung-tanggung, panasnya diukur pake thermometer sampe 39°C. Duuuh, sedih banget rasanya anak saya sampe demam setinggi itu. Nares nggak mau kalo nggak digendong. Maunya gendong terus. Tapi diajak main dan becanda masih mau. Tapi jangan harap mau ditinggal sendiri. Pasti langsung mewek. Yaaa, namanya juga bayi lagi sakit, pasti mau-nya ‘ngalem’. Tak apalah, saatnya saya memanjakan dirinya. Saya peluk Nares dengan metode skin to skin. Cara ini memang ampuh untuk menurunkan panas anak kita. Lumayan, waktu itu diajarin suster di RS Harapan Kita, sesaat setelah Nares lahir. Kata bu suster, kalo anak sakit panas, nggak perlu obat-obatan. Cukup peluk saja, tanpa baju antara ibu dan anak. Dahsyat! Tuhan begitu sempurna menciptakan kondisi bonding antara ibu dan anak. Setelah 1 jam kami berpelukan di kamar, panasnya agak menurun, menjadi 38.4°C. Lumayan lah menurutku. Mungkin memang karena transfer panas tubuh, akhirnya saya yang berkeringat.

Malam itu Nares lumayan bisa bobo. Seperti biasanya, Nares mau bobo di box-nya. Nggak ada masalah, tapi memang yang agak berbeda, Nares minta mimik jam 1, jam 3 dan jam 5. Padahal sih biasanya Cuma jam 3 dan jam 5. Tapi kalo udah kenyang mimik, ya udah... Dia bobok lagi.

Kamis, 3 November , di pagi hari suhu badan Nares 37.4°C dan Nares pun juga aktif seperti biasa. Maen, ngoceh, makan juga mau (walaupun pake sedikit berantem). Saya memutuskan untuk berangkat kerja setelah diijinkan pak boss daddy. Tapi dari kantor, bolak balik telpon ke rumah untuk tanya kondisi Nares. Dan berita yang saya dapatkan memang panas badannya naek turun. Tapi masih berkisar 37°C- 39°C. Tapi berita yang saya dapatkan, adalah Nares mau makan dan mimik ASIP. Cuma memang ASIPnya nggak mau pake dot, tapi disendokin. Tak apalah, yang penting ada yang masuk.

Agak deg-degan sebenernya nares sakit kali ini. Soalnya udah 2 hari, tapi kok masih naek turun panasnya. Kemaren memang sempet panas waktu Nares umur 6bulan kurang 1minggu. Tapi itu hanya 1hari saja. Kali ini kok dampe 2 hari ya? Mana ini bapaknya Nares ada tugas keluar kota pulak. Lengkaplah saya. Anak sakit, suami tak di rumah juga *narik napas dalem-dalem keluarin lewat bawah. Huh, rasanya mau nangis saja sayah, tak mampuuu... Huhuuu, Tuhan tolong saya, kuatkan saya, sembuhkan Nares, angkat penyakitnya...

Kecurigaan sumber panas dari gigi bagian atas yang mau tumbuh. Emang kalo diliat, itu gusi bagian atas udah pada gendut-gendut banget. Kalo kata nekwannya Nares, “gusinya udah bunting!” Dipikir kucing kali ya itu si gusi, kok jadi bunting? Oia, menurut temen saya yang dokter gigi, bayi itu kalo tumbuh gigi kebanyakan demam karena jaringan gusinya robek, si gigi menembus jaringan gusi. Makanya jadi demam. Tapi itu sih memang proses alamiah yang tak perlu dikhawatirkan.

Kamis sore si mba’nya sms saya: “Bu, Nares panasnya 40°C. Barusan diukur.” Jdaaarrr... kok bisa naek turun begini siyh? Kok nggak yakin karena gigi ya? Saat itu saya memutuskan untuk pulang cepat. Secara bapaknya nggak ada, Nares panas, dan saya ke kantor bawa mobil sendiri. Kalo pulangnya tepat jam 5, saya pasti kebagian macet. Makanya ijin untuk pulang cepat. Daripada kejebak macet, mendingan pulang lebih awal. Di perjalanan pulang, ada sms masuk dari si mba’ “Panasnya 39°C. Masih di kompres” Akh, syukurlah panasnya turun. Tapi deg-degan dan khawatir masih jadi satu di dalam kepala ini.
Sampe rumah, saya minta ukur lagi panasnya. Dan hasilnya adalah 40.2°C. Kuputskan untuk bbm bapak dan tanya, apakah boleh bawa ke dokter. Bapak bilang, “Iya boleh bawa ke dokter. Tapi kalo dikasih obat, jangan dulu ya”. Baiklah pak... Saya akan bawa Nares untuk memastikan bahwa Nares tidak kenapa-kenapa.

Kebetulan di deket komplek saya ada Dokter Spesialis Anak yang notabene sudah senior. Berangkatlah saya, Nares dan si mba Ela ke dokter depan komplek. Sesampainya disana, ada 1 pasien yang sedang didalam.  Tak ada antrian, makanya begitu pasien yang di dalem keluar, kita langsung masuk. 

Beginilah percakapan yang terjadi antara DSA (D) dan saya (S)...
D: “Ayo masuk, timbang dulu ya...”
S: “Iya, Dok.”
Timbangan menunjukkan angka 8, means 8kg.
D: “8kg ya... Jadi kenapa anaknya? Ayo taro di tempat tidur sini”
S: “Panas Dok, udah 2 hari. Tapi sore ini panasnya makin tinggi. Tadi diukur, suhunya 40°C
D: “Sebentar ya, periksa dulu...”

Sambil menunggu pak dokter periksa, sambil nenangin neng Nares yang teriak-teriak karena harus tiduran. Sepertinya emang posisi tiduran saat ini buat neng Nares nggak nyaman banget. Saya lihat pak dokter lagi pencet-pencet perut Nares, sambil nyetetoskopin (aiyh, susah bener spellingnya) badan Nares, dan akhirnya kuping Nares dipencet. Saat dipencet kupingnya, Nares makin kenceng nangisnya. Ngeeeeeng, duh, dulu saya kaya gini kali ya? Hahaha....

D: “Ini pilek niyh, bu... Dah, ntar kasih obat ya, biar cepet sembuh”
Sret sret sret, pak dokter nulis resep di kertas putihnya.
D: “Ini saya kasih antibiotik ya, sama obat nyembuhin batuk pileknya”
S: “Ooo, pilek ya dok? Kok nggak kedengeran srat srotnya ya Dok? “
D: “Iya, karena bayi tidurnya masih telentang”
Hmmm, padahal Nares suka tidur miring dan telungkup juga lho...
S: “Jadi obatnya antibiotik sama puyer ini ya Dok? Harus minum antibiotik kah, Dok?”
Soalnya kan yang saya baca di buku pintar, kalo batuk pilek itu bisa sembuh sendiri dan nggak perlu obat.
D: ”Oiya, harus pake antibiotik, biar cepet sembuh. Kalo nggak pake antibiotik, takutnya kupingnya nanti conge’an. Dah, minumin obatnya ya, besok juga sembuh kok!”
S: “Ooo, baiklah dok. Terima kasih”

Langsung angkat badan dan menyelesaikan administrasi dengan pak Dokter. Pulang.

Masih di jalan, langsung laporan singkat ke pak boss daddy melaui bebe-em. Intinya sih, pak boss daddy tidak mengijinkan saya untuk memberikan antibiotik dan puyer ke Nares. Kalo cuma batuk pilek atau ISPA, nggak perlu antibiotik. Cuma pesannya pak boss daddy, beli obat penurun panas saja di apotik RS depan rumah. Hahaaa maklum, karena Nares jarang banget panas (baru sekali-kalinya), akhirnya di rumah ngga ada obat apapun buat Nares. Yang dulu itu juga panasnya turun setelah skin to skin contact. Minta tolong si mba’ Ela untuk beli obat penurus panas di RS depan rumah. Abis itu langsung degh, kasih ke Nares.

Panasnya turun kira-kira setelah 2 jam obat penurun panas dikasih ke Nares. Jam 10 malam, suhu tubuh nares sekitar 38°C. Tapi Nares nggak mau bobo ditaro di kasur. Maunya bobo gendong. Jadilah saya tidur sambil duduk. Yaaa, gitu degh memang. Buat anak, apapun rela dilakukan. Yang penting anaknya sembuh. Lucu juga si neng Nares ini. Walaupun sakit begitu, tapi masih tetap aktif. Masih bisa ketawa kalo diajak bercanda. Masih mau maen juga. Pegang ini pegang itu...

Jumat, 4 November, sekitar pukul 1 dini hari saya masih meluk Nares supaya dia bisa bobo. Mencoba untuk membrikan obat penurus panas kembali pada Nares, soalnya interval obat parasetamol sesuai petunjuk di kotaknya adalah 3-4kali sehari. Berarti 6-8jam boleh diberikan kembali. Kalo tadi ngasihnya sekitar jam 7malam, berati jam 1 dini hari kembali diberikan. Tapi sayangnya pas Nares dikasih obat penurun panas ini, Nares malah muntah. Kaya kesedak gitu. Sedih banget ngeliatnya... Nggak tega deh. Akhirnya nggak tega juga masukin obat penurun panas lagi. Setelah muntah, saya tepuk-tepuk punggung Nares. Saya peluk, saya susuin. Akhirnya Nares pun tertidur. Untuk kali ini, Nares mau tidur di kasur. Tau aja degh, kalo ibunya nahan pipis dari tadi, hihihi... Mungkin Nares ngasih kesempatan buat saya untuk pipis.

Sekembalinya saya dari toilet, saya pun ikutan tidur di samping Nares dan terjaga pukul 5.30 pagi. Sementara saya sholat subuh dahulu dan setelah itu kembali menyusui Nares. Kembali saya ukur suhu tubuhnya dan mendapatkan suhu 38°C. Yah, alhamdulillah sudah turun. Lega rasanya. Saya memutuskan untuk tidak berangkat ke kantor. Nggak mungkin ninggalin Nares yang dalam keadaan seperti itu. Terlalu berat.

Sekitar pukul 9 pagi, saya ukur kembali suhunya dan dari thermometer menunjukkan angka 39°C. Duuuh, kok naik turun gini ya? Coba saya kembali kasih parasetamol saja lah. Toh juga Nares baru selesai makan paginya (oia, Nares masih tetap mau makan dan minum lho, walaupun badan panas begitu). Tapi kembali lagi, Nares reject parasetamol tadi. Obat yang masuk, langsung dimuntahkannya kembali. Saya berfikir, ada apa dengan obat ini? Apakah rasanya keras? Coba sini saya icip dulu degh, mungkin memang rasanya menyengat? Hmmm, setelah mencoba, mungkin Nares memang reject karena obatnya agak berasa. Manis dan sedikit tajam (nyikrak gitu). Baiklah kalau begitu, saya coba campur dengan air putih. Alhamdulillah, obatnya bisa diterima Nares begitu dicampur air putih. Pelan dan pasti, obat penurun panas bisa masuk ke Nares tanpa muntah.

Sekitar jam 12 siang, suhu badannya sudah mendingan, sekitar 37°C. Aku pun sudah mulai agak tenang dan terus berdoa bahwa ini memang proses turunnya suhu badan Nares. Suhu badan tidak bisa turun drastis dan memang butuh waktu. Sekitar pukul 3 sore, saya ukur badannya kembali dan menemukan suhu di thermometer adalah 36.8°C. Waaah, mudah-mudahan ini memang pertanda baik. Nares sembuh! Itu dalam benakku. Namun sekitar pukul 4 sore, kembali aku minumkan obat penurun panas, dengan logika supaya badannya tidak panas lagi. Kalau malam ini badan Nares tidak panas, maka aku akan stop konsumsi obat penurun panasnya. Dan terbukti, malam hari di Jumat, Nares sudah tidak panas. Nares pun sudah bisa tidur di box-nya kembali. Syukurlah. Wohooo, bersyukur part 2 adalah karena suami saya sudah pulang dari tugas kantornya...

Sabtu, 5 November, pagi nya Nares sudah ceria seperti biasa. Makan, maen (apalagi ada bapaknya), berceloteh. Semuanya seperti biasa. Aku dan suami pun menganggap Nares sudah sembuh.

Malam minggunya, saya menemukan bercak –bercak merah di pipi Nares. Dekat kuping sisi kiri-nya Nares. Bercaknya berukuran sekitar diameter 1.5cm. Langsung saya periksa badannya Nares. Ternyata ada bercak-bercak tipis juga di bagian perut Nares. Kecurigaan saya : Roseola! Langsung degh lapor suami begitu curiga Roseola. Saya ubek buku “Smart Parents for Healthy Children” karangan dr. Purnamawati. Di dalam buku itu sebenernya banyak panduan-panduan untuk menangani anak infant dan toddler yang sakit. Recommended banget degh ni buku buat orang tua yang punya bayi.

Setelah ubek-ubek tentang Roseola di buku ini, saya semakin yakin Nares terkena Roseola. Soalnya ciri-cirinya begini:
·         Panas tinggi selama 3 hari (bisa sampe 5 hari)
·         Disertai batuk pilek selama demam
·         Anaknya masih mau makan dan tetap aktif walaupun rewel
·         Ruam merah muncul setelah panas reda

Yak, itu poin yang terakhir banget, yang membuat saya yakin kalo Nares kena roseola. Nggak puas sama informasi yang ada di buku, saya browsing dengan keyword : roseola. Naaah, semakin yakin kalo Nares kena roseola. Masih nggak puas, saya tanya sepupu saya yang anaknya yang pernah kena virus roseola. Kesimpulannya, dari informasi sana sini situ, Nares kena virus roseola. Ya ampuuun, untung aja kemaren nggak diminumin itu obat pilek dari dokter ya? Duuuh, coba kalo diminumin ternyata bukan pilek? Lagian kan pilek juga nggak perlu obat. Ntar sembuh sendiri. So, pak dokter, gimana ini?

Nah, si penyakit Roseola ini ternyata memang nggak ada obatnya. Nanti dia hilang sendiri merah-merahnya. Penanganannya:
·         Baby harus tetap makan dan minum, jangan sampai dehidrasi.
·         Boleh direndam di air hangat, suam-suam kuku.
·         Nggak perlu obat. Parasetamol boleh dikasih kalo anaknya demam.

Duuuh, duuuh, kena juga Nares dengan virus Roseola. Saya inget banget ini penyakit, karena teman saya, Nuning, anaknya pun pernah ngalamin. Makanya inget penyakit ini. Belum lama, Ani, sepupuan saya, juga anaknya ngalamin ini. Ya, tenang lah kalau begitu. Secara kalo kata di buku, ini penyakit yang biasa terjangkit sama anak yang umurnya 6-36bulan.

Intuisi detektif saya langsung jalan. Pertanyaan di benak kepala saya : Nares kena dari mana ya? Secara Nares hampir tidak pernah contact sama bayi-bayi seumuran dia. Akh, tarik-tarik ingatan saya... Baru inget kalo Nares ada contact pas ikutan Pekan Imunisasi Nasional tanggal 27 Oktober ini. Pasti dari situ degh ya. Secara waktu itu ada anak kecil yang memang sedang uhuk-uhuk, batuk. Yah, tapi ya sudahlah. Sudah terkena ini, tinggal bagaimana penanganannya saja.

Menurut di sumber berita (browsing google), virus roseola ini mempunyai masa inkubasi 5-15 hari dari pertama hari terjangkit. Dan penyakit ini berlangsung sekitar 1 minggu.


Minggu, 6 November, saatnya berhari raya. Idul Adha gitu lho... Alhamdulillaaah, saatnya makan-makan di tempat kakung, tempat nekwan, dan tempat nenek. Apalagi kemaren tanggal 5, eyang kakung ulang tahun. Jadinya kita sedikit mau merayakan hari ulang tahun si eyang kakung. Yippie, makan birthday, cake. Lho, kok ini malah jadi emaknya yang girang? Padahal anaknya lagi sakit. Heheee, tapi kalo kata temen yang udah pengalaman, roseola kan sembuh sendiri dan nggak ada obatnya. Jadi ya mau diapain lagi, kan? Yang penting Nares mau makan, banyak dimimiin ajah..




Coba liat itu bintik-bintik merah dimukanya Nares


Tapi coba liat, walaupun lagi bintik-bintik merah, Nares tetap ceria lho. Ini coba, maen becanda sama bapak, padahal muka badan merah-merah...


Maen sama bapak

Besok itu Kamis, berarti seminggu lalu Nares mulai sakit. Hari ini merah-merah sudah pudar, semoga besok merah-merah bersih sama sekali dan Nares kembali ceria. Semangaaaaat....


Sumber berita ngambil dari mana-mana, ya...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post