9.21.2014

PROMO CARREFOUR DAN TRAGEDI MATAHARI

Kejadian kurang menyenangkan yang saya share disini, sebenernya nggak menghebohkan banget. Tapi karena saya mengalaminya selama dua hari  berturut-turut, dan itu menjadi hal yang menjengkelkan, saya terpaksa menulis disini. Udah kadung terlanjur kesel banget kayaknya siyh... kecewa dan kecewa banget sama kelakuan oknum yang rasanya nggak pantes melakukan itu. Emangnya apaan sih? It's about promo sih sebenernya. Gegara promo harga murah di koran, saya jadi kesel. Yah, namanya juga ibu-ibu, dapet duitnya nggak gampang, makanya suka nyari barang yang murah aja. Syukur-syukur kalau kualitasnya bagus..., itu namanya alhamdulillah. Tapi bukan berarti pelit juga lho. Kalo pelit itu udah lain arti. Nah... beda pelit sama perhitungan jadi beda tipis kan ya? Nyaru kalau orang Jawa bilang sih... 

Singkat cerita, Jumat 19 September 2014 pagi-pagi baca koran donk ya, yang mana di setiap hari Jumat pagi itu pasti nongol deh di koran, promo-promo weekend di supermarket maupun hypermarket. Saya sendiri emang doyan aja gitu, nyari barang yang dijual dengan harga promo. As long as itu beneran harga promo ya (kita harus tau dulu lho, harga normalnya berapa). Jangan sampai toko itu bilang discount 50%, ternyata harga setelah discount itu ya ternyata emang harga normal di pasaran. Itu namanya mark-up dulu dan itu menipu konsumen. Model promo yang begini ini, tokonya pasti saya black list. Makanya, kalau ada promo, check dulu harga toko sebelah. Kalau setelah discount harganya sama, lah promo apaan itu namanya? Itu namanya bohong... 

Di iklan Carrefour, adalah promo Diapers Mamy Poko yang menyebutkan "Special Price... Harga mulai dr Rp 67.800" untuk diapers NB52, S50, dll... Kalau persepsi saya, berarti untuk diapers tersebut bakal ada harga khusus donk ya? Sesuai dengan judul yang ada (lihat gambar iklan deh). 

Promo Koran 19 September 2014 - Carrefour 

Secara kantor deket sama Carrefour Duta Merlin, berangkat deh jam istirahat ke sana. Jelas yang dicari cuma Diapers Mamy Poko ukuran S isi 50. Harga normal sekitar Rp 97.000 - Rp 100.000 kalau di Giant. Pernah juga emang Giant ngadain promo Diapers Mamy Poko yang type taped NB isi 52, S isi 50, dll dengan harga Rp 69.000 (lupa exactly harganya) tapi harga normalnya disebutin waktu itu Rp 97.000. Nah, waktu itu emang sempat beli 3 bal buat persiapan adik bayi, karena maximal pembelian 3 bal, ya udah beli cuma 3 bal. Sekarang ada promo lagi, maunya nyetok lagi. Makanya buru-buru ke Carrefour takut kehabisan. Seperti biasa, kalo promo diapers itu emang suka banyak size yang kosong. Minggu lalu promo Hypermart diapers Mamy Poko juga tinggal size XXL. Lah, Nares aja dulu pake diapers cuma sampe size XL. Secara umur 2th 6bl udah lepas diapers sama sekali. 

Sampe di Carrefour Duta Merlin, langsung ke tempat diapers. Barang yang dicari, diapers Mamy Poko S50, ada banyak. Tapi kok ya harganya Rp 101.900 ya? Mana harga specialnya sesuai dengan promo di koran? Saya pun sempat tanya dengan petugas/pegawai Carrefour dengan menanyakan mana barang yang dipromosikan di koran (saya tunjukin lho, gambar iklan diatas yang saya simpen di android saya). Jawab pegawai adalah "Nanti barangnya di-discount di Kasir, bu...".  Menerima dengan penjelasan pegawai, saya ambil 2 bal (padahal maximal pembelian 4 bal) dan langsung ke kasir. Sampe di kasir, harga diapers yang saya ambil pin tidak berkurang sama sekali. Saya harus membayar Rp 101.900 per bal-nya... Saya pun mengajukan protes kepada kasir dengan menunjukkan iklan di android. Trus sang kasir bilang, "Yang ibu ambil harganya nggak di discount bu, harganya normal". Yahilah ngajakin ribut ini mah namanya. Ngemeng di promo koran ada harga special, sampe TKP ternyata harganya normal. 

Langsung aja saya minta ketemu sama store manager.
Datang menemui saya, seorang perwakilan dari management Carrefour (nggak tau namanya udah kadung kesel duluan). Saya sampaikan protes saya mengenai harga diapers yang tercantum di Promo Koran mengapa tidak ada ada potongan harganya? Si mbak petugas Carrefour cuma bilang, "Kan di koran bilangnya mulai dari, bu... dan kalau ibu memang keberatan silahkan saja ibu kirim surat complain ke kantor pusat kami". Lah..., begini doang kalik jawabannya? Wedeeeh, super sekali ini mah jawabannya... Buat saya pribadi, bukan masalah bisa complain ke kantor pusat atas tragedi ini, ini sih udah menipu konsumen. Di iklan bilangnya ada special price, nyatanya harga normal (bahkan lebih mahal dr toko lainnya).

Saya nggak mau ribut panjang lah sama perwakilan management Carrefour itu. Percuma juga ngotot disitu, toh juga emang gak mungkin juga itu diapers turun harga. Nyahahahaha... makanya mending cuat cuit aja di blog. Cukup tau aja kalau hypermarket sekelas Carrefour yang terkenal itu, pintar sekali menipu konsumen melalui iklan promo di koran. Di Indonesia ini pun, sudah biasa kalau konsumen itu jadi korban dan yang selalu "terpaksa" mengalah. Konsumen nggak mungkin menang lah kalao di Indonesia ini... iya kan?


Tragedi Matahari

Rasanya belum hilang sakit hati kasus Carrefour, udah kena lagi kasus mirip-mirip di Matahari Dept Store Mall Taman Anggrek. Ceritanya lagi pengen beli sisir bayi, nemulah sisir bayi pas jalan-jalan di bagian bayi. Merk-nya Pipiniko. Di rak-rak tempat sisir bayi itu dipajang, tertulis "Beli 1, gratis 1" dengan catatan harga yang harus dibayar adalah harga barang tertinggi. Okey, sisir bayi seharga Rp 39.900 saya ambil berikut dengan kotak atau tempat bedak dengan harga yang sama.

Sampai di kasir dan mau bayar, saya langsung bilang duluan ke kasir kalau barang itu barang promo yang beli 1 dan gratis 1. Tapi ternyata mba kasir malah bilang kalau barang tersebut nggak masuk di promo. Waaaddd...?!?!?! Agaaaiiinnn...?!?!?! Strike! Two days in a row kena jebakan betmen promosi. Saya cuma menjelaskan ke mba kasir, barang yang saya ambil itu berada di rak yang ada tulisan promo dan mba kasir membalas dengan jawaban, "Sepertinya barang yang ibu ambil tercampur di rak tersebut". Ya kali gitu mba, kecampur sampe ada 10 bijik di rak itu? Amsyooong. Kali ini udah nggak complain lagi minta ketemu store manager. Cukup bilang sama si mba kasir, kalau seharusnya cepet dirapihin lah yang mana promo dan yang mana yang bukan. Konsumen jadi gak merasa tertipu begini. Kecewa? Nggak terlalu sih. Udah biasa dikecewakan sama promo basi lah...

Nah... akhir cerita di marih, cukup sekian dan terima kesel. Udah speechless sama promo-promo yang nipu-nipu... 

2 comments:

  1. Karna Di SEKOPPoker Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 80,000
    Bonus Deposit Weekend 50,000
    Bonus Referral 20% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis)
    Daftar sekarang juga hanya di Sekop88poker.com
    sekop poker
    sekop 88
    poker 88
    poker 88 domino
    deposit via pulsa
    uang asli indonesia
    daily gift
    weekend gift
    bonus jackpot x3

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post