1.12.2012

JADWAL MPASI/ASI NARESWARI


Yes, back to MPASI!

Ini nih, yang suka dipertanyakan sama emak-emak di group mpasi (either yang di milis mpasirumahan atau group HHBF di FB), “Jadwal Makan Baby”.  Nah, kali ini saya akan share-kan jadwal makan dan minum ASIP/ASI-nya dek Nares (#kok tiba-tiba kangen sama si unyil satu itu yagh). Kali-kali aja dengan berbagi pengalaman di blog saya ini, emak-emak jadi nggak bingung lagi. Yaaa setidaknya ada pencerahan gitu lho. Punya banyak contekan untuk ngasih makan anaknya di jam berapa aja. Tapi dengan contekan ini berharap supaya newbie mommies bukannya tambah bingung lho, tapi harus tambah pinter.  Oia, newbie mommies kalo kebanyakan contekan jangan suka bingung akh. Ambil aja yang menurut mommies paling cocok untuk diaplikasikan di baby-nya. Kan yang paling mengerti tentang baby kita itu ya emaknya sendiri. Bukan emaknya baby lain kan?

Waktu mau siap-siap MPASI Nares, saya sendiri pun tak luput dari contekan sana sini emak-emak lain yang udah lebih jago. Nih ya, korban pertanyaan saya lontarkan ke sepupu saya, ke temen saya, trus udah gitu saya juga nyontek ke blog emak-emak kece (monggo browsing). Pastinya lagi, liat lah di dokumen group. Pasti ada kok. Cuma emang banyak orang, jadinya banyak versi. Balik lagi deh, kita sebagai emaknya, yang menentukan baby kita makan dan minum ASIP/ASI di jam berapa aja. Whokeh? So newbie mommies, let’s start the experiment with your baby and you’ll get the point!

Nih, jadwal makannya dek Nares mulai dari 6 bulan:

Jadwal MPASI dan minum ASIP/ASI Nares


Review-annya nih...


6 bulan : 1 kali makan di pagi hari

Kenapa dikasih makannya di pagi hari? Soalnya kan masih belajar makan atau pengenalan, masih nyobain ini itu. Takut-takut kalo nggak ada yang cocok alias alergi, siang harinya udah ketauan efek makanan di pagi hari. So, let’s start in the morning aja sih kalo saya mah... Selain itu, juga bisa nungguin dek Nares makan gitu lho. Kalo makannya siang, saya pun di kantor tak bisa melihatnya. Huhuuu, kan pengen banget liat dek Nares makan!


6 bulan 2 minggu : 1 kali makan di pagi hari (karbo/sayur) dan 1 kali makan (buah) di siang hari

Kenapa jadwalnya begitu? Alasan dikasih dua kali sih sebenernya biar Nares cepet adaptasi sama makanan aja. Nah, secara juga ada beberapa contekan yang ngasih kabar, kalo mulai umur 6 bulan 2 minggu udah bisa 2 kali makan. Jadilah saya ngasih makan Nares 2 kali sehari. Tapi sekali pagi yang karbo dan sekali yang buah.


7 bulan : 1 kali makan di pagi hari (karbo/sayur) dan 1 kali makan (buah) di siang hari

Masih nyamain jadwal dengan jadwal makannya dek Nares di umur 6 bulan 2 minggu. Biar dek Nares adaptasi dulu sama perutnya. Ada juga sih, beberapa emak yang udah mulai kasih 3 kali (yang sekali camilan). Tapi buat Nares, tetep aja 2 kali. Camilan, nanti saja yah. Emaknya aja yang camal camil. Hihihi, dasar emak gegares...


8 bulan : 2 kali makan (karbo) pagi dan siang beserta 1 kali makan (buah) sore hari

Yups, udah mulai bulan ke-2 MPASI, pelan-pelan mulai naik juga kuantitas makanannya dek Nares. 2 kali karbo dan campuran daging dan sayur yang udah lolos test alergi beserta buah, tampaknya sudah cukup. Nah, seiring kuantitas makan dek Nares yang bertambah, maka minum ASIP pun mulai berkurang. Heheee, pastinya pendapatan ASIP pun semakin turun. (eh kok malah curcol di marih ya?)


9 bulan : 3 kali makan (karbo) pagi, siang, sore beserta 1 kali makan (buah) sebelum maghrib

Nah, di umur 9 bulan ini, Nares udah mulai makan 3 kali untuk karbo-nya ditambah 1 kali makan buahnya. Kenapa makannya mulai ditambah? Secara Nares udah banyak gerak, banyak maen, jadinya perlu banyak energi donk ya. Makanya makanannya ditambah. Nah, untuk pemilihan jam makannya emang sengaja saya taro buahnya itu menjelang magrib, soalnya kan menurut referensi yang saya baca, kalo udah malem, jangan yang berat-berat. Nah, ini makanya, saya taro saja buah di sebelum maghrib. Biar nggak terlalu berat mencerna-nya si lambung sebelum Nares bobo.

Pas masa transisi (dari 2 kali makan karbo ke 3 kali makan karbo) ini pun, makan yang jam 3 sore pada awalnya saya kasih sedikit saja. Hanya separo porsi makan siangnya Nares. Jadi perutnya Nares biar nggak kaget juga. Kira-kira selama 2 minggu, Nares makan karbo yang jam 3 itu porsi separo ajah.


10 bulan : jumlah makan sama dengan bulan sebelumnya, hanya beda waktu

Di umur Nares 10 bulan, jam makan karbo yang terakhir saya tukar dengan jadwal makan buahnya. Jadi, makan buahnya sekarang pukul 15.00 dan makan karbo yang terakhir pukul. 17.30. Kenapa di tuker? Soalnya Nares semakin besar, kan pelan-pelan mulai balajar dengan jadwalnya orang dewasa. Walaupun nggak juga bakal makan malam yang diatas pukul 18.00 lho ya. Sepertinya, jadwal ini pun nantinya bakal dipake sampe Nares agak besar.

  
11 bulan  dan seterusnya : bakalan ngasih jadwal makanan yang sama dengan bulan ke-10


Okey mommies, udah baca kan, jadwalnya Nares makan dan minum ASIP/ASI? Silahkan dipilih jadwal yang cocok buat baby mommies and daddy ya. Jadwalnya Nares sih cocok sama Nares dan pemikiran emaknya Nares. Makanya, kita harus tau jadwal anak kita sendiri, seperti apa.  Yang penting prinsip-prinsip ngasih makan harus tetap dipegang. Misalnya:

  1. Kalo ngasih makan jangan berdekatan waktu setelah menyusui, karena baby pasti udah kenyang duluan dan jadi nggak mau makan.
  2. Kalo ngasih makan nggak lewat dari pukul 18.00, soalnya itu udah berdekatan dengan malam, which is kasiyan kalo usus dan lambung baby disuruh kerja berat, padahal jatahnya istirahat itu si organ tubuh.
  3. Kalo ngasih makan, jam-nya jangan sering berubah-rubah. Usahakan stabil di jam tersebut.


So, kalo kedua prinsip diatas udah terpenuhi, ya lanjut degh... Nggak usah bingung nggak usah parno untuk nentuin jadwal makan anak kita. Yang penting prinsip-prinsip ngasih makan buat anak, sudah lolos... Kalo yang nggak prinsip mah, ya nggak apa-apa kali yeee....

Selamat makaaaan ;)

1 comment:

  1. Karna Di SEKOPPoker Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 80,000
    Bonus Deposit Weekend 50,000
    Bonus Referral 20% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis)
    Daftar sekarang juga hanya di Sekop88poker.com
    sekop poker
    sekop 88
    poker 88
    poker 88 domino
    deposit via pulsa
    uang asli indonesia
    daily gift
    weekend gift
    bonus jackpot x3

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post