6.05.2012

ASI ASI ASI dan ASI ASI ASI


Nares di hari ini berusia 8 hari menuju 16 bulan dan sampai saat ini, Nares masih minum susu dari ibunya, alias ASI. Kalo siang ibu pergi ke kantor, Nares minum ASI Perah (ASIP) yang udah ibu kumpulin. Nah, kalo ibu udah pulang kantor, Nares langsung minum dari pabriknya. Glek glek glek...

Postingan saya kali ini cuma mau share, gimana saya memperjuangkan ASIP-ASIP itu adanya. Postingan ini nggak ada maksud sama sekali untuk menyombongkan diri saya. Saya sih hanya manusia biasa yang masih banyak kekurangan. Di luar sana, pasti masih banyak emak-emak yang lebih jago dari saya, yang lebih berjuang dari saya, yang lebih segalanya dari saya. Postingan ini benar-benar hanya ingin memberikan sedikit semangat kepada sesama ibu menyusui yang (mungkin) sedang dilanda galau kejar tayang stock ASIP. Hehehe… don’t take it too seriously booo… Ini juga postingan yang santai kok, tapi pasti berguna deh *sok pede abis.

Postingan ini sih saya bikin dengan latar belakang (kok kaya skripsi sih, pake latar belakang) adanya banyak cerita ibu-ibu menyusui yang mengeluhkan susahnya kondisi ASIP kejar tayang. Oia, ASIP kejar tayang itu yah, maksudnya gini lho, hari ini perah untuk konsumsi esok. Pokoknya udah kaya sinetron banget yang namanya stripping. Kondisi kaya gini pasti berat banget. Soalnya stock sedikit, takutnya anaknya minum banyak. Sementara hasil perahan hari ini belum tentu banyak juga untuk besok. Lha si anak mau minum apa kalo nggak minum ASI? Jangan jawab susu fabrikan dalam kesempatan ini, soalnya saya lagi bicara perjuangan ASI. Hehehe… 


Okey, ini cerita perjalanan saya tentang perjuangan ASIP-ASIP itu…

Dari awal hamil, saya dan suami sepakat untuk memberikan yang terbaik buat Nares (waktu itu sih belum dinamain Nares). Salah satunya adalah dengan pemberian ASI. Pokoknya ASI dan ASI. ASI Exclusive itu wajib bagi kita berdua. Makanya, si bapak juga support banget untuk beli perintilan perah memerah diriku ini. Cooler bag, ice pack, breastpump, botol kaca, sampe lemari es pun bapak yang urusin. Tapi memang ya koordinasi juga dengan diriku sih selaku pemeran utama. Tapi, bagi saya, perhatian bapak itu merupakan bentuk dukungan yang paling berharga. 

Begitu lahir, Nares Alhamdulillah berkesempatan mendapat IMD. Lumayan, 2 jam dipanteng itu bayi sama emak di kamar bersalin sambil ditungguin sama nenek, nekwan, dan eyang kakung, pastinya juga pak suami. Yang paling merinding itu emang yang pas lagi IMD, trus si bapak meng-adzan-kan Nares. Widiih, bertigaan kita deketan, sambil dengerin adzan. Subhanallah… #eh kok ngelantur sih nih ceritanya. Setelah IMD 2 jam, Nares di bawa ke ruang entah apa mau ditimbang dan lain-lainnya. Nggak ngerti diapain aja, yang tau si bapak tuh. 

Begitu mulai masuk kamar perawatan, Nares mulai belajar mimik langsung ke ibu. Belum lancar emang. Namanya juga belajar, bayi baru lahir ya harus belajar. Semua orang untungnya ngajarin aku gimana caranya nyusuin yang bener. Mulai dari suster, kakak ipar (secara saya nggak punya kaka perempuan kandung), nyokap, mertua, temen, pokoknya yang pada udah punya pengalaman nyusuin, pada ngasih tau gimana caranya nyusuin yang bener. Saya pun terus belajar dan belajar gimana caranya menyusui. Nares dan ibu sama-sama belajar. Mari Nares, kita belajar bersama... :)

Pasca kelahiran Nares, di hari ke 6, ternyata Nares di diagnosa jaundice alias kuning. Nggak tanggung-tanggung, bilirubinnya udah sampe 21. Jadilah Nares harus dirawat dan DSAnya minta per 3 jam Nares minum ASIP setidaknya 60ml. Bhoalaaah, mana punya ASIP eikeee pak dokterrrr… Baru aja lahiran 6 hari. Nggak punya pengalaman juga. Saya pikir mah, pumping tuh yah kalo udah di rumah aja, setelah Nares lahir 2 minggu gitu. Peralatan sih komplit, tinggal timing nya aja yang nggak sinkron neh. Makjon degh, kelabakan ditagih ASIP 60ml per 3 jam sama pak DSA itu. Berarti kan seharian hari 480ml. Mana sanggup, paaak? Tapi saya masih keukeuh mau pake ASIP. Pokoknya ASI terus. Suami pun masih support untuk ASIP. 

Saking niatnya mau pumping, saya pun pumping ASI di RS. Kebetulan kan ada ruangan pumping, jadi saya numpang pumping di situ bersama ibu-ibu lainnya yang senasib karena anaknya harus dirawat. Yang lain mah udah pada jago-jago banget pumping, pada dapet banyak-banyak. Ada yang sekali perah dapet 100ml. Sementara saya, sampe 30menit pumping, dapet hanya 20ml, itu pun campur darah. Pokoknya sedih dan sedih. Pak suami dan saya sepakat, untuk sementara Nares dibantu susu fabrikan dulu. Setidaknya sampai bilirubinnya nggak setinggi itu. Sedih pastinya. Sementara untuk donor ASI, saya masti awam banget. Jadilah pilihan jatuh ke susu fabrikan. Oia, tapi nggak full susu fabrikan ya buat Nares selama di rawat. Tetep disusuin dulu dari ibu, baru kekurangannya ditambah dengan susu fabrikan itu. 

Lokasi RS dengan rumah kita cukup dekat. Saya pagi bisa ke RS dan sore bisa ke sana lagi. Pumping di rumah, buat bawa ke RS selama malam Nares ditinggal di RS. Yah, pokoknya selama Nares di RS, pumping itu nggak ada hentinya selama per 3 jam. Bangun jam 2 dini hari atau jam 4 subuh mah udah bisaa. Mau nangis rasanya, tapi demi Nares, apapun harus dikerjakan. Biar Nares cepet sembuh, cepet pulang ke rumah. Nggak sakit lagi. 

5 hari Nares di rawat di RS, akhirnya  boleh pulang juga. Alhamdulillah. Pak DSA bilang, usahakan tiap 3 jam masuk sekitar 65ml. Boleh combine antara ASIP dan mimik langsung untuk masa transisi ini. Nanti kalo udah normal, bisa langsung disusuin aja, nggak perlu ASIP. Jadilah saya sepulang dari RS itu pompa dan pompa dan pompa. Karena masih harus combine antara ASIP dan langsung nenen. Jangan tanya berapa ml yang didapet ya, karena saya itu dulu paling banter cuma dapet 50ml untuk sekali perah dan itupun dari 2 payudara. Suka iri sama orang-orang yang sekali perah bisa dapet 150ml. Huaddduuuuh, ngiri banget rasanya. Tapi ya apa daya, saya mungkin rejekinya emang segitu. Jadilah yang penting saya pompa dulu degh. Masalah hasilnya berapa, urusan belakang. Absen tiap 3 jam sama breastpump udah bukan barang yang nggak biasa lagi. Breastpump udah jadi sahabat kedua saya. Teman sejati saya. 

Pernah nggak sih, kepikiran susu fabrikan untuk Nares setelah Nares pulang ke rumah? Pernah. Saya pernah sempat merengek minta belikan susu fabrikan sama pak suami setelah Nares pulang dari RS. Tapi pak suami bilang, kita harus mengusahakan ASI terlebih dahulu. Kalau sampe bener-bener ASInya nggak keluar, baru boleh beli susu fabrikan. Baiklah. Ternyata bener langkah yang pak suami ambil ini. Keberadaan susu fabrikan bisa membuat ibu lengah memompa karena di sudah aman dengan kehadiran susu fabrikan. Makanya, beberapa ibu-ibu pasti bilang, “ingin sukses ASIX, buang jauh susu fabrikan di rumah anda”. It works to me, ye ye ye… *kecup basah pak suami ku.

Nah, perjalanan perah-memerah berlangsung selama saya cuti melahirkan 3 bulan. Kebetulan sekali, cuti saya itu mulai pas Nares lahir. Karena Nares lahir lebih cepat dibanding dengan prediksi pak DSOG. Jadinya, saya belum ngajuin cuti, udah keburu brojol duluan. Efeknya adalah, cuti setelah sya melahirkan jadinya lamaaa. Bisa bener-bener 3 bulan. Which is mean, saya bisa nabung ASIP lebih lama lagi dan lagi. 

Ngumpulin ASIP itu bener-bener butuh waktu lho. Nggak bisa yang hanya sekejap mata. Bermula dari 5 botol, jadi 10 botol, sampe harus nambah botol lagi, beli botol lagi dan sampe akhirnya kulkas nggak muat. Beli kulkas baru dan sampe akhirnya harus beli kantong plastik ASIP, karena bener-bener freezernya udah nggak muat sama botol ASIP. Alhamdulillaaah ya Allah, rejeki Nares bisa mendapatkan ASI dari ibunya ini. Tapi ya, sekali lagi itu bener-bener butuh perjuangan. Nggak mudah ya pemirsah. 

Ini coba saya listing apa yang saya lakukan demi mengumpulkan ASIP-ASIP itu…

1 – Perah setiap 3 jam, kecuali pas udah malem. Males bangun tidur tengah malam buta. Tapi sebagai gantinya bangun jam 5 subuh, langsung perah. Maknyosss kalo yang ini. Sekali perah pernah dapet 280ml. Kebayang kan, hampir 3 botol kaca ASI itu sekali perah. Kalo menurut yang saya baca-baca sih, hormon okstitosinnya (bener nggak nih nulisnya? Tau degh, kalo salah ya maap) bekerja pada malam hari. Jadi pas bangun, payudara udah penuh si ASI diproduksi sama hormon itu. Makanya, begitu bangun subuh, pompa, langsung banjir euy.

2 – Perbanyak minum air putih. Setidaknya sehari 2 liter. Kalo pas di kantor sih gampang, tinggal sediain botol aja, pokoknya harus habis degh itu botol (airnya yah, bukan botolnya). Nah kalo di rumah ini yang susah, kadang males-malesan minum air putihnya. Hehehe, tapi percaya degh, tiap abis nyusuin itu yah, pasti berasa haus banget dan banget. Pasti abis nyusuin itu bawaannya air putih bergelas-gelas. Cobain aja.

3 – Jangan pernah ada susu fabrikan di rumah kita. Jangan pernah mikir beli susu fabrikan itu dan menyetoknya di rumah. Sekalinya kita ketakutan ASIP out of stock dan kita tau ada susu fabrikan di rumah, pasti kita akan menerawang itu susu fabrikan. So, buang jauh yeah, susu fabrikan itu. Bukannya anti susu fabrikan yah, tapi sebisa mungkin nggak ada susu fabrikan di rumah. Saya sendiri nganggep bahwa susu fabrikan itu nggak ada. Makanya, saya mikir kalo saya nggak perah, Nares minum apa? Masa' air putih?

4 – Jangan pernah berfikir kalo ASI kita sedikit. Banyak yang bilang emang kalo ASI is mind set game. Kalo kita mikir sedikit, ya dapetnya sedikit. Saya sendiri, mikirnya pasti ASI saya CUKUP untuk Nares. Nggak perlu berlebih, yang penting cukup. Cukup cukup cukup, insyaaAllah dicukupin rejekinya dari Allah.

5 – Perah dikala menyusui juga. Agak ribet sih, tapi melihat hasil yang gemilang nan kemilau, akhirnya saya keukeuh seneng sama nyusuin sambil pumping. Sebelah kiri nenen, sebelah kanan mompa. Jam berikutnya dibalik. Begituuu terus selama berbulan bulan. Akhirnya ya lumayan kok, setiap hari bisa defisit 1 botol. Dalam seminggu, defisit 5 botol yang nantinya akan di-balance di weekend

6 – Kalo sempet ASInya drop, minum supplemen untuk boost ASI. Dulu sih dikasih taunya Molocco, cuma kok ada isu katanya kalo Molocco nggak halal. Hadeeuh, ada-ada aja degh ini issue. Tapi berhubung itu issu nggak jelas, saya abaikan. *sigh. So far, saya sendiri lebih banyak makan apaan aja ketimbang minum suplemen-suplemen itu. It works juga kok. Soalnya booster ASI itu ya salah banyaknya adalah, hati tenang, nggak stress, nggak capek, happy, pokoknya yang seneng-seneng.

7 – Kalo pergi-pergi di weekend, tetep bawa alat pompa. Prinsipnya, pompa itu barang bawaannya wajib dan wajib. Blackberry boleh ditinggal, tapi pompa nggak boleh tinggal. Hiyaaah! Pernah kok, mompa di mobil, on the way dari Kedoya mau ke Tanjung Duren. Pokoknya, peralatan perang itu selalu kubawa kemana aja kalo perjalanan lebih dari 3 jam.

8 – Perbanyak ilmu per-ASI-an, supaya nggak gampang dibodohin sama ketidakpengetahuan kita. Aseli, banyak yang nggak berhasil ASIX itu karena kurangnya pengetahuan akan per-ASI-an. Pelajari mitos-mitos yang suka dipake sama orang yang bisa ngacaukan perASIXan anak kita. Trust me, perbanyak baca dan baca tentang ASI, management ASIP, dan dunia yang berkaitan. Saya belajar ASI ini dari banyak dari internet juga kok, selain itu belajar dari Nuning (istri sohibnya suamiku). Banyak nih, tanya-tanya sama Nuning, secara Nafi juga udah setahun masih tetap ASI. 

9 – Kalo lagi jenuh pumping, saya suka curhat sama suami. Atau mungkin lagi sedih kalo pendapatan ASIP hari ini dikit. Yah, pokoknya pak suami itu pasti jadi tong sampahnya saya. Segala-galanya saya tumpahin ke suami. Hehehe, namanya juga suami kan yah, kudu siap lahir batin sama kelakuan bini. Nah, pernah juga tuh, curhat di milis AFB, saking udah nggak tahannya jenuh pumping. Ternyata bener kan, banyak yang senasib sama saya, jenuh pumping.

10 - Pumping stock ASIP sedini mungkin. Kalo bisa pulang lahiran dari RS, langsung stock ASIP degh. Hasilnya mungkin memang masih sedikit-sedikit, tapi kan kalo dikumpulin jadi banyak. Saya sempet salah tuh, waktu pulang dari RS, nggak langsung pompa. Akhirnya ternyata Nares pas masuk RS, nggak punya Stock ASIP. Pelajaran oh pelajaran...

Nah, Alhamdulillah ya… dengan cara-cara yang saya lakukan di atas, Nares di usianya 15 bulan ini (hampir 16 bulan malah), masih ASI. Full ASI dan belum minum UHT. UHT hanya untuk campuran makanannya aja. Ini coba liat, beberapa dokumentasi ASIP-ASIPnya Nares yang sempat saya abadikan...

ASIP Nares 3mos
ASIP Nares 4mos
ASIP Nares 11 mos
ASIP Nares 12mos
ASIP Nares 15mos

Produksi ASI itu emang sudah diatur oleh Sang Pencipta. Seberapa besar anak kita membutuhkan, maka segitu pula yang akan di produksi. Kalo bahasa gaulnya ini bilangnya adalah, ada demand dan ada supply. Berlaku juga untuk ASI lho. Coba liat, di awal-awal itu ASIPnya banyak banget kan? Freezer penuh dan botol pun penuh. Tapi liat degh, semakin Nares gede, semakin botol berkurang dan isinya pun berkurang. Yah, supply demand emang berlaku di sini.

Pemirsah yang budiman (hayaaah)…, berikan yang terbaik untuk anak kita. Usahakan yang terbaik dahulu. Jangan menyerah. Tuhan sudah kasih rejeki anak kita melalu kita. ASI itu rejeki dari Tuhan lho, amanah yang harus kita sampaikan ke anak. Jadi, berusahalah demi anak. Percaya dan yakin bahwa ASI kita cukup untuk anak kita, itu kunci yang pertama. Kunci keduanya adalah berusaha sekeras tenaga suapaya kunci pertama pun bisa berhasil. Mana ada ya, hari gini rejeki turun dari langit, tanpa usaha gitu? Bokis namanya. 

Mudah-mudahan, dengan postingan blog ini, buat busui yang lagi galau kejar tayang alias stripping ASIPnya, bisa kerja lebih keras lagi dan lagi buat si baby. Jangan ada lagi kata-kata di bawah ini yang suka bikin saya panas kuping…

“ASIku sedikit, walaupun di pompa, tetap aja dikit…”
“Situ sih enak, ASInya banyak…”
“Mana bisa sebelah pompa sebelah nyusu, nanti dia minum apa…”
“Nggak bisa nih, anakku minumnya banyak. Makanya kalo dipompa hasilnya udah dikit…”

Trust me, semua kata-kata diatas itu cuma pembelaan diri. Intinya sih pengetahuan kita tentang ASI ya masih sedikit, makanya bisa ngucapin kata-kata itu. Belum dicoba kok udah bilang nggak bisa? Bah, kalo pak suami saya udah ngomel-ngomel itu. Belum coba kok udah nyerah? Mana bisaaa?

Semoga share pengalaman ini bermanfaat buat semuanya yang ingin anaknya mendapatkan ASIX.

5 comments:

  1. pemberian asi perahnya pakai media apa bund?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya pakai cawan atau disendokin... tapi saya mah nakal, saya pakai botol susu... :(

      Delete
  2. Bun..gimana ya ngasi tau suami dan keluarga kalo ada saya tu jangan dikasih asip..tp diminumin ke emaknya aja? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... itu mesti diomongin emang sama keluarga, diberikan penjelasan, kalau ada ibunya, jangan dikasih ASIP... soalnya produksi ASI akan menurun nantinya...

      Delete
  3. bun... manajemen ASIP nya sendiri gimana ketika mau diberikan ke anak kita ?
    terima kasih

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post