6.21.2012

mBANDUNG (again) PAKE KERETA

Bandung (lagi)...

Yes perjalanan kali ini ke Bandung nggak sama suami dan anak (baca: tugas kantor). Secara kerja di bawah naungan instansi per-keretaapi-an, akhirnya ke Bandung kudu naik kereta. Yippieee, naek kereta api gitu loh. Kan eike jarang-jarang kan yah. Embeeer, secara biasanya itu kalo ke Bandung pasti naek mobil melulu deh. Pasti lewat toll Cipularang. Makanya, kali ini happy bener naek kerete. Sebenernya sih ini second trip ke Bandung yang pake kereta. Cuma trip yang pertama itu nggak sempet jeprat jepret. Alias waktu itu pas ke Bandung ada temen sebangku yang ngajakin ngobrol. Jadilah nggak bisa jeprat jepret. Nggak ada informasi apa-apa banget sih tentang perjalanan kali ini Bandung di posting ini, tapi seenggaknya saya bisa share, apa-apa aja yang bisa di dapat kalo kita pake kereta api ke Bandung.

Hmmm, sebelumnya ya, saya mau sedikit membandingkan plus (+) dan dan minus (-) perjalanan ke Bandung yang berjarak sekitar 130km dari Jakarta. Nih, kalo harus compare antara pake mobil sendiri dan pake kereta, maka yang bisa saya simpulkan antara lain adalah... (kok bahasa gw kaya bahasan jaman SMP yah)

(1) Fisik : jelas capek kalo pake mobil sendiri. Kudu nyetir sendiri kan? Di toll pula, perlu konsentrasi tingkat tinggi. Kalo pake kereta tinggal duduk cantik dan manis. Bisa tidur pula. Kecuali lain lagi kalo pake mini bus travel itu yah (kaya X-Trans, Daytrans, dll). 

(2) Waktu : compare waktu tempuh Jakarta - Bandung, kalo pake mobil via toll Cipularang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 2 jam saja. Itu tapi kalo nggak pake macet yah. Kalo urusan udah macet, hanya Tuhan yang bisa jawab. Hihihi. Nah, kalo pake kereta, waktu tempuhnya sekitar 3 jam. Lebih lama yah, padalah kan kalo kereta nggak pake kena lampu merah. Stopnya cuma paling di beberapa stasiun. Lagipula track Jakarta - Bandung udah double track. Jadi kemungkinan bergantian pake track itu sangat sedikit.

(3) Pemandangan : Kalo yang ini sih antara pake mobil sama pake kereta kayanya nggak jauh beda. Pake mobil ya dapet pemandangan bagus, kalo pake kereta juga dapet pemandangan yang bagus. Nah, bedanya, kalo pake kereta, kita bisa liat sungai-sungai gitu. Buagus dan ciamik hooo... 

(4) Biaya : perjalanan Jakarta - Bandung kalo pake kereta kena biaya Rp 60,000 (tahun 2012 yah). Kalo pergi sendirian sih mending pake kereta ketimbang pake mobil pribadi. Kalo pake mobil sendiri, seengaknya sekali jalan ke Bandung butuh Rp 50,000 (kalo pake premium bersubsidi yeah). Belum lagi toll-nya. Tol Dalam Kota udah Rp 7,000. Toll Cipularang-nya, Rp 29,500. Nah, kalo pulang pergi udah berapa? Belum lagi pemakaian oli-nya? Yah, kalo rame-rame perginya sih better naik mobil sendiri lah. Mobil orang juga nggak apa-apa kalo dipinjemin. Hehehe.

Kira-kira begitulah yang ada kalau kita mau travelling ke Bandung. Timbang-timbang antara mau naek kereta atau mobil yah...

Okey, back to the subject. Seperti yang sudah saya ceritakan di awal, perjalanan kali ini ke Bandung, saya pake kereta api Argo Parahyangan, berangkat dari Gambir pukul 05.55 pagi. Yewh, jam 5.15 udah harus capcus dari rumah. Secara dari Slipi ke Gambir juga nggak begitu jauh dan masih pagi buta gitu juga. Melum macetos. Sampe di Gambir pukul 05.40 pagi langsung menuju ke kereta (udah ngetem euy, keretanya). Masuk dan duduk lah di seat yang tertera di ticket. Keretanya bersih kok, dan sudah adem pula sama AC-nya. Ada beberapa orang yang sudah duduk pula di seat-nya mereka (ya iya lah, duduk di seat saya pasti saya usir).

Nggak lama saya duduk, tepat di pukul 05.55, kereta api bergerak perlahan ke arah timur. Masih gelap lho, matahari belum 100% nongol. Suasananya kalo saya bilang itu, gelap sih nggak, tapi terang juga belum. Ya, pokoknya sudah mau terang lah. Kereta berjalan melewati Stasiun Cikini, Stasiun Manggarai, lanjut lagi ke Stasiun Manggarai. Nah, di Stasiun Jatinegara, Argo Parahyangan berenti kira-kira 3 menit untuk ngangkut penumpang yang mau berangkat juga ke Bandung. Lanjut abis itu jalan lagi lah kereta...

Menikmati duduk di kereta itu emang asik. Menikmati pemandangan yang kita lewatin. Mulai dari yang pemukiman kumuh di deket rel, sampe ke gedung tingkat tinggi, sampai akhirnya liat sawah dan sungai. Seru banget emang. Kalo ke Bandung lewat toll Cipularang atau mungkin lewat jalan lama Purwakarta, pasti nggak bisa liat-liat pemandangan yang begini (foto-foto yang saya share di bawah nanti ya..).

Oia, KA Argo Parahyangan ini walaupun menempuh perjalanan 3 jam, tapi nggak dapet makan lho ya. Tapi kita bisa pesen makan sama pramugari yang nawarin di perjalanan ini. Mau bawa makan sendiri juga boleh kok. Kalo nggak salah saya inget, kemarin itu ditawarin nasi goreng, nasi daging, nasi ayam, ada steak daging juga. Harganya sih saya nggak tau degh berapa. Selain makanan dan minuman, restorasi KA juga terima pijet refleksi lho. Yang ini juga kita kudu bayar yak. Rp 30,000 untuk 30 menit. Kalo 60 menit kenanya Rp 50,000. Tapi kemaren saya sih pilih tidur saja lagh.

Dalam perjalanan ke Bandung, kereta sempat beberapa kali berhenti di beberapa stasiun. Yang saya ingat sih Stasiun Purwakarta. Yang lain saya nggak inget, karena stasiunnya agak kecil-kecil. Nah, selain berhenti di stasiun-stasiun itu, ada juga kita ngelewatin terowongan panjang yang nama bekennya sih terowongan Sasaksaat. Kira-kira lama di dalam terowongan itu 1 menit lah. Gelaaaap, jadinya kita berasa kaya' malam hari. Padahal masih pagi.

Well, hampir 3 jam perjalanan di dalam kereta saya habiskan dengan main game di ipad, utak atik FB di handphone, dan yang pasti juga menikmati lukisan 3 dimensi ciptaan Allah SWT.

Sekitar pukul 08.50, kereta udah sampe sekitar daerah Cimahi. Kereta pun berhenti kira-kira 3 menit untuk nurunin penumpang.Nggak banyak yang turun sih, tapi ada kok. Stasiun Cimahi cukup besar dan cukup unik kalo menurut saya. Itu bangunannya terbuat dari susunan kayu-kayu. Kaya stasiun jaman dahulu kala. Klasik. Mudah-mudah keberadaan stasiun ini tetap begini gayanya. Jadi kan ikut melestarikan bangunan bersejarah. Heritage cuuuy, heritage...

Stasiun Cimahi, Jawa Barat
Pas lewat stasiun Cimahi ini, saya jadi inget sama temen SMP yang tinggal di Cimahi. Namanya Ratih Banowati. Wkwkwkw, orang bocor satu itu, kalo tau saya ke Bandung, pasti disuruh main ke rumahnya. Entar yak, neng, kapan-kapan kalo pergi sama Nares, saya maen ke rumah Rifa dan Raya.

Lepas dari Stasiun Cimahi, masuklah kereta api ini ke kota Bandung. Yihaaa, bentar lagi sampe! Begitu masuk areal Stasiun, kira-kira saya dapat pemandangan ini. Yang pertama adalah banyaknya gerbong-gerbong kereta api yang lagi parkir (halaaah, bahasanya kok parkir sih?). Nah, terus capture yang kedua, adalah capture buah yang bohai, tapi saya nggak tau namanya buah apa. Kalo diperhatikan, mirip buah pare. Tapi pare kan keriput-keriput gitu. Kalo yang ini, kulitnya mulus. Apa iya, jangan-jangan pare muda? Jadinya belum keriput? (ngawur!)

Masuk areal Stasiun KA Bandung

Buah apa ini?

Okey... Sampe di stasiun KA Bandung udah nggak sempat fota foto lagi, soalnya udah jam 9 dan harus ngacir ke Kantor Pusat untuk hadir meeting. Jadwal meeting jam 9 pagi euy. Ini di stasiun aja udah jam 9.05. Udah telat, means cari tukang ojek biar cepet.

Selesai meeting, saya langsung pengen balik ke Jakarta aja. Nggak nahan kangen sama Nares yang tadi pagi nggak ketemu dirinya soalnya Nares masih tidur.

Sebelum masuk ke Stasiun KA sisi Selatan, saya nemu log kereta api jaman dulu. Baguuuus banget. Makanya sempet-sempetnya saya foto, padahal 30 menit lagi jadwal berangkat kereta dan saya belum beli tiket dan belum pula beli makanan buat perjalanan balik ke Jakarta.Jadilah foto seadanya aja. Tapi emang dasar objeknya bagus, maka bagus pula lah, keambil gambarnya (hmmm, abis yang jepret juga jago sih, gimana yaaahhhh *plaaaak).

Log KA jadul
Abis jeprat jepret seadanya si log ini, dirikuh langsung ngacir ke loket tiket. Belilah tiket dulu. Nggak pake antri lho, soalnya hari kerja nggak pake rame kaya mudik Lebaran. Jadi, abis isi data di form pemesanan tiket, bayar, dan dapet lah tiket. Kereta yang mau saya naikin ke Jakarta udah ada di jalur 5, begitu kata petugas stasiun. Tapi sebelum naek ke kereta, marilah kita beli perbekalan makanan buat di perjalanan.

5 menit setelah saya duduk di seat yang tertera di karcis, kereta langsung berangkat. Jakaaartaaa Nareees, ibu datang. Kebetulan degh, bangku sebelah kosong. Bisa buat naroh tas dan perbekalan makanan saya. Enyaaak, bebas lah. Cuma sayang, di perjalanan pulang ini pemandangan saya nggak terlalu seberuntung pemandangan di waktu berangkat. Di satu baris bangku dengan tempat saya duduk, ada sepasang perempuan dan laki-laki yang pacaran. Yeaaah, pacaran kok di kereta. Males banget degh, kaya' nggak ada tempat lain aja sih? Untung diriku bawa perlengkapan gadget dan makanan. Kalo nggak, bisa-bisa eneg sepanjang perjalanan degh.

Nah, di perjalanan pulang menuju Jakarta, saya dapat beberapa gambar yang berhasil saya capture. Ya, maklum degh, capture juga dari handphone, makanya gambarnya nggak terlalu jelas. Beginilah kira-kira gambarnya...

Purwakarta

Begitu liat pemandangan ini, langsung buru-buru capture. Kenapa niat banget mau ngapture? Soalnya itu keliatan banget, jalan lama waktu belum ada toll Cipularang, dan ada jalan toll Cipularang yang baru. Kalo kita pergi naek mobil lewat jalan Purwakarta yang lama, spot begini nggak mungkin dapet. Ini lah keuntungannya naek kereta. Pemandangannnya juara degh...

terasering

jalan toll Cipularang
Coba degh, liat dua foto terakhir di atas. Cuma kalo pake kereta api kita bisa dapetin pemandangan begini. Kece abis emang. Sawah ijo royo-royo emang nyejukin hati dan nyejukin mata pastinya. Di Jakarta mana ada yang model begini? Kebonan ada sih, tapi gersang dan garing. Sawah ya udah nggak ada pastinya. 

Abis ini, udah nggak tau lagi cerita pemandangan di perjalanan pulang. Soalnya saya tertidur (tepatnya emang niat tidur, soalnya ngantuk). Jadi, bangun-bangun keretanya udah sampe di daerah Bekasi. Abis Bekasi, kereta berhenti sebentar di Jatinegara buat nurunin penumpang. Trus Gambir degh. Capcus lanjut pulang ke rumah. 

Naah, finally, demikian cerita singkat saya tentang perjalanan ke Bandung naek kereta api (apinya udah nggak ada kali, sekarang pake diesel). Semoga bermanfaat buat yang baca. Buat yang nulis, pasti sebagai kenang-kenangan...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post