6.14.2012

SUAMI PEJUANG ASI


For sure, setiap tulisan yang saya buat di blog ini ada latar belakangnya. Pasti ada satu idea yang membuat saya menumpahkannya di blog ini. Tujuannya sih cuma satu, yaitu ingin berbagi. Saya yakin banget kalo  saya nggak bisa bagi-bagi uang, makanya mau berbagi cerita di sini (uhuuuy, sedap banget lagh kata-kata saya). Yoih, setidaknya saya masih menganut paham “berguru dari pengalaman”, makanya saya juga ingin berbagi pengalaman saya, tanpa maksud menggurui pembaca. Tapi saya berharap, pembaca mendapat hal baru dari apa yang saya tumpahkan di blog saya ini. Wokeeeh?

Kali ini saya mau bahas, gimana pentingnya peranan seorang bapak untuk meyukseskan program ASI Exclusive (ASIX) untuk anaknya.

Tau donk ya pemirsah, sekarang ini WHO bilang kan anak bayi itu wajib menyusui setidaknya 6 (enam) bulan pertama. Nah, program itu namanya kalo di Indonesia bilang ya ASI Exclusive. Untuk di negara berkembang kaya Indonesia ini, program ASIX selama 6 bulan. Tapi kalo untuk di negara maju, program ASIX cukup selama 5 bulan. Alasannya sih nggak lain karena tingkat kehigienisan lingkungan. Ya kalo bayi makan kan, perlu bahan makanan, perlu piring, perlu peralatan makan, perlu dicuci, perlu di lap, and so on and so on. Pemikiran yang saya simpulkan dari hasil baca-baca sih, takutnya kalo bahan makanan dan peralatan makanan nggak higienis, ini bisa menyebabkan si bayi malah kena kasus pencernaan. Lah, anak umur segitu, pasti emang saluran pencernaannya belum sematang orang dewasa punya. Makanya, dibikinlah sama WHO, supaya bayi hanya mendapatkan ASI saja selama 6 bulan (untuk di Indonesia, yaaah…), biar pas si bayi makan nanti, setidaknya si saluran pencernaan itu, sudah siap untuk nerima makanan padat. Pun kalo misalnya makanannya nggak higienis, si pencernaan setidak bisa kebal dikit-dikit lah.

Naaah, ini cerita saya angkat berawal dari pembicaraan salah seorang ibu di group ASI yang saya ikutin. Dirinya bercerita, produksi ASI di usia anaknya 4 bulan ini mulai merosot tajam. Dirinya sakit, produksi ASI menurun kalau dilihat dari hasil pumpingan. Anaknya pun sedikit rewel karena (sepertinya) kekurangan asupan ASI. Pada akhirnya sih, si ibu ini nanya, “bagusan susu formula atau susu soya ya?” Nah kaaan, mau gagal ASIX lagi degh, salah satu penerus bangsa Indonesia ini (lebaaay…). Salutnya, semua ibu-ibu di group itu langsung kasih respons yang baik. Mulai dari yang support semangat, support tehnik perah, support doa, support yang lainnya.

Tapi ada satu hal dari cerita si ibu yang posting thread tadi di group yang bikin hati ini tergelitik sedikit. Kira-kira seperti ini yang ditulis si ibu, kenapa dirinya bisa sakit dan produksi ASI menurun tajam…

Saya sekarang lagi sakit, drop. Sepertinya kecapekan. Suami saya itu nggak mau kalau dilayani sama ART. Maunya sama saya aja. Terus, anak saya juga nggak boleh dipegang sama BS (baby sitter), takut anaknya kenapa-kenapa sama si BS”.

Hmmm, well, please let me take a deep breath first ya, baca itu curhat si ibu. Sungguh tertegun dan terheran pastinya. Satu kata dulu : kasihan. Okey, saya bahas dulu ya, kenapa saya kasihan sama si ibu itu (walaupun mungkin si ibu itu nggak perlu di kasihanin).


1) Suami saya itu nggak mau kalau dilayani sama ART. Maunya sama saya aja.

Yang ini maksud dilayanin itu mungkin dimasakin dan kerjaan yang berhubungan sama suaminya (mungkin nyiapin baju, sepatu, sarapan, kopi/teh) yah. Bukan dilayanin dalam artian tidur lho (LoL - *hush). Nah, lucu aja kan, punya ART tapi masih mau semua-muanya sama istri. Terus, buat apa donk ada ART? Cuma buat cuci gosok sama nyapu ngepel? Panggil aja ART  yang pulang hari. Kelar urusan. Nggak perlu bayar mahal buat upah ART nginep kalo begitu. Toh juga ART pulang hari cuma buat nyapu, pel, cuci, dan gosok. Mentok-mentok paling bagus disuruh bersih-bersih lemari, sama ngelap jendela dan pintu. Malah jadi hemat biaya bukan?

Come on para suamiers, kita sekarag ini hidup di jaman modern. Di jaman yang menuntut kita untuk mandiri. Bukan cuma laki-laki kok yang dituntut untuk mandiri, tapi perempuan juga. Kalo perempuan bisa mandiri, apalagi laki-laki kan? Buat saya, jangan sebut dirimu laki-laki kalo nggak bisa mandiri. Trust me, perempuan hari gini nggak kalah mandirinya sama laki-laki. Coba degh, banyak lho perempuan-perempuan yang udah bisa ngerjain pekerjaan laki-laki. Malu donk kalian para kamu laki-laki kalo sampai kalah mandiri sama perempuan. Mau bilang, “buat apa ada perempuan kalo harus laki-laki juga yang ngerjain juga?”. Hmmm, perempuan itu bukan babu ya…

Terus, apa laki-laki masih mau dilayanin yang model laki-laki jaman baheula? Yang pagi-pagi sebelum berangkat kantor harus disediain baju kerjanya di atas tempat tidur? Yang harus disiapin sepatu dan kaos kakinya di kursi depan tempat dia duduk untuk pake sepatu? Enggak banget kalo menurut saya. Bukan berarti saya nggak mau ngerjainnya ya, tapi saya yakin dan pasti kalo laki-laki sekarang udah pinter milih baju dan atribut apa yang mau dia pakai di hari itu.

Suami saya contohnya, dia sendiri yang milih baju untuk dia mau pake ke kantor hari itu, sepatu dan kaos kakinya. Bapak saya juga gitu kok. Nggak pernah bajunya disiapin di atas tempat tidurnya sama si ibu. Bapak pasti nyiapin baju dan semua keperluan yang mau dipakenya. Dulu, waktu kita belum punya mba Kasmi (mba’ yang udah 14 tahun ikut kita), ibu emang nyuci setrika. Tapi, bapak akan ngambil bajunya sendiri di lemari. Bukan apa ya, karena kan yang tau acara di kantor suami itu ya suami kita sendiri. Misalnya, hari ini dia mau ketemu kolega atau client atau siapa aja yang butuh pake baju rapih dan bagus, dia akan pilih baju yang sesuai. Lha kalo kita istri yang nyiapin, mana kita tau jadwal dia? See the positive things ketika suami milih sendiri baju apa yang akan dia pake di hari itu.

Okelah kalo mungkin masalah masak-memasak makanan itu istri yang buatin. Secara emang agak jarang suami yang bisa dan suka masak walaupun ada beberapa suami yang emang hobby masak (saya perempuan pun tak jago memasak). Tapi jangan minta istrinya untuk nyiapin dengan rapihnya juga di meja. Sekedar untuk ambil di kulkas atau meja makan, nggak berat juga kan? Bukan pekerjaan haram buat laki-laki juga toh? Walaupun pasti suami pasti seneng kalau memang makanan sudah disajikan dengan rapihnya dan tinggal santap (lha sama, saya juga seneng kok, kalo makan tinggal nganga).


2) Terus, anak saya juga nggak boleh dipegang sama BS (baby sitter), takut anaknya kenapa-kenapa sama si BS

Ini hal kedua yang lucu menurut saya. Lah punya BS tapi kok nggak percaya sama BSnya? Terus buat apa BS itu di hired? Yang ini nggak perlu saya jelasin panjang lebar lah. Toh juga sangat lucu dengan kondisi ini. Punya BS tapi cuma buat bantu-bantu. Mending punya ART aja. Tau donk, gaji BS itu mahal. Untuk anak umur 4 bulan, gajinya sebulan BS bisa Rp 1,8 juta. Itu pun belum termasuk biaya administrasi dari yayasannya tempat kita ngambil tenaga kerja (sekitar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta). Spend money sebesar itu kalo orangnya nggak kerja, itu namanya pemborosan. Nggak baik lah.

Aseli saya nggak habis pikir sama suami itu ibu yang nggak ngasih anaknya untuk dipegang sama BS, walaupun sudah punya BS di rumahnya. Kalo hanya untuk nemenin pas jalan-jalan ke mall, atau mungkin buat gaya sama tetangga karena punya BS, buat apa? Sekalian dikaryakan donk. BS kan dibayar untuk kerja. Kerjaaa yaaa kerjaaa, bukan untuk leyeh-leyeh.


Readers,

Gini ya…, semua orang juga tau kalo ASI itu yang terbaik buat bayi. Nggak ada makanan yang terbaik selain ASI. Saya yakin, semua orang juga pasti maunya cuma kasih yang terbaik buat anaknya. Ya salah satunya ASI itu. Yang perlu diingat dan diketahui juga, memang butuh perjuangan untuk memberikan yang terbaik buat anak kita. Yaeya banget, dari jaman jebot juga tau kan, kalo mau dapet yang terbaik, harus extra effort. Nggak bisa nungguin rejeki turun dari langit untuk dapetin itu semua. Begitu juga kalo kita mau anak kita dapet ASI Exclusive di 6 bulan pertama dan bisa dilanjutkan sampe 2 tahun. Saya tidak meng-klaim bahwa saya ibu yang paling baik. Tapi setidaknya saya berjuang keras untuk Nares agar bisa mendapatkan hak-nya. Ya ASI itu.

Usaha itu datengnya dari mana-mana. Tapi yang jelas, teamwork dalam keluarga itu yang nomor wahid. Dukungan dari suami itu sangat penting adanya. Secara suami itu kan orang terdekat kita. Orang yang tau luar dalam kita. Nah, kalo suami aja udah nggak dukung, gimana orang lain? Siapa pula yang melindungi kita dari godaan luar kalo bukan suami kita? Kemana lagi kita cari perlindungan kalo suami pun sudah tidak memberi dukungan?

Jujur, saya bersyukur banget dan sangat beruntung punya suami yang sangat mendukung saya untuk kasih ASIX buat Nares. Jangankan 6 bulan, tapi kalo bisa bener sampe 2 tahun. Bersyukur banget punya suami yang ringan tangan (bukan ringan tangan maen pukul  yak, ini ringan tangan yang artinya helpful). Suami saya itu bener-bener bantuin kerjaan di rumah waktu kita belum punya orang yang bantuin untuk beres-beres rumah kita. Berani saya bilang, kalo we are a great teamwork. Suami saya mau bantuin ngepel ketika saya selesai nyapu. Suami saya mau nyetrika baju-baju itu ketika cucian yang saya cuci sudah kering. Suami saya mau jagain dan ajak main Nares ketika saya masak. Suami saya mau nyuapin saya makan ketika dulu saya mau makan, tapi Nares bangun dan minta ASI. Kalo bangsanya ganti celana dan nyuapin Nares, itu sih hal yang biasa banget buat suami. Thumbs up buat suami saya. Love you, pak…

So well para suamiers, bantulah pekerjaan rumah. Itu rumah kan rumah berdua (ya rumah suami ya rumah istri). Anak juga anak berdua (hayooo ngaku, kalian bikin berdua kan?). Jadi kalian para suami punya kewajiban yang sama dengan istri untuk pekerjaan rumah. Meringankan kerjaan istri berarti anda membuat istri bahagia. Istri bahagia, ASI lancar (ini beneran lho, kalo ASI itu tergantung mood. Mood bagus ASI bagus, mood jelek ASI seret). Mohon tinggalkan sejenak ke-egois-anmu itu. Laki-laki ngerjain kerjaan rumah nggak berarti jadi perempuan kok. Jangan bilang kalo suami itu udah nyari nafkah untuk keluarga ya, makanya tinggal terima beres dari istri untuk kerjaan rumah yang biasa dikerjakan sama perempuan. Banyak juga kok, perempuan yang bekerja, yang malah justru ngebantuin suaminya nambah-nambahin penghasilan suami dan nutup pengeluaran kebutuhan rumah tangga. Masih mau bilang suami pencari nafkah? Hari gini, emansipasi nggak hanya punya perempuan. Tapi juga laki-laki.

cool banget ini si bapak (pic from here)
Balik lagi ke topik si ibu di group, kalo suaminya yang bikin sakit si istri sampe produksi ASInya menurun gitu, apa nggak si suami merasa bersalah ya? Itu anaknya terancam gagal ASIX karena ibunya kelimpungan kerja jungkir balik ngurusin keluarga gitu?

Finally, di postingan ini saya cuma mau koar-koar kok, supaya bapak (dan mungkin calon bapak) itu tolong ya, support istri (ibu dari anak kalian) untuk bisa kasih ASIX buat bayi anda. InsyaaAllah, anak sehat keluarga bahagia. Tapi sih ya kembali lagi, semua keputusan ada di tangan yang ngejalanin kehidupan ini.

Follow @ID_AyahASI di twitter yah, banyak ilmu yang bisa di dapat disana buat jadi bapak ASI yang baik.

2 comments:

  1. Saya sudah follow @ID_AyahASI. Thanks mbak Mon cerita inspiratifnya sore hari yang agak mendung. Keep writing sis..

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post