5.11.2012

NGGAK ADA ASISTEN RUMAH TANGGA (LAGI)


Di minggu ini sepertinya tepat sebulan di rumah nggak ada pembantu (sekaligus yang asuh Nares). Si mba’ yang terakhir, yang janjinya nggak pulang sampe lebaran, ternyata hanya bertahan sampai seminggu saja. Alasannya pulang kampung sih katanya mau ikutan sekolah gratis di kampungnya. Lha, masa’ ya bulan April gitu mulai sekolah? Sekolah apaan? Lagian kalo emang niat mau sekolah, ngapain mau kerja di Jakarta? Nyusahin aja yak?! Kebiasaan deh nih bedindeh. Dikasih hati minta jantung. Mungkin kalo kepala bisa diminta, sekalian diminta. 

Untuk sementara ini, Nares dijagain dulu sama eyang dan nenek-nya secara ganti-gantian. Kalo Senin, Rabu, Jumat, jadwalnya eyang Joglo yang jagain. Kalo Selasa dan Kamis, gantian nenek Kedoya yang jagain. Well, sedikit agak kasihan liat eyang dan nenek harus bolak balik ke rumah, tapi gimana lagi. Soalnya kalo dibawa ke rumah eyang Joglo, aseli jauh banget dan macet pula. Dibawa ke rumah nenek Kedoya, pasti kitanya harus berangkat pagi-pagi, yang kadang Nares aja belum bangun. So, untuk sementara eyang dan nenek yang ke rumah Nares.


pic. source : google

Saya sih cuma heran yah, kenapa mereka sekarang itu pada belagu. Aseli, nggak cuma saya aja yang bilang begitu. Rata-rata ya pengguna jasa bedinde itu mengakui kalo bedinde jaman sekarang itu banyak maunya, banyak tingkahnya, dan nggak tau diri. Ya emang iya sih, secara mereka kadang udah kita anggap kaya anggota keluarga sendiri, tapi masih aja kelakuan mereka nggak nyenengin. Masih kurang apalagi coba ya? Nggak tau kalo di tempat lain gimana. Tapi yang pasti kerja di rumah saya itu bener-bener nggak berat. Kenapa? 

(1) Karena mereka nggak perlu masak. Untuk makan orang dewasa, saya catering harian biar si bedinde nggak masak-masak. Saya nggak mau konsentrasi si bedinde untuk jagain Nares terpecah antara Nares dan masak. Saya pun enggak mau repot dengan urusan masak main dish untuk orang besar di rumah. Pusing mikirin menu, belum lagi harus belanja (sayur, bumbu, perintilannya), dan kadang jadinya malah terbuang. Sedangkan makanan untuk Nares, jelas saya sendiri yang buat. 

(2) Saya tinggal cuma dengan suami dan Nares, which is mean kalo cucian baju nggak banyak. Suami dan saya tipe orang yang bersih dan bajunya nggak kotoran melulu. Makanya, saya minta cuci baju untuk orang dewasa itu cukup 2 hari sekali, tapi kalo baju Nares ya harus tiap hari. Soalnya Nares kan kalo siang nggak pake diapers. Cuci mobil kita pun nggak. Secara pak suami pasti nyuci mobilnya sendiri, kalo nggak ya bawa ke tempat cucian mobil. 

(3) Tugas utama si bedinde itu sebenernya cuma jagain Nares pas saya dan pak suami ke kantor aja. Jadi, begitu pulang dari kantor, saya pasti langsung turun tangan untuk megang Nares dan si bedinde bisa langsung istirahat. So far juga Nares bukan tipe anak yang rewel. Nares is a good girl. Dia bisa main sendiri asal ditemenin. Palingan sekarang ya capek megang titahan aja. 

See kan, betapa mudahnya kerja jadi bedinde di tempat saya? Kalo untuk urusan kerjaan, bener-bener nggak berat. Kalo untuk urusan upah, terbilang standard. Standard dengan para pekerja yang lain di komplek perumahan saya. Bahkan, lebih sedikit. Oia, upah yang saya berikan ke bedinde itu bersih untuk yang dia ambil lho. Saya itu tiap bulan pasti kasih keperluan mandi lengkap untuk mereka. Sabun mandi, odol, sikat gigi, shampo bahkan sampai ke pembalut. Voucher pulsa? Pastinya. Jadi, uang mereka benar-benar utuh. 

Selama setahun ini, sudah 4 orang bedinde yang kerja di rumah. Yang pertama berhenti karena hamil dan mau lahiran di kampungnya. Yang kedua berhenti karena dirinya sakit dan mau istirahat di kampung. Yang ketiga berhenti karena anaknya di kampung nggak ada yang jagain. Dan yang terakhir berhenti karena mau lanjut sekolah. Ya ampuuun, bedinde oh bedinde... bener-bener dikasih hati minta jantung. 

Saya sempet sedikit emosi ketika cerita dengan teman (laki-laki) yang men-judge saya “mungkin tidak memanusiakan bedinde, makanya mereka pergi”. Aseli, dirinya yang tidak tahu kondisi di rumah saya seperti apa, langsung serta merta memvonis saya seperti itu. Dimata dia, saya yang tidak menganggap bendinde manusia. Ah, sudahlah, percuma debat dengan orang seperti itu. Dirinya bisa seperti itu karena tidak merasakan susahnya punya bedinde. Sementara anaknya dititipkan kepada ibu mertuanya. Selesai urusannya. Ya, mudah-mudahan aja dirinya nggak perlu bedinde seumur hidup. Jadi nggak perlu merasakan yang namanya capek hati sama bedinde. 

Okey, sekarang berarti semua pekerjaan di rumah (cuci baju, setrika, nyapu rumah, nyapu pekarangan, ngepel, beberes) berarti harus dikerjakan sendiri. Sendiri? Nggak sendiri dooonk, saya kan punya suami yang baik hati. Aseli, suami saya itu baik banget. Dirinya bersedia bantu-bantu kerjaan rumah tangga. Kita berdua berbagi-bagi kerjaan. Suami saya kebagian cuci piring, setrika dan ngepel. Sementara saya ya cuci baju dan nyapu, serta beberes. Well done, sodara-sodara. Rumah pun alhamdulillah rapih selalu. Tanpa bedinde pun, rumah bisa dipegang. Capek emang iya, bahkan seminggu ini saya jatuh sakit (demam, radang tenggorokan, dan batuk). Semua orang bilang sih karena saya terlalu capek. Ya, mau gimana lagi ya? Orang harus dikerjakan kok. Padahal udah dibantuin pak suami. Tapi mungkin emang lagi nge-drop ya badan, secara juga cuaca lagi berubah-rubah gini. Yah, mari kita nikmati sajalah...

Ini yah, sepanjang saya nggak ada bedinde, pun saya menikmati hidup ini. Ternyata hidup tanpa bedinde itu bisa kok (okey kalo untuk kerjaan, tapi kalo untuk jagain Nares pas saya kerja ya nggak okey lah). Kenapa saya bilang okey?

(1) Consumables itu semakin irit loh. Beneran degh, nggak pake bohong. Sabun cuci baju yang biasanya sebulan butuh 1kg lebih, tanpa bedinde cukup dengan 700gram saja. Sabun cuci piring yang biasanya kalo ada bedinde sebulan itu butuh 1liter, tapi kini cukup dengan 400ml saja. Pelicin pakaian yang buat strika-setrika itu, biasanya 1 botol per 2 minggu, kali ini cukup dengan 1 botol untuk sebulan. Begitu juga untuk sabun cuci lantai, dan lain sebagainya.

(2) Rumah kok malah jadi lebih bersih dan rapih ya? Iya, secara kalo si bedinde itu ya kalo nyapu ya asal nyapu, ngepel asal lewat, nyuci baju nyikatnya asal-asalan, pokoknya kerjaan banyak yang dikerjain sekelewatan doang. Beda dong ya, sama yang kita kerjain. Hihihi, apa karena emang saya punya bakat jadi bedinde ya? Wkwkwk.... Yah boleh lah, kalo digajinya sepadan.

(3) Rasa khawatir akan perkembangan mental Nares tidak ada. Ya iya lah, kan Nares dijagain sama eyang dan nenek kan, yang pasti tidak mungkin salah mendidik Nares. Beda sama bedinde. Tapi nggak tau kenapa ya, saya nggak suka banget kalo ada yang bilang, “anak bedinde”. Aseli degh, gimana mau jadi anak bedinde, lha selama di rumah Nares pasti selalu sama bapak ibunya kok. 

Anyway busway, tetep sih butuh si mba’ yang buat jagain Nares selama emak bapaknya ke kantor, lho... semoga cepet dapet yang bener yah... Aamiin...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post