5.25.2012

JADILAH ANGGOTA MILIS dan GROUP YANG BAIK

Milis? Apaan sih milis? Pengertian dari wikipedia sih, milis adalah...
Jadi ya, intinya sih milis itu ya group tempat diskusi pada satu kegiatan atau komunitas tertentu.


Sejak punya bayi dan kegiatan di kantor yang baru nggak sepadat di kantor yang lama, akhirnya saya pun bergabung dengan milis ibu-ibu untuk urusan persusuan (ASI). Baca dari google di sana dan di sini, akhirnya ketemu lah yang namanya milis ASIFORBABY. Cakeup banget ini milis. Beragam informasi mengenai dunia perASIan, bisa diambil dari sini. Yang dokumen ilmiah, yang sharing, yang diskusi, pokoknya cakeeeuup beud. Aseli degh, dengan gabungnya di milis ini, saya jadi tau gimana cara simpen ASIP yang baik, gimana cara ngegabungin perahan ASIP, gimana cara menghangatkan ASIP, sampe-sampe buat nyari ilmu tentang ice gel dan ice pack pun ada di seputaran sini. Beuh, hareee geneee yah, kalo nggak mbaca, kita mau dapet wawasan dari manaaa? Keberadaan milis pastinya merupakan salah satu alat bantu untuk kota membuka mata kita terhadap dunia luar. 

Nah, syukur Alhamdulillah Nares bisa mendapatkan ASI selama 6 bulan, walaupun sempat 4 hari nyicipin susu formula dari RS karena dehidrasi. Selesai 6 bulan ASI Exclusive harus pastinya mulai pengenalan MPASI. Nah, dunia baru lagi degh buat saya. MPASI kan makan ya, berarti harus masak. Nah, masak itu saya nggak pernah lakukan. Sedih banget degh pokoknya kalo disuruh masak. Akhirnya, saya pun harus belajar kembali mengenai masak-memasak. Belajarnya ya lagi-lagi dari dunia maya. Browsing dan bermilis ria. Tapi kali ini milisnya mau cari milis yang khusus membahas masakan bocil. Eh, untunglah ketemu milis asuhan mba Depe, si mpasirumahan. Cakeeeuuup banget degh ini milis. Dokumen lengkap, sharingnya emak-emak juga banyak, pokoknya saya bisa gali ilmu disini. Mantabs lah! Malahan, saya sempet beberapa kali ikutan kelas/talkshow dari milis ini. 

Selain milis mpasirumahan, saya juga gabung di group masak-masak bocil di FB, namanya group Homemade Healthy Baby Food, asuhan dari mba Pingkan. Ini group juga kece banget lah. Segala jenis masakan dibahas disini dan group ini enaknya bisa share foto. Secara FB gitu logh, gampang banget upload fotonya. 

Jangan salah juga ya, saya juga ikutan milis dan group otomotif lho. Hihihi, aseli agak-agak konyol sebenernya perempuan kok ikutan milis otomotif. Tapi ya mau gimana lagi ya, secara emang hobby sama kendaraan roda empat itu. Nggak banyak-banyak kok, saya cuma ikutan milis/group yang berhubungan dengan mobil yang saya pake. Ya, buat nambahin ilmu permobilan pasti berguna.

Whokey, back to the subject di atas untuk menjadi anggota milis yang baik. Kenapa sih saya mau ngulas tentang ini judul? Sederhana sih jawabannya, soalnya saya suka sebel sama anggota milis yang nggak ikut aturan maen di milis. Sembarangan aja gitu loh. Lah, dikata itu milis milik nenek moyang dia kali ya, bisa sembarangan mau-mau dia nulis. Jangan gitu lah, milis itu kan dibaca sama banyak orang, dari mana-mana penjuru dunia, so please behave donk...


Nah, coba deh, kalo mau ikutan milis perhatikan hal-hal yang saya list di bawah ini. 


"Ikutin aturan maen milis"

     Setiap milis kan punya aturan main sendiri-sendiri yah, booow... Aturan maen di milis A pasti beda banget sama aturan maen di milis B dan milis C. So don't you ever try to compare aturan maen di milis A dan B dan C ya. Ya, kalo nggak mau ikut aturan maennya, skip aja itu milis. Kelar kan? Jangan terus compare atau bahkan ngejelekin milis yang dirimu ikutin. Hihihi, secara ini pernah saya alami. Jadi ceritanya gini, ada thread yang ngebahas aturan di milis sebelah yang nggak boleh begini begitu. Lah, ngapain juga ngurusin rumah tangga orang? Kalo nggak suka sama milis sebelah, ya jangan gabung ye nek. Admin juga nggak nyuruh dirimu gabung di milis itu kok. Kan dirimu sendiri yang mau gabung? Hihihi, lucu!


"Baca peraturan milis dan tertib ber-milis"

     Coba deh, kalo udah gabung di milis, baca aturan maen yang berlaku. Jangan coba-coba ngedobrak aturan milis tanpa koordinasi sama admin milis yah. Misalnya, nggak boleh jualan di milis, ya jangan jualan dooonk! Nggak tau? Atau jangan-jangan sengaja malahan? Bisa-bisa keanggotaan di banned. Iya mending kalo cuma di moderasi. Lha kalo udah di banned? Ya wassalam.

     Trus kalo di groupnya misalnya boleh upload foto, coba degh, masukin di album foto yang sesuai dengan judul fotonya. Seringkali sih saya nemuin, misalnya foto yang harusnya masuk di album A, eh, malah masukin di album B. Belum lagi kalo ngasih fotonya tanpa judul. Yahilah, dia pikir masukin gambar dan orang akan ngerti dengan apa yang dia posting kali ya? Ya nggak laaaah, nggak gitu juga kaleee. Siapa dirimu bisa aku mengerti?


"Ikuti gaya milis-mu"

     Ini yang lucu nih. Setelah bergabung dengan milis "emak-emak" dan milis "laki-laki", emang ada perbedaan yang mencolok dengan gaya bahasa di milis. Kalo di milis emak itu yah, bahasanya kudu agak sopan, agak halus, agak santun dan yang paling penting jangan mencela. Yoih banget neh, secara emak-emak itu bener-bener sensitif (bukan merk testpack). Kadang disindir dikit aja udah bales balik ngambek, marah, nulisnya pake huruf besar dan kadang pake tanda seru. Wohooo, emak-emak gitu logh. Banyak urusannya (urusan makan si bocil pastinya) yang bisa bikin naik pitam darah tinggi, belum lagi kalo PMS datang. Makanya, kalo ngikut milis emak-emak, hati-hati nulisnya yak. Cermat. Saya sendiri pernah punya pengalaman yang bikin ngakak pas baca thread di milis. Jadi ceritanya tuh saya buka thread dengan subject kulit ikan salmon boleh dimakan apa nggak? Trus ada anggota milis yang lain yang jawab, better kulit ikan salmon jadiing kaldu aja dan yang dimakan itu dagingnya aja. Ehhh, ada lho, emak-emak laen yang jawab, kenapa kulit ikan salmon jangan dimakan, trus apa bahayanya ngasih kulit ikan salmon ke anak. Hlaaa, maaaak, yang bilang nggak boleh dimakanin ke anak tuh siapaaa? Bukan nggak boleh maaak. Pusing degh baca yang beginian. Dibilang better nggak, jadi malah dianggap nggak boleh. Itu kan pemaknaan yang sangat jauh berbeda.

     Beda lagi sama milis laki-laki ini. Disini kalo ada yang nanya serius, kadang malah dianggap becanda. Ujung-ujungnya malah cela-mencela. Sadis dan berdarah-darah pula candaannya. Jangan masukin ke hati kalo yang beginian. Justru kalo nggak mencela, nggak hidup ini milis.

     Jadi, sesuaikan ya pemirsa, dirimu ikut milis yang model gimana? Jangan sampe salah gaya ya, ibarat baju, kita salah kostum nantinya..



"Tulislah thread yang belum pernah dibahas"

     Seringkali saya nemuin anggota milis baru itu nanya hal-hal yang udah sering banget dibahas di milis. Padahaaal, itu pertanyaan ada jawabannya di dokumen atau arsip milis. Tinggal kita ubek file-nya. Justru enak kok, bisa dapet jawaban yang ada latar belakang ilmiahnya. Nah, kalo misalnya bingung, coba search dulu di arsip milis pertanyaan yang akan diajukan. Jangan langsung maen tanya di milis yah, secara orang pasti tau banget kalo kita males baca dokumen milis. Ini sering banget terjadi di milis-nya ibu-ibu permasakan bocil. Baru aja thread A dibahas pagi ini, panjang kali lebar kali tinggi. Eeeh, sorenya udah nongol lagi pertanyaan dengan thread A juga, tpi beda orang. Et dah ampuuun maaak, kagak baca kali ya? Yang mau ngasih jawaban juga males kaleee. Bulak balik pertanyaannya itu-itu aja. Nggak ada yang baru apa yak? Naaah pemirsa, cobalah, kalau anda baru gabung di milis, ubek-ubek degh ya tuh dokumen. Jangan malas untuk membaca dan membaca dan membongkar pastinya. Jangan rajin bongkar dompet doang makanya. 


"Tulislah dengan menggunakan tulisan yang baik dan benar"

     Yang baca milis itu ya, nggak cuma kita sendiri. Disana ada berjuta orang yang baca. Jadi, tulislah dengan tulisan yang baik, yang mudah dimengerti dan dibaca. Ngga perlu nulis pake tulisan alay yang diukir itu ya. Udah bacanya pusing (karena ada huruf besar dan kecil di tengah, belum lagi yang nulis huruf pake angka), harus mikir, jadi nggak jelas maksudnya apa. Ya ampun, please ya Tuhan, kenapa harus ada tulisan alay gitu yah? Kalo emang ada milis khusus alay sih ya nggak masalah mau nulis alay, tapi ini kan bukan milis alay. Jadi jangan coba-coba nulis alay. 

     Belum lagi yang akses milis dari handset blackberry-nya. Di bbm itu ya, kan ada auto text yang bisa bikin tulisan jadi terukir dengan indahnya. Kadang jadi malah muncul icon-icon yang lucu (lucu cuma kalo buat di blackberry). Tapi kan nggak semua orang itu akses dari blackberry. Nah, yang nggak akses dari blackberry itu ya, baca icon auto text black berry kan jadi keriting. Tulisan jadi kotak-kotak malah nggak bisa kebaca. So please buat pengguna blackberry, matikan autotext yah kalo mau jawab di milis.

ngambil gambarnya dari sini


Kira-kira sih begitu lah yang bisa saya sharing disini mengenai bermilis ria. Mudah-mudahan dibaca ya, diresapi, ditaati... *sigh, siapa gw gituuu... Ya, saya sih cuma mau numpahin aja apa yang suka terjadi di milis dan suka bikin ganggu pemandangan bermilis. Jadi, kalo bisa bermilis dengan baik, ya bermilis lah dengan baik...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post