10.03.2011

CERITA EMAK-EMAK SEPUTAR TENAGA KERJA DI RUMAH

Nah, baru sempet cerita lagi degh nih seputaran cerita dari Mona. Cerita kali ini mau seputaran tentang bedindeh alias ART - Assistant Rumah Tangga alias ya mba'-mba' lah...

Sejak lahiran Nares, otomatis pula mau nggak mau harus cari orang untuk jagain Nares, secara emaknya Nares ya masih mau kerja. Kalo nggak kerja sih ya lain soal deh ya. Semuanya bisa dikerjain sendiri. Kemaren udah di praktekin kok. Mulai dari cuci sendiri, setrika, nyapu, ngepel, beres-beres rumah. Nggak termasuk masak yah? Kalo urusan masak sih, saya menyerah sepenuhnya kepada supplier catering (halaaah, secara bahasa supplier). Emang juga kalo dihitung sih ya emang nggak pusing kalo pake catering. Ngga repot ngurus menu (tinggal makan apa yang ada, mengurangi resiko stress atur menu), nggak repot belanja (masak dikit sama masak banyak, belanjanya sama. Belanja mulu kadang sampe kebuang-buang), ngirit gas (nggak jadi alasan ini mah), nggak capek (nah, ini alesan masuk akal banget). Jadilah kuputuskan, setelah lahiran Nares, untuk makan orang dewasa : catering Alia (secara ownernya sodara sendiri).

Cari sana, cari sini, cari situ, cari kemana-kemana untuk berjuang mencari mba'-mba' yang bisa buat jagain Nares. Tapi ternyata tidak semudah yang dibayangkan yah, pemirsa... Nyari mba' itu butuh waktu, butuh kesabaran, butuh perjuangan! Jaman sekarang, lebih gampang nyari karyawan honorer daripada nyari mba' yang jagain Nares. Sempet kepikiran sih, mau cari lewat yayasan. Tapi kok ya urung. Banyak banget alesannya... Ini dia (1) Mahal, bu! Bayar gaji perbulannya aja bisa 1 juta per orang. Ajegile yak, tamatan SMP, bayarnya sampe 1 juta perbulan. Padahal banyak di daerah luar Jakarta yang tamatan D3, gajinya cuma 800 ribuan per bulan. Itu baru gajinya ya, belum termasuk admin ke yayasan yang sekitar 1,5 juta. Kebayang kan? (2) Garansi, tapi bohong akh! Nah, ini sih emang pengalaman. Dulu sempet punya mba' yang dateng dari yayasan. Katanya kalo udah bayar, bisa garansi sampe 3 kali ganti orang atau sampe 3 bulan. Tapi yang udah-udah bakalan jadi permainan sama yayasan. Ntar dibikin nggak betah, kabur, selesai urusan. Nggak degh. Akhirnya diputuskan untuk nggak ambil dari yayasan.

Okey, akhirnya bulan Maret awal dapet juga dari mas Bagas (pegawai Alia catering yang baik hati, yang bernama asli Maulana, tapi sering dipanggil Botak). "Tapi nggak nginep. Cuma pulang pergi. Mau nggak, mba?" tanya Bagas. "Mau, Gas... Serius yak!" jawabku. Ya sutra lah hai, ngga apa-apa deh yang ada dulu dimanfaatkan. Sementara nanti cari orang lagi untuk jagain Nares. Jadilah itu si mba' Endah (20 tahun) untuk bantu-bantu cuci, setrika, nyapu, pel rumah ku.

M a n t a b s ! 

Dag dig dug duer, sebulan lagi masuk kantor, bu... Mid of May gw harus balik ngantor. Sementara orang buat jagain Nares beluman ada. Gimana ini? Pencarian tahap II berlanjut. Yuks mareee, cari tenaga kerja buat jagain Nares. 

Akh, Allah memang baik kepadaku. Tiba-tiba si Endah ngelamar untuk jadi sitter-nya Nares. "Bu, saya aja degh, yang jagain anak ibu. Saya dateng pagi, pulang sore tapinya..." Huhuuu, pucuk dicita ulam pun tiba. Emaaak, bahagia bener dengernya. Boleh lagh, kalo si Endah mah, secara dia udah punya anak gitu. Pasti bisa momong bayi. Oia, anaknya Endah akhirnya taro di kampung suaminya Endah, katanya biar Endah bisa kerja disini. Lagian jajan anak-anak disini nggak nahan. Katanya sehari bisa 5rebu! Wawww... banyak amat yak, jajannya?

Seneng degh ya, udah ada orang untuk jagain Nares selama ogut gawe.


May 2011

Balik ke kantor. Ini masanya gw masuk kerja dan kembali ke kantor. Ninggalin Nares di rumah sama Endah. Yah, walaupun agak-agak gimana sedikit berat, tapi harus ikhlas untuk ninggalin Nares. Mudah-mudahan dengan ikhlas, Nares ceria dan ikhlas pula. Aamiin.

Sepanjang bulan May – Agustus, hidup tenang dengan adanya yang jagain Nares. Yuk mareee lanjut baca cerita di kelanjutannya...


Agustus 2011

Lebaran bentar lagi nih... Siap-siap ditinggal mudik sama Endah. Okey, nggak masalah. Kan diriku pun libur kantor, jadi bisa pegang Nares dan pegang rumah (serta sedikit memegang bapaknya Nares alias suamiku, hihihi...:D). 2 minggu sebelum lebaran, terjadi pembicaraan ini (antara saya dan Endah):
Saya:           Ndah, abis lebaran kamu mau balik sini lagi nggak?
Endah:        Balik kok Bu. Ibu masuk kantor tanggal berapa?
Saya:           Tanggal 5 September, Ndah. Hari Senin tuh
(padahal gw dah antisipasi dia dateng telat, makanya ngajuin cuti 1 hari dan masuk tanggal 6 September)
Endah:        Oh ya udah, saya balik sini tanggal 4 ya Bu, hari Minggu.
Saya:           Okey Ndah, bener yah. Jangan telat lho. Tapi bener kan, kamu mau balik? Ngomong dari sekarang kalo kamu nggak balik, biar saya cari gantinya. Kan kamu juga hamil tuh...?
Endah:        Balik, Bu...

Selesai. Kesimpulannya, Endah masih mau balik kerja. Mungkin nanti akan ngajuin cuti melahirkan kalo udah deket waktunya. Yoyoooy, Endah hamil dan prediksi lahiran Januari 2012. Nggak masalah dia hamil degh, wong punya suami.


September 2011

Tanggal 4 September, gw nelpon ke sodaranya Endah yang nomor telponnya ditinggalin Endah. Maksudnya mau ngingetin Endah, supaya jangan lupa balik lagi. Kata adiknya, Endah lagi nggak sama dia. Hayaaah, mulai degh nih, gelagat enggak enak. Tanggal 4 itu pun, Endah tak kunjung hadir.

Tanggal 5 September, telpon lah gw ke suaminya Endah. Kata suaminya, Endah masih di kampung, anaknya rewel nggak mau ditinggal Endah. Jiaaah, alamat nggak bener nih. No news nggak selalu berarti good news ya jeung... Ternyata kali ini : No News is Bad News. Mantab yak! Sementara besok tanggal 6 gw harus balik ngantor, nggak ada yang jagain Nares. Bijihmana ini? Koordinasi internal dengan nekwannya (read : nenek perempuan dalam bahasa Singkawang) Nares pun terjadi. Terpaksa, Nares titip dijagain sama nekwan Joglo.

Tanggal 6 September, kembali gw tanyain ke suami Endah. Telpon gw nggak diangkat dan sms pun tak dibalas. Tuhaaan, sepertinya Engkau mengambil dirinya dariku. Again ya sodara-sodara, ujian dan cobaan... Terima nasib kalo nggak punya tenaga kerja buat jagain Nares.

Tanggal 7 September, kembali ke asal tanpa tenaga kerja yang jagain Nares. Contact sana, contact sini, browsing internet, pokoknya mengerahkan segala arah untuk mendapatkan tenaga kerja penjaga Nares. Duh, kalo udah gini, bawaannya pengen resign ya, bu... Kesel ngarepin orang yang nggak jelas. Kok udah janji tapi nggak ditepatin. Gimana juga bisa begini?

Jumat, 9 September : ada sms dari mas Bagas (lagi) yang bunyinya kaya gini “Mba, jadi nggak, yang buat jagain Nares? Ini ada orang dari Pekalongan nih. Kalo mau nanti malem ya, saya anterin ke tempat mba Monah” (duh, kenapa jadi nama gw Monah? Mona, tanpa “h”!) Weitsseeh, langsung nggak pake sms si Bagas, gw telpon langsung menandakan jadinya.

Alhamdulillaaah... per tanggal 11 September, ada si mba’ Ela yang jagain Nares dan bantu-bantu di rumah. Ya Allah, semoga yang ini awet ya... Aamiin...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post