11.17.2014

PROMO BELANJA DI WEEKEND dan PHP-nya

Selamat datang kembali ke dunia per-complain-an. Hiyaaah... nggak akan juga di-complain kalo emang bagus. Dari kecil sama bokap nyokap udah dibiasakan untuk bilang jujur. Kalo bener nggak usah takut, kalo salah ya minta maaf dan koreksi diri kembali. Di blog ini juga, saya suka memberikan compliment buat yang kece-kece dan complain buat yang bapuk. Fair kan? Terima kasih buat bapak ibu yang udah ngajarin begitu kepada saya, sampai udah segede sekarang ini masih juga ingat selalu sama pesen itu. Iya banget emang, biasakanlah kalau emang nggak salah ya nggak usah takut. Itu udah prinsip. Tapi emang jaman sekarang, kadang nggak salah malah bisa jadi disalahin. Hahahaaa... Udah gitu, yang salah beneran malah galak banget. Lha kok galakan dia daripada kita yang bener? Nah biasanya tuh yang begitu tuh ya, yang di jalanan tuh... #eeeaa #nomention.

Masih inget kan, waktu saya nulis tentang gimana saya kecewa-nya sama pihak Carrefour Duta Merlin (baca kisah klasiknya di marih)? Setelah nulis di blog gimana saya kecewa-nya sama pelayanan di Carrefour Duta Merlin, trus saya nge-tuit dan secara resmi pun saya tulis email kepada management Trans Retail. Ditanggepin untungnya. Pihak Trans Retail menelfon saya untuk minta maaf atas kejadian tersebut. Yah, alhamdulillah kalau ditanggapi. Tapi masih ada satu janji lagi dari pihak mereka yang belum ditepatin ke saya. Ah ya sudahlah, janji mereka merupakan hutang buat mereka. Semua juga tau, kalo hutang kan harus dibayar kan ya... Jadi, silahkan berurusan dengan hutang mereka sendiri lah. Saya menanggapi niat baik mereka untuk klarifikasi permasalahan dan mereka mengakui kalau mereka berada di pihak yang memang salah. Cukup fair buat saya.

Naaahhh, kembali lagi kejadian sama cerita promo! Waaaddd... promo lagi dan lagi? Ya maklum lah, namapun ibu-ibu, maunya belanja tapi belanja yang bisa menghemat uang. Hahahaaa, pelit ye? Emang banget #ngakuajalah. Eh, sebenernya nih ya, emang saya tuh suka agak kesel sama pedagang di Indonesia ini yang suka main-main dengan kata discount, promo, potongan harga, atau apapun yang sejenisnya lah. Kenapa? Saya merasa beberapa pedagang itu suka main-main dengan kata-kata itu. Maksudnya apa? Ya gitu deh, promo atau discount tapi dengan berjuta syarat dan ketentuan yang berlaku yang terkadang ujung-ujungnya potongan harga itu seperti ngga ada artinya. Kurang lebih kok kayak menjebak konsumen gitu ya..., itu menurut saya lho. Nggak fair lah. Beda banget sama di luar negeri sana yang kalau emang lagi promo atau discount ya beneran potongan harga, nggak ada syarat ina ini inu ono yang ditetapkan. Murah ya murah. It's totally different here... #nasiblah.

Seperti biasa, Jumat pagi, kalau koran Kompas datang di rumah, pasti yang dibuka mulai halaman 17 dulu. Secara itu promo-promo Carrefour, Hypermart, Superindo, Giant, Lottemart dan bahkan sekarang Alfamart dan Indomaret pun punya promo di hari weekend manteng di bagian itu halaman. Pengen liat dong akh, lagi ada promo apa. Yang jelas, saya lagi nyari promo diapers. Diapers buat Nara stock-nya udah mulai menipis, makanya nyari promo diapers. Ada beberapa supermarket yang ngadain promo diapers, tapi berhubung Giant merupakan supermarket yang terdekat dengan rumah, akhirnya saya putuskan untuk pergi ke Giant (Slipi Jaya) untuk berburu diapers. Lumayan ye, diapers Mamypoko taped type dari harga Rp 97. 000-an menjadi RP 69.900. 

Promo Giant 14 - 16 Nov 2014 (sumber gambar: sini)

Berangkat pagi-pagi dari rumah, sampe pak suami pun bengong pas saya pamitin mau ke Giant. Katanya, "Emang pagi-pagi udah buka kali jam segini?" Hahahaaa, ya udah lah... Udah mau pukul 10.00 mah, in shaa Allah dah buka. Bener aja kan, sampe Giant Slipi pukul 10.10 itu udah rame orang dan saya menemukan banyak orang sudah mendorong trolley belanjaan berisi diapers Mamypoko. Waduh, udah mikir aja nih, kebagian nggak ya? Ngeri euy, diapers promo itu cepet banget habisnya. Ukurannya itu lho, susah banget dapet yang sesuai. Beberapa kali berburu promo diapers, pasti ukuran yang tersisa yang tidak dicari. Untuk Nara, sekarang pake size S dan palingan sebulan lagi udah naik pake size M. Ahahaaa, maklum adik Nara nyusu kuat dan lahirnya pun sudah agak besar. Kemarin aja beli diapers size NB yang ukurannya untuk sampai 5kg, Nara udah kesempitan padahal umur Nara waktu itu baru 2 minggu. Ubek-ubek tumpukan diapers, ketemulah diapers size S dan M. Yang size M ini udah bener-bener stocknya tinggal 2. Alhamdulillah, rejeki Nara banget. Bungkus deh tuh, 2 bal size M dan 1 bal size S. 

Mamypoko Promo

Liat lagi promo korannya, ternyata Giant juga lagi promo susu UHT merk Ultra. Ini susunya Nareswari. Ya, Nareswari emang dari umur 1,5 tahun sudah mulai minum susu UHT, dan emang nggak pernah minum susu bubuk. Nah, rejeki anak lah emang. Giant ternyata juga ngejual susu UHT Ultra yang 1 liter seharga Rp 10.700, yang mana harga biasanya (di supermarket mana pun) itu sekitar Rp 14.000-an. Ini bener emang murah sih ya. Lumayan menghemat hampir Rp 4.000 untuk setiap kotaknya. Mana nggak ada tulisan "maximum pembelian" di iklan itu pulak. Hahaha, jadilah saya ngambil 4 kotak susu UHT Ultra yang plain dan 4 kotak susu coklat. 

Done lah, cukup. Diapers Mamypoko 2 bal ukuran M, 1 bal ukuran S, 4 kotak susu UHT Ultra putih dan 4 kotak susu UHT Ultra cokelat. Kali ini nggak belanja yang lain-lain dulu ya, secara masih ada beberapa barang yang emang masih ada di rumah. Belum waktunya belanja yang lain-lain. Udah gak bisa lirak lirik belanjaan lain juga sih, secara Nara di rumah nggak ditinggalin ASIP. Jadi kudu cepet balik ke rumah, takut si bocah nyariin emaknya mau nyusu.

Saatnya bayar ke kasir. Sang kasir langsung menyapa saya dengan ramah mengucapkan salam selamat pagi. Saya pun membalasnya. Hahaha, mungkin dalam hati si mbak, "ini orang pagi-pagi udah belanja ajeee..." Nyahahaha... Si mbak kasir, abis ngucapin salam ke saya, ngelanjutin ngomong kalau belanjaan saya harus dibayar dengan uang tunai atau debit BCA. Hmmm, saya pikir saya salah masuk lorong kasir. Saya cari-cari plangnya, apakah saya masuk ke lorong kasir express yang cuma boleh bayar cash? Ternyata nggak ada tuh, saya berada di lorong kasir biasa dan seharusnya saya bisa membayar dengan cash, kartu debit selain BCA, maupun kartu kredit. Saya pun bertanya kembali kepada si mbak kasir, mengapa saya harus membayar dengan tunai atau debit BCA, sementara saya tidak berada di lorong kasir express? Agak terkejut saya, ketika si mbak kasir menjelaskan bahwa saya harus membayar secara tunai karena barang yang saya beli merupakan barang yang keluar di promo koran. Diapers dan susu Ultra 1 liter itu merupakan barang promo. Waaaddd...?!?!?! 

Kasir : "Bu, ini barang yang ibu ambil merupakan barang promo koran semua, jadi harus dibayar tunai"
Saya : "Mana aturannya, mbak? Di koran nggak di informasikan kalau pembelian barang promo harus dengan pembayaran tunai"
Kasir : "Ini peraturan management, bu. Emang kalau beli barang promo semua diharuskan membayar dengan tunai dan tidak bisa dengan kartu kredit"
Saya : "Oke, kalau gitu saya bayar pake debit Mandiri ya..."
Kasir : "Nggak bisa juga bu, cuma bisa pakai cash atau debit BCA"
Saya : "Loh kenapa sih, saya juga waktu beberapa minggu lalu belanja barang promo pake kartu kredit bisa kok. Kenapa sekarang nggak bisa?" *udah mulai tinggi nada ngomongnya
Kasir : "Kalau ibu pembelanjaannya dicampur dengan barang yang tidak promo, bisa pakai kartu kredit bu, tapi kalau semua barang promo ya harus cash atau debit BCA"
Saya : "Oke, kalau gitu saya ambil permen ini (ngambil permen di deket meja kasir), kan barang belanjaan saya nggak barang promo semua. Tuh saya ngambil permen"
Kasir : "Tetap nggak bisa, bu. Masih terlalu banyak barang promo yang ibu ambil, nggak seimbang"
Saya : "Apaan sih, mba? Kenapa begitu sih?"
Kasir : "Iya bu, kita kan untungnya sedikit. Diapers aja udah kita discount sekitar Rp 20.000-an, belum lagi susunya. Kalau ibu bayar pake kartu kredit, kita juga harus bayar pajaknya 3%. "
Saya : "Tapi nggak ada peraturannya di koran, mbaaaak... Besok-besok kalau emang aturannya begitu, tulis donk di koran sekalian, biar kita bawa uang cash cukup!!!" *ngernyit sambil melotot tapi ngeluarin uang cash dari dompet. 

Aseli ya, ini nggak fair banget. Entah peraturan ini siapa yang buat, nggak boleh pake kartu kredit mbayarnya kalo semua barang yang kita ambil itu barang promo koran. Emang beneran management kah, atau aturan si mbak kasir? Eh beneran di koran dan iklan promo Giant itu nggak tertera kalau pembelian semua barang promo itu harus bayar cash atau debit BCA. Lagipula ya, menurut hemat saya, kalaupun itu untung toko cuma sedikit dan harus bayar pajak ke bank sebesar 3% atas pembayaran kartu kredit, sudah harus diperhitungkan dengan harga barang yang dijual ke konsumen donk? Kalau nggak inget mau buru-buru balik karena takut Nara bangun dan nyariin gentong susunya, pengen saya perpanjang sama Manager Store-nya. Urungkan niat dan berpikir kalau saya akan melaporkan kejadian ini kepada management Giant. Intinya sih simple aja kok, informasikan yang jelas kepada konsumen kalau emang ada peraturan main yang berlaku, jangan diumpetin dan seenak jidat sendiri!!!


Hrgrhrgrh... kan, ai bilang juga apa, promo di Indonesia mah suka ngeselin! Jengkel sama Terms and Condition yang kadang-kadang dibuat-buat dan mengada-ada. Parahnya lagi kan, konsumen selalu berada di pihak yang kurang menguntungkan. Cilaka ke-13nya lagi, konsumen di Indonesia ini nggak dilindungi. Hah, komplit lah penderitaan konsumen. Preeet... Beda banget ya, sama di luar negeri sana. Konsumen bener-bener dilindungi. Kalau ada sesuatu salah dari toko, langsung disamperin, minta maaf atau bahkan kadang suka dikasih sesuatu sebagai tanda maaf itu toko. Coba ya, itu toko-toko dan pedagang di Indonesia, nggak usah nge-PHP-in konsumen lah, nggak bagus tauk! Ngejaring konsumen untuk berbelanja tapi kok caranya tricky gitu. Be fair aja lah. Toh juga kalau emang jualannya bagus, konsumen pasti akan datang kok. Tapi coba kalau dengan kejadian begini, orang kan malah kesel, jengkel, dan bahkan nama situ (pedagang), malah jadi jelek, kan... Mana yang lebih baik, coba...?! Berlakulah fair sama konsumen. Aseli ya, dikecewain itu nggak enak, oi... Sakitnya tuh disini *nunjuk dompet.

Yasutralah, cukup sekian dan terima nasib jadi konsumen di Indonesia Raya ini. Mudah-mudah ke depannya konsumen Indonesia semakin dilindungi, nggak jadi bahan dan sasaran PHP sama pedagang-pedagang itu, ya... 

1 comment:

  1. Karna Di SEKOPPoker Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 80,000
    Bonus Deposit Weekend 50,000
    Bonus Referral 20% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis)
    Daftar sekarang juga hanya di Sekop88poker.com
    sekop poker
    sekop 88
    poker 88
    poker 88 domino
    deposit via pulsa
    uang asli indonesia
    daily gift
    weekend gift
    bonus jackpot x3

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post