12.05.2012

WARUNG SEMANGAT


Akhirnya, tumpah juga mau cerita keadaan yang melankolis ini. Sudah tak tahan lagi rasanya untuk numpahinnya ke tulisan ini. Curhat, aselik curhat kali ini di blog. Walaupun curhat keadaan pribadi, tapi (mudah-mudahan) tetap mendapatkan hikmah di balik tumpahan cerita ini ya readers.

Cerita awalnya tuh ya, gegara kelakuan pengasuh Nares yang tiba-tiba mengajukan resign *ngok*. Secara tiba-tiba, nggak ada angin, nggak ada hujan, si mba’ bilang, “Bu, saya mau balik aja ke yayasan. Saya nggak betah disini, bu. Saya mau pulang aja”. Pas ditanya alasannya nggak betah, jawabannya begini, “Ya nggak betah aja bu. Lagian saya mau sekolah sambil kerja aja, mau pulang ke kampung. Mana saya keca cacar pula. Pokoknya ibu anterin saya ke yayasan sekarang, nanti kan disana ada penggantinya”. Mau sekolah? Kenapa kerja? Kenapa nggak dari dulu? Kok udah kerja baru mau berhenti. Kena cacar? Sakit? Kok nggak ngomong? Kan kalo kena cacar itu katanya pake demam dulu. Pake nggak enak badan dulu. Ini kok nggak ada ciri-cirinya? Trus pas saya minta tunjukin mana yang cacar, si mba cuma bilang kalo kena cacarnya di bagian dalam. Nggak keliatan. Yah udahlah, seribu alasan dia bikin sendiri demi kepulangannya. Saya nggak percaya dia kena cacar. 

Trus saya bisa apa? Bilang wow kah? Sambil koprol? Basi. Saya pikir tuh ya, ya ambil orang lewat yayasan akan jauh lebih baik daripada yang lewat penyalur biasa atau mulut ke mulut. Nyatanya, sama aja kelautnya. Justru ya bayarnya kan lebih mahal lewat yayasan. Jadi…? Silahkan bikin summary sendiri, pemirsa. Apa nggak kesel ya, pengasuh itu kerja paling lama ya 4 bulan. Itu pun cuma 1 orang. Yang lain ya rata-rata 2-3 bulan bertahannya. Capek!!! *bertanduk*

Hmmm, baguuuus kan, kelakuan anak jaman sekarang. Mau kerja dan berhenti seenak perutnya sendiri tanpa mikir kondisi orang lain. Dia orang emang paling hebat lah *ala Ahok negur karyawannya*. Tarik napas dalam-dalam pokoknya saat itu diri ini. Antara mau marah, mau ngusir, mau ketawa (yang ini ketawa palsu), mau nangis, mau pingsan. Pokoknya jadi kesel sangat saat itu. Langsung lapor suami dulu deh ini urusannya. Untung punya suami yang selalu tenang dalam segala hal. Jadi bisa ngeguyur panasnya kepala ini. Kata suami, ya kita pulangin dia ke yayasan. Bawa surat-suratnya. Jangan lupa catatan uang bayaran dan yang sudah diambil sama si pengasuh. Si bapak nyuruh telfon dulu ke yayasan. Tapi dari 4 nomor telpon yang ada di kartu nama, nggak ada 1 pun yang diangkat dijawab. Baguuus… Sudahlah, toh juga emang harus ke yayasan.

Setelah Nares makan sore, kita baru berangkat menuju yayasan. Yayasan ini lokasinya dekat banget sama rumah mas Fani, daerah Kedoya. Tinggal jalan kaki ke yayasan, parkir mobil di rumah mas Fani. Jadi, kita sampe rumah mama itu pas maghrib. Sholat dulu, baru urusan ke yayasan. Nares tinggal dulu di rumah mama yang kebetulan ada sepupuan Nares di situ, jadi Nares bisa main. Secara juga Nares udah makan sebelumnya di rumah, jadi nggak ribet sama urusan makan Nares. Tinggal ngemil, minum susu dan main-main aja di rumah nenek.

Sampe yayasan, langsung ketemuan sama si pengurus bertampang mas-mas tenggeng itu. Dia sih nggak bisa banyak berbuat apa-apa, selain nawarin penggantinya. Pengganti itu hanya fisik ya tapinya. Maksudnya, kita harus nego gaji lagi sama yang bersangkutan langsung. Ada dua orang waktu itu yang bisa dijadiin pengganti. Yang satu pernah kita lihat sebelumnya. Waktu mau ambil si mba setelah Lebaran, itu yang satu udah ada. Tapi kita black list, mengingat pada penampilannya : berambut blonde (cat pirang), bonding, alis dicukur  tipis tapi dilukis pake pensil alis, bercelana pendek, berkaos ketat, dan mulut nyinyir (pas kita interview dia, selalu jawab nyolot). Nah, pas interview yang satunya lagi, tampang sih baik-baik, tapi minta gajinya tidak rasional. Menurut mas Fani, sangat tidak masuk akal untuk digaji segitu besar dan kerjaan yang hanya mengasuh Nares yang nggak banyak rewel. Well done, kita nggak sreg sama semuanya. Kali ini, datang bertiga dan pulang berdua. 

Tarik napas dalam-dalam lagi ya, soalnya harus berjuang keras lagi nih. Berjuang untuk cari pengasuh Nares selama saya dan suami kerja di luar rumah, kerja keras untuk beberes di rumah, kerja keras sang kakek dan nenek Nares untuk bantuin jaga Nares, kerja keras untuk menghadapi semuanya ini dengan senyuman. Nah, yang terakhir ini yang bener-bener berat buat saya. Yups, walaupun beberapa kali saya sudah mengalami hal ini, tapi rasa shock itu pasti ada dan ada lagi. Untuk urusan yang satu itu, urusan pengasuh emang nggak kapok bikin saya kesel. Tiap kali si mba minta pulang, pasti yang ada saya itu shock. Karena langsung kepikiran Nares kalo ditinggal kerja sama siapa??? Kakek dan nenek kan sudah sepuh. Oh tidak… *lap keringat*.

Selesai urusan di yayasan selesai, kami balik ke rumah mama. Liat muka Nares yang ceria, yang nggak ngerti apa-apa selain makan dan main, saya langsung sumringah. Cuma ingat kalo urusan pengasuh itu pasti ada jalan keluarnya. Tuhan pasti kasih kami jalan yang terbaik apapun itu caranya. Trus saya sempat ngomong gini sama mas Fani, “I do really need your support, pak… Really…” dan dijawab sama si bapak, “Iya, pasti. Kamu pasti bisa ngelewatin ini semua. Yang penting kamu semangat dulu. Pikiran harus tenang untuk cari jalan keluar yang baik. Semangat ya bu, bapak pasti ada untuk ibu” Thanks God, punya suami yang begitu tenangnya ketika menghadapi masalah. Yups, itulah suami saya. Selalu tenang dalam menghadapi masalah. Beda banget sama saya yang suka pake kesel campur gedeg. 

Okey. Promise to myself kalo semangat itu harus ada, siap-siapin stock semangat yang banyak. Nggak lupa juga stock sabarnya dikeluarin. Sepaketan itu jangan lupa diperbanyak degh, stocknya. Ditinggal pengasuh/pengasuh bukanlah hal yang membuat dunia kiamat. Pasti ada jalan keluarnya. Pasti ada solusinya. Optimis dan optimis, bahwa yang terbaik akan diberikan oleh Allah kepada umatNya. Yang penting kita usaha dan doa. InsyaaAllah kalo sudah berfikir jernih, hati tenang, nanti ngejalaninnya juga enak. Aamiin. Ini sih ya sebenernya nasihat buat diri saya sendiri. Emang bener sih, saya masih butuh banyak belajar dan belajar untuk me-manage emosi yang main di dalam diri ini. Ya kalau yang udah ngikutin TL di saya di twitter, pastinya udah pada tau kan ya, kalo saya itu orangnya doyan complain, doyan ngomel, doyan nyeromet, doyan nyampah, pokoknya cerewet bin bawel deh judulnya. *malu sendiri*
Semangat Superman

L a n j u u u t . . .   


Di rumah mama, kita sempet nonton pertandingan sepak bola AFF di RCTI, seru banget emang secara Malaysia lawan Indonesia gituh. Musuh bebuyutan, padahal serumpun. Yah, kalo ngomongin Malaysia vs Indonesia, pasti gak akan selesai. Entah juga ya, kenapa amat sampe berantem-berantem begitu. Anyone tau kenapa latar belakangnya? 

Hampir habis itu pertandingan sepak bola, dimana posisi Indonesia kalah (>_<) dari Malaysia, Firman (adik mas Fani) pulang. Hmmm, kita pikir yah, Firman itu abis begahul sama temen-temennya donk, soalnya kan itu malam minggu dan Firman pun ga punya pacar pulak (ngakunya ke kita sih gak punya cewe'). Ternyata ya, Firman abis ikutan acara galang dana buat temennya di SMAnya dulu (SMAN 112). Belum jelas banget sih, galang dana itu buat apa, siapa, dan kenapa. Pernah seketika emang Firman cerita ada temennya di SMA dulu kena kanker lidah. Tapi ya apa emang yang itu atau bukan, saya belum tau persis.

Akhirnya, setelah Firman makan malam, setelah dirinya santai, barulah dia cerita, bahwa kegiatan galang dana tadi siang itu ya buat temennya yang namanya Cecil, yang kena kanker lidah kurang lebih setahun belakang ini. Aduuuh, dengernya miris deh. Nggak tega bener. Tambah lagi ditunjukin foto-fotonya Cecil yang di acara galang dana temen-temennya di SMA 112 itu. Bener-bener membuat terenyuh. Maaf, ini bukan mau exploitasi kondisi Cecil. Tapi memang saya sedih banget dengan keadaan Cecil yang kena kanker lidah stadium lanjut. Kebayang aja, kalo kita yang diberi ujian itu sama Allah. Yang ada juga di benak saya pasti keluar banyak pertanyaan. Yang ada juga saya complain ke Tuhan. Yang ada mungkin saya nyeromet di SocMed. Yang ada mungkin saya putus asa. Yang ada mungkin saya akan mengurung diri sendiri. Tapi memang Tuhan tidak salah pilih memberikan ujian kepada umatNya. Si A nggak mungkin tertukar dikasih soal ujian si B atau si C. Begitupun dengan si B dan si C, nggak mungkin mereka tertukar soal ujian dengan si A atau yang lainnya. Percaya banget, bahwa Allah Maha Adil.

Cerita tentang Cecil lagi yang diceritain Firman adalah ternyata Cecil itu penggerak peduli penderita kanker. Cecil juga ada usaha yang namanya Junkiee Shoes yang hasil penjualannya itu untuk disumbangkan ke penderita kanker. Ya Allah, begitu berat cobaan yang kau berikan ya Allah, hingga Cecil harus mendapatkan ujian seperti itu.  Cerita Firman (lagi), masa SMA itu Cecil itu dermawan banget. Pernah ngebantuin uang sekolah temennya yang orang tuanya nggak mampu. Cecil yang anak periang. Pokoknya Cecil yang menyenangkan. Tapi siapa yang mengira, Cecil sekarang kena sakit kanker. Cecil yang sekarang itu kurus (keliatan dari foto yang diambil sama Firman) karena memang Cecil sekarang susah makan, terhalang oleh kondisi kanker lidah tersebut. Bentuk muka Cecil pun membengkak. 

Cerita Firman berakhir (kurang lebih setelah 10 menit dirinya menceritakan tentang Cecil ke saya) dengan dirinya nunjukkin ke saya curhatnya Cecil ke blog.rumahkanker.com. Saya catat dalam kepala saya, alamat web-nya, biar bisa baca dengan tenang di rumah pas pulang. 

Tapi pikiran saya nggak berhenti sama kondisi Cecil. Saya emang nggak bisa berbuat banyak untuk Cecil. Saya hanya bisa bantu panjatkan doa saja, semoga Cecil bisa diberikan kesembuhan oleh Allah. Semoga Cecil diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Aamiin ya Robbal Alamin. Mudah-mudahan, keluarga Cecil juga diberikan kesehatan selalu, kesabaran dalam mendampingi Cecil berobat melawan kanker-nya dan rezeki yang terus menerus mengalir untuk biaya pengobatan Cecil. Dan yang tidak kalah pentingnya, Cecil tetap semangat. Mudah-mudahan stok semangat Cecil semakin bertambah dan bertambah. Karena semangat itu yang bisa menjalankan semuanya. Semangat untuk membaik, memberikan aura positif yang memberikan kesembuhan untuk Cecil. 

Pikiran saya lainnya adalah, ternyata cobaan yang diberikan Allah kepada saya belum seberapa beratnya dibanding dengan cobaan yang diberikan Allah kepada Cecil. Ujian perginya pengasuh pasti belum seberapa kalau kita bandingkan dengan ujian Cecil. Jauh dan jauh banget. Pengasuh besok bisa cari lagi. Nggak cocok lagi, cari lagi. Pergi lagi, dapat lagi. Seperti itu polanya yang sudah-sudah. Sementara kondisi Cecil, belum tau polanya seperti apa. Cecil harus menderita kesakitan kalau sedang di treatment. Belum lagi biaya pengobatan yang amat sangatlah besar. Pantaskah saya mengeluh atas ujian yang diberikan dari Allah kepada saya saat ini? Kalau masalah pengasuh aja ngeluhnya seujung dunia, apa kabar Cecil yang dikasih ujian jauh lebih berat dari saya ya? Pasti saya udah pingsan duluan.

Mas Fani bilang, semua masalah pasti datang dan semua masalah ada jalan keluarnya. Masalah yang ada mau tidak mau harus dihadapi, tinggal kita susun strategi aja, gimana ngatasin masalah itu. Kalau otak kita tidak jernih, jalan keluar yang didapat biasanya tidak semaksimal mungkin karena emosi kita banyak peran serta disitu. Jadi kadang nggak pake logika lagi mengatasinya, tapi pake ego semata. Buat bapak alias suamikuh : Iya, sayang… Aku dengerin semua nasihat kamu.

Semangat, Kakak!!!

Semangat Mona, semangaaats. Jangan mau patah semangat karena pengasuh. Bismillah, cari lagi pengasuhnya dan mudah-mudah dapat yang lebih baik dari sebelumnya. Aamiin. Yuk mari readers, kalau ada yang lagi patah semangat (apapun itu penyebabnya) kita kumpulin lagi pecahan-pecahan semangat yang kemarin sempat tercecer. Kita susun kembali, membuatnya menjadi utuh. SEMANGAT. Yakin aja, bahwa Allah pasti memberikan ujian kepada umatNya sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Allah nggak akan memberikan ujian kepada seseorang dimana orang itu tidak mampu memikulnya. (Aamiin…)


“Laa Hawla walaa Quwwata illa Billaahil ‘Aliyyil ‘Azhiim” 
Tidak ada daya dan kekuatan kecuali Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.


Minggu pagi, hari pertama lagi tanpa si mba. Tapi tetap semangat donk. Cuma aja sayang nggak bisa sepedaan. Secara biasanya saya dan pak suami kalo Minggu pagi pasti sepedaan kesana kemari. Ya sudahlah, nggak apa-apa. Yang penting semangat itu ada dulu di diri saya. Yang penting tidak merasa yang paling buruk di dunia ini. Minggu pagi, siap-siapin semuanya dulu untuk keperluan bapak, keperluan Nares dan beberes rumah. Pas bapak bangun pagi, teh dan sarapan sudah ada juga di meja. Mantap! Menyambut hari dengan semangat. Warung semangat dalam diri ini memang sepertinya harus dibuka 24 jam dalam 7 hari dan selama 365 hari. Jualan semangat untuk diri sendiri...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post