11.29.2012

SI BANJIR DAN SI SAMPAH

Musim penghujan di Jakarta Raya telah tiba. Secara emang sudah mau masuk bulan Desember gitu loh, musim penghujan. Kalau dulu saya belajar IPA, statement di buku text wajib itu ya, musim hujan itu berada di antara bulan September sampai dengan Februari. Tapi kenyataan yang terjadi sekarang adalah musim penghujannya bergeser. Buktinya, Oktober kemarin itu sang hujan masih jarang turun. Bahkan di beberapa lokasi sudah menderita kegaringan kekeringan. Sampai-sampai kita di komunitas ALTIC itu mau nyumbang air bersih ke salah satu daerah yang kekurangan air (tapi nggak jadi (baca : diundur) karena preparation yang belum matang).

Berbicara tentang musim penghujan di Jakarta ini ya pemirsah, hal yang paling di was-waskan adalah permasalah banjir (banjir yah, bukan genangan air). Yoi bray, secara udah langganan deh tuh yang namanya banjir di rumah saya. Tahun 2007, air bah itu masuk ke rumah setinggi lutut. Tahun 2008, si tamu bah itu masuk lagi ke rumah, sampai setinggi paha orang dewasa. Nyuss banget lah pokoknya kedatangan tamu yang satu itu. Air yang masuk warna coklat, beberes dan bebersihnya nggak ketulungan banget. Tapi apa mau dikata, rejeki dari Tuhan emang harus diterima, nggak bisa ditolak juga. Selamaat… oh Selamaaat…

Tahun 2012 ini, ketika masuk musim penghujan, semua orang was-was kembali akan banjir itu. Yah, namanya juga banjir. Dikata rejeki, tapi nyusahin. Dikata nyusahin, tapi ya mau gak mau diterima. Intinya : banjir udah langganan. Apalagi untuk kota yang seperti Jakarta ini. Aktivitas padat, penduduk padat, kalau udah banjir pastinya jadi rame. Rame dimana? Ya rame dimana-mana. Rame di tempat banjir, rame di tempat pengungsian dan nggak ketinggalan itu ya sekarang rame di social media. Hihihi, yakin deh, yang terakhir ini yang paling seru. Twitwar banjir itu paling menyenangkan untuk dibaca *ngikik*.

Minggu lalu, Jakarta diguyur hujan hampir tiap hari dan parahnya sore pulak turun hujannya. Dahsyat banget emang buat kota Jakarta kalau sore diguyur hujan. Soalnya, ujung-ujungnya pasti macet banget yang teramat sangat. Jumat minggu lalu itu cukup parah macetnya. Saya pulang kerja pukul 18.30 dari kantor yang berada di Juanda, mau pulang ke arah Slipi lewat Istana Negara dan Tanah Abang. Tapi ya, nyatanya di Istana Negara itu jalanan nggak gerak sama sekali selama 20 menit. Ada apa? Nggak ngerti. Pokoknya nggak jalan deh. Done.

Balik lagi ke masalah banjir. Jadi ya, minggu kemaren itu beberapa lokasi di Jakarta udah pada kebanjiran. Daerah Kedoya banjir, daerah Bukit Duri banjir, komplek IKPN Bintaro juga kena banjir (ehm... ini Jakarta coret sebenernya), dan beberapa tempat lainnya juga kena. Kasihan sih dengernya. Tapi ya saya juga nggak bisa berbuat banyak, secara emang juga cuma rakyat jelata. Jangankan saya, Jokowi yang DKI 1 juga nggak bisa banyak berbuat kok. Ya kalau bantuan dana sih ya emang sudah pasti lah itu. Tanpa dipungkiri lagi. Lah saya pan cuma bisa bantu doa toh?

Nah, yang menarik nih, salah satu temen saya yang kerja di Pemda, kicaulah dia di TLnya. Si temen saya ini pokoknya sebel bin empet sama kekotoran di sungai itu. Iya banget deh, apalagi si temen saya ini dinas di bagian pengairan DKI. Urusan deh dia sama si sungai-sungai nan jorok bin bau itu. Hihihihi, katanya si temen saya itu, “Kali/saluran itu bukan tempat sampaaah... sadar diri ajaa klo ga mau banjir.. Jangan pas udah banjir pada teriaaaak...”. Setuju banget saya sama statement si temen saya ini. *jempols*

Jadi nih ya, sebenernya sih emang banjir itu memang bagian dari bencana alam. Mau tak mau mungkin adalah sesuatu hal yang harus (dan terpaksa) kita terima. Tapi… nih tapi ada tapinya nih, kalaupun emang itu bencana, kan ada baiknya kita lakukan pencegahan dulu. Toh juga dimana-mana kan slogan “lebih baik pencegahan daripada pengobatan”. Iya bukan? Kalau gitu ya bagusnya lah kita usaha dulu donk? Gitu bukan? Iya kan? *maksa*.

Nah, menurut saya nih, dari kacamata saya sendiri, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ini dia yang paling gampang. Trus juga ini yang paling mudah dikerjakan dan dimulai dari sendiri. Nggak perlu iklan, nggak perlu biaya, nggak perlu modal. Mulainya nggak perlu modal duit. Modalnya cuma komitmen. Cukup dengan disiplin buang sampah tidak di sembarang tempat. Lagian juga kan ya, kebersihan sebagian dari iman, bukan?

Kalau di keluarga saya, yang namanya kebersihan itu wajib dijaga. Peraturan di rumah adalah tidak boleh buang sampah kalau tidak di tempat sampah. Di mobil juga gitu. Buang sampah ya di kotak sampah di dalam mobil. Jadi nggak ada deh tuh istilah buka kaca trus buang sampah di jalanan. Huhuuu, suka liat kan, mobil kece pada buang sampah di jalanan? Hastagah banget lah pokoknya. Mobil ratusan juta tapi nggak mampu beli tong sampah kecil yang harganya gak lebih dari 50rb perak di mobilnya.

Jaman saya masih kecil, saya hidup satu negara yang ketat banget sama peraturan buang sampah. Buang sampah sembarangan bisa kena denda. Aseli, itu peraturan negaranya ketat banget. Sedemikian rupa warga negara itu diatur yang pokoknya haram buang sampah kalo nggak di tempat sampah. Tapi pemerintahnya cukup fair, soalnya mereka menyediakan tong sampah banyak banget. Pokoknya tong sampah mudah didapat dan dalam kondisi yang bagus pulak. Nggak kaya’ di negara Indonesia ini, yang tong sampah susah ditemuin. Udah susah dapetnya, kadang kondisinya memprihatinkan pulak. Penuh sama sampah dan fisiknya udah acak adul #kasihan.

Dari dulu ya, nyokap selalu ngajarin kalo buang sampah itu ya di tempat sampah. Kalo lagi di jalan, kita mau buang sampah nggak ada tempat sampah, gimana? Ya kantongin dulu. Nanti kalo ketemu tong sampah baru deh buang ke situ sampahnya. Serius, kalo udah urusan sampah, nyokap itu seperti mengharamkan buang sampah kalo nggak di tempatnya.

Nah, belum lagi nih urusan yang buang sampah di kali. Hahaha, ya udahlah, itu sih pasti satu kesalahan dan dosa besar buat kita. Pernah liat kan, tumpukan sampah di pintu air kaya’ di Manggarai itu? Sampah kok segitu banyaknya. Sampah udah jadi pulau sendiri. Heudeuh… Ya kalo gitu sih percuma aja dibersihin/diangkut sampahnya. Secara juga nanti sampah-sampah itu bakalan datang dan datang lagi. Nah, pak Jokowi itu kemaren sempat nyuruh tim kebersihan untuk bersihin kalinya. Hihihi, menurut saya sih ya, yang perlu dibenahin itu pola pikir masyarakat yang masih suka buang sampah nggak di tempatnya. Yang dicari itu kan sumber penyakitnya pak. Kalo mau bersih, ya warga Jakarta jangan buang sampah sembarangan donk.

Tumpukan sampah (pic taken from here)
Jangan bilang ya, kan ada petugas kebersihan? Jadi boleh buang sampah dimana aja dan mereka si petugas yang mbersihin. Plis deh, buat yang ngomong gini, mendingan otaknya dicuci bersih dulu. Baru ngomong beginian. Menurut saya ya, petugas kebersihan itu hanya boleh membersihkan sampah daun atau kotoran binatang. Dimana si daun itu emang nggak bisa diajarin untuk buang sampah di tong sampah. Begitu pun dengan si binatang yang nggak bisa buang sampah di tong sampah. Jadi, kalo merasa bukan daun dan binatang, ya jangan buang sampah sembarangan yah... 

Saya tuh ya, saya paling kesel degh kalo nyapu depan rumah itu yang tersapu adalah sampah bekas minuman, makanan atau lainnya yang bukan sampah daun-daun. Mendingan banget degh nyapuin kotoran kucing anjing daripada nyapu sampah bekas makanan minuman. Keselnya sampe ke ubun-ubun rasanya. Eh bener degh ya, buat yang suka buang sampah sembarangan, ini mudah-mudahan bisa tau kalo buang sampah nggak ditempatnya itu bisa jadi boomerang sendiri.

So readers, mulai sekarang, yuuuuk buang sampah di tempat sampah. Jangan lagi buang sampah kalo nggak di tong sampah ya. Nggak ada tempat sampah? Simpen dulu sampahnya. Nanti kalo udah ketemu, baru buang di tempat sampah.

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post