12.26.2012

NONTON HABIBIE-AINUN


Mari bercerita tentang film Habibie-Ainun garapan mas Hanung Bramantyo nan kesohor itu..

Ceritanya sih gegara mas Fani yang “nyoel” saya untuk nonton film itu. Lah tapi kan gimana ceritanya coba, mau nonton ke bioskop, lha terus si neng Nares sama siapa? Kan nggak ada pengasuh toh? Emang juga gegara pengasuh aneh. Dasar banget. Mas Fani bilang, kita nonton gentian aja. LoL – aseli ngakak denger ide ini dari mas Fani. Yah, segitunya ya, mau nonton sampe harus gentian? Ya iya lah, secara nggak bisa kalo barengan. Nares kan kudu dijagain. Sip bungkus, gentian nonton. Secara lagi liburan panjang gitu loh. Keluar kota ya males macetnya. Mending enjoy kehidupan di Jakarta yang sepi bebas dari macet #sokmenghiburdiri.

Secara rumah paling deket sama bioskop lorosiji di Slipi Jaya, jadilah nonton di situ. Murah abis, cukup Rp 50rb untuk 2 tiket. Hihihi, dekat pulak. Nggak perlu pake mobil. Ngangkot sekali, Rp 2000 untuk sekali jalan. Pulang pergi bungkus jadi Rp 4000. Eh, udah murah gitu, ya… masih dibeliin pulak lho sama mas Fani. Cihuy banget deh pokoke. Mas Fani nonton yang pkl 12.15, sementara eike dibelikan yang jadwal pkl 15.25. Sip, berarti setelah urusan Nares selesai, rapih, tinggal mandi sore yang bisa dikerjakan bapake.

14.40, si bapak pulang dari bioskop. Setelah mas Fani sholat, makan, eike langsung cuss ke Slipi Jaya. Sampe di TKP pkl. 15.15, dan pintu studio 1 udah dibuka. Nggak perlu sibuk cari cemilan, soalnya mas Fani dari rumah juga udah nyangu-in makanan kecil dan teh kotakan *et dah mantab bener yak, laki sayah #perhatian*.  Tempat duduk yang dipilih ya mantab pisan, pas banget depan layar, pokoknya nyuss beud. Sebelah kiri saya, 3 perempuan yang nonton. Sebelah kanan saya, sepasang cewe cowo yg nonton. Saya terhimpit di tengah. Gak peduli, yang penting nonton.



Tepat di 15.25, itu film mulai daaannn menurut saya, film ini…

Secara jalan cerita, biasa saja. Kisah sepasang insan yang jatuh cinta, trus berniat baik untuk menikah, punya keluarga yang wajar, dan pokoknya serba wajar. Ya paham banget lah, soalnya memang film ini kan diangkat dari true story-nya pak Habibie dan bu Ainun. Makanya sih, nggak terlalu yang menyanyat hati gimana gitu yang kaya’ cerita drama India dan drama Korea (apalagi sinteron Indonesia) yang penuh dengan cerita yang menggelora. Menurut saya, jalan ceritanya sederhana. Tapi dengan kesederhanaan ini, saya justru suka. Yah, namapun diulas sama penggemar film drama, jadi pastilah filmnya dikata bagus. 

Secara akting, Reza Rahadian pun gw nilai baik. Penjiwaan karakter pak Habibie, sangat terlihat. Cuma (ada cumanya nih…), banyak komentar penonton lain di studio itu kok jadi kaya’ Mr. Bean banget. Apa ya iya sih? Kalo saya bilang sih memang ada beberapa bagian yang agak lebay tuh Reza Rahadian dan memang menjadikan dirinya malah seperti Mr. Bean. Apa mungkin karena tubuhnya Reza yang tinggi ya, sementara karakter aseli pak Habibie kan agak pendek (eh maaf ya pak Habibie). Ehm tapi ya, gw suka aja sih sama aktingnya Reza Rahadian yang all out gitu. Penuh penjiwaan. Gesture tubuh memang agak-agak mirip Mr. Bean, tapi kalo logat, dapet banget pak Habibie. 

Secara akting BCL, biasa aja sih menurut sayah. Nothings special. Hehehe, nggak bisa banyak komentar karena actingnya BCL ya gitu-gitu aja. Hmmm, lagian emang mau disuruh gimana lagi ya? 

Secara angel pengambilan gambar, over all akuh sukah sekalih sama semua angle-angle gambarnya. Apalagi yang pas waktu shooting di Jerman itu (eh ini gegara lokasi shooting apa gegara angel yak?). Eh tapi bener deh, cukup bagus kok kalo saya boleh menilai, secara saya nggak ngerti dunia perkameraan.  Yang nggak asik itu ya, pas ada iklan-iklan yang jadi sponsor-nya film itu. Seperti Chocolatos, Markisa Pohon Pinang, sama e-toll card tuh. Eish, keliatan banget degh pokoknya itu slot yang nggak menarik buat saya. Terlalu vulgar iklannya.

Beberapa notes dari pak Habibie ada yang bisa diambil untuk jadi bahan kita berfikir. Hal yang paling saya ingat adalah ketika pak Habibie mengalami kesulitan mengenai keuangan pas baru nikah di Jerman, dan bu Ainun minta pulang ke Indonesia, pak Habibie bilang kira-kira begini sama bu Ainun, “Kita ini ibarat gerbong kereta yang sedang memasuki terowongan. Gelap memang, panjang memang. Tapi yakin, suatu waktu itu kereta pasti akan keluar dari terowongan dan akan melihat cahaya kembali” Hiks hiks hiks, berasa ini perkalimatan buat sayah. Beneran ya, ternyata orang yang baru nikah itu rata-rata nggak mudah ngejalaninnya. Ternyata, yang sulit bukan sayah saja… Baiklah.

Trus, ada lagi yang bikin haru dari bu Ainun, ketika sakit nggak bilang-bilang sama pak Habibie, biar suaminya nggak pusing. Iyh, kalo saya yah, sakit dikit udah nyenyong sama suami. Udah gempar deh seisi rumah. Padahal ya, sakitnya sakit yang cemen yang nggak berat seberat bu Ainun. Yah, bu Ainun aja sakit parah gitu, diem-diem. Lah kok yang sakit cemen aja malah ribut. Maluuu… maluuu…

Tapi pas the end, saya akhirnya menitikkan air mata itu juga. Mewek, nggak tahan. Ngebayangin kalo saya berada di posisi itu. Ya Allah, sungguh berat berat berat. 

Intinya ini film layak untuk ditonton. Banyak pelajaran yang bisa diambil. Tapi pelajaran mengenai kehidupan ya. Bukan perjalanan traveling pastinya *plaaak*. Film berdurasi sekitar 120menit ini, pantas ditonton oleh yang sudah memiliki pasangan, atau yang akan memiliki pasangan hidup. Bukan untuk anak-anak pastinya. Jadi, jangan bawa anak-anak untuk nonton film ini, karena pastinya mereka bête, nggak ngerti maksudnya. Apalagi sampe bawa anak toddler, dan menangis pulak pas ditengah-tengah pemutaran film (#eeaaa curcol).

Cukup sekian dan terima nonton.

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post