8.03.2012

FINALLY

Finally... *take a deep breath


Daddy and Nares


Finally Nares bisa jalan sendiri. Alhamdulillah... Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Nares bisa dan mau jalan sendiri. Tadi malam (02 Agustus 2012 - Kamis), Nares akhirnya berani jalan sendiri. Di usianya 17 bulan 3 minggu (11 hari menuju 18 bulan) Nares baru bisa jalan sendiri. Sendiri tuh  maksudnya tanpa dipegangin sama orang lain lho. Bener-bener sendiri.

Sebenernya Nares udah bisa jalan dari umur 12 bulan, tapi ya gitu degh, masih titah-an. Nggak mau kalo jalan sendiri. Selalu nyari pegangan. Kalo nggak tembok, tangan kita degh dijadiin pegangannya. Walaupun cuma kelingking, tapi harus ada pegangannya. Kalo nggak ada pegangan, jadinya dia nggak mau jalan. Turun degh, ngelantai trus mberangkang. Mending kalo mau mbrangkang, lah kadang malah nangis coba. Marah-marah gitu dia.

Nah, semalem itu, si bapak yang rajin ngajarin Nares jalan, nyoba lagi (dan lagi). Eh, tiba-tiba Nares bisa jalan donk. Nggak tanggung-tanggung, ruang makan dan dapur di rumah yang berukuran 4 meter x 8 meter langsung diputerin sama Nares. Sambil jalan sambil nyanyi "pa pa pa pa pa....", Nares muter-muterin dapur. Kalo capek, Nares jongkok dulu sambil bilang, "iyaaaah...", terus diri lagi, lanjut jalan lagi. Good job, my daughter. You do great.

Alhamdulillah ya Allah, setelah sekian lama kami menunggu, Nares bisa jalan juga. 


Eh iya, beneran degh, Nares bisa jalan itu merupakan hal yang sangat saya dan suami tunggu-tunggu. Bukan hal mudah lho, untuk melewati masa ini. Soalnya kan ya... tiap suka ketemu orang, suka ditanya degh tuh umurnya Nares. Trus kalo saya jawab udah sekian belas bulan, pasti ditanyain lagi, "udah bisa jalan donk yah?" Duh, beluuuuman. Malu? Nggak sih, nggak malu. Karena saya dan suami yakin banget kalo perkembangan tiap-tiap anak berbeda. Yang jalan duluan, yang tumbuh gigi duluan (nah, Nares termasuk yang cepat tumbuh gigi - sekarang giginya udah komplit, tinggal geraham belakang), yang ngomong duluan, ya macem-macem lah pokoknya. Jadi nggak perlu khawatir akan perkembangan anak, soalnya emang nggak bisa dijadikan satu standard.

Pernah lho, karena Nares belum bisa jalan diumurnya 16 bulan, tetangga saya sampe nyuruh bawa ke tukang urut. Biar Nares cepet jalannya, alasannya. Katanya gini, "duh mba, bawa deh ke tukang urut. Ntar minta urut kaki, biar cepet jalan". Tapi saya stay cool dan tetap say thank you for the information (yeheee, ga enak kan kalo mau nolak mentah-mentah, soalnya tetangga sih). Kebetulan, keluarga saya agak kurang cocok dengan metode urut mengurut (apalagi urut dada). Daaan, pak suami pun juga kurang sreg sama metode si urut berurut itu. Jadilah kita nggak pernah bawa Nares ke tukang urut. 

Curhat sama temen udah beberapa kali saya lakukan. Khawatir banget soalnya, kok anak temen-temen umur 11 bulan udah ada yang jalan. Lah Nares sampe 17 bulan belum bisa jalan sendiri. Tapi untung sih, temen-temen yang saya curhatin itu berbaik hati sama saya. Mereka bilang, emang ada masanya nanti Nares bisa jalan sendiri. Nggak usah khawatir dan jangan dengerin omongan orang yang membombardir kalo Nares harusnya udah bisa jalan. Horeeey, terima kasih ya mak Eka CW, dirimu yang salah satu menyemangati sayaaah. 

Okey, sudah bisa jalan lah dek Nares. Tugas saya selanjutnya adalah merapikan barang-barang di rumah supaya aman dari rogohannya. Ibu saya, yang saya langsung beritahu kalo Nares udah bisa jalan, langsung comment gini, "hati-hati ya, itu barang-barang dirumah. Udah dapet kaki tuh, bisa kemana aja. Kita yang mesti waspada". Yeheee, dapet kaki, istilah nekwan (panggilan nenek perempuan, bahasa Singkawang). emang sebelumnya gak punya kaki? 

Baeklaaah, demikian short postingan ini saya sampaikan. Sekedar untuk berbagi saja akan kebahagiaan saya. Sekali lagi, alhamdulillaaah, Nares sudah bisa jalan sendiri.

2 comments:

  1. Ikut seneng mbak, Kak Nares udah bisa jalan sendiri. Saya juga lagi gemes nih nunggu kapan anak saya bisa duduk sendiri...udah bisa sih duduk tegak tapi gak bisa kalau bukan kita yang dudukin dia. Tetangga juga sering bilang si A belum setahun udah bisa jalan, wah ini anak kegendutan kali...hadeh...orang terkadang cuman bisa mencela, tidak pernah bisa mencoba memahami orang lain. Sekali lagi selamat ya mbak, ikut lonjak-lonjak baca ceritanya, jadi semangat pula buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Amanda,

      Iya mba, terima kasih. Bener-bener degh emang butuh kesabaran ngelatih Nares dan nugguin dia mau jalan. Dulu juga, butuh waktu agak lama buat Nares mau duduk sendiri. Nares itu bisa duduk sendiri umur 11bulan, hampir 12 malah. Tapi ya aku ngeliatnya bukan karena Nares nggak bisa, tapi dia nggak berani.

      Buat Amanda, semoga bisa cepat bisa duduk. Tapi yang lebih penting lagi adalah, sehat-sehat selalu ya mba...

      *peluk cium buat Amanda

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post