8.07.2012

BERAWAL DARI IMD


Pemirsa, minggu lalu itu ya, ternyata pekan ASI sedunia. Tapi ternyata di Indonesia, dibuat menjadi Bulan ASI oleh organisasi menyusui di Indonesia, AIMI ASI. Uhuuuy, saya ikutan bangga karena menjadi salah satu member AIMI. Yah, bukan karena menjadi member saja, tapi lebih dari sekedar itu, yaitu menjadi ibu menyusui. Karenaaa, saya nggak pernah membayangkan kalo saya itu menjadi seorang busui. Hahaha, orang model macam saya gitu, nyusuin. Boro-boro nyusuin, yang berbau agak perempuan aja udah males dengernya. Kalo boleh milih harus masuk bengkel atau masuk dapur, pasti saya pilih masuk bengkel. Serius! Tapi emang jalan cerita hidup tertulis menjadi busui. Yak mariii, kita menyusui… 

Nah, tema World Breastfeed Week tahun 2012 ini adalah “Understanding The Past, Planning The Future” (sumber dari web-nya AIMI ASI). Pengertian yang saya ambil sih adalah memahami/memelajari masa lalu dan merencanakan masa depan. Monggo di oprek web AIMI ASI kalo mau lebih dalam memahaminya. 

Sementara saya di postingan ini cuma mau share gimana proses IMD Nares, which is IMD itu part yang penting banget dari menyusui. 


Part I – Oprek youtube dan website semuanya tentang IMD atau Early Latch On

IMD sih tau, intinya si baby nyari puting emaknya sendiri setelah dia lahir ke permukaan bumi ini. Tapi gimana prosesnya, ya mana ketehe? Akhirnya di sela-sela kesibukan kantor (cahelah sok sibuk), saya buka lah itu youtube, carilah yang namanya IMD, kalo di-barat-in, namanya Early Latch On. Begitu ketemu, barulah saya tau gimana proses si IMD itu. Lumayan ada pencerahan. Banget udah terinspirasi gimana harus menjalankan IMD itu.

Ada beberapa unggahan di youtube yang bagus bagus untuk di simak. Yang kalo nggak saya salah inget sih, yang lucu itu ya video yang dari orang negro lahiran trus IMD. Bukan lucu IMDnya sih, tapi lucu bayinya, hitam keling gitu. xixixi...


Part II – Milih Rumah Sakit tempat beranak

For sure, karena bulan terakhir periksa kandungan sama dr. Erwin yang pro ASI dan IMD (baca review dokter kandungan saya di sini), makanya saya pengen juga (banget) lahiran sama beliau. Pada saat itu, dr. Erdwin cuma rekomendasikan RS Harapan Kita dan RS Pondok Indah yang di Puri Indah (used to be RS Puri Indah). Tapi karena yang deket rumah adalah RS Harapan Kita (cuma 3 km dari rumah kita ciyn…), makanya kita pengennya di RS Harapan Kita. 

Karena sudah jatuh hati sama RS Harapan Kita untuk tempat persalinan, jadilah saya membuka om gugel untuk mengetahui, apakah RS Harapan Kita itu friendly ASI atau tidak? Ternyata iya banget. Baca sana sini pengalaman yang di share sama emak-emak yang lahiran di RS Harapan Kita, ternyata RS nya pro ASI dan pro IMD. Great lah kalo begitu. Nggak ragu buat lahiran di sana. Ehm, satu lagi yang jadi referensi adalah saudara sepupuan saya. Nyoih, dirinya juga melahirkan di RS Harapan Kita. Beda 6 bulan sebelumnya dari saya, jadi masih fresh ingatannya untuk dibagi kepada saya. 

Selanjutnya, cari tau biaya lahiran di RS Harapan Kita. Ya iya donk, kan nggak mau aja gitu, dapet RS yang deket rumah, tapi mahalnya seujung dunia (emang ujung dunia dimana?). Nehi lah. Maaf ya, biar gini-gini, ilmu perhitungan saya masih jalan. Jadi, kalo yang udah pake label mahal, maaf maaf, saya gusur degh.  Untung aja, biaya lahiran di Harapan Kita masih terjangkau sama kantong si bapak (si bapak yak, bukan saya. Hihihi). 

Bungkus lah kalau begitu, mari melahirkan di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, dengan harapan yang banyak dari kita (murah, pelayanan bagus, IMD, proASI, dan dekat rumah).


Part III – Mau Lahiran

Pas hari H-nya, berangkatlah kita ke RS Harapan Kita sekitar pukul 10.00AM. Tadinya mau nunggu kontraksi yang datangnya per 5 menit. Tapi keburu udah takut kenapa-kenapa, secara juga pengalaman pertama mau lahiran, pas kontraksi per 15 menit, jalan pulak saya dan pak suami ke RS. Bener aja…, pas sampe parkiran, berasa ada air ngegerujuk keluar dari tempat pipis. Oh tidaaak, apalah itu namanya saya nggak ngerti (waktu itu ya belum ngerti, sekarang udah tau, ternyata namanya ketuban). 

Pas daftar di administrasi, langsung disuruh ke bagian kebidanan. Lumayan jauh euy, lokasinya dari tempat awal pendaftaran tadi. Untung aja ruangannya pake AC. Sayang, kurang travelator (dikata di airport, pake travelator). Begitu ketemu susternya, kasih pengantar yang dari tadi dibawa dari administrasi, langsung degh, diperiksa. Heheh, untuk cara periksanya saya nggak bisa cerita dimarih yak! Tapi tiba-tiba yang jelas itu suster bilang, “Bukaan 1 ya bu…”. Terserah dah sus, mau bukaan berapa, yang jelas biar anak ibunya sehat lah…

Cerita lengkap proses lahiran nggak saya ceritakan di sini. Tapi saya cuma mau bold aja, ternyata dr. Erdwin hari itu lagi di Bandung, pemirsah. Huhuhuuu, ceritanya saya mau dikasih dokter jaga disitu. O-em-ji, dokter baru kenal, saya belum tau bagaimana dia. Tapi saya nggak patah semangat, terus ngotot sama si suster, minta tolong telponin dr. Erdwin, kali-kali aja beliau udah pulang dari Bandung. Dan ternyata bener, pas ditelpon, ternyata dr. Erdwin lagi otw Jakarta. Yippieee… Alhamdulillah...


Part IV – Lahiran dan IMD time

Pukul 18.53, pas berhasil sudah keluar Nares, rasanyaaa legaaaa banget degh. Lega secara fisik dan lega secara bathin. Lega fisik karena perut jadi longgar dan lega bathin karena ngerasa dapet uang Rp 50 milliar. Embeeer, punya anak emang dapet anugerah banget lah pokoknya. 

Nah, tiba saat yang ditunggu-tunggu sama saya dan pak suami, yaitu… jeng jeng jeng… IMD. Abis lahiran, Nares digunting tali pusar sama bapak (suami saya), trus di-lap dikit-dikit sama suster di tempat tidur bayi kecil yang ada di samping tempat tidur saya. Nggak lama, mak suster ngasih Nares ke dada saya. Huhuuu, inilah anugerah terindah seumur hidup. Punya anak, gitu lho. Finally, saya jadi orang tua juga. Selama ini kan jadi bocah…

Ehm, pas Nares udah di taro di dada saya untuk IMD, bapak ibu dan ibu mertua saya boleh masuk ke ruangan, jadi lihat jelas gimana Nares di IMD waktu itu. Mereka semua pada komentar positif, salah satunya gini, “bayi jaman sekarang pinter ya, baru keluar ngek ngok udah bisa cari mimik ibunya”. Alhamdulillah, semua keluarga saya mendukung proses IMD itu. Pak suami pun masih ada di sebelah saya. 

Nggak lama, bapak saya berpesan, untuk segera meng-adzan-kan Nares (eh, waktu itu belum dinamain Nares, jadi kita panggil adek bayi). Segera lah si bapak adek bayi melakukan adzan. Subhanallah, itu kita di ruangan itu semuanya terkesima. Sambil melakukan proses IMD, sambil di adzan-kan. Ya Allah, semoga bayi ini tumbuh sehat dan menjadi orang yang berguna (aamiin…). Beneran degh, momen ini adalah salah satu momen yang nggak pernah bisa mungkin terlupakan sama saya. Itu khidmat bener dah prosesnya. Beluman makan malem sampe nggak berasa laper. Asik liatin bocah yang nyari puting emaknya. 

Kira-kira proses IMD Nares berlangsung selama 2 jam. 2 jam IMD ngapain aja, neng? Ya pokoknya menikmati Nares belajar nyusu sama ibu. Mulai dari yang Nares hanya ngendus-ngedus, sampe yang merangkak di perut ibu, pokoknya semuanya. 2 jam nggak terasa banget lah pokoknya, beda sama 2 menit pas kontraksi bukaan 4. Parah. At the end sih, kita akuin kalo Nares nggak berhasil ngenyot puting emaknya secara sendiri. Aiyh, nggak apa-apa lah nak, yang penting tadi kita udah ngobrol banyak kan? 


Part V – Pasca IMD

Yups, sekitar pukul 21.00, Nares diambil ama suster buat ditimbang, divaksin, dan lain sebagainya di ruang yang lain pula. Yang ikut hanya si bapak saja. Sementara eyang kakung, nekwan, dan nenek tetap di kamar persalinan saya. Baru deh, saya bisa makan, bisa santai sejenak setelah Nares di bawa ke ruang timbang dan cap jari. Alhamdulillah, proses IMD berjalan lancar. 

Yang paling penting lagi, abis IMD itu, saya diajarin nyusuin Nares sama mak suster. Gimana perleketan yang benar, trus harus diapain dulu payudaranya biar kita nggak tegang. Pokoknya, ya support banget degh, mak suster di sono. Bersyukur dan bersyukur banget lah saya pokoknya.





Pemirsa pembaca yang budiman (ala pembaca berita jaman dulu), sampai disini dan sekian cerita saya tentang perjalanan IMD Nares waktu itu. Nggak banyak yang bisa diambil hikmahnya sih, selain saya emang cuma berbagi pengalaman gimana awal mula perjalanan ngASI saya bersama Nares. Lah pan, emang gunanya blog ini ya berbagi pengalaman, toh? Iya sajjalah, yang punya blog pun saya kan? Yang pasti, buat yang mau punya baby, ntar kalo baby-nya lahir, jangan lupa IMD yah. Itu cikal bakal berhasilnya proses nyusui dan ngASI. Cari RS dan dokter yang pro IMD, the real IMD. Cari yang pro ASI juga pastinya. Jangan mau tuh, dioleh-olehin susu formula. Mending oleh-olehnya diapers aja degh.

Sedikit tips dari saya juga adalah, pastikan aja kalo semua suster ngerti yang namanya IMD. Kalo pun nanti pas hari H panik, tetap inget yah, IMD itu 2 jam dan tidak perlu sufor sama sekali selama 2 x 24 jam setelah bayinya lahir. Itu basic banget degh... Nah, silahkan mencari tau yang lainnya yah...

#benar-benar dipersembahkan dalam rangka Bulan ASI di Indonesia Tahun 2012.

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post