8.29.2012

PATAH HATI


Udah gatel banget pengen nulis tentang judul yang diatas ini : PATAH HATI alias BROKEN HEART alias PUTUS CINTA. Udah dari minggu kemaren sebenernya, tapi belum sempat-sempat karena minggu kemaren kerjaan antri, si mba’ nggak ada alias belum balik (sekarang pun belum balik). Mumpun lagi ada waktu, yuk mari saya bercuat-cuit sekarang dan disini (emang mau dimana lagi, maaak…?)

patah hati... (pic taken from here)

Jadi gini nih, alkisah ki sanak sahabat saya tuh pada update status galau. Ya nggak di FB, nggak di twitter, semua pada status galauers. Wkwkwk, gimana ya, antara mau ketawa sama mau sedih sama mau nyela', jadi satu semuanya. Mau ketawa karena kok cowo’ sih galau, walaupun emang cowo’ juga manusia. Sedih karena sahabat gw bermasalah sama pacarnya masing-masing. Mau nyela soalnya, kok ya mereka bisa galau getooo? Padahal paling jago kalo maen candaan yang berdarah-darah. 


Mari berkisah dari sini...

Kasus A

Temen saya, namanya A, punya pacar yang (tampaknya) sayang sama temen saya ini. Nggak jelas sih, berapa lama mereka pacaran, tapi sepertinya udah lebih dari 2 tahun-an. Nah, usut punya usut ala detektif Monces, mereka mau nikah. Tapi itu lho, si cewe’nya minta barang-barang lamaran yang mehong punya. Padahal ini sohib saya nggak setuju sama yang model mehong-mehong begini. Maunya yah, beli barang lamaran itu yang masuk budget saja. Yang penting fungsinya terpenuhi. Merk dan brand bukan tujuan utama. Nah, sayang banget, konsep si cowo’ nggak diterima si cewe’. Pokoknya sang cewe’ tetap bertahan dengan pendiriannya. Barang lamaran kudu branded punya, maaak. Lah kalo duitnya cowo’ banyak segudang sih ya nggak masalah ya. Lha tapi ini si cowo’ ternyata punya kebutuhan yang lebih penting ketimbang beli barang lamaran yang mehong punya itu, yaitu biaya berobat ibundanya. Nah kan, gedeg nggak? Di saat calon ibu mertua sakit, butuh biaya, itu si calon anak mantu udah minta yang macem-macem? 
Kalo menurut saya sih ya, yang model begini nggak pantes dijadiin bini. Istri yang baik itu ya, tidak menuntut berlebih kepada si cowo’. Sesuaikan dengan kemampuan si suami aja. Kalo memang suaminya (calon) itu mampu, ya nggak masalah. Nah kalo masalah, ada yang berkeberatan, ya jangan dipaksakan. Emangnya cowo’ tempat ajang pemerasan gitu (bukan pumping yak?). Nggak kalo menurut saya. 

Suami saya (dulu masih jadi pacar), sempat ngasih tau ke saya. Kalau dalam agama Islam yang kami anut, ketika mahar diperbincangkan, maka jalan yang baik adalah “mahar itu nggak boleh memberatkan si laki-laki. Tapi si laki-laki memang harus berusaha keras untuk memberikan yang terbaik untuk istri”. Jelas banget kan, nggak boleh memberatkan laki-laki. Nah, kalo begetooo, si cewe’ yang tadi gimana donk? Memberatkan si laki-laki dooonk? Nggak boleeeh dooonk? Iya nggaaak?

Andaikan saja saya yang mengalami kondisi ini, saya sebagai laki-laki, pastilah I’ll try to find another woman yang mau menerima mahar dan seserahan yang saya sediakan. Toh juga kan bukan yang jelek-jelek banget. Kalo dari belum nikah aja udah nyusahin, apalagi udah nikah. Pasti tambah bikin susah. Tipe cewe model gini, mending dikasih ke yang lain yang sanggup untuk memenuhi mahar yang diminta sesuai dengan keinginan dia. Selesai urusan. High cost maintenance boook...


Kasus B

Temen saya, namanya B, punya pacar yang cantik, yang baik. Mereka suka sama suka. Hmmm, tepatnya sayang sama sayang. Mereka punya niat baik ke arah pernikahan. Sayang seribu sayang, salah satu pihak orang tua dari mereka ada yang tidak setuju sama hubungan mereka.  Intinya ya mereka nggak direstuin. Nah, karena udah begini, akhirnya pihak si cewe’ memutuskan (tepatnya mengambil sikap) untuk memeti-es-kan hubungan mereka alias break. Niatnya sih biar pada cooling down. Sayangnya, karena si cowo’ cinta setengah hidup dan setengah mati sama itu cewe’ sepertinya ya shock sama keputusan peti-es itu. Tapi ya mau gimana lagi, namanya juga ada orang tua yang nggak merestui. Dan mereka semua masih pada sayang sama orang tua masing-masing, jadilah mereka mengalah. Hebat yah. Jempol buat si B.

Sepandangan mata (hati) saya, untuk kasus yang begini, kita nggak bisa berbuat banyak. Pilihannya hanya lepas atau berjuang. Kalo mau berjuang, ya harus diomongin baik-baik sama orang tua. Kalo belum mempan, ya coba lagi. Nggak mempan juga, ya tanya lagi. Pokoknya nggak boleh nyerah. Tapi kalo pilihan gampangnya, lepas, ya udahlah, nrimo. No other way, kan? Kembali pada pilihan masing-masing degh. Kan hidup emang pilihan, kan? Jadi mau apa pun itu, pasti kita yang memilih. Yak dipilih dipilih dipilih…

Galau? Ya nggak perlu yang berlebih, lah. Sedih sih pasti iya donk, karena ketika kita mencintai seseorang, tapi kok ya nggak bisa kesampaian (belum mungkin). Tapi inget degh, yang namanya jodoh itu ga akan kemana-mana. Takkan lari gunung dikejar, ooom! Jadi, tetap semangat, tetap usaha, tetap berkarya yak. 
Eh, saya sendiri pernah juga lho, ngalamin kasus yang model begini. Udah suka sama orang, dan dia juga suka sama saya (yakeeen…?), trus bapak ibu saya nggak setuju. Alasannya karena blablabla. Berhubung saya itu orangnya nggak mau ribut dan paling males kalo udah urusan sama yang namanya nggak direstuin, akhirnya saya milih untuk lepas aja. Untungnya sih cowoknya juga terima (terima kasih udah memutuskan hubungan ini… xiixiixii). Nah, kan bener, ternyata si cowo’ itu juga dapet cewe’ lagi kan? Aman kaaan? Saya aman, dia pun aman. 


Kasus C

Temen saya, namanya C, belum punya pacar. Nah lho, kok belum punya pacar bisa masuk cerita di marih? Justruuu ituuu. Dia sampe sekarang nggak punya pacar (lagi), karena dia punya mantan yang terangat sangat dicintainya sampe sekarang. Jadi ceritanya si temen gw yang cowo’ ini cinta mati sama mantannya. Nah, si mantan itu udah nikah, udah punya anak. Lah temen gw ini, masih ngejogrok nungguin mantannya. Et dah bwaaang, bangun napa bang? Udah taun 2012 masih aja ngayal. Itu mantan udah punya orang, baaaaang. Jangan diarep lagi. Kalo kata temen gw yah, gini nih… “Dia (mantan) itu nggak tergantikan, Mon. Yang paling baik, yang  paling ngerti, yang paling paling degh. Gw belum nemu yang seperti dia”. Nah ya iyalah prens, kan nggak ada manusia yang sama persis di dunia ini, even dia kembar identik. Pasti ada bedanya. Ya nggak mungkin aja kita dapet yang sama persis seperti mantan kita toh? Hare geneee? Hari dulu juga nggak mungkin, hari nanti juga tak akan mungkin.

Menurut saya, nggak bisa ngelupain mantan itu karena kesalahan kita. Ya salahnya sendiri nggak mau "move on" (gaya bahasa alay terkini). Mantannya mah udah ke bulan udah sampe planet pluto, lah kita masih mau ngejogrok dibumi? Yahampun. Kessiyan bener dah akh. Jangan salahin orang lain kalo kita yang nggak maju-maju, lah yang nggak mau berubah sikap kan kita, bukan? 

Kalo udah begini kasusnya, jadi inget kejadian saya diputusin sama si cowo’ itu dah *miris. Wakkks, kok bisa ya, Mona diputusin? *ngakak. Iyh, bener degh yah, seumur-umur saya napas, diputusin cowok itu emang rasanya nyakitin. Nyebelin. Apalagi kalo udah urusan gono gini. Hish, dibalik-balikin barang. Huhuhuuu, bukan apa-apa, saya kan takut, barang yang diackasih udah saya jual? Gimana dooonk? Wkwkwk. Ehm, tapi bukan Mona namanya, kalo patah hati yang berlebih. Sedih sih iya, tapi nggak mau lebay sedihnya. Kan kita harus move on kan? Iya donk, cari pacar lagiii… (ala Charlie ST12). Hahaha, musingin yang nggak jelas? No thanks, bro. Mending beneran cari yang baru. 


So readers (sobat-sobat saya yang lagi galau baca juga nggak ya?), buat yang lagi galau, yang lagi patah hati (mungkin), yang lagi bingung sama urusan percintaan, pesen saya cuma satu : jangan sedih yang lebay yak. Sedih berlebih nggak akan merubah keadaan jadi berubah. Coba aja ; putus cinta, trus sedih yang lebay. Apa ya iya trus mantannya jadi baik, trus mau balik lagi sama kita? Belum tentu kan ya? Sedih lebay malah bikin sakit hati. Susah makan, susah tidur, kurus, gendut, nggak karuan, nggak banget degh. Nah, iya kalo si mantan ikutan sedih? Kalo kita doang yang sedih, nyerungseeep. Kasian banget kita?

Prinsip saya, selagi belum nikah, urusan percintaan adalah hal yang biasa. Masih banyak hal lain yang lebih penting untuk dipikirin, dikerjain. Kecuali kalo udah nikah, urusan percintaan jadi nomor wahid. Jangan ngebayangin ya, kalo udah nikah harus putus cinta, saya nggak mau ngebayanginnya. It makes a tears pastinya. 

Stop galau urusan percintaan setelah baca ini ya… Coba baca buku La Tahzan yang sempat hits waktu itu. Itu bener-bener obat galau yang paling ampuh, menurut saya. 

Yuk dadah bay bay galau cinta...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post