Duuuh, kali ini pengen banget
numpahin kekesalan hati yang mendalam, walaupun kejadiannya udah lewat dan berlalu. Complain abish degh ceritanya di marih yak.
Tapi ya hanya bisa complain dan complain, gitu lho... Cabe ndiri jadinya degh!
Jadi begini, ini postingan mau
mengungkapkan, betapa saya sebagai seorang warga Jakarta yang telah dizolimi oleh
fasilitas pelayanan publik yang telah merugikan saya. Duuuh, plis degh ya,
secara fasilitas itu semuanya juga nggak gratis! Tiap bulan kita (baca: suami) bayar dan
tidak boleh telat sedikit pun! Telat means denda. Good yah? Tapi kalo kita nggak disupply, kita nggak bisa complain ke mereka. Pengen ditelanjangin aja deh
rasanya itu orang-orangnya. Abis itu orangnya dicemplungin ke empang komplek gw, bersatu sama ikan lele dan tokai, biar pada rasa! Coba deh baca curhatan saya, betapa saya disusahkan sama penyedia fasilitas utilitas publik di Jakarta.
PAM mati pas Lebaran
Di rumah saya memang sumber air
itu cuma dari Perusahaan Air Minum (PAM) aja - walaupun airnya nggak enak untuk diminum dan saya pun pake air mineral galon untuk minum. Nggak ada air sumur tanah lagi di rumah saya. Pompa-nya ada, tapi
rusak! Hufth, bukan rusak sih sebenernya. Hanya aja dari awal beli nggak pernah
bener itu pompa (tukang yang masang jahat, barang bekas dipasangin juga).
Jadinya, ya kita hanya mengandalkan PAM buat supply air di rumah. Sekalinya PAM
mati, ya wassalammualaikum pula lah nasib per-airan di rumah.
Naaah... Di hari ke-3 Lebaran
Idul Fitri 2011, PAM mati. Bener-bener kejadian yang menyesakkan hati ini. Pilu
*lebaaay! Jadinya di hari ke-3 lebaran tahun 2011 itu, supply air udah mulai
kecil dan kecil. Begitu air kecil, langsung deh tampung dan tampung. Lumayan,
buat bertahan sampe di hari ke-2 nggak ada air PAM. Memang di hari itu pun kita rencananya mau nginep di Cibinong, tempat
pakdhe dan budhe-nya Nares. So, lumayan lagh nggak mikirin air. Nginep semalam
saja di Cibinong.
Pulang ke rumah, dipikir air udah
nyala, ternyata kok ya belum. Hiks hiks hiks, mana punya bayi pula! Butuh air
bersih! Nggak tau apa ya itu orang PAM, air bersih itu penting buat kehidupan.
Nggak mikir apa ya, dia, kalo air bersih itu kita bayar! We’re costumer, we pay
for it! Hey, come on PAM, please do your job! Ga pernah bayar telat deh eikeee!
Karena udah nggak
punya air bersih, terpaksa minta ke rumah om yang ada di komplek juga. Masih
untung punya om yang tinggalnya sekomplek dan nggak pake PAM pula. Jadilah si
bapak alias suami saya bolak balik ke rumah si om untuk minta air. Nah, kalo tetangga saya pada ngambil di sekolahan komplek tuh. Ada juga yang ngambil di mesjid, ada juga yang ngambil di balai warga. Huh, bikin kerjaan orang ajah!
Tunggu di tunggu, ternyata
mati-nya selama 5 hari. Lumayan yah sodara-sodaraaa! Dipantau-pantau, ternyata air
bersih nggak disupply karena ada tanggul Kalimalang yang jebol! Boleh nemu beritanya
disini. Yah ampuuun, masa’ masalah begituan doang sampe harus ngorbankan
konsumen sih? Bener lho, supply air yang terhenti begini merugikan banget.
Kenapa? Lah iya dooonk, kan kita jadinya harus extra kerja keras untuk dapetin
air bersih. Iya kalo yang masih bisa minta, lha kalo harus beli? Kan harus
keluar duit lagi. Saya sendiri karena minta sama si om, nggak perlu beli! Tapi
akhirnya keluar bensin buat mondar mandir ngangkut air pake mobil! Cabeee degh! Lah, orang-orang nggak sedikit lho yang harus beli air bersih.
Saya sebagai orang awam yang
sangat buta dengan perairan rada sedikit berfikir dengan kejadian ini. Tanggul
jebol, supply air terputus. Apa ya iya sih, masa’ sumber airnya cuma berasal
dari satu sumber? Punya back-up sumber air gitu lho harusnya. Jadi ketika ada
masalah dengan satu sumber, masih bisa ngandelin sumber lain buat supply
airnya. Jadi konsumen nggak perlu dirugikan sampe kaya’ gitu. Huuuh, heboh tau,
ga ada air! Biasakan donk, lakukan plan B ketika plan A tidak berjalan sesuai harapan. What a mess banget ini negara!
Coba liat ini slogannya PAM
Palyja : Customer Come First. Hahahahaaaa, kaya’nya nggak cucok ya degh bu, mau
pake slogan begituan. Customer mana yang di-first-kan? Hayooo?
Palyja : Customers Come First? |
PLN mati 12 jam
Nah nih lagi nih, hari Kamis (8 Desember 2011) kemaren
pasokan listrik terputus selama 12 jam. Dua belas jam, bu ibu pak bapak...
Bener-bener kebangeteeen neh PLN! Sebenernya sih mungkin kalo nggak karena
tabungan Air Susu Ibu diPerah (ASIP) yang banyak di freezer, saya nggak akan
sekhawatir ini. Ya gimana nggak, ya? Kan eike nyimpen ASIP di freezer itu
sebanyak 90 botol, tambah lagi sekitar 40kantong. ASIP itu kan ngumpulinnya
pake perjuangan banget-banget sampe berdarah-darah. Nggak lucu aja kalo harus rusak ASIPnya karena PLN nggak
supply listrik! Semprul bener degh tuh PLN.
Suami dan saya sudah antisipasi
mau pindahin itu ASIP ke rumah Kedoya kalo jam 4 pagi belum nyala juga. Hiks
hiks, sungguh nggak tega sama ASIP-ASIP itu. Itu ASIP botol ada nyawa-nya lho.
Itu air ajaib yang bisa bikin Nares sehat dan pintar. Kalo sampe rusak karena
PLN mati, saya mau tuntut perusahaan tersebut. Saya mau suruh dia ganti ASIP
juga! Nggak mau tau caranya! Biar dia rasa tuh PLN. Sekonyong-konyong dia
matiin listrik tanpa pemberitahuan. Gimana nggak ngamuk coba!!
Jadi begini ceritanya. Jam 3 itu
saya telpon ke rumah untuk nanyain keadaan Nares. Eh, si mba’nya laporan degh,
kalo di rumah itu masti listrik dari jam 12. Huhuu... Lama aja yah, metongnya?
Ajegile PLN, mbo’ ya cepet itu dibenerinnya? Ojo suwe-suwe yo mas?
Nungguin dari jam ke jam, supply
listrik belum masuk juga. Huuu, ini sampe digigit nyamuk. Mana panas pula!
Lengkap lah. Oia, ada kejadian ledakan di gardu lho. Pas jam 7 malam, tiba-tiba
ada suara ledakan dari dalam gardu listri, beserta cahaya putih yang keluar. Hidiiih, serem
ya bu dan pak?! Ternyata bener aja, kata ibu tetangga, trafonya meleduk! Mbledosss... Kacaaau,
kacaaau... Lha nggak heran kalo trafo-nya meleduk, ya teknisi aja pada ngerokok di seputaran gardu kok. Please deh ya boook, nggak proper banget gitu lho! Mungkin sih ngga ada hubungannya. Tapi kan mereka kerja di daerah yang rawan terbakar dan mereka merokok disituuu!
Eh, pemadaman ini gw 'kicau'kan di twitter ke account @protespublik lho... Dan di respons sama @protespublik. Di follow ke PLN-nya. Dari @protespublik barulah ketahuan, ternyata kemaren itu ada jadwal maintenance PLN. Oh gusti Allah, mbo' ya kalo ada jadwal maintenance gitu ini konsumen di woro-woro gitu! Jangan tanpa pemberitahuan gitu donk! 12 jam itu nggak sebentaran, bung! Coba aja kalo di rumahnya dimatiin listrik segitu lama. Apa nggak senewen juga? Apa ngga mau ngamuk?
Ah, nih coba baca kewajiban PLN terhadap konsumen. Saya nemuin di webnya PLN.
Sesuai ketentuan Pasal 29
Undang-Undang No : 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan, Konsumen berhak
untuk :
a) Mendapatkan pelayanan yang
baik
b) Mendapatkan tenaga listrik
secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik.
c) Memperoleh tenaga listrik yang
menjadi haknya dengan harga yang wajar
d) Mendapatkan pelayanan untuk
perbaikan apabila ada gangguan tenaga listrik
e) Mendapat ganti rugi apabila
terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/atau kelalaian pengoperasian
oleh pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik sesuai syarat yang diatur dalam perjanjian
jual beli tenaga listrik
Tapi kok ya sepertinya kewajiban PLN di atas hanya sekedar angin lalu yah?
PLN oh PLN... |
Nah, kalo udah pada kejadian di
atas yang mati listrik itu, siapa mau tanggung jawab? No one and nobody pastinya. Yaaah, nasib deh ya, jadi warga Jakarta ini....
No comments:
Post a Comment