12.13.2011

RESEP HANDAL MPASI

This is it..., postingan tentang apa yang saya pikirkan. Topiknya seputaran MPASI si unyil mungil. Yups, masak memasak gitu loh, bu.

yuk makan yuuuk....

Sebagaimana di postingan saya sebelumnya, sudah jelas lah ya, kalo untuk makanan baby Nares, pasti saya bikin sendiri. Artinya, Nares itu ya makan yang tidak instant dan tidak beli (katanya sekarang ada yang jual bubur bayi sehat, lho). Semuanya dimasak sama ibunya, alias saya #nyengir. Dari mulai belanja, sampe buang-nuangin ke wadah makannya (food container). Jadi ya si mbak tinggal manasin dan nyuapin saja.

Saya sendiri dari kecil nggak pernah masak. Udah gede, paling banter masak mie instant, nasi goreng, telor ceplok, spaghetti (udah tob banget itu), dan masak nasi (pake rice cooker). Secaraaa, saya selalu dimanjakan sama ibu saya. Semua ibu yang masak. Palingan ya kalo mau, saya bantu-bantu nyiapin bahan aja di dapur. Yah, begitulah kisah saya yang tidak bisa memasak.

Begitu menikah, mau nggak mau masak buat suami. Beruntung, saya punya suami yang nggak cerewet. Makannya mudah, nggak pilah pilih (pokoknya asal jangan batang-batang sayur), trus yang paling kece adalah dirinya selalu menghargai masakan saya (yang mungkin jauh dari rasa enak). Makasih ya darling, dirimu selalu appreciate dengan hasil karyaku.

Cerita berawal dari sini nih, pemirsaaa... Ketika masa ASI Exclusive baby Nares selesai, berarti kan harus masuk ke masa MPASI (Makanan Pendamping ASI). Jeng jeng jeng dung pak pak dung! Makan makaaan. Dek Nares  harus makan lho. Heheee. Belajar sana sini di oprek di dunia maya alias browsing. Gabung sama group mpasirumahan di yahoogroup dan homemade healthy baby food di facebook. Hasilnya adalah, masak makanan bayi itu mudah ya. Weeheeeee, katanya mba Depe di mpasirumahan (sorry ya mba, nyatut namamu), masak makanan bayi itu gampang. Masih susahan bikin rendang Padang, katanya. Ini juga yang menguatkan saya untuk memasak makanannya Nares. Oia, saya juga sempet cerita-cerita sama ibuku, gimana caranya masak makanan bayi. Eh, malah kata ibuku, “Masak makanan bayi itu kaya’ maen masak-masakan kok, gampang banget. Ambil dikit-dikit bahannya, kan kukus-kukus doang. Ancurin. Udah”

Nah, makin semangat lah saya untuk masak-masak makanan Nares. Soalnya kalo dipikir-pikir makanan baby itu kan yang penting bersih, sehat, nggak pake pengawet. Nah, setelah belajar sana sini, baca ini itu, baru degh saya pahami, kalo makanan bayi itu nggak perlu gula, garam, dan bumbu penyedap. Hohooo, manteb lagh kalo begitu. Berarti hanya mengandalkan rasa asli dari bahan makanan tersebut. Gampang, berarti, nggak perlu nakar gula dan garam! Dan saya pun agak semakin lega mendengarnya. Saya sih bukan apa ya bu, cuma takut makanan nggak ada rasa, trus anaknya malah jadi nggak mau makan. Huaaa, sedih banget pastinya kan. *ketok ketok meja sambil bilang amit-amit.

Di kesempatan kali ini, saya mau cerita, betapa mudahnya bikin makanan bayi. Bukan cara bikin makanan bayi ya, tapi kali ini lebih kepada konsep makanan bayi. Makanya, kalo ada yang suka tanya, resep makanan bayi umur 7 bulan sampai 9 bulan, saya suka bingung. Soalnya, saya nggak pernah pusing sama pertanyaan, “Mau masak apa, ya?” Saya itu lebih pusing dengan pertanyaan, “Mau belanja apa ya?” Kenapa? Soalnya pengen banget ngasih Nares jenis-jenis makanan yang baru yang belum dicoba sama Nares. Trus takut salah-salah ngasih jenis makanan. Iye, salah-salah kan bisa keracunan atau alergi. Tapi, kalo salah dengan resep makanan, mudah-mudahan si baby nggak kenapa-kenapa, paling banter ya nggak mau buka mulut.


Baby food umur 6 bulan.

Makanan apa sih yang cocok? Buah, sayur, apa beras-berasan?
Apaan aja boleh kok. Sayur bisa, buah boleh, beras-berasan juga gak masalah. Suka-suka emaknya aje dah yang mau ngasih. Dulu sih Nares dikasih beras-berasan saja. Itu lho, pake tepung Gasol. Tepung beras yang tinggal dimasak. Dimasak yah, bukan diseduh air panas. Kira-kira selama sebulan, Nares makan tepung Gasol. Katanya kalo ngenalin beras duluan, takut makan sayur dan buahnya susah. Nggak juga tuh! Nares dikasih beras-berasan di awal MPASInya, tapi sempet gak mau makan nasi pas diumur 8 bulan. Jadi, slogan itu sih kayanya nggak ngaruh. Lha kalo buah, apaan juga dihajaaar! Sikaaat, bleh!

Makanan Nares di umur 6 bulan ini masih yang halus banget. Bubur tepung Gasol yang udah dimasak aja harus disaring lagi, biar lembut banget.  Buah juga abis diblender, disaring lagi. Eh tapi kalo kaya pepaya dan alpukat, sih ya nggak usah diblender. Saring saja sudah cukup.

Lolos di umur 6 bulan ini untuk Nares adalah : alpukat, apel (bikin susah pup), pear, pepaya, jeruk, kabocha, zukini, buncis, dan oatmeal.


Baby food umur 7 bulan.

Semakin lama, semakin banyak yang boleh dikenalin ke Nares. Conteknya dimana? Pastinya di group mpasirumahan yawh! Banyak diberikan kemudahan untuk dipelajari. Untung aja udah jamannya internet dan bisa browsing. Makanan Nares di umur 7 bulan, nggak jauh juga cara masaknya kaya makanan Nares umur 6 bulan. Ya palingan kukus dan blender. Udah degh, taraaa, jadi! Cumaaa, di umur 7 bulan ini, jenis makanannya udah bertambah jenisnya.

Lolos di umur 7 bulan ini untuk Nares adalah : tahu, bunga kol, kentang, tempe.


Baby food umur 8 bulan.

Yeheee, semakin naik lagi  dan banyak lagi yang boleh dimakan sama Nares. Kali ini Nares udah boleh makan bubur nasi, makan daging, makan sayuran yang beraneka ragam macam. Yehaaa, emaknya semakin doyan belanja ke pasar. Dan jujur aja, pas masa 8 bulan ini saya excited sama jenis makanan yang boleh dikasih ke Nares. Setelah 2 bulan bosan sama menu yang itu-itu aja, akhirnya naek tingkat lagi dan lagi. Apalagi nih, umur 8 bulan ini udah bisa dikasih bumbu dapur yang versi ringan. Jadilah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, daun seledri dikasih buat makanan Nares.

Cara masaknya gimana? Ya udah, still the same with the previous one kok. Cuma kukus, trus blender. Atau nggak, rebus, blender. Resep? Jangan tanya resep dah. Nggak pake resep-resepan kalo emaknya Nares masak makanannya Nares. Secara kalo kaldu juga cuma ditambah bumbu dapur yang diatas yang udah disebut tadi. Jadinya ya masak kaldu, ditambah bawang bombay, daun bawang seledri, jahe. Udah degh! Yah, secara kalo nyontek di group juga cuma begitu-gitu doang bumbunya. 

Lolos di umur 8 bulan ini untuk Nares adalah : kangkung, ubi, wortel, jambu biji, melon, lobak, sawi, brokoli (sempet merah-merah dikit badannya), kacang merah, kacang hijau, terung, asparagus, daging sapi, daging ayam, daging ikan, ati ayam, keju, bayam, jagung, tomat.


Baby food umur 9 bulan.

Yeeeaaah, 9 bulan makanannya makin banyak lagi. Urusan tekstur, udah pernah dibahas di postingan sebelumnya. Coba intip yah, kalo mau tingak tinguk. Nah, mulai 9 bulan, masak makanan Nares gimana? Ya masih sama aja tuh. Cuma kukus atau rebus dan kemudian blender. Gampang kan? Sooo, apa yang mau di-resep-in? Nggak perlu kan? Hihihi, tinggal nyontek bahan-bahan, masak-masak, jadi degh! This is it, makanan baby Nares! Hahaha, gampaaang! #sombong

Lolos di umur 9 bulan ini untuk Nares adalah : kuning telur, kiwi, kacang polong (harusnya udah kacang polong udah bisa dari 8 bulan).

Nah, ceritanya baru sampe umur baby Nares 9 bulan aja yah, soalnya di pas bikin postingan ini, Nares baru umur 10 bulan. Belum punya pengalaman nih emaknya...

Pemirsah, jadi masih perlu resep? Masih suka ada pertanyaan, “Bundaaa, aku punya ini itu anu dan ono, enaknya dibikin apa ya? Minta resep dooonk, baby-ku umur 7 bulan neh” atau mungkin "Emaaak, minta resep donk, gimana bikin kacang ijo buat baby umur 8 bulan?" Ngoook, kayanya nggak segitu-gitu butuh resep degh kalo masih umur segitu. Ayo coba tingkatkan kreativitas diri untuk si unyil tercinta. Baby nggak perlu makanan enak, yang penting ada rasa dan sehat bergizi. Enak menurut baby itu belum tentu enak menurut kita lho. 

Resep handal buat masakan baby kita tuh sebenernya adalah cuma 3 dibawah ini kok. Itu pun yang nomor 3 masih bisa toleransi untuk nggak punya. Yang penting itu yang nomor 1 dan nomor 2 saja.
  1. Niat yang kuat.
  2. Kreativitas yang tinggi.
  3. Kesabaran yang tiada batas untuk belajar seluk beluk MPASI.
Selamat masak! Baby sehat, ibu senang, bapak bahagia!

2 comments:

  1. wow! inspiring bangett...Kebetulan lg "kepikiran" bwt persiapan 6 bln Athila in mid of Jan'12, hehehe...makasih infonya, mamanya Nares...^_________^ kiss'n hug bwt kak Nares dari dek Athila :)

    ReplyDelete
  2. Hi aunty Meryn,

    Thanks for visiting my blog. Hehehe, selamat berkreasi ya tante... Selamat mamam nanti dek Athila. Kiss kiss juga... emmmuagh.

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post