6.10.2016

DAN LAGI... ASI...


Kembali lagi saya harus ng-ASI... Secara udah lahir si adik bayi, adik Narfa, maka kembali lagi saya ngASI. Anak udah 3, pasti jago ngASI donk ya? Duuuh, jauh deh dari kata jago. Ini aja mulai belajar lagi. Setiap ngASI pasti ya ngilmu lagi dan lagi. Umur yang mulai menua, pelajaran ASI yang terlalu banyak, membuat saya selalu buka primbon ASI lagi ketika lupa. Maklum, pelajaran ASI itu banyak banget. Susah? Nggak juga siyh... Tapi juga nggak mudah-mudah sangat. Tapi demi anak sehat dan mencerdaskan anak bangsa (ceile), makanya saya harus belajar lagi dan lagi... Sebenernya nggak cuma karena yang dikasih ASI bisa mendapatkan asupan yang terbaik, tapi juga sebenernya ASI adalah hemat, pemirsaaa... *ngakak.

Saya kembali ngASI? Iya banget karena semua anak saya sebisa mungkin ng-ASI. Udah banyak cerita dan banyak bukti bahwa ASI adalah asupan yang terbaik buat si bayi. Nggak ada yang bisa ngalahin kandungan gizinya. Dari ujung afrika sampe ujung berung, pasti survey membuktikan ASI adalah yang paling bagus. Ya namapun ciptaan Allah, pasti udah numero uno kan? Masih ada yang mau lawan? Secara juga di dalam Al-Quran sudah terpampang dengan jelas bahwa ibu hendaklah menyusui sampai dua tahun, ada pada QS Al-Baqarah ayat 233, yang isinya... 

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ
"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyusui secara sempurna..."


Tulisan saya ini sebenarnya berawal dari perbincangan ibu yang baru melahirkan di kamar sebelah (barengan sama saya lahiran) yang give-up untuk nyusuin anaknya. Ceritanya, si ibu ini pusing 7 bunderan karena anaknya rewel melulu. Abis melahirkan, ASInya belum banyak, anak rewel, akhirnya panggil suster untuk kasih susu tambahan. Alhamdulillah, bu suster baik hati ngasih tau kalau anak bayi nangis karena ini itu anu, bu suster juga kasih tau kalau ASI emang awal lahiran keluarnya sedikit, bu suster juga kasih tau kalau cara nyusuin yang benar itu gimana. Salut buat bu suster lah...

Tulisan saya ini juga saya tumpahkan karena di kompas.com ada artikel yang berjudul Kemenkes Segera Sempurnakan Regulasi Pemberian ASI. Saya setuju dengan isi artikel ini, yang isinya bahwa pembatasan penjualan susu formula akan dibatasi. Eim ya, kalau nggak salah saya ingat ada kerabat yang kasih info bahwa di negara tempat dirinya tinggal, susu formula itu nggak dijual bebas. Untuk beli susu formula itu katanya harus pakai resep dokter - belum pernah ngebuktiin siyh. Sementara di Indonesia ini, penjualan susu formula dengan bebasnya. Di supermarket bertebaran ya, stock banyak dan berbagai macam merk. 

Dulu, saya termasuk yang sangat sebel dengan susu formula. Saya anti sama susu formula. Ehm, sebenernya Nares juga kena kok, minum susu formula selama 5 hari. Tapi niyh ya..., beriring dengan jalannya waktu dengan usia yang semakin tua, saya semakin tidak peduli. Hahaha, bukan mendukung susu formula ya, tapi nggak anti juga. Jadi netral? Oh no, tetap mendukung ASI dari segi manapun. Tapi udah nggak se-ekstrem dulu. Dulu masih jiwa muda merah membara, kalau ada yang pakai susu formula langsung blacklist! Bahahaha, padahal yah, ngapain juga begitu. Nggak ada gunanya, selain yang suka membuat permusuhan; sufor vs ASI. 

Nah, sekarang tuh ya, lebih milih jalur kanan. Kalau ada yang nanya-nanya ASI, baru deh edukasi. Hmmm, bukan edukasi siy, tapi lebih kepada share pengalaman aja. Sekarang lebih hati-hati aja kalau ngomongin ASI, apalagi sama ibu-ibu yang pakai susu formula untuk anaknya. Boro-boro mau bicara yang extreme, yang lembut aja malah bisa jadi salah. Kelaaar daaah... kelar... Mending tarik pasukan mundur aja. Perang, baik dingin maupun panas... saya mah mundur aja.

Niyh ya, balik lagi ke topik awal, jadi sebenernya tuh, menurut ana, keberhasilan dan demi meningkatkan jumlah anak Indonesia yang dapet ASI dari ibunya, ya harus mengedukasi ibu-ibunya donk ya. Si calon ibu, dari hamil itu udah harus dikasih informasi from A to Z mengenai ASI. Ya dokter kandungan, ya bidan, ya mungkin dukun beranak (lhaaah?!). Abis kalo nggak dari tenaga medis tersebut, informasi bisa dapat dari mana donk? Secara niyh ya, dokter kandungan saya alhamdulillah memberikan informasi mengenai ASI kepada saya (dan pasti kepada pasien lainnya), apa yang harus dilakukan sama Ibu kepada anaknya. Seru kan? Bingit!

Dah akh, cuma mau cerita itu aja kok. Masih banyak belajar banget tentang perASIan. Adek Narfa perjalanan masih jauh untuk ngASI. Doakan kami ya... 

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post