6.26.2015

TOMCAT YANG BUKAN KUCING

Nggak pernah terbersit banget di benak ini kena gigitan serangga tomcat. Aduuuh, beneran nggak kebayang. Emang sih pernah denger-denger sama nama serangga ini, namanya emang keren, tomcat. Pernah liat bentuknya, tapi ya hasil browsing-an. Bentuknya kayak semut merah, semut api atau semut rangrang lah. Tapi kalo semut mah warnanya merah kecoklatan doang, kalo tomcat ada warna merah dan hitam. Nggak tau juga si tomcat itu hidup dimana. Kemarin emang sempat booming karena banyak orang yang kena gigitan tomcat. Tapi Jakarta kayaknya nggak terlalu parah (bener nggak sih ini, apa saya yang nggak update aja?)

Ceritanya, Jumat pagi, pengasuhnya anak bayi ganteng, si nenek bilang sama saya, "Mba, si adhe kayaknya kena cacar air ini, belakangnya merah-merah ada yang melepuh dikit". Weeehhh, saya langsung shock. Kebayang cacar air, kebayang water poken alias chicken pox. Kasihan sekali kalo bayi harus kena water poken gitu. Yang saya pernah denger, kalau kena chicken pox, badannya gatal-gatal. Etapi ya, si bapak suami bilang, kalo kena chicken pox biasanya demam tinggi dulu. Sementara Nara alhamdulillah nggak ada demam. Jadi, di bagian belakang badan Nara, ada kayak luka-luka kebakar gitu. diameter luka sekitar 1cm. Emang rada melepuh tipis.

Kondisi hari Sabtu

Kondisi hari Senin


Seperti biasa, kita nggak langsung buru-buru ke dokter. Panik? Alhamdulillah nggak... tapi kalo ada rasa dag dig dug emang iya. Namanya juga anak begitu, mana ada emak yang bisa santai? Enggak panik bukan berarti nggak waspada. Tetap dilihat perkembangannya. Liat kondisi Nara juga nggak kenapa-kenapa... maksudnya nggak malas makan, nggak malas nyusu, ceria seperti biasa dan sumringah seperti biasa. Berdasarkan kondisi itu, makanya kita mau observasi dulu. Kalau nggak ada perkembangan, harus berangkat ke dokter. Takut ke dokter? Hmmm, rada iya sih jawabannya. Karena sempet kena salah diagnosa oleh dokter, makanya agak nggak mau buru-buru banget ke dokter. 

Tersangka (sumber: dari sini)

Ada yang kena gigit tomcat, begini katanya (sumber : nyomot dimari)

Hari Minggu pagi, saya kok dapet ilham untuk browsing serangga tomcat dan gigitannya. Buka deh cuss langsung di android kesayangan. Aduuuuh, ciri-cirinya sama persis. Macam luka bakar melepuh tipis gitu. Langsung juga deh, cari pengalaman temen-temen blogger. Search engine masukkan keyword "pengalaman tomcat". Baca sana sini pertolongan pertama pada tomcat. Duh, bukan nggak mau ke dokter buru-buru atau anti dokter ya, sama sekali nggak banget. Tapi ini emang mau dilihat dulu kondisinya. Pengalaman yang sudah pernah kena tomcat, dikasih salep gitu dan katanya kering kok. 

Oh well, tetap aja, saya konsultasi ke dokter akhrinya. Tapi nggak tatap muka langsung. Yups, kebetulan dan alhamdulillah punya temen yang pinter medis. Akhirnya saya kasih foto Nara yang luka itu by Whatsapp. Temen yang baik hati menyarankan untuk bawa ke dokter. Tapi saya juga jelaskan kalau kondisi anak fine aja. Oh well, kata pinter medis, kasih obat luar dulu yang disebutin merk-nya. Untung apotik deket, depan rumah. Jadi si bapak langsung beli.

Kondisi setelah seminggu

Hari Selasa, luka mulai kering... alhamdulillah... Sebenernya emang dari hari Minggu udah nggak radang kayak waktu hari Jumat. Jadi kita sebenernya agak tenang. Dan... hari ini, hari Jumat, tepatnya setelah seminggu, alhamdulillah tinggal yang luka agak besarnya aja. Overall udah jauh banget perkembangannya... Ah, akhirnya... kena tomcat juga ya... nggak sangka sama sekali... Tapi syukurlah sudah sembuh...

2 comments:

  1. Nama obatnya apa yaa mba? Karna saya juga kena 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin aku kasih salep yang beli di apotik aja mba... namanya Hydrocortisone... tapi coba konssultasi ke dokter dulu ya kak...

      aku turut prihatin... sakit tuuuh.. panas rasanya... get well soon...

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post