2.20.2013

BELANJA BULANAN(ku)

Groceries Shopping

Hihihi... Ini pokoknya tulisan ibu-ibu banget deh, ceritanya. Yaiyalah, tentang belanja gitu loh. Wanita mana yang nggak suka belanja? Jangankan yang perempuan, yang laki-laki aja doyan belanja. Mau itu belanjain buat mobilnya kek, buat motornya kek, mau buat gadgetnya kek, pokoknya laki-laki tetep belanja juga kan? Tapi, bedanya itu ya, kalo laki-laki biasanya jarang memperhitungkan harga (mahal murah) itu barang. Beda sedikit masih diterima dengan senang hati. Nah, kalo perempuan itu, biasanya beda dikit aja jadi bahan pertimbangan. Ya gimana nggak, perempuan kadang rela becek-becekan belanja di pasar tradisional demi mendapatkan harga barang yang murah. Ehm, tapi kalo saya sih nggak gitu-gitu amat juga sih, belain sampe rela becek buat beli something yang selisihnya ga seberapa. Ya tetep lah, kenyamanan penting untuk diperhitungkan. Males aja kalo murah, tapi harus berbecek demek begitu. Mending cari tempat yang nyaman dikit, beda-beda tipis harganya.

Nah, kali ini, di postingan saya, saya mau cerita gaya belanja bulanan saya, alias groceries shopping gitu loh. Belanja buat kebutuhan di rumah tangga. Ya kebutuhan sehari-hari lah pokoknya. Sembako-sembako known as sembilan bahan pokok (walaupun sekarang jumlahnya nggak sembilan lagi, tapi puluhan). Tiap orang pasti punya gaya dan cara belanja yang berbeda-beda. Dan saya yakin itu adalah gaya belanja yang terbaik buat dirinya masing-masing.

Nah, kalo gaya belanja bulanan si groceries shopping ala Mona, begini nih...


Waktu...

Saya kalo groceries shopping itu cukup sebulan sekali. Are you sure? Yes absolutely. Sebulan sekali belanja yang besar-besar dan memang harus ke hypermarket gitu. Kenapa? Sebulan sekali itu menurut saya, adalah waktu yang pas untuk melakukan belanja kembali. Nggak terlalu cepet dan nggak terlalu lama. Lagian juga emang sekali belanja itu stock-nya untuk sebulan. Jadi pas sebulan sudah habis, ya yuk mari belanja lagi, ciyn. Dan tau nggak, gegara punya waktu yang khusus ini, saya setiap bulannya jadi nungguin waktu belanja bulanan. Rasanya kalo udah mendekat groceries shopping, senengnya minta ampun. Yeeeaaayyy..., belanja lagi loh. 

Pilih waktu untuk belanja
Biasanya, saya melakukan belanja bulanan pas di weekend akhir bulan. Secara udah gajian dan juga banyak promo gitu kalo udah akhir bulan. Ya promo barang, promo kartu kredit, promo apaan lagi kek... Kekurangan belanja di saat setelah gajian (versi karyawan swasta) ini adalah ya itu si hypermarket penuh aja gitu. Secara banyak yang udah gajian, trus rame-rame belanja. Kalo udah ngantri bayaran, bisa 20 menit sendiri antriannya. 


Pemilihan Lokasi Belanja...

Nggak punya tempat belanja favorit yang mengharuskan belanja di suatu toko sih. Semua toko ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pasti lah itu. Di toko A, tempatnya lebih bersih, harganya lebih murah, tapi kadang pilihan barangnya cuma sedikit. Di toko B, giliran barangnya agak lengkap, tapi tempatnya kucel. Ya kalo udah gitu sih tinggal pinter-pinter milih aja lah, dan penting itu pake feeling dan mood

Nah kalo dari segi lokasi, yang pasti saya nggak mau belanja di toko yang jauh dari rumah. Sedekat mungkin dari rumah itu harus. Aseli males belanja ke tempat yang jauh dari rumah. Nggak ekonomis dari bensinnya. Jakarta pulak, nggak pake macet sih bisa, tapi kan ya jalannya pukul 09 malem. Toko mana juga yang mau ngeladenin saya belanja sampe jam 12 malem tiap bulannya? Makanya, mending cari toko yang deket dari rumah. Cepet ngejangkaunya, cepet juga balik ke rumah lagi. belum lagi kalo harus bawa daging-dagingan itu kan? Walau bawa coolbox, tetep aja, pengennya ikan/daging/ayam itu cepet masuk kulkas.

Tempat belanja yang menyenangkan buat saya itu, adalah tempat belanja yang single building gitu. Maksudnya single building adalah, bukan di mall ataupun pusat perbelanjaan semacam shopping center gitu. Contoh gampang tuh kaya' Carrefour Lebak Bulus dan Puri Indah, Hypermart Puri Indah, Makro Meruya (eh namanya Lottemart sekarang). Nah, pokoknya kalo sebangunan itu cuma ada itu toko, saya senang. Mau tau alasannya? Karena parkirnya grateish. Huahahaha.... #pelit beud. Mau belanja berjam-jam juga, parkirnya grateish. E tapi selain parkir grateish, alasan lainnya itu adalah karena parkirnya juga nggak jauh dari bangunannya. Nggak repot naik turun eskalator cari lift utk menuju ke parkiran. Males banget deh, waktu belanja bulanan di Carrefour Central Park, yang ketika itu nggak dapet parkir di lantainya Carrefour (basement). Jadilah parkir di atas, dorong-dorong trolley sampe ke parkiran, yang mana harus naek turun trap. E capek dweeeh...


Harga Barang...

Buat saya, harga barang ikut menentukan juga loh, kenapa saya pilih si Carrefour atau Hypermart atau Lotte (kok saya lebih seneng nyebut Makro deh) untuk tempat belanja saya. Kalo selisih seperak dua perak sih nggak masalah. Lah ini kadang perbedaan harganya bisa sampe Rp 2-3rb per barang. Kan kalo belanja banyak, ya kan lumayan bisa menghemat. Selisih total Rp 10rb itu udah dapet mie instant 4 bungkus kan? Lebih bersyukur lagi, kalo misalnya ada promo kartu kredit tuh. Biasanya sih, Mandiri Credit Card, ada promo sama Hypermart. Kalo Carrefour, kerjasama sama Bank Mega. Nah, tinggal pilih deh, punya kartu yang mana, silahkan dibelanjakan. Aseli lumayan banget itu menghematnya, bisa sampe 10%-15%. Yah, hari gini kan, siapa yang nggak tergiur sama potongan harga. Asal jangan dinaikin dulu aja, harganya. Nggak sih lah ya, kalo yang promo kartu kredit itu, sejauh ini aman-aman aja, alias nggak ngeboongin.

Pilih harga yang murah
Salah satu alasan saya kenapa belanja di hypermarket besar itu juga ya karena pasti harganya lebih murah kalau dibanding dengan harga di supermarket atau mini market. Aseli loh, pernah aja gitu, jajan di supermarket beli cemilan, sebungkus harganya Rp 9rb. Pas ngecheck ke hypermarket, liat aja donk (gak beli), e harganya ya cuma Rp 6,5rb. Selisih Rp 2,5rb. Tapi kalo beli banyak, mayan hemat kan... Maka dari itu, belanja di supermarket itu saya lakukan jika ada kebutuhan yang urgent aja. Kaya' beli buah, kan nggak mungkin sebulan tuh, harus mingguan. Jadi deh, beli buah di supermarket. Okey lah, harganya sih kalo cuma yang dikit-dikit gitu.


Atmosfir Toko...

Urusan tempat belanja (e maksudnya suasana toko), buat saya itu adalah jadi salah satu pertimbangan banget. Saya prefer belanja ke toko yang bersih, yang bangunannya baru dibangun, yang ada tambahan fasilitas penunjangnya (musholla, toilet bersih, ada ruang ganti diapers buat bocah, ada foodcourt atau tempat makan, ATM, dsb). Aseli deh, nyaman banget kalo bisa sekalian belanja, tapi ketika mau makan ya bisa, mau sholat ya nyaman, mau pipis pun enak, mau jajan juga banyak jajanan. Seneng banget degh pokoknya sama tempat belanja yang punya fasilitas beginian...

Nah hal yang kedua yang saya cari itu, adalah atmosfir belanja yang nggak terlalu banyak orang bawa anak kecil. Ribet aja gitu, liat anak kecil peting sliwer di toko. Ribet. Ya kalo yang jalannya baek-baek sih, saya masih toleransi. Tapi kalo udah yang urusan lari sana lari sini, itu yang nggak nyaman banget. Daaan, tambah pula yang teriak-teriak di toko. Ya oke lah anak kecil sih anak kecil, tapi ya kenyamanan belanja juga penting donk. Kalo berisik begitu, saya siyh males. Bukan nggak suka sama anak, bukaaaan. Tapi karena bener nggak suka kalo lagi asik-asik belanja trus ada bocah lari sana, lari sini lari situ...

Fasilitas di Tempat Belanja

Jangan lupa : Catatan Belanja...

Duh, the most important thing kalau mau belanja bulanan saya itu ya, adalah buku catatan belanja. Nggak bakalan jadi belanja bulanan deh kalo nggak bawa buku ini. Beneran, segitu banyak barang yang mau dibelanjain, nggak mungkin keinget kalo nggak nyontek ke buku ini. Menurut saya, belanja bakalan lebih hemat kalo ada buku catetan ini lho. Beneran deh, belanja pasti yang sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar diperlukan. Dengan bawa buku catetan belanja, pasti hemat uang yang dikeluarkan dan hemat waktu deh. Karena pasti yang diambil cuma yang ada di list aja. Nggak ada di list, ya nggak ngambil donk. Ehm, kecuali promo ya... Itu masih ditolerir dengan bijaksana.

Daaan, tau nggak, kalo SPG market itu paling males sama orang yang belanja itu kalau udah bawa catetan belanjaan. Pernah nih, sekali belanja, lewat depan beberapa SPG, trus mereka sama mereka ngomong gini...
A: "Tuh, tawarin si ibu..." (saat itu cuma ada saya yang di deket situ)
B: "Nggak akh, si ibu bawa catetan belanja"
Hahahaaa... Baru tau juga sih, ternyata SPG males ya, sama ibu-ibu yang belanja kalo bawa catatan. Pastinya dia tau deh, kalo si ibu ini pelit dan nggak akan beli kalo nggak ada di daftar.Wihiii... ilmu baru!

Daftar Belanjaan-ku...
Catatan belanja saya ini bentuknya buku loh, notes gitu. Emang sih masih manual, tulis tangan tradisional, walaupun tulisannya bagus kan ya tetep aja tradisional nulis. Saya emang sengaja pake notes begini ketimbang pake secarik kertas. Soalnya, dengan pake notes begini, saya jadi tau, belanjaan bulan ke bulan apaan aja. Contekan gitu loh, intinya. Tuh, di gambar yang diatas, notes saya selama belanja 2 tahun. Iyh, nggak berasa ya, bukunya udah kucel. Tapi penting banget itu buku.

Begitulah kira-kira cerita saya berbelanja bulanan. Kiranya sudi readers sharing pengalaman, pasti saya akan seneng juga deh... Ya kali-kali aja nemu hal baru yang bisa dijadikan contekan, gimana belanja yang efisien, efektif, dan pastinya menguntungkan.

Happy groceries shopping, readers...

4 comments:

  1. Kalau nyatet pake hp kayaknya nggak terlalu ngaruh, ya. Mbak SPG-nya nggak tau kalau itu catetanb belanja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti keliatan kalo kita bawa catatan apapun media-nya itu... :)

      Delete
  2. saat ini terdapat official promo dan diskon produk unilever di alfacart, kita bisa liat di Promo Belanja Bulanan Produk Unilever 2017

    ReplyDelete
  3. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2QObcP9

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post