3.18.2013

PERPANJANG SIM STNK

Huuhuuuy, udah lama bener deh nggak update blog. Here I come again. Susah bener cari waktunya sekarang mau update blog. Selain emang jelas sibuk di kantor, sekarang sibuk sama komunitas Altis Indonesia Community (ALTIC) yang lagi gencar event, tambah lagi sekarang balik ke kampus untuk sharing ilmu sama adik-adik mahasiswa #eciyeeeh. Jadilah ini blog terbengkalai *sedihbeud*. Tapi beneran deh, ini nyolong-nyolong waktu (nekat nyempet-nyempetin) pokoknya harus nulis di blog. Hidup nulis, hidup sharing, hidup curhat #eh.

SIM-kuuuu....

Baiklah, kali ini saya mau cerita tentang pengalaman bikin SIM alias Surat Izin Mengemudi alias Driving Lisence. Ehm bukan bikin baru sih, tapi perpanjanganan SIM. Pengen banget berbagi cerita karena perpanjangan SIM kali ini saya nggak ngurus di SAMSAT Kalideres, kali ini bikin perpanjangan SIM di gerai SIM STNK Polda yang adanya di Mall Gandaria City. Emang ya, jaman sekarang semuanya mau dipermudah sama pihak aparat. Buktinya, sekarang udah buka loket perpanjangan SIM di mall. Nggak perlu repot ke Pusat SAMSAT sana (buat yang di Jakarta).

Secara kronologis (halaaah, bahasa apa ini?), ini yang saya inget mengenai pembuatan SIM dan perpanjangan SIM saya…
1998 : buat baru di SAMSAT Kalideres
2003 : perpanjangan di SAMSAT Kalideres
2008 : perpanjangan di SAMSAT Kalideres, gara-gara nungguin SIM mobil keliling tau-taunya mobilnya rusak langsung cuss ke Kalideres.
2013 : perpanjangan di gerai SAMSAT Gandaria City (nah ini yang mau diceritain nih...)

Sebenernya sih kemaren ini nggak cuma perpanjangan SIM aja, tapi sekalian STNK-nya juga. Gedubrak degh, ngurus sekalian 2 gitu. Tapi untungnya emang ada di bawah satu atap, jadinya ya santai aja, walau yang bikin ribet tuh malah gara-gara bawa Nares ke tempat beginian. Nares mana lagi manja-manjanya pulak. Kalo nggak gendong, minta maen. Jyah, urusan kita pan banyak yah, malah die minta gendong. Rempong deh, tapi ya mau gimana lagi, orang di rumah juga nggak ada mba’nya. Kebetulan pun si eyang pada punya acara sendiri. Bismillah aja deh, ngurus perpanjangan STNK SIM sama Nares berdua. Si Bapak kemana? Hehehe, dia juga lagi ada kegiatan yang nggak bisa ditinggal di Sabtu itu. Girl power lah pokoknya. Hanya Allah yang bisa bantu.

Biasanya emang kalo ngurus STNK, kita pake biro jasa langganan kita. Udah sepuluh tahun, pake jasanya mas Agus itu. Tahun lalu sih kita minta tolong sama Mas Agus, untuk urusin perpanjangan STNK, soalnya tahun lalu itu sekalian ganti plat TNKB dan ganti nama, jadi kita minta tolong sama mas Agus. Nah, kali ini karena cuma perpanjangan biasa, jadi mau coba urus sendiri. Sekalian juga soalnya sama mau perpanjang SIM. Kalo kata eyang kakung yang udah pernah nyoba perpanjang SIM di Gandaria City, urusannya sih cepet-cepet aja kok. Maaf ya mas Agus, bukannya mau motong rejeki, tapi saya kali ini emang pengen punya pengalaman baru. 

Nah, berangkatlah berdua Nares di Sabtu pagi itu ke Gandaria City, Kebayoran, Jakarta Selatan itu. Menurut informasi dari si bapak, buka gerainya pukul 09.00 – 12.00. Makanya jam 08.45 kita udah berangkat dari rumah. Takut kesiangan, takut “dimacem-macemin” sama orang SAMSAT-nya, eh maksudnya dibilang udah nggak terima pendaftaran perpanjangan STNK gitu. Sampe di Gandaria City, pukul 09.30. Mall-nya pun belum buka. Parkiran masih sepi. Hihihi, tapi saya yakin, di tempat SAMSAT pasti udah rame. Hahaha… wanna bet? Hayooooh...

Sampe di mall, terpaksa nanya sama SATPAM yang jagain di checking gate mall dimana letak gerai SAMSAT itu. Katanya sih ada di lantai 1, tapi sebelah mananya nggak dijelasin. Katanya parkir aja di basement, trus ke lantai 1. Turun lah saya, parkir ke lantai basement. Masih sepi banget. Dapet parkirannya aja depan pintu masuk travelator. Begitu keluar masuk ke dalam gedungnya, nanya lagi sama mba’ yang lewat (pegawai toko). Huhuuu, sayangnya si mba’ malah nggak tau dimana lokasi itu SAMSAT. Jadi degh, kita keliling lagi. Naaah, ketemu teknisi gedung mall berseragam, langsung aja saya tanya. Eh nggak mungkin dong si pak teknisi nggak tau dimana lokasi di gerai SAMSAT itu. Menurut penjelasan si pak teknisi, aku disuruh naek ke lantai 1 melalui lift yang deket Starbucks itu. Ooo, baiklah pak. Meluncur ke Starbucks yang berada di arah pukul sebelas ketika aku berdiri untuk nanya sama pak teknisi. Begitu ketemu Starbucks, ketemu lift di belakangnya, langsung deh cuss ke lantai 1. Keluar lift, ngelongok ke kanan, yang ada malah keliatan lift juga. Ngelongok ke kiri, naaahhh… ada banner gerai SAMSAT. Ini diaaa… Ngumpet juga ternyata lokasinya. Udah gitu, si gerai ini lokasinya nggak di corridor mall gitu. Lebih tepatnya ada di daerah blusukan mall Gandaria City. Hahaha… Beneran deh, jangan bayangin kalo gerai SAMSAT itu berada di tempat premium atau kavling mall biasa ya... Tempatnya terpencil gitu deh.


Tuh dia, lokasi gerai SIM STNK di Gandaria City

Begitu liat ke dalem, e ya ampuuun bener kan udah rame. Ada sekitar 40 orang deh duduk di bangku yang di depan gerainya itu.  Matek deh nih, keburu gak ya, ngurus SIM STNK gini? Rame bener… Pede masuk aja ke gerai. Pintu gerai cuma satu, tapi dalemnya dibagi dua : sebelah kanan untuk SIM dan sebelah kiri untuk perpanjangan STNK. Saya tanya ke bapak yang berada di loket perpanjangan SIM, gimana caranya ngurus perpanjangan SIM dan STNK. Si bapak advice, kalo mendingan urus STNK aja dulu. Soalnya STNK urusnya cuma sampe pukul 12.00, sementara SIM sampe pukul 14.00. Siplah, baik pak. Terima kasih ya bapak. Dijawab dengan baik, sopan dan jelas sekali. Saya apresiasi bapak deh kalo begini caranya.

Langsung ke loket sebelah, nanya sama si bapak penjaga loket STNK, gimana prosesnya. Begini ternyata prosesnya :
(1) Ambil formulir perpanjangan STNK dengan kasih BKPB asli, STNK asli, dan KTP asli pemilik kendaraan kepada si bapak penjaga loket perpanjangan STNK. 
(2) Isi formulirnya berikut dengan copy BKPB, STNK, dan KTP. Kalau belum punya copy-annya, bisa copy disitu, bayar sebesar Rp 5,000. Eh padahal ya, saya udah siapin copy STNK sama KTP, tapi kelupaan copy BPKB-nya. Jadi sekalian deh, copy di situ lagi, bayar goceng alias lima rebu (Rp 5,000).
(3) Setelah isi formulir, lampirin asli dan copy BPKB, STNK dan SIM, udah deh kasih lagi sama bapaknya yang di loket STNK.
(4) Tunggu aja namanya dipanggil. Heheheh
(5) Nanti kalau dipanggil, tinggal bayar sesuai sama tagihannya.
(6) Selesai urusan perpanjangan STNK.

Banner penunjuk arah gerai SIM STNK

Kira-kira sih, kemaren ngabisin waktu 45 menit untuk nunggu panggilan itu bayaran perpanjangan STNK. Sambil nungguin proses panggilan bayaran, saya ngabisin waktu sama Nares. Nares makan, Nares maen, Nares jalan-jalan. Seneng sih Nares disitu, tempat dia lari-larian luas. Emang sayang banget sih, tempatnya kurang tempat duduk. Jadi beberapa orang yang ngurus SIM STNK pada duduk-duduk di lantai deh… Dan emang sih, saya pun akhirnya duduk di lantai pas waktu ngisi formulir perpanjangan STNK. Ada sih, disediakan meja untuk nulis, tapi udah penuh gitu mejanya. Jadilah menggelar lapak di lantai. 

Oia, kalo untuk perpanjangan STNK, buat yang mobil atau motor yang masih leasing, nggak bisa disini ngurus perpanjangannya. Harus di SAMSAT pusat katanya. Yang di Gandaria City ini, cuma yang BPKB yang tidak di-leasing aja. Informasi ini saya dengar dari petugas kasir pembayaran STNK yang menolak berkas-berkas ada seorang bapak yang mau perpanjangan STNK. Ternyata kendaraannya leasing. Batal deh, perpanjang STNK. Semoga si bapak itu masih punya waktu ya, untuk ngurus perpanjang STNK di SAMSAT pusat. Soalnya kan kalo telat bakalan di denda.

Selesai urusan STNK, lanjut lagi urusan perpanjangan SIM. Nah, si bapak yang di loket SIM ini baik bener deh (yang tadi ngejelasin saya untuk ngurus duluan STNK). Saya dibantuin ngisi formulirnya. Kata si bapak, “Sini mba, saya bantuin. Situ pasti repot kan, bawa-bawa anak… Dah yang penting tanda tangan sama no telpon aja”. Ahiiiy… Alhamdulillah, sesuatu banget dibantuin sama si Bapak itu. Dibalik kerepotan bawa Nares, ternyata ada kemudahan yang didapat. Hihihii… Nah, kalo untuk perpanjang SIM, ini prosesnya:
(1)  Isi formulir perpanjangan SIM
(2)  Kembalikan formulir asli, lengkap dengan SIM asli, fotokopi KTP dan fotokopi SIM. (nah kali ini saya udah nggak pake jasa fotocopy lagi donk, kan udah siap sama copy KTP dan SIM dari semalemnya). 
(3)  Tunggu panggilan foto, tanda tangan, sama sidik jari deh. Tapi emang proses nunggunya ini agak lama. Saya masukin formulir sekitar pukul 10.30, dapet jatah foto pukul 13.00 katanya. 
(4)  Begitu panggilan disuruh foto, tanda tangan dan sidik jari, masuk ke dalam loket. 
(5)  Bayar di loket, sebesar Rp 150,000 untuk SIM A. 
(6)  Selesai deh, dapet SIM baru dan berikut kartu asuransinya.

Nah, begitulah kira-kira cerita dari proses  perpanjangan SIM dan STNK saya kemaren. Pas bener barengan antara SIM habis dan STNK habis. Bulan ulang tahunnya samaan. Ehehehe…Gampang-gampang aja sih prosesnya. Yang kaya’ gini sih emang patut diacungin jempol deh. Tapi sayang, antara jam operasional yang tertera di loket sama prakteknya nggak sinkron gitu. Kalo di loket kan tertulis kalau hari Minggu itu untuk SIM buka. Nyatanya pas ada yang mau perpanjang SIM dan nanya ke petugas kalo besok bisa nggak, perpanjang SIM? E petugasnya njawab, “Senin aja pak…” Ahahaha, gimana sih. Kan di loket dibilang Minggu juga buka? Bokis deh nih, judulnya…


Jam Operasional Gerai (tapi jangan dijadikan patokan ya...)
Nah, buat yang mau perpanjang SIM dan STNK, kalo nggak mau repot dan susah, silahkan coba ke Gandaria City deh ya… Sekalian nge-mall sekalian perpanjang STNK dan SIM.

24 comments:

  1. Assalamu'alaikum, maaf sebelumnya Mbak anggiani saya mau nanya, yang langganan biro jasa kepengurusan stnk langganan Mbak(mas Agus) itu boleh dishare namanya apa Mbak, kebetulan saya juga sedang mau ngurus stnk perpanjangan Tp setelah baca beberapa blog salahsatunya blognya mbak sepertinya agak membutuhkan waktu lama :) rencana saya pake biro jasa, cmn agak khawatir karena baru pertama kali ya,dan kalo saya liat sepertinya mbak nya sudah langganan sama biro jasa nya, Insya Allah harusnya sudah terperdaya, kalau berkenan :) terima kasih sebelumnya Jazakallah wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rizal,

      Walaikumsalam.
      Aku nggak tau nama lengkapnya. Soalnya aku manggilnya cuma mas Agus aja. Coba aja dulu ke perpanjangan STNK di Gandaria City atau STNK keliling. Cepat kok kalo STNK, asal bawa BPKB aja... jangan lupa bawa copyan STNK, KTP, BPKBnya....

      Delete
  2. Kalo cuma memperpanjang ga terlalu ribet ya mba, saya bulan kemarin bikin SIM A eh malah kejadian seperti ini
    http://semutpelari.blogspot.com/2013/07/dilema-pembuatan-sim-a.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Husni,

      Saya mau nyanyi yah... hahahah "Itulah Indonesiaaaa....."

      Delete
  3. terima kasih..tulisan anda sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga, sudah mampir ke blog saya....

      Delete
  4. ga boleh diwakilin ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diwakilkan untuk STNK siyh bisa... kalo SIM pastinya nggak bisa donk... kan harus foto...

      Delete
  5. Kalo urus perpanjangan stnk hari sabtu tgl 1 feb 2014 buka ga yah..
    Cause ane stnk hbs masa aktif tgl 15 feb 2014
    ..
    Tolong informasinya yah..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. wah jam 9.30 udah antri 40 orang. ..... makasih tulisannya mbak, kbetulan mo perpanjang sim nih. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga mba Dewi, sudah mampir ke blog saya... :)

      Salam kenal

      Delete
  7. Tolong tanya pembayarannya di gerai mall gandaria city tsb bisa memakai kartu debit ga ya? Atau harus cash?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Stanley,

      Walah, saya kurang tau juga kalo masalah pembayarannya... maafkan... :)

      Delete
  8. Mba Mona, bs perpanjang sim yang sudah mati kah, mati.. bulan Maret 2014? Terus.... ada call center gerai Gandaria City? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Mila...,

      SIM saya waktu itu masih belum mati sih... hehehe... nggak pernah berani sampe SIMnya mati atau kadaluarsa. Males aja urusannya... Waktu itu emang ngurusnya sebelum "deadline"... Kalau Call center Gerai Gandaria City saya nggak tau, mba... :)

      Delete
  9. Mbak, bisa bayar pake kartu kredit ngga ya untuk perpanjangan stnk mobil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pembayaran dengan kartu kredit, rasanya belum bisa...

      Delete
  10. Maaf mba mau nanya kalo untuk sim ini khusus jakarta aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sih sepertinya iya... tapi katanya kalo sekarang udah online untuk semua wilayah ya....

      Delete
  11. Mba, kalo hari Minggu tanggal 3 Juli 2016 atau Sabtu tgl 9 Juli 2016 Gerai SIM buka ga? Aku baru bisa pas tanggal itu. Mengingat mereka ada cuti bersama kan? apa tanggal 4,5 JUli 2016 buka juga? Terima Kasih infonya.

    Denny Atmawidjaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Denny,

      Mohon maaf saya kurang paham kalau hal tersebut... hehehe... saya nggak update terus du Gerai Gancit soalnya... heheheheh

      Delete
    2. It's ok mba,, makasiiih

      Delete
  12. Wah beda kota ternyata beda dikit prosedurnya ya. Aku di Surabaya, klo perpanjang SIM biasa ke mobil SIM keliling di Taman Bungkul. Ngisi formulir plus nunggu, skitar 15 menitan. Cm perlu bawa SIM yg lama, tanpa fotokopi.

    Klo bayar pajak/perpanjang STNK, di Samsat Galaxy Mall, lokasi belakang The Body Shop. Krn mobil & motor a/n ku (padahal ngga bs nyetir), jd kudu nemenin Suami kesana. Ga usah bawa BPKB & fotokopian segala macem. Ga usah isi formulir. Cukup bawa STNK aseli yg lama & kasih liat KTPku. Ga sampe 5 menit beres urusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... enak banget uth ya mba... 5 menit beres cuss langsung... iyh.. disini mah kok banyak banget ya adminnya...

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post