9.11.2012

SURABAYA - BANYUWANGI


Postingan kali ini pengen share perjalanan ke Banyuwangi dari Surabaya…

Jadi begini ceritanya… Minggu kemarin itu saya dapat tugas keluar kota dari kantor untuk lihat lokasi alias survey. Ceritanya sih mau ada project di sana, makanya perlu ditinguk dulu itu lokasinya. Awalnya rada sutris mikirin ninggalin si neng Nares dan suami saya. Cuma berhubung emang kerjaan, ya kan kudu berangkat toh? Bismillah, dengan ijin pak suami, saya pun akhirnya berangkat. Yaeyalah namanya juga kerjaan.
Lokasi project wanna be ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Et dah, saya pikir mah Surabaya ke Banyuwangi itu deket ya (palingan 2-3 jam pake mobil), ternyata oh ternyata jauuuuh, mak. *mata juling. Perjalanan darat ditempuh sepanjang 7 jam. Makjoon. Mao naik mobil, mau naik kereta ya sama lamanya. Karena kita punya perwakilan di Surabaya dan mereka punya mobil juga, akhirnya kita putuskan untuk naik mobilnya perwakilan kita yang di Surabaya. Sip. Etapi kalo mau naik kereta api dari Surabaya ada kok. Naiknya dari Stasiun KA Pasar Gubeng. Harga tiket executive-nya Rp 105,000. Berangkat pukul 21.30 dan tiba di Banyuwangi pukul 04.00 besokannya.
Okey, menuju Banyuwangi start dari Surabaya pukul 17.00. Emang sih, kita sampe Surabaya itu pukul 08.00, tapi kan kita mubeng-mubeng dulu di Surabaya, liat ini itu anu. Akhirnya baru kelar pukul 17.00, dan langsung cuss ke arah Banyuwangi.
Secara udah 10 tahun nggak nginjak kota Surabaya, jadilah sepanjang perjalanan diriku ini rada kamseupay sama si kota Surabaya. Liat ini liat itu, tanya ini tanya itu sama yang tinggal di Surabaya itu. Secara saya pun ingat kalo saya punya blog, pikirannya langsung pengen mengabadikannya di blog. Ciyeeeh, monceees... :p

Nah, begini cerita perjalanan saya ke Banyuwangi…

17.00 - Kamis
Berangkat dari lokasi kunjungan terakhir di Kedung Anyar, Surabaya. Berhubung ini Kedung Anyar lokasinya agak jauh dari kota Surabaya, jadinya masuk toll itu ya setelah deket Surabaya. Ya, mungkin ini Kedung Anyar itu seperti “Bekasi-nya Surabaya”. Berangkat dari sini sih masih agak terang.

17.30
Keluar tol Gempol, berada di dekat lokasi Lumpur Lapindo. Sayangnya udah malem alias udah gelap, soalnya lokasi Surabaya itu lebih ke timur. Jadi kalo pukul 17.30 di Jakarta masih terang, di Surabaya ini udah gelap. Mau foto-foto juga pasti nggak mungkin dapet. Secara camera yang eike punya cuma prosumer. (kali-kali ada yang mau hibahin DSLR-nya). Jadilah malas foto-foto. Yang jelas, sih emang keliatan banget itu tanggul yang tingginya kurang lebih 4 meter. Trus, deket situ ada parkiran mobil (sebenernya sih bahu jalan yang dijadikan tempat parkir). Kata mas Taufik, itu kalo weekend siang, ruame banget yang pada parkir mau nonton. Yahilah, orang bencana kok ditonton? Padahal juga kalo eike liwat sini siang hari pengen mampir juga. Xixixi...

18.45
Masuk wilayah Pasuruan. Kotanya ya model kota-kota kecil yang berada di Pulau Jawa (khususnya Jawa Tengah) degh. Setipikal punya. Kalo kata pak Wito (yang nganter kita), kota Pasuruan ini kota santri. Jadi di jalan banyak yang pake motor, sarungan dan kopiah atau peci, tapi nggak pake helmet. Selameeet. Memang terkadang kopiah itu lebih “kuat” dari pada helmet.

19.30
Sampai di Probolinggo. Udah gelap pun, jadi nggak keliatan apa-apa selain ya memang kota yang lagi rame karena jam makan malam. Kita pengen nyari makan nih. Tapi belum tau juga disini mau makan apa. Yang penting sih cari tempat makan yang agak rame. Mas Taufik, yang nyupir jalannya agak pelan-pelan disini, soalnya sembari nyari makan malam.
Tingak tinguk sana sini, akhirnya ketemu rumah makan biasa yang cuma parkir 1 mobil (ternyata ini mobilnya pemilik rumah makan). Sebelah kiri jalan tempatnya. Nama rumah makannya adalah RM Ibu MM Suhartini. Lokasi di Dringu, Probolinggo. Di plang nya tertulis : Special Rawon. Baiklaaah. Ehm, tapi ini pas ketemu tempat makan udah pukul 20.04 loh. Jadi ya masih jam makan malam, walau udah agak telat.
Tempat makannya nyaman. Banyak meja dan kursi, bangunannya luas, ada toilet dan parkir pun luas. Jadi kalo on the way ke Bali melalui Surabaya, bisa mampir makan disini. Kata si bapak yang punya (ramah banget orangnya), rame-nya sih biasa pukul 18.00. Dan biasanya, pukul 20.00 itu dia udah tutup. Nah, rejeki kita emang, bisa makan di situ.

Makan malam di Probolinggo
Kita semua pesen rawon. Pas saya coba, ternyata rawonnya enak. Dikasih tempe goreng juga. Tempenya baru di goreng lho. Soalnya rasanya emang masih fresh. Cuma kita agak kesel sedikit, soalnya kok taugenya dikasih sedikit. Walaupun akhirnya kita minta ditambahin dan dikasih pula. Selesai makan, pukul 20.30. Bayar dooonk. Saya pikir bakalan abis sekitar Rp 100,000 untuk berempat. Ternyata habis Rp 83.000. Itu udah termasuk beberapa plastik kerupuk, kopi hitam 2 gelas, es cincau segelas, dan teh tawar hangat. Etapi pas saya liat bonnya, kenapa teh tawar anget harganya Rp 2,500? Ebuset mahal nian. Padahal teh anget manis harganya Rp 3,000. Yasutralah… (walaupun asih mikir, di Jakarta beberapa rumah makan gratis buat teh tawarnya).
  
21.15
Nyampe di Paiton. Booo, dari jauh itu keliatan ya, kaya ada gedung bertingkat di kota itu. Lengkap dengan menaranya. Aseli bagus dan cakep banget. Dari kejauhan itu yang nampak ya sepertinya kota. Banyak lampu. Sekali mohon maaf karena nggak ada fotonya pas malem. Silahkan browsing, wkwkwk… Dalam hati sih berdoa, supaya besok kalo lewat sini lagi, bisa liat pas terangnya. Malem kan udah, tinggal siangnya.

22.05
Sampai di SPBU sebelum kota Situbondo. Isi bensin sembari nanya dimana penginapan yang terdekat disini. Secara kalo bablas mau lanjut sampe Banyuwangi pasti kita gempooor. Ho oh banget. Soalnya di Kamis itu eike bangun pukul 03.00 untuk ngejar pesawat pukul 06.10. Mana malemnya cuma tidur 2 jam, soalnya Nares baru tidur pukul 23.30 dan setelah itu saya harus lanjut nyiapin masakan Nares untuk 3 hari kedepan selama saya tinggal. Belum lagi packing baju. Jedaaaar! Jadi keputusannya adalah : nginep dulu. Ehm, istirahat tepatnya.

22.20
Sip. Ketemu lah Hotel Rosali di kanan jalan sesuai dengan petunjuk mas-mas di SPBU tadi. Putar balik lah kita. Mas Ali nanya dulu apa ada kamar kosong dan kamarnya kaya’ gimana. Alhamdulillah, ada kamar kosong. Liat-liat harga, yang tercantum adalah :
Standard Junior : Rp 190,000/night/room
Standard : Rp 240,000/night/room
Superior : Rp 340,000/night/room
Deluxe, VIP, VVIP : nggak inget berapanya, soalnya nggak minat.
Akhirnya kita milih yang paling murah. Soalnya kita cuma numpang tidur selama beberapa jam. Secara besok pagi pukul 07.00 udah mau lanjut ke Banyuwangi. Oia, harga diatas udah termasuk tax dan sarapan pagi. Monggo diliat ini kondisi kamarnya dan hotelnya. Cukup bagus sih, kalo untuk ukuran di kota kecil begitu.
Hotel Rosali - Interior
Disediain handuk juga
Hotel Rosali - Landscape
Malam itu, setelah sampe, dapet kamar, kita berempat sempat ngobrol-ngobrol dulu di depan kamar. Jadi, si hotel ini model cottages gitu. Yang depan kamarnya langsung taman. Nggak lama sih ngobrolnya, Cuma kira-kira 15 menit aja. Secara udah pada capek, jadilah pada tidur.
Walaupun hotel di kota kecil begini, tapi lihat degh, kunci kamarnya udah pake yang model kartu di tap, trus listriknya juga kudu masukin kartunya. Cukup canggih, kan?
Kunci Kamar pake Tap Card
Sarapannya dapat kopi, teh yang jelas. Untuk makanan, bisa pilih nasi goreng atau mie goreng. Gak ada pilihan lain. 
Hotel Rosali - Sarapan Pagi (atas) dan Reception Area (bawah)

Pukul 08.00 - Jumat
Betelah kita rapih sarapan, langsung cuss lagi ke Banyuwangi. Mata saya masih ngantuk sebenernya. Tapi maksa melek, soalnya pengen liat pemandangan di kota yang belum pernah saya injak itu. Rugi bener rasanya nggak liat pemandangan. Nah, bener aja, saya nemu orang lagi panen mangga di pinggir jalan. Itu mangganya disusun rapih, dijemur. Nggak ngerti juga sih, maksudnya dijemur apa. Itu mangga apa ya? Apa mangga Probolinggo yang terkenal itu kah? Dunno.

Pukul 09.00
Nah, ini dia yang ciamik beud. Masuk kawasan hutan jati. Keren abis, sekeren-kerennya. Pohon-pohon jatinya pada meranggas, mak. Itu jalanan mana halus pula, jadilah keren banget itu view-nya. Doooh, kalo udah liat yang model begini, rasanya bersyukur abnget jadi orang Indonesia, karena alamnya cantik dan indah nian. Aseli keren banget soalnya. Sungguh degh, ini spotnya keren banget. Buat yang mau pre-wedd, boleh lah ngambil lokasi di marih.

Hutan Jati (1)
Hutan Jati (2)
Oia, informasi nih. Kondisi jalanan dari Surabaya sampe Situbondo itu ciamik banget. Mulus semulus mulusnya. Beda banget sama kondisi jalan pantura yang berlubang. Belum lagi yang jembatan nanjak di pantura. Kalo Jawa Timur ini, kondisi jalannya muuluus banget. Pake sedan mah cingcai banget. Recommended! Kasih 2 jempol.

Pukul 09.20
Mulai masuk kawasan Kabupaten Banyuwangi. Mulai keliatan pantainya.  Keren banget. Ciamik episode 2. Dari sini udah mulai keliatan daratan Bali. Deket banget. Itu pulaunya. Tinggal nyebrang sebentar langsung sampe.
Bali dari Watudodol, Banyuwangi. Cuakep edan.

Pukul 09.30
Sampe juga akhirnya di tekape yang dimaksud. Kebetulan, lokasi ada di seberangnya penyebrangan Ketapang. Wooow (versi norak), liat juga akhirnya penyebrangan Ketapang yang suka rame kalo Lebaran itu. Kelar sudah acara survey setelah dari sini. 
Penyebrangan Ketapang

Sampai jumpa, Banyuwangi... Ketemu lagi ya. Mudah-mudahan projectnya jadi. Saya bisa lihat-lihat keindahan alam lagi.

3 comments:

  1. kalo dari ketapang ke Bali itu tinggal berapa menit lagi min?

    ReplyDelete
  2. kalo dari ketapang ke Bali itu tinggal berapa menit lagi min?

    ReplyDelete
  3. Perjalanan naik kereta api lebih nyaman, tapi perjalanan naik bus akan lebih berkesan..., wah kapan - kapan silahkan berkunjung lagi kebanyuwangi banyak wisata - wisata baru di banyuwangi objek wisata banyuwangi makin bertambah banyak

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post