9.21.2012

PILKADA DKI JAKARTA 2012

Pilkada DKI 2012 (pic from here)


Kamis, 20 September 2012 tepat di hari Pilkada DKI untuk putaran yang kedua. Yoi, buat Warga Negara Indonesia yang punya KTP DKI, silahkan pilih jagoannya. Putaran pertama waktu itu jatuhnya tanggal 11 Juli 2012 hari Rabu. Kok bisa sampe 2 putaran, ya iya lah, yang putaran pertama, suara terpilih nggak sampe 50,1%, maka dari itu diadakan putaran kedua. Suara terpilih terbanyak, Bang Foke dan Mas Jokowi bisa masuk ke babak putaran kedua. Padahal sih, yang putaran pertama itu yah, cukup banyak calonnya. Sampe 6 pilihan gitu loh. Yah, kalo udah banyak gitu sih ya, pilihan kepecah-pecah pastinya. 

Awalnya sih, saya pro sama seseorang calon. Saya melihat (atau feeling?) si bapak itu mampu untuk memimpin Jakarta. Background edukasi dan profesinya sih sudah menunjang. Tapi ya kan dia juga butuh pendamping dan dukungan semua pihak. Jadi, kalo kerja sendiri juga pastinya nggak bisa. Semuanya juga bakalan begitu degh kaya’nya. Seorang pemimpin, butuh bantuan dari semua pihak, kan? Ya dari wakilnya, dari pekerjanya, dari warganya? 

Nah, kampanye di putaran 2 ini nggak segila kaya’ kampanye di putaran pertama. Mungkin karena orangnya sepi, alias ya tadi itu, cuma 2 pilihan. Jadi nggak serame yang pertama. Gila ya, putaran pertama itu kan yang spanduk, yang selebaran, yang di TV, yang di mana-mana dah. Rame banget. Nah, putaran yang kedua ini cuma beberapa aja yang keliatan. Lebih tepatnya kalo yang banyak spanduk/banner gitu sih ya teamnya Foke. Kalo Jokowi sendiri, nggak keliatan tuh, spanduknya. Bagus lah, jadi nggak ngotor-ngotorin. Pengen banget saya, Jakarta itu bersih, nggak ada spanduk/banner. 

Sampailah di saat yang ditunggu-tunggu, hari H. Hari pencoblosan. Dan seiring dengan berjalannya waktu, saya sendiri jadi nggak punya pilihan lagi. Bukan karena pilihan saya di putaran pertama gugur ya? Nggak sama sekali. Pilihan saya di putaran pertama, ikut masuk ke dalam putaran kedua. Harusnya sih, saya bisa konsisten untuk memilih jagoan saya yang saya pilih di putaran pertama. Tapi nggak tau kenapa, saya ilang feeling sama dia. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang saya pikirkan atas sikap dia, ucapan-ucapan dia, dan sebagainya. Pokoknya saya jadi ilfil banget lah. Yah, tapi untuk memilih yang satu lagi, saya juga nggak pede. Dilihat dari segala sisi, saya menimbang dan menimbang, saya kok nggak sreg sama semuanya ya. Lah, jadi saya pilih yang mana donk? Ngga tau. Nggak punya pilihan bener-bener. Udah sempet konsultasi juga sih, sama pak suami, saya harus pilih yang mana? Tapi pak suami bener-bener nggak mau kasih pendapat. Pak suami sendiri nggak mau nyetanin saya untuk milih pilihan yang dia pilih. So, bismillah ajalah dengan pilihan saya. Tetep pede aja, walau galau tapi nggak golput la yau…

Hari pemilihan kemaren, saya di rumah aja, padahal libur. Nggak semangat mau pergi-pergi, soalnya pak suami masuk kantor. Padahal tuh ya, hari Rabunya saya udah semangat banget mau ke mall bawa Nares main di Wonderland Puri Indah. Tapi ternyata pak suami masuk kerja, tambah pula saya lagi periods, jadinya makin lah males semales-malesnya. Kesimpulannya : di rumah aja nonton quick count. 

Sore, kira-kira pukul 15.00, udah mulai keliatan, kubu Jokowi leading dengan prosentasenya 52,x%. Kubu Foke presentasenya 47,x%. Ya nggak terlalu signifikan sih, sebenernya. Beti bener yak? Tapi menang ya tetap menang toh? Kalah tetap kalah. Harus sportif itu, kan? Bersyukur banget saya, yang kalah sportif. Ehm, emang secara resmi Foke belum dinyatakan kalah. Tapi team Foke bilang, biasanya hasil quick count nggak beda jauh sama hasil resmi. Intinya, kalo saya liat di TL twitternya timses Foke, mereka mengakui kemenangan team Jokowi. Team Jokowi sendiri lagi suka cita menyambut kemenangan pilkada itu. Seneng juga saya, kekalahan ini nggak pake disambut sama keributan-keributan atau kerusuhan. Tau sendiri kan, team Foke itu didukung kuat sama ormas-ormas Betawi yang ganas bin gahar yang bikin saya suka sakit perut liat tingkah mereka? Salut deh pokoknya sama situasi ini.

Wohkey, pemenang sudah terlihat. Sekarang tinggal tagih janji aja ya. Jokowi dan Ahok punya banyak janji lho, waktu kampanye kemaren. Mulai dari yang program kesehatan, pendidikan, pelayanan public, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan, janji dan program yang mereka ikrarkan bukan hanya sekedar ucapan belaka, bukan hanya sekedar bualan belaka (cih, bahasa eikeh ciyn… ga nahan!). Mudah-mudahan kekecewaan saya tidak terulang lagi seperti waktu jaman saya milih pak Beye. Aamiin… (eh kok malah curcol part 2)

Yaudahlah, nggak mau banyak cuit-cuit juga disini, secara ini cuma curhat-an biasa…. Sukses buat pak Jokowi dan Ahok. Buat bang Foke, makasih ya, udah kerja keras buat Jakarta. 

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post