6.22.2018

KE MALL SAMBIL NAMAN, NAMAN SAMBIL NGEMALL


Selamat Lebaran... Selamat Idul Fitri bagi yang merayakan. Sudah pulang mudik? Atau nggak mudik seperti saya? Menikmati jalanan sepi di ibukota yang bebas dari segala hambatan? Hihihi, ya kapan lagi mau dan bisa menikmati ibu tiri baik hati sama warganya kan? Salah satunya ya pas lebaran kemarin. Alhamdulillah, hanya momen lebaran yang bisa mengusir kemacetan di Jakarta. Nggak perlu membatasi mobil lewat di tanggal ganjil dan genap, nggak perlu 3 in 1 juga, nggak perlu ribet-ribet, jalanan pokoknya lancar.


Setelah ini blog ditinggal berbulan-bulan sama pemilik yang mana pemilik sedang dilanda penyakit malas, jadilah ini blog terbengkalai. Ya maaf lah, namanya juga blogger amatiran...

Nah, balik lagi ke topik penulisan saya nih ya... mau bahas tentang mall yang menyediakan taman terbuka. Saya sebenernya bukan anak mall banget lho. Kalaupun ke mall itu, palingan ya mau ada keperluan sesuatu yang dibeli atau ya paling sering makan. Logika saya itu, mall kan tempat kumpulan toko dan rumah makan. Jadi, kalau ke mall, ya paling enak ya belanja dan makan. Gitu bukan? Lha kalau ke mall nggak belanja dan nggak makan, buat apa? Sesak napas bukan jadinya?

Nah, tapi kan ya, kadang bingung juga mau cari tempat hiburan atau tempat anak-anak biar jalan-jalan segar mata. Di deket rumah, ada taman, tapi harus ke jalan besar dulu. Itupun cuma 2 jumlahnya (yang satu itu RPTRA Manggis dan yang satu lagi Taman Cattelya). Jujur aja, terkadang bosen sama kondisi taman yang sering kita sambangin. Mau main lebih jauh lagi, ke taman yang agak seru? Kadang harus bayar, bukan? Yahilah, mau main di taman aja harus bayar gitu? Maaf ya, saya golongan ibu hemat irit. Segala sesuatu perlu diperhitungkan.

Eh tapi ya, beruntungnya beberapa mall menyediakan taman atau ruang terbuka yang bisa dinikmati bebas biaya lho. Ini yang bikin saya senang hati dan riang gembira. Gimana nggak? Ada taman bagus, bersih, rapih, teduh, tapi nggak perlu bayar untuk menikmatinya. Nih ya, saya list down, beberapa mall yang pernah saya kunjungi. Lagi-lagi, saya sekarang kalau mau nge-mall juga ya akhirnya milih mall yang punya ruang terbuka untuk dinikmati, santai-santai...


Central Park Mall

Ruang Terbuka di Central Park Mall (my doc)
Lihat air terjun ala ala (my doc)

Ini mall sebenernya termasuk mall yang nyaman untuk dikunjungi. Secara lokasi ya deket juga dari rumah (hemat biaya transport kan?). Tenant-nya banyak, mau belanja kecil-kecil atau yang besar juga bisa di sini, mau makan juga ada banyak pilihan. Di CP ini (CP itu sebutan gaul buat Central Park), ada taman yan cukup besar. Nggak cuma taman, tapi di sini juga ada kolam ikan koi-nya yang ikannya gendut bin gede aja. Kalau ke CP ini, seru bawa anak-anak. Seru juga kalau pas lagi ada acara music, disini bisa liat live music donk...

Kalau mau ke CP ini, saya sebenernya kurang sedap pakai mobil. Kenapa? Parkir mobil suka penuh dan sirkulasi parkirnya kurang mudah. Belak belok sana sini naik turun, muter-muter, lieur... Hahahaha... Tapi kalau udah tekad bulat kuat dan membaja, parkir di CP ini bukan masalah besar kok. Cingcai lah itu. Dari CP ini pula kita bisa main ke Eco Bridge yangg mau ke Neo Soho itu. Banyak kan? Dulu saya pernah bahas Central Park Mall di sini.


Bintaro Exchange


Ruang Terbuka di B-XC (sumber: info bintaro)

Ini mall yang terhitung baru, di pinggiran kota Jakarta, tapi cukup nyaman untuk dikunjungi. Iya, B-Exhange (sebuatan B-XC merupakan sebutan hits buat Bintaro Exchange) ini juga punya ruang terbuka yang cukup luas buat dinikmati. Kalau sore hari, duduk di taman ini, bisa menikmat angin sepoi-sepoi. Seru, bawa deh anak-anak main ke sini. Luar biasa. Di sini juga suka ada performance kayaknya.

Serunya lagi, walaupun lokasi B-XC yang agak jauh dari rumah saya, tapi bisa dijangkau sama Commuter Line. Uhuy kan, naik KRL dan turun di Stasiun Jurangmangu, tinggal jalan kaki ke B-XC lho. Nyaman pula jalan kakinya, pedestrian dibuat dengan baiknya. Kalau dari rumah saya mau ke B-XC ini, pakai mobil udah pasti kena toll sekitar Rp 40.000 (exclude bahan bakar) untuk pulang pergi. Kalau pakai KRL, nggak akan lebih dari Rp 20.000 deh. E kalau sama numpak taxi/ojek online ke Stasiun Palmerah ya Rp 25.000.


Living World

Ubud Paradise, Living World


Di sini, ruang terbuka yang disediakan mall-nya adanya di atas bangunan. Memakluminya, lahan sudah mahal, mau dipakai buat ruang terbuka pun pasti perlu pengorbanan lho. Betapa nggak, lahan yang bisa dijual disewakan ke tenant yang menghasilkan uang, malah dibuat ruang terbuka gratis. Pengunjungnya tinggal menikmati saja (dibayarin sama tenant lha ya...). Eh tapi bener deh, bikin ruang terbuka itu nggak murah, belum lagi maintenance-nya kan? Tapi ya, Ubud Paradise ini sih sebenernya rumah makan ya. Cuma kemarin itu kita bebas aja masuk main ke sini...

Di Ubud Paradise, ukurannya memang nggak sebesar CP dan B-XC, tapi lumayan banget lho keberadaannya. Yang bikin saya seneng itu, di Ubud Paradise ini, ruang terbukanya itu bernuansa Bali. Hahaha... beneran ada gapura ala Bali, ada pintu ala Bali. Buat yang suka fefotoan, nah di sini oke punya, mancab betul! Dari Ubud Paradise ini malah kita bisa juga melihat view di sekitaran Alam Sutera mengarah Tangerang. Akh, jadi pengen ke sini, bawa kopi duduk santai sore-sore.


Q-Big BSD
 
Q-Big BSD (my doc)


Ini salah satu pusat perbelanjaan yang ruang terbukanya juga guedeee banget! Terhitung baru, pun masih belum terlalu ramai. Kalau di Q-Big ini, memang tenant-nya tidak banyak. Tapi setiap tenant punya area yang buesar-buesar. Termasuk salah satunya di sini ada hypermarket dari Timur Tengah yang saya suka kunjungi. Nah, buat orang seputaran Tangerang dan Alam Sutera, ini sih bisa ditempuh dengan senang hati. Beda sama saya, dari tempat saya, menuju ke sini perlu merogoh kocek sekitar Rp 52.000 untuk toll, belum termasuk biasa bahan bakar mobil. Ewww... jajannya? Yasudahlah...

Eh tapi kemarin sempat ke sini malam libur, ternyata di ruang terbuka Q-Big ini ada penyewaan sepeda dan becak mini lho. Buat anak-anak seru juga kayaknya. Saya sih nggak nyobain, keburu mau makan malam para tuan besar cilik sudah menunggu kelaparan. Oia, parkir di Q-Big ini menurut saya termasuk parkir mobil yang cukup nyaman, space parkir juga besar-besar. Nyaman!


Hmmm...,

Ada lagi kah, mall yang menyediakan ruang terbuka seperti 4 mall/pusat perbelanjaan yang sudah saya ceritakan di atas? Maklum, daerah mainan saya nggak jauh dari Jakarta Barat aja. Mau menjelajah ke Timur, agak sungkan (lebih tepatnya nggak cukup nyali menghadapi kemacetan). Siapa yang suka ke mall yang nyari ruang terbuka juga? Adakah...?

2 comments:

  1. mantep,, baru ngeh ada mall dg model beginian,, maklumlah saya orang desa,, jarang ke mall.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... iya mas, ada beberapa yang menyediakan ruang terbuka... lumayan mas, buat seseruan...

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post