9.10.2013

KELALAIAN ATAU MUSIBAH

Pengen berbagi pandangan saya mengenai kelalaian orang tua yang menyebabkan kecelakaan pada anak. Saya sendiri memang baru 2 tahun lebih menjadi dan merasakan menjadi orang tua. Tapi dari pelajaran-pelajaran ini, mudah-mudah saya bisa belajar banyak...

Masih hangat di dalam berita media massa, tentang anak bungsunya artis terkenal Ahmad Dhani yang kena kecelakaan beruntun di jalan tol jagorawi, Minggu dini hari. Kecelakaan ini bukan kecelakaan biasa, karena sampai ada 6 orang yang meninggal (5 meninggal di lokasi dan 1 meninggal di rumah sakit) dan 9 orang yang menjadi korban luka parah. Pastinya, saya sangat berduka mendengar berita duka ini. Sangat berduka atas kepergian orang-orang yang menjadi tulang punggung keluarganya yang harus membiayai istrinya, anaknya, maupun orang tuanya. Mudah-mudahan Allah membukakan pintu rejeki yang selebar-lebar dan sebesar-besarnya kepada mereka yang ditinggalkan. Buat yang menjadi korban meninggal, semoga Allah memaafkan segala dosanya dan berikan tempat yang terbaik di sisiNya. Aamiin... #beneran_sedih

Hmm, sepengetahuan saya, ini kecelakaan yang memakan korban banyak, selain kasus Afriani yang menggunakan Xenia dan kejadian di daerah Kwitang (baca juga disini), pernah juga kasusnya anak Hatta Rajasa yang kejadiannya di tol Jagorawi.

Kondisi mobil Lancer B 80 SAL pasca kecelakaan (gambar nyomot di sini)

Melihat kejadian ini, sungguh miris memang. Bagaimana tidak miris jika...


Belum punya SIM karena umur belum cukup

Seorang bocah berumur 13 tahun mengendarai kendaraan bermotor (mobil pulak) yang jelas-jelas mewajibkan pengendaranya memiliki SIM? Boro-boro SIM ya, lha wong KTP aja nggak punya kan? Belum punya bukan karena belum bikin, tapi belum punya karena belum cukup umur. Umur 13 tahun dimana-mana juga belum boleh bawa mobil kali. Nah, ini ternyata kecolongan. Tapi ya sebenernya kalo emang orang tuanya keras dan disiplin, pasti anaknya juga nggak berani. Anak berani, pasti karena ada aselah dari orang tuanya. 

Saya sendiri, baru bisa nyupir mobil ketika KTP sudah ditangan. KTP jadi, baru deh sekolah les setir mobil. Sekolah setir mobil selesai, baru ujian ambil SIM. Bapak seseorang aparat negara, justru semakin galak sama anaknya tentang peraturan bawa mobil. Nggak ada SIM, nggak boleh nyupir. Mau nyupir, sekolah setir mobil dulu. Pokoknya urusannya panjang degh. Belum lagi yang baru-baru nyupir mobil nggak boleh bawa sembarangan dan harus didampingin dulu. Jam pulang juga dibatasin, sebelum maghrib juga harus udah di rumah. Mau pergi kemana, sama siapa, acaranya apa, pulang jam berapa, itu udah diberondong pas mau pamit. 


Anak usia 13 tahun keluyuran dini hari

Pada saat kejadian kecelakaan, itu kejadian sekitar pukul 00.45 yang mana artinya Minggu dini hari. Abis malem mingguan kaya'nya. Yups bener, emang kalo liat di Instagram-nya si Dul, dia udah punya pacar gitu sih. Nah, ini ternyata Dul kecelakaan abis pulang nganterin cewe-nya malem mingguan. Sama temennya sih, tapi ya temennya juga seumuran. Mantab bener yeah, anak umur segitu udah keluyuran sampe dini hari, tanpa ada pengawal dari pihak keluarga. Nggak mikir apa ya, bawa mobil keluyuran jam segitu, kalo mobilnya dipalak gimana? Kalo ada orang jahat gimana?

Di usia saya 13 tahun, saya masih asik main dengan teman-teman seusia saya di lingkungan rumah. Tapi yang paling sering ya kalau mau keluar, itu pasti sama kedua orang tua saya. Emang juga, saya itu sampai SMA masih sering ikut bapak ibu pergi. Jarang banget pergi sama temen-temen kalau malem begitu. Nggak pernah malah kalau pas umur 13 tahun. Umur 13 tahun, paling telat sampe rumah pukul 15.00. Nggak ada cerita pulang dini hari gitu. Pulang dini hari itu cerita pas masa kuliah. Itu juga masih pake berondongan pertanyaan ini itu anu ono. Lebih capek jawab pertanyaannya daripada kegiatan pulang pagi-nya. Makanya jarang banget pulang dini hari. Mending aja sekalian nginep di tempat temen. Ya tapi itu juga bukan temen sembarang temen pastinya. 


Kewajiban orang tua kan, untuk ngawasin anaknya dengan cara apapun dan bagaimanapun sehingga si anak nggak berani sembarangan. Orang tua mana yang nggak sayang dengan anaknya? Nggak ada. Orang tua mana yang nggak mau ngebahagiain anaknya? Nggak ada. Orang tua mana yang mau anaknya menderita atau sedih? Nggak ada. Tapi memang itu caranya harus bener dan baik. Karena baik belum tentu benar dan sebaliknya, makanya disusun sedemikian rupa supaya menjadi baik dan benar. 

Musibah sih emang musibah yah. Tuhan yang atur semuanya, kapan waktu lahir, kapan waktu mati dan rejeki kita. Semuanya memang nggak ada yang tau, rahasia Tuhan. Tapi dibalik itu, saya rasa, kita sebagai manusia yang derajatnya lebih tinggi dibandingkan dengan mahluk lain, harusnya berfikir dan menggunakan akal sehat kita jika bertindak terhadap satu hal. Dalam hal ini, jelas-jelas Dul melanggar peraturan tentang mengendarai kendaraan bermotor. Dan sangat disayangkan, pengawasan orang tua sangat minim, anak pun jadi korban (plus korban lainnya). 

Saya semenjak kejadian kecelakaan itu, jadi usil liat instagram-nya Dul. Ternyata emang anak itu sangat dewasa sebelum usianya ya.

Anak berseragam biru putih sudah nyupir mobil loh...
Sudah terbiasa nyupir mobil sendiri ternyata, dari beberapa minggu sebelum kejadian kecelakaan. Padahal sempat beredar kan ya, kalo bapaknya bilang nggak tau kalo anaknya bawa mobil (coba baca beritanya di sini). Kok bisa ya, bapaknya nggak tau? Padahal di instagram anaknya udah ada beberapa foto yang nunjukin kalo Dul tuh biasa bawa mobil. Dan itu sudah lama (sekitar 19 minggu lalu), how come bapaknya kagak tau yak?

Masih muda banget untuk beginian... -__-"
Pacaran diluar batas untuk anak seumuran anak itu. Ini sih mungkin banyak juga yang kaya' begini. Tapi ya kok di expose gitu loh? Secara dia anaknya public figure gitu loh, yang harusnya lebih hati-hati lagi. Hmm, sebenernya semua orang harus berhati-hati terhadap apa yang di share di socmed sih, bukan hanya public figure, tapi semuanya. Untuk hal-hal yang private, hemat saya harus disimpan rapih dan bukan konsumsi publik. 

Tapi sekarang nasi sudah menjadi bubur. Semuanya sudah kejadian dan nggak bisa dihindari lagi. Sekarang cukup menjadi pelajaran. Pelejaran yang sangat berharga, buat saya sebagai orang tua yang masih punya kewajiban untuk mendidik Nares. Mudah-mudah tidak salah langkah dan salah jalan dalam mendidik titipan Allah yang satu itu ya, pemirsaaaah...

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post