9.13.2012

MAKANAN NARES KALO IBU PERGI

Sebenernya udah lama pengen sharing gimana saya nyiapin makanan Nares kalo saya harus ninggalin dirinya untuk keluar kota. Kemaren ini bukan pertama kalinya saya ninggalin Nares untuk bepergian yang cukup jauh. Cuma yang kemaren-kemaren itu belum sempat di record. Nah, kali ini sudah ada gambarnya, tinggal ceritanya aja....


Jadi begini persiapannya...

First...

Notes buat si mba'
Bikin catatan buat si mba, apa-apa aja yang dikasih ke Nares selama ditinggal pergi sama ibu. Taroh di kulkas, biar gampang mbacanya. Hal-hal yang ditulis apa aja? Yang aku catet di situ sih: 
(1) Jadwal kegiatannya Nares
(2) Menu makan buahnya Nares
(3) Jadwal minum susu (ASIP dan UHT)nya Nares
(4) Cara bikin bubur nasinya Nares.

Oia, saya emang harus nempel jadwal kegiatannya Nares soalnya si mba'nya masih baru beberapa hari masuk. Biasa degh, namanya juga abis lebaran. Si mba' yang sebelumnya ternyata nggak balik. Penyakit degh, kalo abis lebaran ya begitu itu. Pada nggak balik. Nyebelin banget. Untung aja si yayasan ngasih gantinya cepet. Masih bersyukurlah saya.

Second...

Siapin makanannya Nares. Masak gitu loh maksudnya. Kalo saya sendiri, nyiapinnya dalam 1 hari itu ada 1 menu untuk sarapan dan 1 menu untuk makan siang dan sore. Nah, berhubung kemaren Nares ditinggal 3 hari, jadi saya masak 3 menu untuk sarapan dan 3 menu untuk makan siang dan sore. Jadi, misalnya gini :

Kamis - sarapan : cream soup jagung kaldu sapi
Kamis - makan siang/sore : gravy daging sapi dan sayur-sayuran
Jumat - sarapan : cream soup kentang kaldu ayam
Jumat - makan siang/sore : gravy daging ayam dan sayur-sayuran
Sabtu - sarapan : cream soup ubi parutan telur puyuh
Sabtu - makan siang/sore : gravy ikan kembung dan sayur-sayuran

Third...

Gravy-gravynya
Kalo semuanya udah ready, tinggal masuk-masukin ke food containernya ya. Masukin per sekali makan. Jadi nanti si mba'nya tinggal ngambil per sekali makan. Yang terjadi seperti ini kira-kira : Kamis pagi 1 container, Kamis siang 1 container dan Kamis sore 1 container.
(begitu seterusnya sampai dengan hari Sabtu).

Fourth...

Udah di labelin tuh

Labelin containernya kalau udah. Mana yang buat Kamis pagi, Kamis siang, dan Kamis sore dan lain-lainnya. 
Untuk sarapan

Selesai. Gitu doang kok bikinnya ala ibu Nares. Yang penting anak masih makan masakan ibunya. Bukan apa-apa sih, saya pribadi masih menjaga asupan gizi Nares di umurnya 19 bulan ini (hari ini tepat 19 bulan doi). Jadi, saya masih keukeh untuk masakin Nares. Jadi ya, kalo keluar kota kudu nyiapin makanannya dulu.

Oia, saya nggak masukin makanan ini ke freezer, soalnya cuma untuk 3 hari. Masih aman untuk simpen di chiller. Kalo mungkin nanti perginya lebih dari 5 hari, better masukin freezer kali ya...?

2 comments:

  1. met kenal mba :) makasih sharingnya ya dah banyak ngebantu kalo2 suatu saat saya kerja lagi. paling gak saya tetap bs buatkan makanan u sikecil sblm krj. oh ya kl 3 hari gak dimasukin difreezer msh aman u dikonsumsi ya? thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nita,

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

      Iya mba, kalo 3 hari sih masih acceptable. Tapi kalo kalo lebih dari 3 hari, better dimasukin ke freezer. Kebetulan sampe saat ini aku belum pernah dinas luar yang sampe lebih dari 5 hari. In case nanti lebih dari 5 hari, pasti aku freezerin tuh makanannya...

      Salam...

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post