7.25.2012

PENIPUAN VIA SMS


Sebel banget sama kalo udah urusan atau denger yang sama namanya penipuan. Mau apapun bentuknya, yang namanya penipuan itu nggak bisa ditolerir. Ehm, penipuan yang saya maksud disini tuh penipuan dalam bentuk uang yah. Aseli degh itu orang yang melakukan penipuan kudu dihukum pancung. Udah nipu orang, mending kalo yang ditipu itu yang banyak duit? Ini udah duitnya pas-pasan, nyari duitnya juga harus kerja keras, eh masih juga dikadalin. Astaghfirullah, jahat banget itu orang yah… Tuhan pasti balas dirinya. Aamiin.

Kesempatan kali ini saya mau cerita, salah satu penipuan modus baru. Udah seringkali beredar sih, tapi pas kebetulan banget kok yang kena itu temen sendiri. Nggak tega banget, jadinya murka lah saya dan berujung pada penulisan ini (walaupun nggak pengaruh sama apa-apa, tapi setidaknya bisa membuat readers di sini hati-hati ya, kalo mau beli apa-apa).

 Jadi gini, awalnya cerita begini… (eh iya, nama korban saya simpen aja ya, kita initialkan dengan Mr. R).

curhatnya Mr. R di FB
Di salah satu jejaring sosial (FB lah pokoknya), Mr. R posting sebuah status kalo dirinya meminta kepada kita untuk hati-hati terhadap tawaran-tawaran murah melalui iklan-iklan di sms yang masuk ke handphone kita. Tertarik kasus penipuan ini, saya pun tanya ke Mr. R beberapa hal, ini itu anu dan ono...

Jadi…, Mr. R itu punya rencana mau pergi ke kota di Jawa Timur. Cari tiket sana sini emang jatuhnya lumayan mahal yah. Terus dirinya itu teringat akan iklan di sms handphone-nya yang menawarkan tiket promo murah. Nggak ada salahnya juga sih ya nyoba. Ya namapun usaha, kalo dapet murah ya Alhamdulillah. Kalo nggak ya cari lagi yang murah. Palingan rugi ongkos pulsa karena harus telpon.

Ketemulah itu iklan di sms yang nawarin tiket murah. Mr. R pun langsung telpon ke nomor yang tercantum. Transaksi pesan tiket pun terjadi. Seolah tidak ada yang meragukan, lalu Mr. R terima sms kembali dari si penipu untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening si penipu. Isi sms dari si penipu itu begini:
Rek, 9000005606869/Andreas Hinata
Rp 1,050,000 tgl 03-07-12 jam 10:36:31
Ref 545872807 – Book tkt Jkt-Mlg 040712 Lion

Merasa nggak ada yang aneh, Mr. R langsung transfer ke rekening yang dikasih sama si penipu (lumayan loh, Rp 1 juta lebih). Ya emang sih kalo diliat dari isi sms penipu, sepertinya tidak meragukan lagi, soalnya sampe ada kode booking disitu. Tapi ternyata ya ternyata, ternyata itu kode-kodean. Capek degh. Setelah melakukan transfer, Mr. R beberapa saat kemudian mencoba konfirmasi ke Lion Air langsung. Soalnya emang pesen tiketnya pake pesawat Lion Air. 

Jeng jeng jeng, ternyata setelah Mr. R konfirmasi ke Lion Air, tidak ada kode booking itu, tidak ada pula nama travel agent yang Mr. R sebutkan (bromo travel) sebagai travel agent resmi dari Lion Air. Pupus sudah harapan Mr. R. Barulah sadar dirinya kalo itu sebuah penipuan. Pas dibalik konfirmasi telpon ke nomor telp yang tadi, telponnya udah nggak diangkat. Yah, hilang sudah sejumlah uang dari rekening Mr. R ini. (yang sabar ya sob, besok mudah-mudahan ada lagi rejekinya buat gantiin yang ilang ini).

Well readers, ambil pelajaran dari kasus temen saya ini ya. Jangan sampe kita kena tipu juga melalui tawaran-tawaran yang menggiurkan itu. Nawarin murah murah murah, tapi taunya bohong. Mendingan dapet harga normal tapi real alias nyata, daripada murah tapi fiksi (bukan fixie sepeda itu loh yak?!).

Setelah kejadian itu, saya sempatkan diri untuk membuka link yang di kasih Mr. R melalui FB-nya. Nama travelnya adalah Bromo Travel. Dia punya website sendiri lho, di www.bromo-travel.com (bela-belain beli domain dia, demi nipu orang banyak). Silahkan dibuka kalo penasaran (yang kaya’ saya ini yang penasaran). Kalo dilihat dari web-nya sih ya emang meragukan lho. Nih yuk, mari kita bahas sedikit disini.

      > Nomor telepon layanan yang tercantum adalah 021 3614 6799
     Hmm, menurut saya siyh itu nomor telponnya, angka depan 36xx adalah nomor telfonnya flexi. Lah, kok yang iye-iye, travel agent ngasih nomor layanan flexi? Nggak mungkin lagh. Harusnya kan ngasih nomor fix donk?
web si penipu - home page
> Home page sama page 2 (Mengapa Memilih Kami) sama isinya.
Lucu banget emang ini web, kok bisa ya, travel agent gitu bikin home page sama second page isinya sama? Malas amat sih nih orang? Nggak mungkin degh kaya’nya kalo web yang profesional itu bikin home page dan second page atau page-page yang lainnya samaan. Nah kan, ketauan boong.

> Alamat travel agent nggak jelas.
Tercantum di web-nya, alamat kantornya di Wisma Dharmala Sakti, Jakarta. Tapi nggak ada pula lantai dan nomor unit-nya. Tepu abis. Lagian kan, yah nama Wisma Dharmala Sakti itu udah nggak ada, sekarang gedung itu namanya Intiland Tower (sejak 3 tahun belakangan ini). Jyaaah, tipu is tipu lah.

Alamat kantor aja nggak jelas

Eh gara-gara kasus si Mr. R, saya jadi inget kalo saya pernah dikirimin sms model penawaran tiket murah gitu degh, ke sms saya. Tapi untung aja emang saya cuekin. Lagian juga kalo emang mau pesen tiket pasti lewat travel agent yang pasti-pasti aja seih. Atau nggak ya coba check langsung ke web maskapainya. Jelas lebih aman. Daripada harus ketipu? Lah, saya mah nyari duitnya susah, bukan tinggal yang ngerobek koran, jadi penggunaan duit kudu ati-ati bin rada irit alias efisien. Jangankan ketipu Rp 1jt, Rp 10ribu pun berasa untuk saya. 

pernah dapet sms ini
Trus saya check donk, di om google tentang review-an si azzahratours.com ini. Ternyata bener aja, nipu.com juga. Ada beberapa orang yang kena bokisannya. Yailaaah, ada-ada aja sih, ini orang-orang kelakuan? Nyari duit kok pake cara yang nggak halal? Nipu orang. 

testimoni penipuan tour azzahra
So readers, mak emak, pak bapak semuanya... Mulaen sekarang berhati-hati lah sama penawaran-penawaran yang nggak jelas itu. Beli online kudu hati-hati bin waspada. Check richeck sana sini atas bawah kiri kanan atas bawah depan belakang yeah, biar nggak ketipu. Nyesek banget pasti kalo ketipu gitu (kecuali kalo seneng ada yang ketipu). 

Kalo saya sendiri sih gregetan adalah karena itu gimana caranya ya, si penipu dapet nomor telfon kita? Tau nggak sih, dia itu ngirim ke nomor telpon yang nggak pernah saya pake buat nelfon keluar (nomornya cuma saya pake buat akses data). Jangankan telfon, sms juga nggak pernah. Nah, dapet darimana coba itu nomor saya kalo bukan dari provider? Jadi, nomor saya dipublikasikan, gitu? Jyaaah, capek degh. Yang model begini nuntutnya gimana ya? Endonesyah gitu loh, hak konsumen nomor 101.

Once again, readers semua hati-hati ya, sama penawaran murah meriah tadi. Belanja online juga hati-hati. Jangan sampe kita kena tipu. Trus, rajin-rajin berdoa yah, supaya Allah selalu melindungi kita. Aamiin...

1 comment:

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post