12.16.2016

PERPANJANG STNK - MOBIL LEASING

Balik lagi ngeblog setelah beberapa lama waktunya nggak nulis-nulis. Alasan utama pasti karena ribet banget ngurusin anak-anak yang mulai membesar. Sementara alasan kedua yang paling tepat adalah karena malas. Iya, entah mengapa kemarin itu malas banget mau nulis blog. Gimana nggak males, kejar setoran sama urusan anak-anak dan rumah. Belum lagi di akhir Oktober kemarin anak sulung sakit dan terpaksa rawat inap. Dan semenjak itu, terus bergantian kita sakitnya. Lengkap.

Nah, kali ini sudahlah saya mari meneruskan tulisan yang tertunda. Sudah nulis judul, masuk ke draft. Ngejogrok udah lama banget. Sekarang saatnya nerusin deh ya... Mudah-mudahan pengalaman saya kali ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Punya mobil, masih leasing alias nyicil di leasing? Mau perpanjang STNK alias pajak mobil? Ngurus sendiri atau via leasing? Boleh dipilih kok mau yang mana. Semuanya sama aja gampangnya. Kira-kira 3 bulan lalu, mobil kita harus bayar pajak. Tahun sebelumnya, ngurus pajak gampang aja. Bahahaha, secara BPKB ada di tangan kita. Urus sendiri di Gerai STNK, cuuusss... sehari langsung jadi. Tahun ini, eciyeee... mobilnya ganti... dan BPKBnya, masih disekolahin. Jadilah harus belajar lagi, gimana ngurus bayar STNK.


Mau bayar STNK via leasing?

Kebetulan, leasing saya ada BCA Finance. Yang saya lakukan pertama kali adalah, nelpon customer service BCA Finance. Nanya langsung, gimana urus perpanjangan STNK. Dikasih tau deh tuh sama CS-nya. Bisa diurus sama pihak leasing. Nah, kalau diurus sama leasing..., caranya begini...
1. Datang ke kantor leasing terdekat. Kalau BCA Finance, boleh datang ke kantor mana aja yang terdekat. Lokasi BCA Finance dimana? Nah buka deh ke web BCA Finance
2. Udah sampe kantor BCA Finance, langsung aja tanya ke pak satpam, gimana mau perpanjang STNK. Nanti pak Satpam nyuruh antri ke CS.
3. Ketemu CS, bilang aja mau perpanjang STNK. Sebutin nomor plat kendaraan dan siapkan KTP asli ya...
4. Diurus sama leasing BCA Finance, kemarin tarifnya adalah Rp 90.000 (untuk mobil) dan lama pengurusan selama seminggu. Kenapa lama? Kata CS-nya soalnya kolektif, nunggu barengan sama yang lainnya.
5. Silahkan tanya sama CS-nya lagi ya, bahahaha... kemarin informasi yang didapat dari CS BCA soalnya cuma begini.


Mau bayar STNK sendiri? Jalan sendiri? 

Ini juga nggak kalah mudahnya ngurusnya. Saya kemarin ngurus perpanjangan STNK sendiri, cukup 1 hari saja lamanya. Berangkat dari rumah jam 8, dan jam 11.30 udah tiba lagi di rumah. Nih cara ngurusnya...
1. Siapkan fotocopy KTP kita untuk nanti di SamSat.

2. Datang ke kantor BCA Finance terdekat.
3. Minta disiapkan surat pengantar untuk perpanjang STNK, dan bilang kalau kita mau urus sendiri.
4. Nanti akan dikasih surat pengantar dari BCA Finance berikut copy BPKB yang dilegalisir.
5. Silahkan lanjutkan urusan perpanjangan STNK ke Samsat.

Naaah, yang perlu diperhatikan adalah... bahwa perpanjangan STNK kendaraan yang masih dibawah leasing, nggak bisa di Gerai Samsat atau STNK Keliling ya... Perpanjangan harus dilakukan di kantor Samsat langsung. Kemarin, saya urus surat pengantar ke BCA Finance Daan Mogot dan langsung lanjut ke Samsat Daan Mogot. 

Nah, mudah aja kan perpanjang STNK kendaraan yang masih dicicil... Udah nggak perlu calo lagi. Udah nggak perlu takut lagi. Semua urusan beres. Kebetulan, karena ini pertama kali ngurus perpanjangan STNK di Samsat Daan Mogot, jadi sempat tanya-tanya ke bagian Informasi karena bingung alur bayarnya. Kurang jelas signage-nya. Tapi petugasnya mah ramah-ramah banget kok... Ngebantuin penjelasan. 

Well done, selamat ngurus perpanjangan STNK sendiri yaaa... jangan lupa, copy KTP nya disiapkan. 

Nunggu dulu... minta surat pengantar dan legalisir BPKB
Di kantor Samsat Daan Mogot, nunggu antrian
Di kantor Samsat, bayar STNK bisa gesek kartu ATM Bank DKI lho...
Selesai dan menunggu surat tanda lunas

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post