8.28.2014

LIBURAN MENDADAK - KUNTUM NURSERY and FARM FIELD

Ya begini ini nasib nge-blog kalau yang di posting cuma pengalaman belanja, jalan-jalan, atau bener-bener yang bersifat bukan cerita pribadi dengan pendapat tertentu. Apalagi harus sampai menuliskan "pendapat" saya seorang diri. Jangan tanyakan mengapa saya males berbagi cerita curhatan hati atau pendapat saya, ya. Yang pasti pernah sekali posting tentang pendapat saya, trus ada response nggak enak di comment blog. Yasutralah, daripada ribut, akhirnya saya pindah jalur dan hanya akan menulis pengalaman saya yang tanpa menitikberatkan pendapat saya semata. Nah, baru bisa posting blog lagi deh, akhirnya menunggu cerita yang bisa bener-bener dimuat, baru deh ditulis. Seperti sekarang ini yang mana saya akan berbagi cerita keluarga kecil kita di weekend kemarin. Seruuu...

Kuntum Farm Field. Enggak tau nemu dimana si bapaknya Nares ini kalau di daerah Tajur, Bogor ada tempat anak-anak yang menyenangkan. Di tempat ini, anak-anak (mau orang gede juga boleh siyh, nggak ada larangannya) bisa main sama hewan-hewan yang ada, bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan, memberi minum, atau bahkan main sama hewan-hewan itu. Lucu banget deh pokoknya. Waktu itu emang masih liat-liat blog yang sudah pernah main ke sana, sih... intinya pada merekomendasikan untuk membawa anak-anak ke situ. Ini rencana sudah sekitar 2 bulan yang lalu sih. Kalo ditanya kapan mau kesana, ya pasti jawabnya emang cuma, "nanti deh, cari waktu...". Iya, kita emang nggak berani janji sama Nares mau pergi kemana dan kapan waktu pastinya. Takutnya kadung udah janji, eh amalah nggak bisa nepatin janji kita. Kecewa di dapat, anaknya kasihan.

Kamis sore, tetiba si bapak bilang, "Minggu ini kita ke Kuntum Farm Field yuk, pembimbingku lagi keluar kota, jadi nggak bisa bimbingan". Ooo, begitu adanya toh. Baiklah. Saya manut saja. Tapi tetap aja siyh, nggak koar-koar dulu sama Nares, takut nggak jadi, yang ada kita malah ditagih janji. Maaf ya, nggak mau deh PHP-in Nares. Hihihi... emaknya sih udah biasa di PHP-in sama orang lain. Tapi jangan gitu deh sama anaknya. Tiba sampai di hari Sabtu, rencana ke Kuntum Farm Field belum ada perubahan. Si anak udah disuruh tidur cepet, karena mau berangkat Minggu paginya. Kita emang berencana berangkat pagi, biar siang udah bisa balik ke Jakarta lagi, secara masih ada urusan negara yang harus diselesaikan.

Minggu pagi, pukul 08.00 kita udah siap berangkat. Kurang pagi kayaknya ya? Emang... soalnya sampai kita di exit toll Ciawi yang ada malah macet dan padat. Aseli, itu tuh ya, tanggal tua setua-tuanya, tapi orang-orang ternyata masih pada foya-foya... huahahaha.... Eh tapi ternyata emang ada truck bawa air galon juga sih yang mogok di kanan jalan. Makanya jadi macet. Kuntum Farm Field ini letaknya di Tajur. Begitu keluar toll Ciawi, langsung belok kanan (kalo ke kiri ya arah puncak). Nah, kira-kira 2,5km dari exit toll Ciawi tadi itu, ya sudah sampai di lokasi. Kalo kita cari di google maps, udah ada kok, Kuntum Farm Field atau Kuntum Nursery. Lokasinya ada di kanan jalan, di depannya ada plang "Kuntum" dengan cat dasar putih dan tulisan warna orange. Jalan masuknya, sama juga ke Teras Hijau Residence. Nah, bagian depan (jalan baru masuknya), ada kayak rumah makan dan pemancingan gitu, tapi kita jalan terus aja, nanti sekitar 500meter dari jalan masuk, baru deh entrance ke Kuntum Farm Field. Parkirnya nggak terlalu luar, mungkin cuma dapat nampung sekitar 50 mobil saja. Tapi aseli, lingkungannya bersih. Saya sukaaa... 



Masuk. Langsung ada receptionist-nya. Bayar tiket masuk saja sebesar Rp 25,000 per orang. Nares umur 3,5 tahun sudah kena hitungan 1 tiket. Di depan pintu masuk ini, pemilik Kuntum Farm Field menjual produk-produk furniture kayu dan beberapa kerajinan tangan. Sayangnya, di sini nggak ada jual souvenir yang khas "Kuntum Farm Field", misalnya sticker, gantungan kunci, magnetic, atau apalah yang ada tulisan "Kuntum". Sebagai kolektor magnetic, saya suka berburu kalau pergi ke tempat-tempat wisata begitu. Masuk ke dalam kebun, kita dipinjemin caping yang buat orang dewasa yang besar dan ada juga caping kecil buat anak-anak. Nares mau donk, pake capingnya, tapi yang warna warni. Sementara bapak ibunya ya males aja gitu pake yang warna warni. 

Di Kuntum Farm Field and Nursery ini, kita bisa lho ngasih makan hewan-hewan yang ada disini. Tinggal beli aja di dalam, harga sebakul kecil sayuran (bisa untuk marmut dan kelinci) harganya Rp 5,000. Untuk makanan sapi, seikat rumput harganya Rp 5,000. Kalau mau ngasih susu buat kambing, sebotol kecil harganya Rp 5,000 dan botol susu untuk sapi harganya Rp 10,000. Pemirsa budiman, catat ya, makanan hewan disini kita yang beli dan bukan gratisan boleh nyomot. Hhahaha... agak kesel juga kemarin soalnya, pas kita lagi ngasih makan si sapi, eh ikatan rumput kita dicomotin sama orang lain tanpa tanya tinyi tunyu dulu. E dia pikir itu gratisan kalik ya...? 

Seiket ini "marebu"

Lanjut dari ngasih makan sapi, Nares diajak sama bapaknya untuk masuk kandang marmut. Sebelumnya, kita beli dulu sebakul kecil sayuran (bayam dan wortel) untuk makanan si marmut. Nares seneng banget, kegirangan bisa kasih makan binatang-binatang itu. Ya, namanya juga bocah ya, mana jarang nemu pula yang beginian, jadilah dia heboh. Saya sendiri nggak terlalu banyak interaksi dengan binatang-binatang itu, maklum lagi hamidun begini, agak-agak takut interaksi sama binatang. Jadinya saya nunggu duduk aja. Banyak kursi dan tempat yang bisa dibuat duduk kok disini. 

Kasih makan si marmut... 
Marmut si imut lagi minum
Dari kandang marmut, lanjut ke kandang kelinci. Aseli, kelinci disini gendut dan semok punya. Bulunya lebat. Pokoknya menggemaskan. Jadi kebayang sate kelinci yang di Lembang. Eh kok pada tega yah, nyate kelinci? Huaaa... saya mah ogah makan sate kelinci. Nggak tega gitu ngebayangin binatang selucu itu malah dimakan, walaupun ya sah-sah saja siyh untuk menyantapnya asalkan halal. Ngasih makan kelinci disini, bisa pake sayur, bisa juga pake pelet (bukan pelet guna-guna ini...). Tapi berhubung kita masih punya sayuran sisa ngasih makan si marmut, akhirnya kelinci kebagian sayuran di bakul dah.

Hai Kelinci.... :)
Meuni lucu pisan... 
Abis dari sini, kita masuk lagi ke area kebun tanaman. Kita sendiri nggak ikutan petak petik sayuran yang ada disini. Lanjut kita jalan ke dalam, untuk nyari area unggas-unggas. Area unggas punya kandang besar sendiri yang isinya ayam, bebek, entok, soang. Di luar kandang unggas besar, ada juga kandang unggas yang kecil-kecil, seperti kandang ayam ketawa, kandang burung merpati, kandang burung yang lainnya. Aseli, saya cuma nunggu di luar kandang. Sekali lagi, bukan larangan sih bumil masuk ke kandang unggas, tapi saya cuma jaga-jaga aja kok #terlalukhawatir. Saya duduk di depan kandang unggas yang berupa pemancingan ikan. Ada 2 keluarga yang lagi duduk sambil mancing, tapi selama saya duduk di situ sekitar 15 menit, tak tampak pun ikan yang tertangkap. Hahaha, namanya juga mancing ikan, ya kudu sabar tho? Kalo ndak sabar ya beli langsung aja di pasar ikan. 

Kandang Unggas
Mancing niyh... mancing ikan... 
Cantiknya... 
Eh iya, sekedar informasi niyh, di dalam area ini juga menyediakan tempat untuk gathering gitu lho. Pas kita main ke situ pun, pas ada acara gathering. Beberapa pendopo disediakan memang sepertinya untuk ngadain acara gathering. Emang enak sih gathering di sini, selain bisa mengedukasi anak-anak sama binatang itu, ada kebunnya, juga dapet lingkungan asri-nya. Tapi kalau masalah harganya berapa untuk sewa lapaknya, saya nggak tau juga siyh gimana perhitungannya. Mungkin bisa ditanyakan langsung ke managementnya, jangan ke saya. 

Lanjut yuk akh, waktu udah menunjukkan pukul 11.00, mau ngejar makan siang dan acara berikutnya di Jakarta. Sambil menuju ke jalan keluar, kita menemukan kandang sapi yang mana sapinya sangat besar sekali. Kalau kata si bapak, ini sapinya yang disumbang SBY untuk Qurban niyh... kayak yang iya iya aja siyh nih si bapak pernah liat sapi yang di-qurban SBY. Ngarang beud dah si bapak!

Sapi besar
Kepala-kepala sapi besar
Sambil lalu, kita mau mampir ke kandang kambing untuk ngasih susu. Yang ini Nares doyan banget. Tapi agak-agak takut juga si bocah. Jadinya pegang botol susu si kambing, berduaan sama bapak dan ibunya. Sebenernya ibu juga agak ngeri sih, makanya ngasih susunya ke kambing kecil aja alias anak kambing. Hahahaaa... ternyata emang memberi contoh itu nggak mudah seperti bayangan kita, pemirsah. Setelah ngasih si kambing susu, kita pun lanjut liat kolam ikan dan kebun sayur yang siap panen. Ikannya banyak banget mana galak-galak pulak (kayaknya ikan pada kelaperan siyh, makanya sampe pada loncat-loncatan). Tapi sayang bingit, nggak sempet foto-foto kolam ikannya, gegara space di memory card udah abis duluan. 

Lucunya.... (yang mana yang lucu)

Kebon yang siap dipanen... 
Selesai sudah keliling Kuntum Farm Field and Nursery ini. Butuh waktu sekitar 2 jam saja untuk meng-khatam-kan semuanya. Enaknya sih emang datang pagi-pagi, jadi masih nggak panas. Tapi ada juga beberapa tamu lain yang sampai di lokasi pas kita mau pulang. Kalo kita siyh mendingan pagi-pagi ya... Alhamdulillah, selesai weekend dadakan kita minggu kemarin. Nares happy banget, emaknya juga happy. Apalagi bapaknya, secara modal nggak terlalu banyak, tapi anak istri happy. Hahahah... yang beginian emang perlu banget buat keluarga ya, modal happy dikit dapet happy banyak. Cuss lah bagi yang berminat silahkeun main-main ke Kuntum Farm Field Nursery. Cocok buat anak-anak yang hidup di kota dan jarang bersinggungan dengan nuansa alam (seperti Nares kayaknya). 

3 comments:

  1. ya ndak apa-apa kali sob, kalo perjalana dan pengalaman kayak gini saya malah demen dari pada blog yang bahas politiiiiikkkkk mulu.
    =========================
    pakan kelinci yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ahmad Musyrifin...,

      Hehehe... iya kali ya... kalo masalah politik sih udah banyak yang bahas dan saya kebetulan nggak ngerti perpolitikan... mendingan saya bahas yang lain dr politik ajah...

      Delete
  2. Karna Di SEKOPPoker Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 80,000
    Bonus Deposit Weekend 50,000
    Bonus Referral 20% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis)
    Daftar sekarang juga hanya di Sekop88poker.com
    sekop poker
    sekop 88
    poker 88
    poker 88 domino
    deposit via pulsa
    uang asli indonesia
    daily gift
    weekend gift
    bonus jackpot x3

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post