12.17.2013

JEKARDAH NITE MARKET

Latepost lah judulnya. Udah kapan tauk jalan ke Jakarta Night Market, baru hari gini posting di blog. Ya maklum, namanya juga baru sembuh, baru balik rawat inap, eciyeee tumbang juga niyh ye. Alhamdulillah ya Allah, masih disayang Allah, masih disuruh istirahat kan. Kurang baik apalagi coba Allah, udah capek kerja minta istirahat, ya dikasih istirahat.

Balik lagi ke acara Jakarta Night Market. Ceritanya diceritain sama adik ipar yang udah nyobain duluan ngunjungin JNM di Jl. Medan Merdeka Selatan alias depan kantor Gubernur DKI alias deket Stasiun Gambir. Nah, konsep acaranya emang model ala-ala pasar malam gitu, cuma dikemas lebih apik dan rapih lagi. Tau lah ya, pasar kaget pasar malam yang suka ada di lingkungan perumahan kita (saya banget). Yang model pasar malam *begini* lah pokoknya. Cuma kalo JNM itu tenda dan lapaknya dikoordinir profesional, mak. Pake tenda putih bagus gitu. Uhuy emang...

JNM adanya cuma setiap malam Minggu. Sabtu sore, tenda-tendanya dan panggung mulai disiapin. Jalanan ditutup. Yups, itu Jl Medan Merdeka yang sisi depan kedubes itu emang ditutup. Dua arah ditutupnya. Jadi, akses mau ke Bunderan BI dari arah Tugu Tani maupun sebaliknya ya ditutup. Jalan hanya dibuka bagi yang mau parkir ke lapangan IRTI alias parkiran Monas. 

Pertama pengen liat JNM, gagal. Hujan tak kunjung henti. Sampe pukul 21.00 masih aja hujan. Saya jelas-jelas bukan seseorang yang waterproof, apalagi Nares dan pak suami. Jadilah rencana pertama ke JNM gagal. Try next week saja, kalau rejeki emang nggak kemana kan? Lagian JNM juga tiap malem minggu bakalan ada kok. Bubar paling kalo emang udah nggak diadain aja. Itupun entah kapan tauk.

Tibalah hingga satu saat dimana ada kesempatan jalan ke JNM. Makan malem dulu lah sebelum ke JNM. Kita mampir makan di Jl Juanda alias Veteran yang searah juga sama tujuan kita. Nggak muter jauh-jauh kesana kemari yak, secara udah males sama macet dan keramaian. Mending cari yang deket ajalah. 

Masuk area JNM, parkirlah di lapangan IRTI yang banyak tukang parkir liar itu. Banyak petugas parkir tanpa pakai seragam. Nah, hati-hati nuyh yang mau parkir, mending liat-liat parkiran dulu puter-puter sekali seenggaknya. Tukang parkir syka ngece' alias kaya nipu-nipu gitu kita disuruh parkir di tempat yang dia tunjuk dan seperti memberi isyarat bahwa tempat lain udah penuh. Padahal mah ya, masih banyak banget parkiran kosong. Hati-hatilah pokoknya. Kebetulan banget, saya yang nggak langsung percaya sama tukang parkir, menemukan tempat parkir yang lebih mendekati JNM dibandingkan tadi dengan tempat yang ditawarin sama tukang parkir.
Ada tempat buat makan juga loh, tuh di belakang

Masuk area JNM, mulai liat keramaian. Ya tua ya muda ya tanggung ada semua disini. Pas kebetulan kita sampe di sana, ada Fatin X Factor lagi nyenyong dengan lagu andalannya. Nggak terlalu menarik, karena tinggi panggunggnya cuma 10cm dr lantai, jadi Fatinnya nggak bisa keliatan juga.

Menyusuri jualan yang dijajakan sama penjual di JNM ini. Yang dijual itu makanan, makanan berat maupun ringan. Segala macam jenis makanan lah pokoknya. Pempek, sate padang, sate ayam, lauk dan sayur, sampe keripik, pudding, ada semua di marih. Nasional dan internasional model sosis gitu dijual. Minuman juga gitu, mulai yang bubble tea sampe beer pletok ada dijual. Kita cuma bisa liat-liat aja, secara baru makan juga ya masa' makan lagi... #rakusbener

Selain makanan, di JNM juga ada yang jualan baju alias bahan-bahan sandang lah. Baju anak sampe baju orang dewasa. Baju perempuan dan baju laki. Baju santai dan baju formal. Baju daerah aja yang nggak ada. Baju renang juga ada. Baju jas ujan, pun ada. Komplit banget. Nggak cuma itu, tapi ada juga jualan sprei, sarung bantal, sama bed cover juga ada. Sepatu, kaos kaki, sandal pun ada. Nyahahaa... sebut aja, pasti juga ada!
Background tenda pedagang

Nah, masalah harga nih sekarang. Sepemantauan sepanjang jalan-jalan di JNM, harga yang dijual sama pedagangnya ya harga standard ITC aja kok. Misalnya niyh, baju kaos anak-anak umuran Nares, harganya sekitar Rp 35rb per biji dan beli 3 jadi Rp 100rb. Sangat standard ITC banget. Sepatu dan sandal pun begitu, nggak jauh beda sama harga ITC. Yang kocak nya donk, kita kan beli beer pletok, yang mana produsen itu beer pletok adanya deket rumah mamak mertua daerah Kedoya. Di JNM, harga jual beer pletok yang isi 1 liter, Rp 20rb. Padahal niyh, kalo di rumahnya dijual Rp 15rb aja kok. Beda Rp 5rb doang kalik?! Ya layan lah, beli dua udah bisa dapet 1 liter ndiri kan selisihnya. 

Yang beda di JNM sih ya cara bayarnya aja yang bisa pake Brizzi. Itu loh, kartu debit ala-ala flazz nya bank BCA yang tinggal tap doangan gitu. Bah, kalo harganya mahal sih ya malas juga lah...

Demikian laporan singkat mengenai JNM yang karanya pesta malam rakyat Jakarta. Nyari hiburan lain lagi ah, selain JNM...
Oleh-oleh dari JNM

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post