8.06.2013

CERITA WEANING WITH LOVE "KITA"

Nggak berasa banget deh, Nares udah 2 tahun 5 bulann (malah udah mau ke 2 tahun 6 bulan). Waktu ternyata cepet banget ya jalannya. Ehm, nggak juga sih. Itu cuma kamuflase buat saya ajah alias menghibur diri. Emang bener aja kok, bahwasanya ngurus anak itu nggak mudah dan nggak gampang ya... Apalagi semudah membalikkan telapak tangan (kaya' hompimpa alaiyum guambwreeeng). Ya, walaupun nggak sesusah nyari pembantu kok. Huahahaha... aseli susah banget kan ya, hari gini mau dapet pengasuh lebih susah daripada segalanya. Tapi ya balik lagi sih, susahnya ngurusin anak akan dibayar dengan buah yang baik kok. Liat anak yang makin pinter dan makin besar itu hilang rasa susah. Yang punya anak pasti setuju dengan statement saya yang terakhir.

Masih mimik, niiihhh...

Breastmilk


Balik lagi mau cerita tentang menyapih Nareswari, setelah selama 1,5 tahun yang cuma minum ASI (dan perjuang pumping ASI saya di sini) dan sisanya minum UHT campur ASI dan ngempeng. Akhirnya mau juga Nares lepas dari nenen. Buat beberapa ibu-ibu mungkin saat menyapih merupakan saat yang menyedihkan dan nggak tega. Buat saya pribadi, nggak gitu-gitu amat kok. Bagi saya, menyapih itu ya sekedar cuma ngelepas mimik aja. Nggak lebih dari itu. Dan itu memang sudah alamiah sekali prosesnya. Semua anak pasti merasakan itu. Yah, bisa dibilang saya nggak mau mendramatisir ini semua. Proses alami saja. Nggak sayang? Merasa ada yang hilang? Sama sekali nggak. Yah, nenen kan bukan segalanya dalam hidup kan? Masih banyak cara lain yang bisa membuat anak dan ibu lebih terikat. Etapi ya saya nggak bilang kalo nenen itu nggak nimbulin hubungan emosional dengan anak yah. Itu mah pasti ada. Tp ya bedanya, saya nggak mau mendramatisir saja. Te i ti te i ti ka. 

Dari umur 2 tahun, sebenernya proses nyapih Nares udah dimulai. Tapi masih angin-anginan. Kadang mau nyapih, kadang nggak. Tapi lebih banyak nggaknya daripada iyanya. Alhasil ya nggak berhasil. Tiap Nares minta mimik ya kasih aja. Hihihi, emang nggak niat. Kondisi ini berlangsung sampe Nares umur 2 tahun 2 bulan, di April 2013. Sedih nggak bisa nyapih Nares? Nggak kok. Santai aja. Emang belum waktunya kali. Masih enjoy jadi busui. 

Belajar dan baca-baca mengenai WWL terus berlanjut. Minta pengalaman dari temen-temen yang udah berhasil nyapih, tapi sangat disayangkan kasusnya nggak ada yang mirip Nares. Ehm maksudnya gini loh. Kalo Nares itu kan disapihnya bukan karena si mamak hamil atau mengandung adik bayi lagi. Kebanyakan dari cerita-cerita yang sudah dibaca, berhasil weaning with love karena si mamak punya adik bayi lagi. Jadi mau tak mau ya harus disapih. Baeklah... mari lanjut berjuang. Korak korek referensi, susah bener nyarinya. Tapi sempet dapet satu kesimpulan dari referensi yang udah saya baca, intinya adalah : niat untuk menyapih itu nomor hiji. 

Mei 2013, punya target bahwa setelah mudik dari Muntilan harus bisa nyapih Nares. Harus. Niat nomor satu (sesuai dengan anjuran yang dibaca di babycenter.com), bulat sudah tekad menyapih Nares. Nares itu emang kalo nggak ada mamak, udah nggak ribut cari nenen. Siang pun kalau tidur, walau ada mamak tapi nggak ribut cari nenen. Pinter sih. Tapi kalau malam mau tidur, itu dia yang "ibuuu... mimik!" Hahahaaa.... kalo nggak dikasi gimana? Wohooo, nangis guling-guling kaya kambing guling yang diputar-putar. Ya nangis ya sambil teriak sekenceng mungkin. Kaya' digebukin sama mamaknya aja. Pernah donk, ditanyain sama tetangga, itu Nares kenapa nangis kaya digebukin. Hedeuuuh, maluuu...*tutup muka pake selimut*

Oia, sebenernya salah satu cara untuk nyapih (menurut tante Winny yang telah berhasil menyapih Alden), katanya sih kasih reward buat anaknya. Misalnya anaknya suka eskrim (ini sih Nares banget), ya bilang ke anaknya kalo nggak mimik, besok di kasih eskrim. Tapi sayang banget, nggak berlaku sama Nares. Mau dikasih eskrim segentong juga nggak peduli. Mimik tetap mimik. And she is the queen and the boss. Jadi cuma bisa ngikut apa kata bu boss saja. Sayah? Saya udah biasa diperintah dan disuruh-suruh sama neng kecil itu. Aseli lah, she's the boss...

Juni 2013, mulai putar otak gimana caranya nyapih Nares. Contekan yang ada udah dilakukan, tapi sayangnya nggak mempan. Berarti mau nggak mau harus susun strategi sendiri alias cari ide sendiri alias kreatip ndiri. Jadilah nyoba pake sistem tarik ulur. Ya, prinsipnya sama kayak masa transisi yang perlu adaptasi.8
Tarik ulur misalnya begini : 
1. Hari senin mimik, kasih.
2. Hari selasa kalo minta mimik, jangan kasih. Nangis gegulingan? Biarkan. Sadis? Nggak. Ini cuma proses kok. Kalo sadis itu namanya mukulin yang nggak jelas. 
3. Hari Rabu, minta mimik? Ya bolehlah... sembari kasih pengertian. Nares udah gede, nggak usah mimik lagi. 
4. Hari Kamis, minta mimik? Nope. Nangis lagi? Ya emang, biarkan dia nangis, tapi gendong aja. Gendong sambil tenangin dan peluk erat. Bisikin hati ke hati aja, kalo ibu tetap sayang walau nggak mimikin lagi.
5. Hari seterusnya begitu selalu, dengan makin mengurangi frekuensi mimik. Tega nggak tega ya harus tega. Ini bukan masalah tega atau nggak tega, tapi lebih kepada mendidik juga. Bahwasanya apa yang diinginkan tidak harus selalu dipenuhi.

Alhamdulillah, di Juli 2013 Nares sudah nggak nenen lagi. Sebagai ganti nenen? Nares minta gendong. Hahaha, jadilah si mamak tiap dia mau tidur, minta gendong. PR baru pun hadir ya pemirsah..., nyapih gendong. Syelamaaat, syelamaaat... ahahahai, hidup memang rantai kehidupan. Satu PR selesai, masih ada PR lain menanti. Yah, namapun hidup, kalo nggak ada masalah, nggak mungkin hidup. Selesai sudah itu namanya kehidupan kalau nggak ada PR. 
Sudah nggak mimik lagiii...

Sekarang, di Agustus 2013, Nares kalo ditawarin mimik, pasti jawabnya, "nggak akh, malu..." atau "nggak akh, Ayesh udah gede..." atau "nggak bu, nggak mimik lagi...". Akh, hebat bener ini anak, akhirnya mau lepas juga dari nenen yang berkepanjangan. Satu proses sudah dilampaui, dan proses lain menanti. Bismillah, semoga lancar dengan proses-proses yang lainnya. 

No comments:

Post a Comment

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post