2.24.2016

TRIP KE SEMARANG (bagian 5) - PERJALANAN SEMARANG, DEMAK, KUDUS, JAKARTA

Yak, mari lanjutkan cerita kita liburan. Cerita pun akan berakhir di posting-an ini ya. Sudah habis masa liburannya, saatnya kembali kerja keras, kumpulin duit lagi, nyangkul lagi...

Minggu pagi, kita siap-siap pindah kota. Demak dan Kudus, tujuan terakhir perjalanan liburan kita. Jauh juga ye, perjalanan kita, Jakarta - Kudus... Hahahaha, seperti nekat tampaknya. Tapi ya nggak siy untungnya emang bisa gantian nyupir, dan semuanya hobby nyupir, jadi perjalanan kita enjoy aja... Berangkat dari Whiz Semarang, pkl 08.30 setelah sarapan, langsung menuju Demak. Perjalanan alhamdulillah lancar, karena jalanan juga cenderung bagus dan tidak ada macet. Tiba di Masjid Demak nan kesohor tersebut, pkl 09.15 dan langsung bisa parkir di depan Masjid Demak yang tepat berada di depan alun-alun Demak, lokasi Masjid berseberangan dengan Rutan Demak.

Masuk Masjid Demak, masjid yang terkenal dengan tatal alias kolomnya. Salah satu Masjid yang bersejarah, maka dari itu kita kunjungi. Disini, sebenernya nggak hanya masjid yang bisa dikunjungi, tapi ada juga museum-nya. Ada juga tempat wudhu yang bersejarah dari batu gitu, dikelilingi dengan pagar. Silahkan dieksplorasi ya... Lagi-lagi disayangkan karena nggak ada tempat jual souvenir gitu. Jadinya hilang jejak niy, perkoleksian saya. Apa boleh buat, ngunjungi Demak tanpa souvenir. Poto-poto aja deh kalao gitu. Bungkus aja. Kata kerabat saya, di alun-alun Demak ini, ada Bakso Balungan yang wajib dicoba. Saya nggak nyobain, udah keburu mau lanjut ke Kudus.

Mesjid Agung Demak

Asal mula tempat wudhu

Soko Tatal, soko guru - interior Masjid Agung Demak

Perjalanan Demak-Kudus, sekitar 40 menit saja, jalan mulus dan lancar. Sampai di Kudus, pk 11.00, kita langsung nyari Soto Ayam khas Kudus. Hahahah, di Kudus nggak ada yang namanya Soto Kudus, yaaa... Sama kayak di Tegal, nggak ada Warung Makan Tegal. Di Kudus, ada beberapa Rumah Makan Soto yang terkenal, tapi kita nyobain di Rumah Makan Soto Bu Djatmi, karena sekalian jalan menuju arah Mesjid Menara Kudus. Lokasinya di tengah kota, kok, gampang di cari, Jl. KH. Wahid Hasyim no. 43, kalau dari masuk Kudus, adanya di sebelah kanan jalan. Rame lah pokoknya.

Makan siang disini, cukup direkomendasikan. Tempat nyaman, rasa enak, pilihan makan juga banyak, harga terjangkau. Disini menyediakan soto ayam, soto kerbau (di Kudus, daging sapi nggak dipakai untuk menghormati umat Hindu pada jaman dahulu kala), ada sate paru, sate ayam kulit, tahu bakso goreng, dan lain-lainnya. Rasa mau embat semua deh pokoknya. Kita makan 2 porsi soto berikut dengan printilannya, minum juice 2 gelas, cemilan bawa pulang, total Rp 70.000. Sepenglihatan saya selama makan disini, ciri khas orang sini itu mereka kalau makan jika sudah selesai maka akan langsung bubar atau balik, nggak pakai kongko-kongko lagi. Beneran deh, datang, pesan, makan, minum, langsung pulang. Jadi nggak ada tuh, ramah tamah di rumah makan ini.

Lanjut dari makan siang, kita menuju Mesjid Menara Kudus nan kesohor. Modal aplikasi Waze, sampe juga ke tempat tujuan. Tapi nyatanya, kita nggak paham banget, disini nggak ada kawasan parkir khusus pengunjung ke Masjid. Jadilah kita masuk ke pedalaman masjid yang ternyata jalannya sempit banget. Hiks hiks, ngelawan sama becak, adooooh! Suami turun, gantian nyupirnya buat buka jalan, karena nggak bisa jalan udah diserbu sama becak. Beneraaan, nggak ada rambu dilarang mobil masuk atau harus parkir dimana buat mobil yang mau ke Masjid Menara. Rasa udah mau nangis, kejebak disini, tapi apa daya, harus keluar dari lingkaran becak ituuu, pemirsa!

Masjid Menara Kudus

Ngintip dalam Masjid Menara Kudus

Kompleks Makam

Alhamdulillah, setelah stuck 30 menit di kubangan becak, akhirnya bisa keluar juga kita. Parkir di pinggiran jalan, kata salah satu orang disitu. Maklum deh ya, kita pake plat B yang tidak paham. Mau marah, sama siapa, dan nggak guna juga. Yang penting udah nemu parkiran dan bisa jalan kaki ke komplek Mesjid Menara. Parkir di pinggir jalan ini normalnya Rp 5.000 kayaknya ya... sempet juga dimintain Rp 10.000, tapi pas mau dikasih tambah, tukang parkirnya nggak ada. Nggak rejeki dia deh. Parkir dari pinggir jalan besar sampai di tempat tujuan cukup 8 menit saja, lewat jalan senggol, area Kauman. Mau naik becak juga bisa, tapi tanggung banget. Kecuali mau keliling Kauman juga, mungkin lebih berasa.

Sampai di Mesjid Menara, kita muter-muter dulu, liat-liat sekeliling, waktu itu pkl 13.00, dan pengunjung cukup ramai. Hari Minggu dan Senin-nya tanggal merah alias Libur Nasional, jadilah ramai sekali. Mesjid Menara, emang khas sekalai di menara tersebut yang sangat bergaya Hindu. Emang bingung, ini mesjid atau pura, ya... hihihi. Keren deh! Keren dari sejarah dan arsitekturnya ya... tapi saya sendiri kecewa sama pengelolaannya yang sangat tidak bersahabat. Setelah kecewa dengan pengelolaan parkir wisata, lanjut lagi kecewa dengan fasilitas toilet dan tempat wudhu. Nggak pantas dan nggak layak banget. Jadi sedih rasanya. Iya, toilet cuma ada 2 kubikal, dan 1 titik saja. Tempat wudhu wanita, ampuuun kecil. Selesai deh perkara itu kunjungan. Kita akhirnya wudhu dan buang air kecil di rumah penduduk setempat. Bayar Rp 2.000 perak untuk buang air kecil.

Hari Minggu itu, kita nggak bisa melihat kondisi di dalam masjid seperti apa, kita hanya bisa sholat di sekitar pelataran masjid saja. Entah apa alasannya, mungkin masjid dibuka hanya untuk hari besar saja. Setelah sholat di masjid, kita bisa ngunjungi juga komplek makam Sunan Kudus. Lokasinya tepat di samping kiri Masjid Menara. Kita juga cuma intip-intip kok ke komplek makam ini, soalnya masih panas banget.

Selesai kunjungan Mesjid Menara, kita lanjut ke Hotel Griptha yang udah menanti. Udah janji sama anak-anak, sore kita berenang di hotel, jadilah kita menuju hotel untuk istirahat sejenak, sore bisa main air. Alhamdulillah, hotel bagus dan recommend deh. Tinggal makan malam aja niyh, PR kita. Untungnya, tadi perjalanan Masjid Menara ke Hotel, liat rumah Makan Lombok Idjo, yang cukup kesohor se Semarang Raya. Hahahaha... jadilah kita nyobain makan disitu. Lumayan kok rasanya, dan harganya sangat terjangkau. Silahkan dicoba untuk makan malam ketika di Kudus. E tapi ya, sebenernya kuliner Kudus ini macam-macam kok..., mulai dari soto ayam/kerbau, lentog, garang asem, sate kerbau... hihihi!

Maen Aerrr....

Okey... Senin pagi saatnya kita kembali ke Jakarta. Liburan telat usai. Kembali ke dunia nyata. Pk 09.00 kita berangkat dari Griptha Hotel menuju Jakarta. Dijadwalkan dalam perjalanan pulang, kita mampir International Batik Center dan makan siang di Kepiting Prima Pemalang. Kondisi pas balik agak padat, pkl 12.00 baru tiba di Pekalongan disambut dengan hujan lebat dan macet parah. Jadilah IBC kita skip, karena di IBC aja udah pk 13.00, kalau mau mampir IBC lagi, bisa-bisa makan di Kepiting Prima pk 15.00. Nggak apa, kalaupun mau belanja batik seadanya, di RUmah Makan Kepiting Prima ada kok sedikit ala kadarnya.

Makan di Kepiting Prima, pesen kepiting jantan, karena kepiting telurnya nggak ada. Nggak apalah. Pesen yang ada aja. Kita pesan kepiting saos prima emang handalan disitu. Pesan 2 ekor, berikut dengan cah kangkung polos, tahu dan tempe. Pesan makan disini, usahakan pesan sekali ya, jangan pakai tambahan soalnya bakalan lamaaa datengnya itu pesanan tambahan. Sekali datang aja, biar cepet. Makan disini, bagi yang bawa bayi atau anak kecil, nggak ada high chair. Siap-siap booster seat ya... pesen makan juga baiknya ditanya dulu, pedes atau nggak, soalnya cah kangkung yang kita pesen, ternyata pedeeees... Well done, makan disini, 1 ceting nasi putih, kepiting jantan saos prima 2 ekor, cah kangkung 1 porsi, tahu dan tempe goreng 1 porsi, serta teh hangat tawar, menghabiskan Rp 90.000. Murah? Relatif dah, kalo yang biasa makan kepiting di Jakarta... pasti bilangnya murah bangeeet...

Seleeesaaai... kita lanjut pulang ke Jakarta, kembali kena macet di toll Cikopo, karena semua rest area penuh dan ditutup. horeeee... perjalanan Kudus - Jakarta 15 jam saja!

1 comment:

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...