8.20.2013

PAWAI BUDAYA NUSANTARA 2013

Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia ke 68. Semoga panjang umur, semoga sehat selalu, semoga semua rakyat semakin sejahtera, semoga koruptor semakin beriman (#eh), semoga Indonesia selalu dapat memberikan perlindungan, keamanan, kenyamanan, kebahagiaan buat rakyatnya. Aamiin. Pokoknya, semoga semuanya, di tahun ke depan menjadi lebih baik dan baik lagi.

Dalam rangka menyambit (baca : menyambut) hari ulang tahun RI, pemerintah (atau pemprov saya nggak tau persis) ngadain yang namanya pawai budaya. Isinya ya pawai tentang kebudayaan Indonesia yang berisikan 33 provinsinya. Banyak bener? Emang juga, sekarang kan provinsi RI ada 33 kan, di jaman saya SD sampe SMP - jaman pak Harto - cuma belajar sampe 27 apa 28 provinsi deh. Hapal diluar kepala kalo dulu sih, berikut dengan nama ibukota provinsi. Maju ke depan satu persatu, terus dinilai deh... Weeewww, sekarang? Ya boro-boro ya buk, masih inget beberapa aja udah ai kasi applause, standing pulak.

Terakhir saya nonton pawai budaya itu tahun 1993, masih SD kelas 6. Nonton dari salah satu hotel di Jl. Thamrin yang sekarang itu hotel udah nggak ada gedungnya. Nonton sama bapak ibu gitu, secara masih anak piyik banget. Nonton dari kamar hotel, pake teropong pula. Hihihi, jadul banget sih. Eh tapi sekarang malah jadi kenangan. Makanya, pas kemaren ada pengumuman di web tentang ada pawai budaya, merengek lah sama si bapak mau nonton itu pawai. Hiburan gratesh kan? Pasti boleh kalo itu sih *kedipin mata benerin kerah baju*.

Katanya, sih, konon menurut rencana di jadwal, itu pawai budaya mau dibuka sama RI1 pukul 1400. Makanya, kita bertiga siap-siap cuss pukul 1200. Lah, pagi bener? Heheh, ya makan siang dulu donk. Jadi kan berangkatnya perlu diawalin kan? Cari makan yang deket-deket sama TKP aja, dan yang pasti yang parkirannya gampang. Sarinah kali yeee. Mau jalan kaki juga bisa ke Monas, soalnya si pawai budaya, ternyata cuma ngelilingin Monas alias jalan yang medan merdeka-merdeka gitu... Beda sama yang dulu yang sampe ke bunderan HI. Ooo, gitu toh.

Berangkat dari Sarinah, jam 1430 dan naek transJakarta mau ke Monas. Naek dari halte depan Sarinah, turun di Monas. Si bapak males bawa mobil ke TKP, karena takut susah parkir. Jam 1445 udah sampe di TKP pawai (turun di halte transJakarta Monas, dan jalanan udah mulai pada sepi sama kendaraan bermotor. Yang ramai itu malah tukang dagangan. Hhhmm..., cilok, mie ayam, bakpao, minuman, burger, gorengan, es cendol, kue pancong, itu yang mata gw memandang. Yang lainnya gak jelas dimana. Yang jelas, sampah udah mulai berhamburan. Ohw yess orang Indonesia, susah banget buang sampah di tong sampah. Padahal kalo banjir ngomel-ngomel paling keras, tapi nggak mau ikut ngejaga kebersihan. Etimpuk pake bakpao juga neih...

Waktu menunjukkan pukul 1500, jalanan makin sepi, tapi kok belum ada tanda-tanda ya? Yang ada cuma motor makin banyak parkir di pinggir jalan alias trotoar. Jyaaah, lagi-lagi kelakuan orang Indonesia, invasi trotoar. Sampe akhirnya sekitar pukul 1530 baru ada suara sirine gitu dari arah istana. Seketika orang pada bangun dari tempat duduknya, maju ke depan penasaran sama pawai-nya. Tapi setelah 3 menit, kok masih sepi-sepi aja sih? Ehyahampun yah, ternyata kita salah jalur. Wkwkwk, ya mangap. Untung belom telat. Si bapak langsung cari informasi, ndeketin apaan tauk yang jelas nyari informasi tentang pawainya lewat mana. Saya dan Nares duduk-duduk aja di pinggiran jalan dekat halte transJakarta sambil nungguin si bapak balik menjemput kami. Nggak lama si bapak datang dan ngajak kita pindah ke arah seberangnya. Dari kita yang tadinya di arah Monas - Bunderan HI, pindah ke arah sebaliknya. Pas banget kita nunggu di depan Museum Gajah. Baeklah, itu sudah keliatan pawainya.

Di depan barisan pawai, ada mobil polisi gitu, dia yang minggir-minggirin penonton dari tengah jalan. Tapi ga ngaruh juga sih akhirnya, orang penonton pada ndeketin pawainya kok. Nah... Ini dia nih, penampakan pawai-pawai itu...












Seru banget. Nonton yang kaya' begini jarang adanya, bener-bener langka. Bajunya bagus-bagus. Kostumnya meriah. Seneng banget ngeliatnya. Nah, kalo masalah muka... Hihihi, beragam adanya. Yang cantik ada, yang ganteng ada, yang standard ada, yang jelek alhamdulillah nggak ada. Ya iya dooonk, kan semua ciptaan Allah SWT itu cakep-cakep, kan? Ember, secara saya yah... Yang jelek aja nggak bisa bikinnya, apalagi yang cakep.

Pawai dari beberapa propinsi udah lewat. Yang ditunggu sih sebenernya cuma jawa Tengah, Kalimantan barat, dan Kalimantan Selatan. Tapi sayangnya nggak kebagian yang Kalimantan Selatan, soalnya udah kesorean. Yah, mulainya aja telat kok... Makanya kesorean deh. Pukul 1720 si bapak ngajakin cuss balik ke arah Sarinah. Takut kemaleman. Yah, tapi alhamdulillah kok, sudah kebagian banyak yang dilihat.

Saatnya pulang dan memperhatikan sampah-sampah yang berserakan. Hedeeeuh, padahal lagi bangga-bangganya sama Indonesia, budayanya segambreng-gambreng, kekayaan alamnya segunung-gunung. Indonesia negara yang kaya, tapi saya banget orang-orangnya nggak bisa menjaga. Akh ya sutra lah hai, saya cuma mau cerita tentang pawai kok di postingan ini... Masalah orang Indonesia tadi, abaikan saja.

Oiya, satu lagi... semua gambar diambil pake Samsung Galaxy Note 2 yang ternyata hasilnya nggak kalah sama Lumix. Pengen beli DSLR atau mirrorless, belum dapet approval, makanya pake yang ada ajah...

2 comments:

  1. Itu yang sulawesi utara sebenernya Kontingen Maluku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahah... iyayah? Maafkeuuun.... terima kasih sudah main kesini ya...

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post