6.28.2012

SINETRON oh SINETRON


Punya suami yang kerja di dunie pertelevisian itu asik. Kenapa saya bilang asik? Soalnya kadang-kadang kita bisa dapet bocoran acara tv yang mau tayang. Hahaha, tapi hanya buat konsumsi pribadi, nggak boleh disebar luasin lagi. Rahasia, katanya. Jiyh, rahasia kok dibagi sama istrinya. Yah iya donk, kan suami istri harus share informasi. Yahelaaah, nggak jelas degh bahasannya. Nah, balik lagi ke duni pertelevesian (ini kok intronya nggak nyambung sih?). Sebenernya kali ini saya pengen banget ngebahasa tentang sinetron. Yak, sinetron itu loh, yang suka disiarin di tv-tv komersial kaya RCTI, SCTV, Indosiar, Trans (gak punya sinetron kayanya), dll. Kenapa sih sama sinetron? Ya pengen aja saya bahas sinetron.

Sinetron itu kan kepanjangan dari sinema elektronik ya, kalo nggak salah saya ingetnya begitu. Dan kalo nggak salah saya inget pula, sebenernya sinetron itu ya nyontek-nyontek telenovela dari negara Latin sana. Masih inget nggak, jamannya Maria Mercedes itu? (Buat  yang lahir di tahun 90-an, pasti nggak ngerti telenovela ini degh, jamin saya. Lha wong mereka masih piyik-piyik.) Ehm, terus ada si Rosalinda, Cassandra si perempuan bohemian itu, Betty Lafea yang perempuan buruk rupa tapi akhirnya jadi cantik, Marimar yang pake “aww…” di original soundtracknya, dan banyak lagi yang sudah saya lupa akan judulnya. Yasudahlah, lagian juga saya nggak pengen bahas tentang telenovela. Wong saya mau bahas sinetron. Sinetron Indonesia.

Kalo nggak saya salah inget juga, sinetron ini ada karena untuk menggantikan si keberadaan telenovela yang udah mulai membosankan. Atau mungkin juga karena biaya impornya mahal ya? Belum lagi rempong mesti dubbing segala kan? Lah, dulu sebelum jamannya telenovela itu ya, siaran di televisi mah pake film alias movie gitu lho. Yah, saya sih nggak tau film-film apa aja yang beredar di tv, soalnya pas saya masih kecil, kota tempat saya tinggal itu nggak nyiarin TVRI, jadi saya nggak nonton siarannya. (Wahahah, tinggal dimana kah saya? Hutaaaan). Mungkin makin kesini, film Indonesia mahal di ongkos produksi, jadinya ya bandar bangkrut dan pada akhirnya tinggallah film esek-esek. Nah kan, jadi salah deh kalo produksi film esek-esek itu. Protes, booo. Untung aja jaman itu belum ada FPI. Nggak diserbu degh. Film Indonesia berkualitas berhenti, ganti film esek-esek. Film esek-esek ditolak, ganti telenovela. Telenovela udah nggak up to date, ganti sinetron. Dan drama pun dimulai…

Sinetron awal-awal yang beredar yang saya inget tuh ya, sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Yang maen Rano Karno, Cornelia Agatha, Aminah Cendrakasih, Alm. Benyamin, Mandra, dan lain-lainnya yang kalo disebut disini ya kepanjangan juga. Sinetron ini termasuk sinetron favorit saya, lho. Termasuk saya yang kalo ngelewatin episode ini tuh rasanya gimanaaa gitu. Yahilah, lebay. Bener degh, abisnya ini sinetron yang nggak abis dimakan jaman. Kemaren sempat di putar lagi sama RCTI. Masih seneng aja tuh, saya nontonnya.

Si Doel Anak Sekolahan
Lanjut lagi nih, sinetron yang beredar yang cukup mengingat di hati saya tuh sinetron Tersanjung. Huahaha, ini sinetron yang paling dahsyat sepanjang dunia persinetronan kayanya. Nggak tau degh tuh ya, episodenya sampe berapa dan kebagian sampe berapa sessi. Kalo nggak salah inget sih, sampe Tersanjung 13. Hoalaaah, itu ceritanya udah kemana-mana, ngalor ngidul nggak jelas juntrungannya. Dari saya yang awalnya nonton sampe eneg. Eh, gini-gini saya dulu seneng sinetron lho. Soalnya belum bisa ke bioskop dan nggak ada film pilihan lainnya yang bisa ditonton. Jadilah itu sinetron di pantengin. Yah, nggak apa-apalah sinetron pun di tonton, gratesh ini. Kalo bosen juga palingan matiin tv.

Nah, sinetron berikutnya yang saya inget itu Cinta Fitri. Wkwkwk, kalo yang ini nggak akan saya review panjang lebar. Soalnya kalo sinetron ini saya bener-bener nggak ngikutin. Aseli, dari baca judulnya aja saya udah nggak suka. Nggak tau kenapa dan jangan ditanya kenapa (karena pasti saya nggak bisa jawab), pokoknya saya nggak suka sama Cinta Fitri.

Sebenernya sih masih banyak tuh ya, sinetron-sinetron yang booming di peradaban pertelevisian, tapi ya gimana ya, soalnya saya nggak ngikutin banget sih. Males. Kenapa males? Naaah, ini yang saya bisa jawab panjang lebar kenapa saya males nonton sinetron. Marilah kita review, kenapa saya males nonton sinetron Indonesia ini.


Pertama,

Sinetron Indonesia itu theme-nya nggak jauh dari keributan dan perebutan pasangan. Perhatiin aja lah, semuanya juga tipikal begitu. Alur ceritanya pasti degh, ada si A yang mau jadi pacar atau istri si B karena si B kaya ganteng dan baik hati (sinetron banget lah pokoknya, mimpi!). Nanti, si C pengen juga sama si B. Jadilah cinta segitiga. Nah, lucunya si B ini malah jatuh cinta sama si D. Aiyh gila matek, ribet amat yak, ceritanya? Bolak balik muter sana sini sono. Belum lagi nanti yang nggak boleh sama si orang tua si D karena bapaknya si B itu musuhan sama bapaknya si D. Padahal si B dan si D sama-sama suka. Meuni riweuh. Pusing dah ngikutinnya. Makanya nggak usah ngikutin.


Kedua,

Theme selanjutnya yang bisa ditebak adalah pamer harta. Yah, ini hal kedua yang nggak saya sukain dari sinetron Indonesia. Kalo tampil di layar, ceritanya orang kaya melulu. Rumah ala bangunan Yunani ber-pantheon, tangga melingkar dengan alas karpet Turki dan hand railing stainless stell, washtafle dari marble, kursi makan kayu jati ukir untuk kapasitas 16 orang (padahal cuma diisi sama 4 orang), mobil mewah ala menteri (tapi yang make anaknya), parkiran mobil untuk 8 mobil, padahal cuma ada 2 mobil, dan lain-lain lah, yang jor-joran. Bukannya saya sirik ya, tapi kalo saya ngeliatnya kan negara Indonesia ini negara berkembang, dimana tingkat kemiskinan masih tinggi, masih banyak yang kelaperan, masih banyak yang susah bayar obat kalo sakit, susah yang buat masukin anaknya ke sekolah, tapi kok ya disuguhkan sama hal-hal yang mewah-mewah gitu sih? Ini kan kontroversial banget. Aseli, bagaikan langit sama bumi. Jauuuuuh banget kenyataannya. Mbok ya kalo bikin sinetron itu, settingannya yang biasa-biasa aja. Emang nggak bisa ya, shooting di lokasi perumahan kompleks yang biasa-biasa aja gitu? Atau mungkin sekalian di pemukiman kumuh? Nggak usah jauh-jauh lah ke bantar Gebang, nih di seputara Karet Belakang, Kuningan, Jakarta Selatan, juga masih banyak yang kumuh-kumuh. Tuh, liat aja film documenter yang tukang sampah di Inggris jadi tukang sampah di Jakarta. Itu baru bener, potret Jakarta kita (kita? Situ kali’…)

Nah ada lagi di sinetron entah apalah namanya itu, sekelompok anak SMA yang masih pake seragam putih dan abu-abu kok ya pada bawa mobil mewah? Nggak tanggung-tanggung, bawaannya Mercedes yang cabriolet(itu lho, mobil yang kap atasnya bisa dibuka). Oh nooo, aje gile, anak SMA udah bawa barang seharga itu yang jelas-jelas nggak mungkin dia beli sendiri alias punya orang tuanya? Ampuun degh, nggak heran kan, kalo banyak anak sekolah sekarang yang stress pengen jadi orang kaya raya, karena liat sinetron. Stress sendiri karena orang tuanya nggak mampu, tapi anaknya maksain pengen exist? Yahilaaah, dunia apa ini sinetron? Palsu!


Ketiga,

Yang ini juga pasti nggak luput degh, dari theme sinetron orang Indonesia. Tahta. Rebutan tahta dan jabatan lah pokoknya. Sikut menyikut, halal jadi haram eh kebalik, haram jadi halal maksudnya. Belum lagi intrik-intrik yang enggak masuk akal tapi dibikin jadi alur cerita. Yahilah ampuuun, entah apa-apa aja lah yang ada di otak si penulis naskah itu? (ehm, bener nggak sih, yang bikin cerita tuh si penulis naskah? Kalo salah ya mangap, sapa dah, yang bikin cerita?). Rebutan jabatan nih yah, di kantor nanti ceritanya tuh si A disukain sama si boss dan si A mau naik jabatan, terus si B nanti cemburu dan pokoknya berusaha sekuat tenaga segenap jiwa raga untuk nyingkirin si A biar si B yang dapet posisinya. Mau caranya gimana juga, yang penting itu jabatannya ada di tangan si B. Ohh Tuhaaan, beginikah selalu kelakuan orang-orang di kantor? Emang sih ada yang ambisi, tapi kan nggak semuanya bercara begitu. Masih banyak kok yang bersaing secara sehat. Lagipula kayanya jalan yang ditempuh nggak se-extreme itu degh, sampe kadang-kadang mau maen bunuh membunuh. Lha, dipikir ngilangin nyawa orang itu baik dan boleh kali ya? Baca tuh ayat suci. Dimana-mana agama ngelarang saling bunuh-membunuh.


Keempat,

Nah, ini nih. Paling seneng sinetron orang Indonesia itu cerita tentang rebutan harta. Haish, kaya’ yang iya-iya gitu, rebutan harta melolooo. Capek ngeliatnya (makanya kan dari tadi saya bilang, saya nggak nonton, xixixi). Mending kalo nggak sebersaudara. Lha ini, udah satu keluarga, rebutan harta si bapak. Lha mending kalo bapak kandungnya. Ini udah bapak tiri, anaknya anak angkat, masih pula rebutan harta. Wkwkwk, please degh ya booo, ya kalo anak angkat mah sadar diri aja kaleee, nggak usah ngarepin amat-amat gitu. Kecuali kalo emang udah dapet wasiat dari bapak tiri yeaaah. Dibagi ya syukur, nggak dibagi ya nggak rejekimu. Lagian harta itu bukan segala-galanya kok. Harta pan bisa dicari yak? Dikumpulin. Ntar dibelanjain lagi. Yang pasti, harta-harta itu nggak dibawa mokat kok.


Kelima,

Settingan pemain yang nggak banget. Entah apalah ini namanya. Intinya saya mau bilang, settingan pemain sinetron Indonesia itu nggak banget. Misalnya gini nih, ada cerita sekeluarga. Si anak umur 15 tahun yang sekolahnya sekitar SMP. Nah, emaknya itu diperankan sama artis yang umurnya 30an. Lah, emang umur 15 tahun si emak udah nikah ya? Hidup di jaman apa, mak? Umur 30 tahun tapi anak udah 15 tahun? Mbok ya itu si emak, walaupun diperankan sama artis yang umurnya 30an, tapi mbok ya dandanin kek umur 40an gitu. Jadi settingannya masih natural gitu lho. Lah, ini nggak. Makanya dah, males lah nongton sinetron. Eh, belum lagi ya, itu cerita nenek-nenek. Lah, nenek-nenek kok masih muda? Umur 40an gitu? Jadi inget bokap yang kalo iseng di rumah terus ikutan nonton sinetron. Kejadan deh, pembicaraan gini sama ibu saya:

Bapak : “itu siapanya si X, bu?”
Ibu : “Itu neneknya si X”
Bapak : “Lah, anaknya yang mana?”
Ibu : “Tuh yang tadi, yang pake baju warna merah”
Bapak : “Masa’ nenek muda amat? Belum ubanan? Belum Keriput? Mana itu cucunya udah gede pula?”
Ibu : “yah, pak, namanya juga sinetron…” *si ibu males jelasin panjang lebar.

Hahaha, liat kan, betapa settingan umur-umur pemain itu nggak realistis banget? Emang susah ya? Ngedandanin orang biar keliatan seusia yang sepantasnya? Yang canggih donk, kalo make-up artis.


Keenam,

Lebay bin over acting. Nah, ini yang bikin kenapa saya makin males lagi nonton sinetron Indonesia. Aseli, acting-acting si pemain sinetron itu suka lebay alias berlebihan alias jadinya norak. Kebayang degh, di dalam sinetron Indonesia, pasti ada adegan marah-marah yang belingsatan kesurupan gitu. Yahilaaah, marah sih marah, tapi kan nggak mesti pake menyong-menyong gitu mulutnya. Nggak perlu juga pake tarik urat sama matanya mau lepas copot jatoh gitu. Sepanjang hidup saya juga, bapak saya tuh kalo marah nggak pernah tarik urat gitu. Marah mah cuma dari perkataannya aja. Ekspresi sih ya ekspresi, tapi jangan lebay ngapah? Sampe teriak-teriak sekampung denger. Nah, yang kaya gini nih, jadi dicontoh sama anak-anak. Nggak bagus banget kan? Kalo di keluarga saya, teriak itu hal yang tabu bin saru. Bukan apa-apa ya, orang lain yang denger kan jadi berisik. Iye kalo mau bantuin ngeredain masalah, lah kalo makin tambah jadi masalah? Berisik, berisssiiiiik…


Ketujuh,

Nggak-nya sinetron lagi nih. Jalan cerita ngikutin cerita dari luar alias nyontek cerita. Whooops, sepanjang emang yang saya perhatikan ya, kebanyakan sinetron kita tuh ide ceritanya tuh ya, nyontek atau mengadaptasi cerita drama dari luar negeri. Mao dari Amerika Eropa kek, dari Korea kek, dari India kek, pokoknya dari mana-mana. Yang penting nyontek! Masih inget nggak, jaman-jamannya serial dari Korea yang booming di Indonesia, Meteor Garden, terus nggak lama keluar degh, sinetron versi Indonesia ala Meteor Garden. Ynag mainin itu Leonnie, Jonathan Frizzy, Roger Danuarta, ama siapa lagi degh tuh? Hish, nggak kreatif banget mau bikin sinetron kok pake nyontek? Perasaan penulis-penulis di Indonesia banyak yang bagus-bagus degh. Kan dari novelnya bisa diangkat ke sinetron? Ngapain juga jadi copy cat gitu? Enggak pede ya?

Sinetron neeeh...

Dah, cukup segitu dulu review sinetron dari saya. Saya sih bukan sineas, bukan juga orang yang berkecimpung di industri sinetron. Review-an saya murni dari segi penonton yang akhirnya malas nonton sinetron. Masih bersyukur aja comment nggak disuruh bayar. Mumpung comment itu gratisan, saya mau comment saja. Ehm, buat yang mau nambahin “minus”nya sinetron, share disini dooonk. Ayo kita ulik lagi, anehnya sinetron Indonesia.

*Semua pics adalah nyomot dari google

2 comments:

  1. bener mbak, dari duluuu aku gak suka banget sama sinetron. lebay, alay begono hihihihi. dan minusnya lagi durasinya yang kepanjangannnn, masak sampek ratusan episode ngikutin rating, padahal kalo dibuat seperti drama korea kan seru, kalo kangen tinggal puter lagi dvdnya. kalau saya lebih senang nonton ftv aja, langsung selesai, ceritanya pun lebih natural dan gak dibuat-buat. moga reviewnya dibaca sama sutradara sinetron ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Maria,

      Hehehe... ya gitu degh. Emang yah, drama Korea itu lebih menyenangkan. Ceritanya beralur yang jelas. Nggak pake ngamuk2. Orangnya lebih sopan2 (padahal orang Indonesia terkenal sopan2, tapi mana ya?). Bajunya juga bagus2 (kalo yang drama klasik). Pusing saya juga, ngeliat sinetron Indonesia. Sekarang sih masih mending ada Tukang Bubur Naik Haji, ceritanya agak merakyat, tapi ada segmen2 juga sih, yang lebay.

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post