6.22.2012

MANAGEMENT ASIP di FREEZER


ASI lagi, ASI lagi… Postingan di blog-nya Mona banyakan tentang ASI dan MPASI bocil sih? Biarin dah, namanya juga bagi-bagi pengalaman. Kali-kali aja ada yang butuhin, kan jadi malah berguna. Iya toh? Iya kan? Iya nggak? Iya aja lah. Walaupun aktivitas ini sudah lama saya lakukan (sejak Nares umur 1 bulan dan sekarang udah 16 bulan dirinya), tapi masih update donk yah...

Kali ini Mona mau share gimana caranya nyusun botol dan kantong ASIP di dalam freezer

Nah, emak-emak yang niat kasih ASIX untuk anaknya, apalagi yang harus balik kerja setelah cuti lahiran 3 bulan habis, pasti cecarian degh, gimana biar anaknya tetap bisa minum ASI. Perah donk? Yes bener banget. Simpen donk, di kulkas? Pastinya biar nggak basi. Nah, nyimpennya gimana? Tau sendiri kan, perahan yang awal-awal diperah, harus dikasihin duluan ke bayinya. Secara umur ASIP ada waktunya. Beda lho, masa ASIP yang di simpen di kulkas 1 pintu, 2 pintu dan deep freezer. Setau Mona sih kalo kulkas 1 pintu, 2 minggu. Kulkas 2 pintu, 3 bulan dan deep freezer bisa sampe 6 bulan. Lebih detail silahkan googling yak...?

Nah, gimana sih, cara simpen ASIP yang enak (enak versi Mona) di dalam freezer? Kalo versinya Mona, step-step nyimpen ASIP yang nyaman sih gini nih…


1 - Catat tanggal perah, jam perah dan isi botol tersebut (berapa ml)

Guna mencatat tanggal dan jam perah adalah ya biar kita tau kapan masa diperahnya itu ASIP. Jadi, kalo pas nyusun botol/kantong ASIP di freezer, kita tau yang mana yang harus disusun duluan. Lah kalo catatan ml-nya buat apa? Buat sekedar tau aja, seharian itu sia adek minum berapa ml. Beli sticker yang label itu loh, yang suka adanya merk Tom Jerry. Tapi beli yang ukurannya kecil aja, asal muat buat nyatet tanggal, jam dan isi botol. Jangan yang segede gaban, soalnya bersihinnya repot. Kan kudu rendam dulu baru dikeletekin (kebayang kalo gede stickernya yang gedenya buat nama di undangan kawinan). Yang Mona pake buat label di botol ASIP cuma sticker yang ukurannya 1cm x 1,2cm (kurang lebih lah). Nah, terus kira-kira nulisnya begini (dibawah ya gambarnya). Simpel kaaan...?

tulisan di label botol ASIP


2 – Masukin botol-botol kaca tersebut ke dalam freezer dengan step seperti yang ada di gambar ini

Mulai dari masukin botol ke rak yang paling atas sisi paling kanan (hmm, kiri juga boleh kok). Pokoknya, prinsipnya itu yang duluan di perah, taroh di paling depan. Trus susun deh botol ke belakang. Kalo belakang udah mentok, ya silahkan mulai susun lagi ke bagian depan tapi sisi sampingnya. Hmmm, penampakannya kira-kira kaya' gini :
Susun botol ASIP dari paling depan
Susun botol ASIP ke bawah

3 - Kalo botol udah penuh di freezer, tambah dengan kantong plastik ASIP

Alhamdulillah, satu persatu botol ASIP penuh di freezer. Mulai dari yang ngumpulin 1 botol, 11 botol, sampe akhirnya sekitar 90 botol. Tadinya mau udahan nggak meres lagi, tetapi dengan saran dan idea temen dan emak-emak di group ASI, tetap harus perah. kalo nggak di perah, bisa-bisa produksinya nurun. Kalo perlu bisa pake kantong plastik ASIP. Mareee, beli kanting plastik ASIP. Mahal sih, ketimbang botol kaca. Tapi demi nampung ASIP, jadilah beli. Itupun beli yang dengan harga paling murah. NATUR breast milk storage (bukan promosi ya, tapi ini emang kantong ASIP yang paling murcee). Yang paling murah dengan kualitas standard. Browsing sana sini di google, dapet juga lah yang harganya masuk di kantong. InsyaaAllah aman terpecaya dan terkendali.

Nah, nyusun si kantong plastik ASIP ini juga rada bingung awalnya. Soalnya kan tempat di freezer cuma bisa disempil-sempil gitu. Awalnya sih bisa Mona sempil-sempilin, tapi nggak tahan sama berantakannya itu lho. Yang ada, si kantong-kantong malah jadi kek nyumpek-nyumpekin freezer. Akhirnya Mona bikin alas kotak buat naroh si kantong-kantong ASIP itu degh. Bahannya beli di Gramedia, namanya impraboard. Potong sesuai dengan ukuran kulkas, bentuk kaya baki gitu, solasi degh. Jadi! Hehehe, soalnya kalo beli, ukurannya baki plastik itu nggak ada. 

Tips berikutnya adalah gimana cara supaya si kantong itu menjadi sekecil mungkin di freezer alias nggak makan tempat. Mona nyiasatinnya adalah dengan menidurkan posisi si kantong ASIP pada waktu dia masuk freezer. Isi di kantong juga jangan penuh-penuh banget yah. Mona sih paling tiap kantong itu isinya 100ml. Paling banyak juga 120ml. Intinya buat sekali minum aja sih. Jangan lupa, udara yang di kantong ASIP usahakan dibuang yah? Jadi nggak ada udara di dalam kantong ASIP itu. Ya, andaikan pun ada, palingan sedikit banget. Caranya? Kalo udah numpahin ASIP ke kantong plastik ASIP, trus itu ASIPnya dipencet sampe ke atas, sampe ASIPnya nyentuk mulut seal si kantong plastik. Jadi, nyegel kantong secepat mungkin setelah si ASIP kita pencet di bagian atas. 

Kira-kira cara naro kantong plastik ASIP pas mau dibekuin, posisinya begini:

posisi tidur kantong ASIP (pic taken form here)


4 - Susunan kantong plastik ASIP di freezer

Gini nih, cara nyusunnya di freezer. Masukin kantong plastik ASIP yang udah gepeng-gepeng itu di kotak tempat nyimpen batu es, bisa mulai dari kanan juga. Susun yang paling kanan untuk yang duluan di perah. Kalo udah penuh, turun lagi ke bawah, dan seterusnya begitu. Mau nyusun dari kiri juga boleh sih. Tapi ya karena tadi yang botol Mona nyimpen mulai dari kanan, ya nyusun kantong ASIP ini juga Mona mulai dari kanan degh...

Susun kantong ASIP di freezer
Susun kantong ASIP di freezer (2)
Susun kantong ASIP di freezer (3)


Selesai degh acara susun menyusun ASIP di freezer. Gampang bin mudah alias gancil kan? Iya banget kalo kata Mona sih. Alhamdulillah, dengan metode nyusun ASIP ini, Mona gampang banget ngambil-ngambil ASIP itu. Udah tau aja gitu, flow ngambil botol dan kantong harus mulai dari mana. 

Kalo gitu, cara ngambilnya mulai dari mana dong? Ya dari awal yang mula-mula tempat kita nyimpen botol yang pertama tadi donk. Kan yang duluan masuk, duluan dipake. First In First Out (FIFO). 

Baiklaaah, semoga sharing ini bermanfaat. Selamat menabung ASIP. 

16 comments:

  1. wah rapih banget nyusunnya mba...asinya banyak skali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fitri,

      Heheheh, iya harus rapih mba, biar ngambilnya nggak bingung. Kalo dibilang banyak sih ya nggak terlalu, tapi alhamdulillah cukup untuk anak saya. Ada beberapa ibu ibu lain yang lebih banyak dari ini lho, mba...

      Makasih sudah mampir ke blog saya.... :) Salam kenal ya mba.

      Delete
  2. umur 16 bulan stoknya masih banyak banget mbak mona? Sehari merah masih bisa dapat berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Marliyans,

      Bukan mba, ini stock waktu masih umur 5-6bulanan. Sekarang umur 17 bulan, tinggal 40botol saja, itupun isinya nggak penuh.

      Delete
    2. ngeboost asinya pakai apa mbak mona? Sekarang sehari dapat berapa? Anakku masih 11m7d stok ASI tinggal 30, hiks..

      Delete
    3. Aku sekarang udah nggak pumping lagi, mba. Hehehe, malaaas sekaleh. Soalnya Nares juga aku kenalin sama UHT. Terakhir aku pumping umur Nares 16 bulan. Sekarang aku tinggal mengais-ngais sisa-sisa perjuangan kemaren.

      Coba minum air putih yang banyak, mba. Makan sayur. Senang-senang, jangan stress yah.

      Delete
    4. baiklah, makasih infonya ya mbak mona..:)

      Delete
  3. Wah keren banget mb..inilah yang aku cari...heuheu... pengennya sih ruang sempilannya diisi ASIP beku di kantong Natur juga. Tapi apa daya PLN disini tidak bersahabat. jadinya kupakai buat naruh icegel dan es batu agar gak langsung mencair ASIPnya pas mati lampu.

    Btw kalau punyaku FIFO nya dari kiri yg pertama...tp sama aja ya...
    mbak kalau dah diambil beberapa botol lalu digeser2 lagi ya biar tetep urut FIFO? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Taraputri,

      Terima kasih sudah mampir di blog aku ya... :) senang bisa dikunjungi sama mba Taraputri.

      Waduh, sayang bener ya, itu PLN nggak sopan. Nggak tau apa ya, ASIP itu nyawa anak kita. Sabar ya mba...

      Sama aja, mba... Mau dari kiri atau kanan, sama aja. Kan penting prinsipnya yang dipakai. Aku nggak geser2 botol, mba. Jadi, yang kosong, aku isi kembali sesuai dengan urutannya. Tinggal ngambilnya aja yang berjalan. Ngurut gitu jadinya... :) Capek juga kalo harus geser2 botol. Dulu iya, begitu, trus aku diajarin suami aku, nggak perlu geser2, tapi kita ambilnya yang mengular sesuai dengan yang kita urutkan... (ngerti nggak ya, ini bahasanya aku bingung)

      Delete
  4. Mohon info merk dan tipe freezernya,dan tahan berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sekarang pakai kulkas khusus freezer, 4 rak, Sanyo... type-nya kurang paham deh... ahahahaa.. Tahan apanya, nih?

      Delete
  5. Bun kalo asi q dah telanjur 1 bln dikulkas 1 pintu,dlu q tau nya 3 bln diprizer dan q pikir sm aja tiap kulkas, masak haruz q buang? Jumlahy 30 kantong, 17 botol kaca, sayang bgt kan kalo dibuang?

    ReplyDelete
  6. Bun kalo asi q dah telanjur 1 bln dikulkas 1 pintu,dlu q tau nya 3 bln diprizer dan q pikir sm aja tiap kulkas, masak haruz q buang? Jumlahy 30 kantong, 17 botol kaca, sayang bgt kan kalo dibuang?

    ReplyDelete
  7. Kalo menurut saya jangan dibuang mba... coba aja dulu kasih ke baby-nya... kalau pun udah basi, pasti dia nggak mau minum...

    ReplyDelete
  8. hai mba mona, salam kenal yaa, thanks informasinya berharga sekali, kebetulan saya bingung menyusun asi di dlm freezer, setelah penuh pernah saya coba defrost ternyata urutannya malah berantakan..

    kalau boleh tau untuk impraboard yg sudah dibuat baki itu ukuran brp cm x brp cm ?? trus impraboard yg di Gramedia Mbak Mona biasanya beli yg ukuran brp cm ?

    Mohon informasinya yaah Mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran impraboard yang beli di gramedia itu sih ukurannya standard mereka, mba. Kayaknya sekitar 60cm x 90cm (nggak tau persis-nya). Nanti untuk ukuran baki impraboard-nya tinggal menyesuaikan dengan ukuran kulkas kita aja mba. Soalnya ukuran kulkas kita ukurannya beda-beda.

      Saran saya untuk beres2in ASIP yang berbunga es, coba mampir ke blog saya tentang bersihkan bunga es di freezer ASIP ya mba... http://anggianirifani.blogspot.co.id/2015/03/tips-membersihkan-freezer-asip.html

      Terima kasih.

      Delete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post