10.19.2011

C - I - J - O - Q - U - X - Y

Suka pada jalan-jalan kan? Nggak mungkin kalo nggak degh ya... Pasti suka liat kendaraan yang wara-wiri di sekitaran kita. Nah, kadang mata kita suka tertuju sama kode plat kendaraan yang terpampang di depan atau belakang kendaraan itu. Nggak tau kenapa, saya suka sekali melihat plat-plat nomor kendaraan yang lewat. Apalagi kalo udah kendaraan luar Jakarta, yang platnya bukan berawalan huruf ‘B’. Kadang suka maen tebak-tebakan sama suami, itu kendaraan dari daerah mana. Hihihi, biar kata suami saya background pendidikannya ilmu sosial dan saya lebih ke tehnik, tapi ternyata suami nggak banyak tau (lebih tepatnya hafal) kode plat kendaraan bermotor daerah-daerah di Indonesia. Saya sendiri juga nggak hafal semua, tapi yaaa masih lebih baik dari suami saya. :)


Contoh plat kendaraan bermotor di Indonesia (nyomot dimarih)

Sebenernya sih yang rajin ngapalin itu ibu dan bapakku. Jadi kalo dulu aku masih sekolah, pas jalan-jalan ada plat mobil luar kota, aku suka ditanyain sama mereka. Walhasil, kalo nggak bisa jawab, suka dibilang malas membaca. Ugh, bukan males mbaca bu, tapi emang di sekolah nggak ada pelajaran beginian. Udah nggak jamannya kali ya, ngapalin plat nomor kendaraan luar Jakarta.

Nah, nggak tau kenapa, kok saya pengen banget ya, ngebaca semua huruf awalan plat nomor kendaraan dari Polisi. Sekalian degh, saya taroh di blog saya. Kali-kali aja juga ada yng butuh, jadi bisa tau. Ini nih, hasil-hasil browsing-an, ternyata plat-plat nomor kendaraan daerah adalah sebagai berikut (setelah propinsi Indonesia ditambah jumlahnya, plat nomor kendaraan juga nambah kodenya):

Daftar Plat Kendaraan Bermotor di Indonesia

Wah, banyak gitu pasti repot ngapalinnya degh ya (sapa juga yang ngeharusin untuk hapal?). Tapi ada triknya untuk ngapalin beberapa plat-plat kendaraan tersebut, lho. 


Misalnya...
BG : palemBanG [Sumatera Selatan]
BH : jamBHi [Jambi]
BK : BataK [Sumatera Utara]
B : Batavia [Jakarta]


Hahaha, itu sih cara yang diajarin emak saya waktu saya masih sekolah dulu. Biar gampang, nginget harus begitu. Tapi yaudahlah, sekarang sih mungkin ngga perlu lagi ngapalin begituan. Orang udah nggak sekolah lagi kok. Palingan nanti buat pelajaran dek Nares saja. Lumayan yah, ngapalin plat kendaraan sebanyak itu. Ngapalin propinsi di Indonesia aja sekarang susah. Soalnya udah jadi 35 propinsi. Dulu mah jaman saya sekolath, cuma ada 27 propinsi. 

Peta Indonesia dengan 35 proponsi (nyomotnya dari sini)

Oia, yang nggak ada hurufnya cuma C - I - J - O - Q - U - X - Y, seperti judul di atas. Kalau kata bapakku, emang I dan O biasanya jarang digunakan untuk kode. Soalnya mereka mirip dengan 1 dan 0 (nol). Nah kalo yang lainnya kenapa nggak dipake, saya juga kurang mengerti degh. Terus ada satu info lagi nih dari bapak saya. Kata beliau, pembagian wilayah kendaraan bermotor tersebut berdasarkan wilayah karesidenan jaman Belanda punya yang dipake sampe sekarang. Karesidenan itu sendiri wilayah yang terdiri dari beberapa kabupaten. Nah, buat lengkapnya coba cari di Wikipedia, Karesidenan


Nah, demikian akhirnya cerita tentang plat kendaraan bermotor di Indonesia, ya sodara-sodaraaa.... Semoga ada manfaatnya. Jadi kalo besok di jalan nemu plat kendaraan bermotor yang aneh-aneh, bisa liat disindang ya booo....

2 comments:

  1. Gw jadi ingat waktu SD. BA itu Banyak Ayam (di Bukittinggi banyak ayam. berarti ini plat Sumatera Barat). Kalau BK (Banyak Kondik), nah kalau yang banyak kondik alias babi itu di Sumatera Utara. BH itu Banyak Hantu (itu di Jambi karena kalau lewat jalur darat, selalu serem lewat propinsi ini. karena gelap. Hehehe). Bener kan mbak Mon? Cara mudah menghapal plat nomor. Wah, mbak mon keren tulisan2nya.

    ReplyDelete
  2. Ad, kalo versi nyokap eike... BA : Banyak Ajo...
    hahaha.... ada banyak versi emang, mau ngapalinnya gimana.

    Makasih ya Ad, tulisan hanya tulisan kok.... seneng aja cerita2, jadi bisa bagi2 pengalaman...

    ReplyDelete

KURIKULUM SD KINI... JAHARA DEH...

Buat ibu-ibu yang selalu mendampingi anak-anaknya belajar, pasti paham banget kalau materi pelajaran sekarang ini berat sekali. Ehm, apa ja...

Popular Post